Konsultasi, Percaya Diri, Pola Pikir

Cara Mendapatkan Dukungan Saat Krisis Percaya Diri

September 24, 2017
(Last Updated On: February 13, 2018)

Mau tau cara mendapatkan dukungan saat krisis PD?

Konsultasi Cara Mendapatkan Dukungan Saat Krisis Percaya Diri

cara mendapatkan dukungan

Pertanyaan:
Berpikir positif akan melahirkan kepercayaan, keberanian, perubahan. Sepertinya sudah terjawab semua disini. Hanya saja bagaimana kita mendapat dukungan yg baik..? Ketika krisis PD melanda..siapa saja yg dpt kuajak bekerjasama?

Jawaban:

Cara Mendapatkan Dukungan Yang Perlu Diwaspadai

Para ahli sukses semua sepakat akan pentingnya seorang pembimbing dalam sukses Anda. Anda harus memiliki seorang atau lebih yang bisa membimbing Anda untuk tetap berpikiran positif dan percaya diri.

Tentu saja dalam memilih pembimbing kita tidak bisa sembarangan. “Sudah terbukti sukses” tidaklah cukup sebab banyak orang yang sukses namun bukan seorang guru yang baik. Seperti di kampus, banyak dosen yang jenius namun tidak bisa mengajar dengan baik. Pembimbing yang baik haruslah seorang yang memang mampu membimbing, dia seorang pembina, pelatih, konsultan atau pembicara.

Secara jujur saya pernah meminta bimbingan kepada orang yang sudah sukses. Namun bukan hal positif yang saya dapat, saya malah dikritik habis-habisan. Kritik bukanlah hal yang tepat untuk membina seseorang menjadi lebih positif saat sedang krisis. Kadang saya malah mendapatkan hal positif setelah menelpon teman saya yang saya tahu sudah memahami konsep berpikir positif.

Apalagi saat seseorang sedang dalam posisi krisis, kemudian menerima kritik, maka mungkin saja bukan malah membangun tetapi malah membuatnya “habis”. Kepercayaan dirinya malah musnah, alih-alih meningkat.

Ibaratnya saat ada orang mau tenggelam, malah kita kritik. “Makanya kamu jangan suka main si sungai. Mancing itu perbuatan sia-sia. Lebih baik membaca dari pada mancing.” Nasihat ini bisa membunuh orang tersebut karena keburu tenggelam.

Jika kebetulan, Anda mendapatkan kritik, mungkin akan menciutkan hati Anda. Saya bisa saja mengatakan kepada Anda untuk menyikapi kritikan itu secara positif. Anda harus berpikir dan berjiwa besar saat menerima kritik. Ya, ini adalah nasihat ideal.

Jika Anda sudah siap menerima kritik, sebenarnya itu bagus. Justru dari kritik Anda bisa melakukan perbaikan besar-besaran jika Anda bisa mengambil pelajarannya. Kritikan itu sering kali jujur.

Namun, saat Anda malah merasa lebih terpuruk, malah jatuh, dan kehilangan kepercayaan diri (yang asalnya krisis), maka Anda harus segera mencari sumber dukungan lain yang lebih membesarkan Anda. Saran saya lebih baik cari orang yang jelas-jelas bisa dengan bijak dalam membantu, bukan dengan mengkritik Anda.

Sadarilah bahwa Anda dalam kondisi terluka, jangan tambah luka Anda dengan kritikan yang malah meluluh lantakan pertahanan Anda. Lebih baik Anda mendapatkan dukungan yang mengobati agar luka-luka Anda memiliki kesempatan untuk sembuh.

Mulailah Dengan Berdo’a Dan Bertawakal

Cara mendapatkan dukungan yang terbaik adalah dimulai dengan berdo’a karena kita akan mendapatkan dukungan dari Allah. Do’a yang dikabulkan adalah do’a dengan keyakinan. Mudah-mudahan dengan do’a ini Anda akan diarahkan kepada orang yang memahami Anda. Mudah-mudahan Allah akan menggerakan seseorang yang positif dan bijak untuk mendukung Anda.

Yakinlah Allah akan menolong Anda. Allah memiliki kekuasaan untuk menggerakan hati orang yang tepat untuk membantu Anda. Percayalah dan bertawakallah bahwa itu akan terjadi. Dukungan itu akan datang.

Bergeraklah Untuk Mendapatkan Dukungan Orang Lain

Setelah berdo’a, iringi dengan ikhtiar. Jangan hanya diam saja. Saat Anda sedang terpuruk kemudian malah diam, itu malah akan memperparah. Diam, meratapi kondisi buruk Anda akan mengundang pikiran-pikiran negatif lainnya. Cobalah kunjungi beberapa teman, niatkan untuk bersilaturahim.

Selain itu, perluaslah pergaulan Anda. Ikuti seminar, pelatihan, dan manfaatkan semua jaringan Anda untuk mendapatkan pembimbing, termasuk jaringan melalui internet. Jika Anda serius dan cukup rendah hati untuk dibimbing, insya Allah Anda akan mendapatkannya.

Jadilah Orang Yang Siap Didukung

Kuncinya adalah memiliki sikap positif, bershabar, dan memahami bahwa orang lain juga memiliki pekerjaan dan keperluan, Jangan jadi orang yang berharap dukungan tetapi malah “menyebalkan”. Ada lho orang seperti itu. Mereka yang memaksa, tidak shabaran, dan ingin mendapatkan dukungan dengan versi dia.

Anda sedang membutuhkan dukungan, maka bersikaplah yang baik. Jadilahkan orang yang didukung. Jadilah orang yang siap melakukan apa pun yang diperlukan (selama halal) untuk bangkit dari masalah Anda. Karena tidak sedikit, orang yang terpuruk malah membantah saat diberikan saran positif. Aneh.

Fleksibel dalam menerima dukungan. Jika Anda fikir membutuh uang agar bangkit, itu belum tentu benar. Jadi jangan ngotot untuk mendapatkan uang dan menolak bantuan lain. Jangan katakan: “Saya butuh uang, tidak butuh nasihat.”

Hargai setiap bantuan, meski menurut Anda itu tidak sesuai dengan jalan pikiran Anda. Justru bisa jadi Anda dalam kondisi terpuruk karena Anda tetap memegang pikiran Anda yang sebenarnya salah. Justru bisa jadi pikiran yang berbeda dengan Andalah yang akan mengubah Anda.

Cara mendapatkan dukungan itu kuncinya ada pada diri Anda.

PS: Anda juga bisa meningkatkan kepercayaan diri dengan menggunakan teknik yang dijelaskan disini.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.club/
Follow Me

10 Comments

  • Reply Rony Prasetya August 8, 2008 at 9:04 am

    Terima kasih Pak Rahmat atas dukungan jawabannya, sungguh menginspirasi saya.

  • Reply neny August 9, 2008 at 9:07 am

    Thanks ya pak…
    Artikelnya ngena banget!

  • Reply neny August 9, 2008 at 9:09 am

    o, iya pak, bisa dijelaskan lebih detail tentang Law of Attraction?

    Makasih sebelumnya.

  • Reply eny May 17, 2009 at 6:12 am

    Bagaimana caranya meneguhkan hati atas sesuatu yang sudah kita pilih?

    • Reply Rahmat Motivasi Islami May 17, 2009 at 2:58 pm

      Ingatlah sealalu, bahwa semuanya datang dari Allah dan pasti yang terbaik. Jika kita sudah memutuskan, lakukan keputusan itu dengan baik. Jika memang keputusan yang kita ambil salah, Allah akan memberi petunjuka kepada kita. Bertawakallah.

  • Reply alif March 29, 2013 at 2:35 pm

    THANKS INFO Y,JAZZAKALLAH KHAIRAN.

  • Reply Trainer Motivasi Malang August 23, 2017 at 10:20 am

    mantap banget artikelnya…nice

  • Reply Mandiri Amanah September 26, 2017 at 2:02 pm

    Sangat bagus artikelnya

  • Reply Diah February 13, 2018 at 3:53 pm

    Bagaimana agar tetap berpikir positif saat kita berada dikeadaan yg buruk, saat bingung harus bertindak seperti apa untuk menyelesaikan masalah, terkadang disitukan yg tidak nyaman pikiran positif sulit untuk masuk, hanya ketakutan kegelisahan dan perasaan buruk, bagaimana mengatasi nya??

  • Reply Lina February 13, 2018 at 7:01 pm

    Mks atas artikelnya….

  • Leave a Reply

    WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield

    X

    Download eBook Gratis


    Nama Depan :
    Alamat Email :