Visi Misi Tujuan

Dapatkan 2 eBook senilai Rp 99.000.

Masukan email Anda, klik Daftar untuk mendapatkan update artikel dan ebook Gratis Rahasia Sukses dari Zona Sukses.

Email:

visi misi tujuan

Definisi Visi Misi Tujuan

Memahami definisi visi, misi, dan tujuan yang kita singkat menjadi visi misi tujuan adalah sangat penting baik untuk keberhasilan individu dan perusahaan. Visi misi tujuan adalah arah baik arah perusahaan maupun arah hidup Anda. Anda tidak akan pernah mencapai apa pun jika arah Anda salah. Untuk memiliki arah yang benar, maka langkah pertamanya Anda harus memahami apa itu visi misi tujuan.

Pada kenyataanya, saya sering kali melihat pernyataan visi dan misi masih salah. Baik itu untuk keperluan pribadi, perusahaan, bahkan visi misi sebuah pemerintahan. Begitu juga, saat membuat proposal dan AD/ART masih banyak yang tertukar antara visi dan misi.

Baiklah akan saya bahas disini definisi masing-masing visi misi tujuan agar kita lebih mudah dalam menentukan arah hidup kita dan mencapai apa yang kita inginkan. Sebab kita akan lebih mudah mencapai apa yang kita inginkan jika arahnya jelas dan ini dimulai dengan pemahaman apa itu visi misi tujuan.

Definisi Visi

Vision: Defines the way an organization or enterprise will look in the future. Vision is a long-term view, sometimes describing how the organization would like the world to be in which it operates. [Sumber Wikipedia.org]

Kata kunci dari definisi visi adalah look atau view yang bisa kita artikan adalah gambaran atau pandangan. Menurut definisi diatas, vision is a long-term view, yang artinya visi adalah gambaran jangka panjang.

Jadi, saat kita bicara visi pribadi, lihatlah gambaran jangka panjang Anda yang diinginkan. Mau menjadi orang seperti apa Anda nanti? Itulah visi Anda. Untuk mudahnya, jika Anda akan membuat pernyataan visi, maka awalilah dengan kata “menjadi”. Buatlah gambaran seideal mungkin. Jangan takut untuk tidak tercapai. Ini arah hidup Anda. Anda akan menemukan jalas sukses, jika Anda sudah mengetahui akan pergi kemana.

Definisi Misi

Mission: Defines the fundamental purpose of an organization or an enterprise, succinctly describing why it exists and what it does to achieve its Vision. [Sumber Wikipedia.org]

Berbeda dengan visi, misi adalah “fundamental purpose” atau tujuan dasar dari sebuah organisasi atau perusahaan, termasuk individu. Misi menjelaskan apa alasan keberadaan dan apa yang dilakukan untuk mencapai visi Anda. Misi adalah cara untuk mencapai visi. Intinya adanya organisasi Anda untuk apa? Keberadaan diri Anda itu untuk apa?

Agar mudah, jika Anda akan membuat pernyataan misi adalah dimulai dengan kata kerja sambil pikiran kita fokus berpikir bagaimana cara mencapai visi kita.

Definisi Tujuan

A goal or objective is a desired result a person or a system envisions, plans and commits to achieveā€”a personal or organizational desired end-point in some sort of assumed development. Many people endeavor to reach goals within a finite time by setting deadlines. [Sumber Wikipedia.org]

Tujuan dalam bahasa Inggris disebut goal atau objektif. Tujuan adalah hasil yang diinginkan untuk waktu tertentu. Bedanya dengan misi ialah, jika misi berbicara tentang tujuan keberadaan organisasi atau individu, sementara tujuan memiliki cakupan lebih kecil dan merupakan bagian dari misi. Jika misi disebut tugas, maka tujuan adalah tugas-tugas kecil yang merupakan bagian dari misi.

Jadi visi misi tujuan adalah sistem dasar hidup Anda. Sistem ini sangat berguna agar hidup Anda lebih terarah dan bermakna. Ya, Anda perlu membuat visi misi tujuan meski untuk kehidupan pribadi Anda, jika Anda ingin memiliki hidup yang lebih bermakna.

Artikel Visi Misi Tujuan

Untuk lebih jelasnya tentang visi, misi, dan tujuan bisa dibaca melalui artikel-artikel dibawah ini.

Masuki Zona Sukses

Solusi bagi Anda yang ingin berubah, namun masih terasa sulit.

Anda tidak akan pernah sukses, jika masih berada di Zona Nyaman. Dapatkan ebook Memasuki Zona Sukses dan Tinggalkan Zona Nyaman, Plus update artikel Motivasi Islami. Masukan email Anda, Klik Daftar.

Email: