Motivasi Diri: Kekuatan Cinta yang Luar Biasa Dahsyat

zona sukses

motivasi diri

Pentingnya Motivasi Diri

“Ngomong-ngomong tentang motivasi diri, mengapa setelah mengikuti seminar motivasi, motivasi tidak bertahan lama?” Pada artikel lain saya sudah membahas bahwa motivasi memang bisa berkurang. Menyangka motivasi itu permanen, adalah kesalahan yang pertama. Alasan kedua ialah kita akan kehilangan motivasi jika kita hanya mengharap motivasi dari luar. Sebab motivasi terkuat datang dari diri sendiri.

Lalu bagaimana dengan peran motivasi dari luar? Meski motivasi diri itu penting, bukan berarti motivasi dari luar tidak penting. Motivasi yang datang dari luar bisa membantu menemukan dan membangkitkan motivasi diri Anda. Seorang motivator yang baik tentu akan membangun diri Anda menjadi seorang yang mampu menemukan dan membangkitkan motivasi diri yang di motivasinya.

Faktor Motivasi Diri

Dalam berbagai buku NLP disebutkan bahwa hanya ada dua faktor motivasi diri yaitu mengejar kenikmatan dan menghindari kesengsaraan atau rasa sakit. Namun jika saya kerucutkan lagi, hanya ada satu faktor motivasi, yaitu cinta. Semakin besar cinta kita, akan semakin besar motivasi yang bangkit.

Lihatlah, banyak orang yang sampai nekat bunuh diri karena putus cinta. Ini menggambarkan bahwa cinta memiliki kekuatan untuk menggerakkan diri kita, bahkan untuk hal-hal yang buruk dan tidak masuk akal. Mungkin Anda sudah banyak mendengarkan kisah cinta picisan, apa pun dilakukan “karena cinta”. Cinta adalah sumber dari motivasi diri.

Joe Vitale menyadari kekuatan cinta sebagai motivator utama setelah dia melihat film 50 First Dates (2004) (50 Kencan Pertama) yang menggambarkan usaha seorang pria yang setiap hari berusaha membuat seroang wanita jatuh cinta kepadanya. Usaha ini dilakukan setiap hari, karena sang gadis pujaan memiliki ingatan yang mampu mengingat cuma 1 hari. Ini hanya salah satu dari sekian kisah cinta dalam film.

Disarankan Untuk Anda:   Motivasi Kerja Karyawan dan Mental Juara

Anda bisa memanfaatkan kekuatan cinta ini untuk mendapatkan motivasi diri. Tentu saja, tidak sebatas cinta terhadap lawan jenis, tetapi cinta kepada hal lainnya juga. Saat Anda mencintai pekerjaan Anda, Anda akan memiliki motivasi yang cukup saat bekerja. Lihatlah pemasin sepak bola, di tengah jadwal yang ketat, mereka tetap enjoy bermain di lapangan, karena mereka mencintai profesinya sebagai pesebak bola.

Motivasi Diri Paling Kuat

Namun, ada cinta yang paling kuat. Saat Anda tidak memiliki cinta ini, sungguh Anda sudah menyia-nyiakan hidup Anda. Inilah cinta yang paling besar, yang memotivasi para mujahid di medan perang. Tidak takut mati, tidak takut rasa sakit, tidak takut apa pun, demi cinta ini. Cinta ini tiada lain, cinta kepada Allah. Cinta kepada Allah, adalah cinta yang hakiki yang menjadi sumber motivasi diri paling kuat.

Karena bekerja adalah bagian dari ibadah. Begitu juga bisnis adalah bagian dari ibadah. Dan, ibadah adalah sebagai cinta kita kepada Allah, maka kerja dan bisnis kita juga adalah perwujudan cinta kita kepada Allah. Seharusnya, saat kita bekerja dan bisnis, kita akan memiliki motivasi yang tinggi.

Sudahkah?

Mari kita pancangkan niat kita, bahwa kerja dan bisnis kita untuk beribadah. Marilah kita pupuk kesadaran kita, bahwa bisnis dan kerja kita adalah salah bentuk wujud cinta kita kepada Allah.

Adakah perasaan cinta kita kepada Allah? Jika terasa kurang, maka iman kita harus ditingkatkan lagi. Sebab cinta kepada Allah hanya dimiliki oleh mereka yang beriman.

Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah. (QS Al Baqarah:165).

Jadi, motivasi diri bisa dikembangkan dengan meningkatkan iman kepada Allah secara terus menerus. Cinta kepada kepada Allah semakin tinggi, motivasi diri pun semakin tinggi.

Disarankan Untuk Anda:   Cara Berubah Itu Mulai Dari Diri Sendiri

Hari-hari Akan Dijalani Dengan Penuh Semangat

Tidak ada wujud lain dari bukti cinta kita kepada Allah selain dari beribadah. Ibadahlah yang diminta oleh Allah. Sebagai bukti jika kita mencintai-Nya maka kita akan menuruti apa yang diminta oleh Yang Dicintainya.

Semantara, semua hidup kita harus dalam rangka ibadah. Semua aktivitas kita adalah ibadah. Artinya semua gerak gerik kita harus merupakan bentuk cinta kepada Allah.

  • Pertama, niatkan bahwa apa yang kita lakukan adalah demi Allah yang kita cintai.
  • Kedua, lakukan aktivitas kita sesuatu dengan tuntutan syar’i, baik itu adalah ibadah maghdoh maupun ghair maghdoh, keduanya ada tuntunannya. Artinya sebagai wujud cinta kepada Allah kita akan terus belajar bagaimana cara menjalankan ibadah yang benar.
  • Dan yang kita kita akan semangat melakukannya. Biasanya, kita akan melakukan sesuatu dengan semangat, berani, dan kontinyu demi yang dicintainya.

Namun Cinta Urusan Hati

Cinta adalah urusan hati. Cinta adalah tidak bisa dipaksakan. Betulkah? Tentu saja ada benarnya. Namun, secara fitrah, manusia adalah makhluq yang mencintai Allah. Secara fitrah manusia sangat mencintai Allah.

Namun pada kenyataannya, cinta kepada Allah bisa dibelokan. Kita bisa melihat bagaimana cinta kepada lawan jenis bisa mengalah cinta kepada Allah. Buktinya adalah mereka yang mau melakukan hal-hal dosa demi cintanya kepada pacar. Cinta kepada harta pun bisa mengalahkan cinta kita kepada Allah. Buktinya banyak orang yang mau melakukan usaha yang haram demi cintanya kepada harta.

Syaithan dengan memanfaatkan hawa nafsu menjadikan apa yang kita cintai selain Allah menjadi begitu indah. Seolah tidak ada cinta yang lebih penting dibandingkan “seseorang” pujaan hatinya. Apa pun rela dilakukan demi cintanya itu.

Disarankan Untuk Anda:   Jika Berhasil, Terseyumlah Agar Meraih Sukses Lebih Banyak

Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu setan-setan (dari jenis) manusia dan (dari jenis) jin, sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia). Jika Tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak mengerjakannya, maka tinggalkanlah mereka dan apa yang mereka ada-adakan. (QS. Al-An’aam: 112)

Cinta memang urusan hati, namun kita bisa membersihkan hati agar kita memiliki cinta yang hakiki, cinta pada tempatnya. Cinta kepada lawan jenis, harta, keluarga, dan yang lainnya boleh sebagai motivasi diri Anda, yang penting tidak mengalahkan cinta Anda kepada Allah sebagai motivasi diri yang utama.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php
Follow Me
Dapatkan Update Artikel dan Kata-kata Motivasi Via Telegram Klik Disini. Pastikan aplikasi telegram sudah terinstall di HP/Komputer Anda

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

54 Comments

  1. mm, cinta?
    cinta Kepada Allah?
    Mendasari seluruh aktivitas kita?

    moga q dapat meraih kecintaan kepada Allah.
    Amin.

  2. Cinta kepada Allah berarti juga cinta pada Kebaikan, kebenaran, keadilan, kedamaian, dan kasih sayang. Sehingga dengan cinta kepada Allah akan mewarnai segala tindakan kita sehari-hari, mulai dari rumah tangga, pekerjaan, maupun dalam kehidupan bernegara.

    Sukses selalu untuk Motivasi Islami

  3. Cinta kepada Allah memang cinta yang hakiki. Rasa stress, rasa kesal, rasa kecewa, rasa marah, dan rasa lain yang tidak menyenangkan bisa hilang bila kita mempunyai rasa cinta yang sangat tinggi kepada Allah SWT. Kegagalan dalam cinta terhadap suatu hal pun bisa terobati bila kita memiliki cinta yang besar kepada Allah.
    Membahagiakan orang-orang yang Allah cintai dan orang-ornag yang kita cintai adalah sebagian bukti cinta kita kepada Allah. Mencari rezeki di jalan yang diridhoi oleh Allah untuk memenuhi kebutuhan hidup dan untuk membahagiakan orang-orang terdekat (keluarga) merupakan sebagian implementasi cinta kita kepada Allah juga.
    Oleh karenanya, ketika saya harus atau kemungkinan kehilangan pekerjaan karena Allah akan mengkarunia saya dan suami keturunan untuk pertama kalinya, saya tidak akan takut atau khawatir. Rasa cinta saya untuk membahagiakan keluarga dengan memberikan keturunan tidak membuat saya khawatir walaupun saya baru saja merasakan dunia kerja. Namun, saya yakin Allah akan mengikutsertakan rezekinya bersama calon bayi yang ada dalam rahim saya ini.
    Terima kasih…artikel ini semakin menguatkan pendirian saya untuk tidak takut kehilangan pekerjaan.

    1. emng smw tu btul tyda yg bys mghpus kan rsa cnta kta kecuali diri kita sndiri.
      tapi itu semua ada alasan kenapa terkadang orang suku mempermainkan allah,padahal katanya dy itu cinta,seseorang bila di hati nya sudah tertanam benci dengan allah maka murka la dy sbgai hamba nya!maka dari itu perlu nya kita sekarang mengrti akan nikmad yg d berikan .bila itu saja dy mebgkufuri berarti dy tdak cnta akan allah,sebab dy lupa akan diri nya sendiri….

  4. cinta kepda allah memang cinta tiasda taranya.karena sesungguhnya cinta yang abadi adalah cinta kepada alla swt.

  5. Ingin membuktikan cinta pada Alloh? Salah satu caranya selain melaksanakan kewajiban selaku hamba adalah >> HAFAL 99 NAMA-NYA << ! Sudah hafal belum? Masa' belum? Cinta dengan pacar saja hafal nama lengkapnya se-nama keluarganya mungkin he..he.. "Barang siapa yang hafal Asmaul Husna maka wajib baginya SURGA!" << Hanya memperkuat jaminan saja, tidak mutlak!

  6. Cinta Allah Swt pada kita Allah perkenalkan dengan memproklamirkan nama namanya (asma ul husna, dan yang sangat dominan didalam kitab nya adalah Ar-Rohman dan Ar-Rohim “Cinta dan Kasih sayang”.
    Saya sangat setuju kalau kekuatan motivasi yang tertinggi adalah “CINTA”

  7. Cinta adalah sebuah kekuatan diri yang paling hebat dan dahsyat bagi semua insan, apalagi kalau manusia dalam memaknai cinta telah menggunakan Rahman dan Rakhim Allah sebagai basic kekuatan cinta dihatinya, maka semua cintanya akan melahirkan rahmatan lil alamin hingga ayat-ayat cintanya mampu bertasbih untuk kehidupan dirinya dan kehidupan umat manusia.

  8. dengan ILMU hidup menjadi MUDAH dengan IMAN hidup menjadi TER ARAH dengan dengan CINTA hidup menjadi INDAH.
    cinta membuat orang takut jadi berani,cinta membuat orang lemah menjadi kuat,dengan cinta jauh menjadi dekat.

  9. Apapun yang kita kerjakan karena kecintaan kita akan Allah, semua menjadi ringan dikerjakan dan terasa nikmat mengerjakannya. Subhanallah

  10. Apapun yang kita kerjakan karena kecintaan kita akan Allah, semua menjadi ringan dikerjakan dan terasa nikmat mengerjakannya. Subhanallah

  11. Kekuatan Cinta ? Ini lebih bertumpu pada keikhlasan kita menyayangi seseorang tanpa pamrih apapun. Sekeras apapun sifatnya, akan luntur dengan kasih sayang dan perhatian yang kita curahkan setiap hari dengan penuh keikhlasan. Salam kenal…

  12. Kekuatan Cinta ? Ini lebih bertumpu pada keikhlasan kita menyayangi seseorang tanpa pamrih apapun. Sekeras apapun sifatnya, akan luntur dengan kasih sayang dan perhatian yang kita curahkan setiap hari dengan penuh keikhlasan. Salam kenal…

  13. Ya Allah..ajarilah aku mencintaiMU, mencintai org yg mencintaiMU, mencintai amalan yg mendekatkan aku pd cintaMU, merasakan manisnya pertemuan dgnMU dan lezatnya kerinduan akanMU..Amien

  14. Saya sangat senang dengan artikel “Kekuatan Cinta” tapi menurut saya sebelum ingin lebih jauh mengenal dan mecintai Alloh, saya harus sadar untuk mengenali diri sendiri dulu akan kejelekan dan kebaikan, karena kita tidak akan susah dan mudah menjadi orang yang sabar, ikhlas dan bersyukur

  15. ku hara bisa berkata; tulisan nih sangat super memicu adrenalin tuk berfikir tentang smua apayg d ciptakan oleh allah

  16. Allah menciptakan manusia dengan tujuan yang mulia……….
    hendaklah qt slng mencintai antar sesama…..
    menyembah Allah berarti juga harus mencintai sesama dengan tulus
    ass

  17. Saya adalah 1 dari sekian banyak orang yang kurang mampu memotivasi diri, jangankan utk orang-orang disekeliling saya…

    tapi dengan membaca kata-kata diatas saya jadi sadar jika saya tidak sendiri..semoga menjadi inspirasi dan keteguhan hati rekan-rekan lain.

    Thanks. 🙂

  18. Kita berasal dari Cinta ciptaan Alloh swt dan akan kembali kedalam CintaNya.Maka sebaiknya memang segala tindakan positif didasari karena Cinta Pada Alloh pemilik cinta yang sesungguhnya.

  19. Cinta tehadap isi dunia terkadang membutakan mata qt,,shngga tk mampu mlht kbenaran,, Terkadng qt mlpkn bahwa yg patut qt serahkn sglaX hdup qt adlah sang pemilik cinta i2 sendiri,yaitu ALLAH SWT,, bukan malah kpda ciptaanx yg tak bs mmberikn kebahagian yg kekal,,,

  20. makna cinta tu sangat meluas an….cinta bukan hanya pada manusia sahaja…cinta pada alam sekitar,binatang,tumbuh tumbuhan,dan yang paling penting cinta pada allah..

  21. Motivasi diri untuk terus melangkah maju ke depan yang dilandasi keikhlasan yang murni dalam naungan ridho Alloh.
    Cintailah yang layak kita cintai.
    Kadar kecintaan kepada Alloh harus melebihi kecintaan kepada yang lain.
    Ada cinta pasti ada pengorbanan, berkorbanlah dengan penuh keridhoan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield