Motivasi Paling Kuat: Membakar Kapal Pulang

Dapatkan 2 eBook senilai Rp 99.000 yang membedakan orang sukses dan gagal.

Masukan email Anda, klik Daftar untuk mendapatkan update artikel dan ebook Gratis Rahasia Sukses dari Zona Sukses.

Email:
test

Mencari Motivasi Paling Kuat Dari Dalam Diri

motivasi paling kuatBanyak yang mengatakan, bahwa motivasi paling kuat datang dari diri sendiri. Betulkah? Ya betul sekali. Namun timbul pertanyaan, mengapa banyak orang yang menginginkan sesuatu, keinginan ini datang dari dalam diri, tetapi tetap saja dia tidak memiliki motivasi yang kuat.

Adalah perlu usaha untuk membangkitkan motivasi Anda. Saat Anda memiliki keinginan, dimana itu sebenarnya sebuah motivasi, namun motivasi itu tidak akan pernah keluar jika masih kalah dengan hambatan dalam diri Anda sendiri.

Ada dua cara agar motivasi bisa menggerakan diri Anda dalam meraih tujuan atau keinginan Anda. Yang pertama adalah menghapus semua hambatan dalam diri Anda, baik itu menghapus pikiran negatif atau dengan teknik-teknik pembangkit motivasi yang dijelaskan di Instant Motivation Weapon. Jika hambatan hilang, maka motivasi Anda akan cukup untuk menggerakan diri Anda.

Cara yang kedua adalah dengan memperbesar motivasi Anda. Ada banyak cara untuk memperkuat motivasi Anda. Misalnya dengan memperjelas dan membuat semakin nyata apa yang Anda inginkan. Teknik ini bisa dengan menetapkan visi yang jelas, membuat tujuan yang SMART, dan membuat tujuan yang menggugah. Ketiga teknik ini akan memperkuat motivasi Anda agar bertindak. Silahkan baca artikel-artikel tentang visi dan tujuan disini.

Cara Ekstrim Membangkitkan Motivasi Paling Kuat

Jika Anda ingin cara ekstrim untuk membangkit motivasi paling kuat dalam diri Anda adalah dengan membakar kapal untuk pulang Anda. Sehingga tidak ada jalan lain kecuali berhasil. Tidak ada pilihan mundur atau menyerah. Tidak ada pilihan malas dan bersantai-santai.

Cara ini seperti ini dilakukan oleh Thariq bin Ziyad, saat memotivasi pasukannya agar bisa menaklukan Spanyol (Andalusia saat itu).

Panglima perang Thariq bin Ziyad bersama 7000 tentara, berhasil menyeberang ke daratan Spanyol, tiba-tiba Thariq mengambil langkah yang hingga sampai kini membuat tercengang para ahli sejarah. Ia membakar perahu-perahu yang digunakan untuk mengangut pasukannya itu. Lalu ia berdiri di hadapan para tentaranya seraya berpidato dengan lantang berwibawa, dan tegas.

Dalam pidatonya yang penuh semangat, panglima Thariq berkata;

Di mana jalan pulang? Laut berada di belakang kalian. Musuh di hadapan kalian. Sungguh kalian tidak memiliki apa-apa kecuali sikap benar dan sabar.

Singkat cerita, Thariq bin Ziyat beserta pasukannya berhasil menaklukan Spanyol dengan gemilang.

Beranikah Anda membakar perahu Anda sehingga tidak ada jalan lagi kecuali sukses? Buatlah diri Anda dalam kondisi kepepet, tidak ada jalan lagi kecuali Anda berusaha dengan hebat, kerja keras, kerja cerdas, dan pantang menyerah.

Berani?

Saat Anda tidak takut gagal karena masih ada hal yang bisa Anda andalkan adalah sikap aman Anda. Artinya Anda belum membakar perahu Anda. Anda harus ke dalam sebuah kondisi dimana Anda tidak ada pilihan lain kecuali Anda berhasil. Kiasan perahu disini adalah “tempat kabur” saat Anda kalah atau gagal.

Ide-ide Membakar Perahu

  1. Berhenti bekerja untuk membangun bisnis. Sehingga tidak ada pilihan lain agar berhasil dalam bisnis atau Anda tidak makan.
  2. Memberikan hukuman pada diri sendiri dan diumumkan kepada orang lain. Misalnya, jika saya gagal mencapai omzet sekian, maka saya akan menyumbangkan seluruh harta saya ke yayasan amal. Harus ada saksi.
  3. Merantau. Saya tidak akan pulang, kecuali saya sudah berhasil.

Punya ide lain? Silahkan tuliskan dalam form komentar dibawah.

Bagaimana Jika Gagal?

Anda harus siap menerima konsekuensinya. Gagal, ya terima saja konsekuensinya. Anda harus siap. Sebab memang tidak ada pilihan lain. Jika Anda masih takut, artinya masih ada masalah dalam mental Anda. Anda perlu mempersiapkan diri Anda agar benar-benar yakin akan berhasil.

Anda tidak boleh menyalahkan siapa pun saat Anda gagal. Tidak boleh kepada siapa pun termasuk orang yang menyebabkan Anda gagal sekali pun. Juga kepada saya yang menulis artikel ini. Semua tanggung jawab Anda, semua keputusan Anda, dan Anda yang menanggung resikonya.

Saat Anda berpikir akan menyalahkan orang lain apalagi akan menuntut orang lain, maka Anda sudah bersiap untuk kalah. Anda tidak akan membangkitkan motivasi paling kuat dalam diri Anda.

Apakah Cara Ini Untuk Semua Orang?

Jawabannya tidak. Sebab banyak orang yang tidak menggunakan cara ini, tetap bisa berhasil. Kuncinya adalah saat dia memiliki motivasi dan motivasinya mampu menggerakan dia untuk mencapai apa yang dia inginkan. Bisa jadi, kebanyakan orang bisa berhasil dengan teknik-teknik motivasi yang saya jelaskan diatas.

Lalu teknik ini untuk siapa? Bagi anda yang memerlukan percepatan. Mungkin bagi Anda yang sudah mencoba berbagai hal namun tidak pernah berhasil sebab motivasi yang muncul sering dikalahkan oleh hambatan seperti kemalasan.

Atau bagi Anda yang ingin mencapai hasil gemilang, memecahkan rekor, meraih pencapaian ekstrim, dan sebagainya. Hanya bagi orang-orang yang berani menetapkan target tinggi, berani menerima konsekuensinya, dan berani menerima resiko yang bisa menghadirkan motivasi paling kuat dalam diri.

Ini bukan satu-satunya cara membangkitkan motivasi paling kuat.

Masuki Zona Sukses

Solusi bagi Anda yang ingin berubah, namun masih terasa sulit.

Anda tidak akan pernah sukses, jika masih berada di Zona Nyaman. Dapatkan ebook Memasuki Zona Sukses dan Tinggalkan Zona Nyaman, Plus update artikel Motivasi Islami. Masukan email Anda, Klik Daftar.

Email:

There are 7 Comments.

  1. ok sip, ilmu yang sangat bermanfaat

  2. Biyan
    3:08 pm November 8, 2013

    Dear Pengelola Motivasi Islami,
    Luar biasa …saya menjadi semangat 45 dengan abu thorik….article yg lainya juga sangat memotivasi saya dan sangat inspiratif.,.sangat baik dibaca oleh para calon muslim milyarder…

    Semoga pengelola blog ini diberikan kemudahan dlm memperoleh article terbaik demi memotivasi kita semua amien ya robb.

    Insya Allah saya akan selalu postingan terbaru dari motivasi muslim ini.

    Sukses selalu buat anda semua terutama pengelola website ini.
    Wassalam.
    Biyan-Tangerang

  3. muhammad rohmat
    6:31 am November 10, 2013

    Sangat inspiratif untuk memacu semangat saya dalam mencapai apa yg saya ingin kan ,
    tentu Thariq bin zayid menjadi contoh saya sekarang !
    oh iya bagaimana jika kita merantau mengubur suasana kampung kita untuk pandangan hanya pada satu arah yaitu kesuksesan kita yg harus kita raih, supaya kita bisa mendapatkan kehidupan di kampung dengan kesejahteraan..
    thank you atas postingn nya…

  4. ADIMESA Sebisa Mungkin
    11:10 pm November 17, 2013

    Akan sy c0ba,, mnta doa ny.. Sy mrantau sudah sy tekad’in sblum brangkat,,kalau pulang hrus brhasil,, bukan sy kalau pulang tdk berhasil

  5. semangat membara pak.. luarbiasa Thariq bin Ziyad bisa berbuat seperti itu, kita patut terinspirasi dari beliau, tidak ada alasan lagi untuk tidak berhasil sukses adalah pilihan salah satunya

  6. Cerita yang sangat inspiratif betapa pentingnya membangkitkan motivasi yang kuat untuk kesuksesan dari dalam sendiri… ini merupakan salah satu cara… dan mari senantiasa berdoa diberi petunjuk agar diberikan cara terbaik untuk membangkitkan motivasi untuk sukses

  7. Subhanallah,tokoh yang begitu menginspirasi.semoga kita bisa seperti beliau .La izzata illa bil jihad!!ALLAHUAKBAR!

Leave a Reply

*

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield