Sulit Itu Biasa, Yang Penting Lakukan Ini Agar Sukses

Ngomong-ngomong tentang sulit …

Ada sebuah komentar menarik pada salah satu blog lain saya, yang berbunyi:

cuman sayang adsense bagaikan mencari 10gram emas di 10 TON tumpukan pasir logam berwarna kuning. suliiiiittt

Ini adalah komentar terhadap posting saya tentang bisnis Adsense dan manfaatnya untuk bangsa kita.

sulit

Sudah Mengetahui Sulit, Terus Bagaimana?

“Sulit” adalah kata yang seringkali keluar saat kita akan melakukan sesuatu, termasuk bisnis. Kadang saya ingin bertanya, memang apa yang mudah. Adakah bisnis yang mudah dengan modal kecil dan akan menghasilkan banyak uang dengan mudah?

Jika ada, pasti saya sudah menjalankan bisnis tersebut. Setahu saya, dalam meraih sukses termasuk dalam bisnis pasti harus ada yang kita korbankan, kalau tidak uang, maka waktu atau tenaga yang harus kita korbankan.

Adalah sebuah fenomena hampir semua orang untuk mendapatkan cara yang mudah dalam menghasilkan uang sehingga dia akan disibukan oleh pekerjaan “mencari cara mudah”. Dia akan menghabiskan waktu untuk mencari sebuah “formula ajaib” yang akan membuat kita cepat kaya.

Padahal tanpa sadar dia membuang waktu yang seharusnya bisa dia manfaatkan untuk membangun usaha yang menurut dia sulit.

Semua Orang Mengalami Kesulitan

Dalam perjalan hidup, sulit selalu menyertai kita. Tidak pernah ada orang sukses yang hidupnya melenggang tanpa kesulitan. Justru hanya orang yang tidak bertindak tidak akan mendapatkan kesulitan (meskipun dia akan mendapatkan kesulitan pada hal yang lain).

Orang sukses bukanlah orang yang hidup tanpa kesulitan, tetapi orang yang bisa mengatasi kesulitan tersebut. Kalau pun kesulitan sampai membuat dia jatuh, orang sukses akan bangkit kembali.

Saya juga mengenal seseorang yang selalu menyerah jika ada kesulitan. Misalnya saat akan menjual sesuatu, dia mengatakan bahwa sudah ada saingan. Saya tawarkan yang belum ada saingan, dia mengatakan susah menjualnya.

Saya tawarkan produk lain, dia mengatakan bahwa modalnya perlu besar, sulit cari modal. Akhirnya sampai sekarang dia masil belum punya bisnis. Kenapa? Karena dia masih mencari bisnis yang mudah.

Sahabat, kesulitan selalu menyertai kita. Jika kita berusaha menghindari dari kesulitan, ibarat kita lari dari bayangan. Kemana pun kita pergi, sebagaimana bayangan, maka kesulitan akan selalu menyertai kita. Bayangan tidak akan mengikuti Anda, hanya jika Anda pergi ke tempat yang gelap selamanya.

Maukah Anda berada di tempat gelap selamanya?

Jika Anda berkata mudah. Itu benar.

Jika Anda berkata sulit. Itu Benar juga.

Bukankah Manusia Diberi Kemampuan Untuk Belajar?

Jika semua orang, termasuk mereka yang sukses, mengalami kesulitan, lalau mengapa mereka menjadi bisa? Ya karena mereka belajar. Kabar baiknya, Anda pun diberi kemampuan belajar. Perbedaanya adalah, Anda mau belajar atau tidak.

Banyak cara belajar. Yang paling mudah adalah mencontoh atau diajari oleh orang yang sudah melakukannya dengan sukses. Jika Anda mau belajar bisnis, belajarlah dari orang yang sudah sukses dalam bisnis. Baik belajar langsung atau melalui bukunya. Itu tidak masalah.

Yang masalah adalah, sudah mengetahui sulit tetapi tidak mau belajar. Maka akan sulit terus. Kesulitan akan Anda lalui setelah Anda belajar. Termasuk saat Anda mencoba, itu bagian dari belajar jika Anda mengambil pelajarannya.

Contoh permainan rubik pada gambar. Bagi yang belum bisa, sulit bukan main. Namun saat kita sudah memiliki pengetahuan (ilmu) dan berlatih mencoba mengatasinya, banyak orang yang bisa menaklukan permainan rubik dalam hitungan detik (dibawah 5 detik).

Kita belum bisa atau mengalami kesulitan karena kita belum mengetahui ilmunya dan belum terlatih melakukannya. Itu saja.

Seringkali Kesulitan Itu Hanya Di Awal

Saat saya pertama kali mengenal software wordpress, yang digunakan Motivasi Islami ini, saya mendapatkan banyak kesulitan. Padahal, wordpress itu sangat mudah. Tapi, kalau diawal menggunakannya, tetap saja saya mengalami kesulitan.

Sudah berapa kali saya melakukan kesalahan dan merusak website saya. Tapi seiring waktu, makin terasa mudah dan semakin akrab dengan wordpress. Sehingga wordpress menjadi sahabat setia saya hingga kini. Sekitar 90% website saya menggunakan wordpress.

Contoh mudah adalah saat kita belajar mengendarai mobil. Awal-awalnya akan mengalami kesulitan. Mulai dari cara belok, cara ngerem (ketukar sama ngegas), memindahkan gigi sering salah atau lupa nginjak kopling, dan sebagainya. Tapi, lama kelamaan, tidak sulit lagi bukan?

Begitu juga dalam berbisnis, bekerja, atau menjalankan profesi lainnya. Semua sulit, tetapi semua bisa Anda atasi jika Anda mau belajar. Ini kuncinya.

Kesimpulan

Jangan pernah kesulitan, kesusahan, halangan, hambatan atau tidak bisa menghalangi Anda untuk meraih sukses. Karena semua orang pada dasarnya pernah mengalami kesulitan, bahkan bisa saja terus mengalaminya. Mereka yang sukses adalah mereka yang mau belajar dan berusaha mengatasi kesulitan.

Anda punya potensi, hati, akal, dan jasad. Maka gunakan potensi Anda untuk mengatasi kesulitan. Karena tidak ada beban di dunia ini yang tidak bisa kita hadapi. Allah memberikan beban dibawah kesanggupan kita, artinya jika kita mau mengoptimalkan potensi yang Allah berikan, kesulitan apa pun akan bisa Anda hadapi.

Tidak ada gunanya terus mengeluh sulit kemudian mencari yang mudah. Kan lebih baik, putuskan sekarang juga apa yang mau Anda raih, kemudian bertindaklah. Saat menghadapi kesulitan, maka cari cara mengatasinya, belajar dan mencoba. In syaa Allah Anda akan bisa.

8 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield