Resolusi Tahun Baru





Resolusi Tahun BaruResolusi tahun baru adalah sebuah istilah yang sering digunakan sebagai bentuk komitmen yang dibuat oleh individu untuk membuat sebuah proyek, mengubah kebiasaan, mengubah gaya hidup, dan pencapaian-pencapaian baru lainnya yang menggunakan momen tahun baru. Sekali lagi, hanya menggunakan momen tahun baru. Sebenarnya perubahan atau resolusi tidak harus menunggu tahun baru, kapan saja sah-sah saja.

Banyak orang yang membuat resolusi tahun baru hanya tinggal tulisan atau tekad saja dalam hati. Begitu sampai di akhir tahun, tidak ada dampat positif yang berarti yang mereka dapat. Pada artikel ini, saya akan membahas bagaimana cara kita merancang sebuah resolusi tahun baru dengan kemungkinan keberhasilan yang tinggi. Silahkan disimak.

Kesalahan dalam Resolusi Tahun Baru

Banyak orang yang begitu semangat menulis resolusi tahun baru. Good, ini adalah langkah awal agar kita bisa mencapai resolusi tersebut. Menulis adalah sebuah kemajuan. Ini lebih baik dibandingkan orang yang tidak menulisnya. Tapi tidak cukup ditulis. Kebanyakan orang langsung akan berkata:

“Tapi harus diiringi tindakan!”

Ya betul, tindakan tentu saja harus dilakukan. Ini menu utama untuk meraih sukses. Yang menjadi pertanyaan: “Bagaimana agar tindakan tersebut benar-benar membawa hasil?”

Kesalahan-kesalahan dalam resolusi tahun baru:

  1. Tidak ditulis. Tulislah. Jika perlu, tulislah dan simpan di tempat yang mudah dilihat dalam kehidupan sehari-hari agar Anda ingat terus. Saat diri kita ingat akan resolusi maka pikiran kita akan fokus dan memberikan hasil yang terbaik.
  2. Tidak memilih target dengan baik. Bisa jadi, ada lintasan-lintasan pikiran akibat pengaruh media atau pembicaraan orang lain. Kemudian kita jadikan sebagai resolusi diri kita. Benarkah hal tersebut benar-benar keinginan kita? Pastikan target yang tentukan itu benar-benar datang dari dalam diri. Benar-benar yang Anda inginkan! Ini akan memberikan motivasi tinggi dan berarti dalam hidup Anda.
  3. Tidak jelas. Ini kesalahan klasik. Mungkin, orang yang sudah mengenal pengembangan diri sudah mengenal kesalahan ini. Pada kenyataanya masih banyak yang melakukan kesalahan. Metode paling populer dalam membuat tujuan ialah dengan menggunakan metode SMART. Silahkan Anda Membuat Tujuan dengan Metode SMART.
Disarankan Untuk Anda:   Mengapa Harus Membuat Tujuan Pribadi?

Macam-macam Resolusi Tahun Baru

Ada tiga jenis resolusi waktu yang biasa dibuat oleh banyak orang. Diantaranya adalah

  • Pencapaian. Anda ingin mendapatkan atau memiliki apa di tahun depan? Misalnya target tahun ini ingin memiliki sebuah mobil baru. Termasuk ingin menikah, menunaikan ibadah haji, pindah rumah, dan sebagainya.
  • Kebiasaan baru atau lepas dari kebiasaan lama. Tentu saja kebiasaan yang positif. Misalnya berhenti merokok, rajin olah raga, tidak makan sesuatu yang merusak kesehatan, dan sebagainya.
  • Melakukan tindakan tertentu. Berbeda dengan kebiasaan yang dilakukan secara rutin, yang dimaksud disini ialah tindakan sekali atau hanya beberapa kali. Misalnya ingin keliling Indonesia, ingin mengunjungi tempat tertentu, dan sebagainya.

Mana yang terbaik? Silahkan pilih yang sesuai dengan keinginan Anda. Semuanya juga boleh, bahkan lebih baik.

Kemudian, bidang-bidang resolusi yang populer meliputi:

  • kesehatan: lebih bugar, berhenti merokok, menurunkan berat badan, dan sebagainya.
  • finansial: bebas utang, penghasilan lebih tinggi, tabungan lebih banyak, investasi lebih banyak, dan sebagainya
  • karir: naik jabatan, mendapatkan pekerjaan (bagi yang belum), naik gaji, dan sebagainya
  • pendidikan: meraih gelas, kuliah, mengikuti kursus tertentu, mendapatkan sertifikat tertentu, dan sebagainya
  • kualitas diri: lebih terorganisasi, lebih semangat, keterampilan baru, ilmu baru, pengelaman baru, dan sebagainya
  • relasi: lebih banyak teman, lebih banyak jaringan bisnis, mendapatkan pasangan, dan sebagainya
  • dakwah: menambah objek dakwah, melakukan proyek dakwah, lebih banyak memberikan ceramah, dan sebagainya

Strategi Mencapai Resolusi Tahun Baru Anda

  1. Tuliskan daftar resolusi tahun baru Anda. Pastikan, itu yang benar-benar Anda inginkan. Tuliskan dengan menggunakan metode SMART.
  2. Tuliskan apa saja yang Anda perlukan untuk mencapai resolusi tersebut. Aset apa saja yang diperlukan? Mulai aset fisik seperti uang, alat, tempat, dan sebagainya. Tuliskan juga aset non fisik yang diperlukan seperti keahlian, keterampilan, ilmu, pengalaman, dan sebagainya.
  3. Tuliskan rencana Anda mendapatkan semua yang Anda butuhkan. Bukan rencana seperti diperusahaan yang rumit. Cukup tuliskan ide-ide apa saja yang akan dilakukan untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan. Jika Anda punya kelompok MasterMind, ini akan lebih baik. Adakan pertemuan MasterMind untuk membahas resolusi masing-masing. Jika tidak punya, Anda bisa bertanya kepada mentor, teman, orang tua, atasan, atau siapa pun yang bisa membantu Anda. Anda anda bisa belajar, membaca buku, mengikuti seminar, dan sebagainya.
  4. Tuliskan daftar orang-orang yang bisa membantu Anda. Cari tahu bagaimana Anda bisa mengontak mereka.
  5. Bertindaklah untuk mewujudkan resolusi Anda. Mulai hari pertama sampai akhir tahun, setiap hari.
  6. Jangan lupa, berdo’a dan bertawakal kepada Allah.
  7. Bershabarlah dalam menjalani perjuangan mencapai resolusi Anda.
Disarankan Untuk Anda:   PENTING Untuk Memahami Perbedaan Visioner dan Panjang Angan-angan

Inilah 7 strategi yang akan meningkatkan peluang sukses Anda mencapai resolusi tahun baru.

Rujukan Berkaitan dengan Resolusi Tahun Baru

Sebelumnya saya sudah banyak menulis artikel yang akan mendukung tercapainya resolusi tahun baru Anda. Artikel-artikel tersebut adalah:

Semoga kita sukses meraih resolusi tahun baru kali ini.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php
Follow Me
Dapatkan Update Artikel dan Kata-kata Motivasi Via Telegram Klik Disini. Pastikan aplikasi telegram sudah terinstall di HP/Komputer Anda
zona sukses

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

7 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield