|

Manfaat Percaya Diri Dalam Kehidupan Pribadi, Karir, dan Bisnis

Apa manfaat percaya diri dalam kehidupan? Bagi bisnis? Bagi karir?

Kepercayaan diri memang erat kaitannya dalam penampilan, namun bukan hanya itu. Manfaat percaya diri jauh lebih banyak dari itu.

Juga, percaya diri bukan hanya berkaitan dengan penampilan, percaya diri adalah pola pikir dan kesehatan mental Anda. Ini akan memberikan pengaruh bagi kesuksesan Anda.

Pada artikel ini akan saya jelaskan berbagai manfaat percaya diri yang luar biasa. Supaya Anda lebih termotivasi memiliki kepercayaan diri.

Ummat Islam itu haruslah sukses, untuk memperbesar kontribusi kita bagi sesama. Sayangnya masih banyak yang kurang percaya diri dalam meraih sukses. Salah satu alasannya karena tidak memahami manfaat percaya diri bagi kehidupan.

7 Manfaat Percaya Diri Dalam Kehidupan

Manfaat Percaya Diri Dalam Kehidupan

#1: Hubungan Dengan Sesama Yang Lebih Sehat

Dalam berhubungan dengan sesama, tidak bisa dihindari, akan dengan berbagai orang yang merusak atau toksik. Baik dari segi sikap maupun perkataan. Bagi orang yang tidak percaya diri, ini akan sangat berpengaruh dalam hubungannya. Dia akan rentan dan mudah terganggu.

Berbeda dengan orang yang percaya diri. Sikap dan omongan orang lain tidak mempengaruhi dirinya. Sebab dia percaya kepada dirinya, bukan pada perkataan orang. Karena dia yakin, perkataan orang tidak akan mempengaruhi dirinya.

#2: Terbuka Untuk Melakukan Hal Baru

Orang yang percaya diri akan lebih terbuka melakukan hal baru, apalagi jika hal itu bermanfaat. Meski belum bisa melakukannya, dia percaya diri bisa belajar dan akan bisa.

Saat kita melakukan hal baru yang bermanfaat, maka kita akan meraih manfaatnya. Berbeda jika kita hanya melakukan itu-itu saja. Sementara ada hal lain yang jauh lebih bermanfaat, tetapi tidak kita lakukan karena tidak percaya diri.

#3: Menjadi Lebih Tangguh

Sikap kita terhadap kegagalan akan dipengaruhi oleh kepercayaan diri. Orang yang rendah diri, akan hancur saat mengalami kegagalan. Dia menganggapnya sudah selesai atau sudah tamat.

Orang percaya diri akan lebih mudah untuk bangkit lagi. Dia yakin, kegagalan hanyalah karena ada yang salah dan kurang. Kegagalan bukan berarti diri kita tidak mampu.

#4: Mengakses Lebih Banyak Peluang

Orang yang percaya diri akan lebih banyak mengakses peluang. Lebih banyak peluang yang dia ambil, maka akan lebih besar kemungkinan hasil.

Hasil = jumlah percobaan X peluang.

Orang yang percaya diri akan lebih banyak mencoba berbagai peluang. Maka hasilnya akan lebih banyak.

Mengapa bisa mengakses lebih banyak peluang?

  1. Karena dia lebih terbuka melakukan hal baru (meski belum bisa), lihat manfaat #2
  2. Karena dia akan mudah bangkit lagi, jika peluang sebelumnya gagal, lihat manfaat #3
  3. Karena dia lebih berani tampil, sehingga bisa mendapatkan lebih banyak kesempatan

#5: Keputusan Lebih Tepat

Saat kita rendah diri, ini akan menjadi bias saat kita mengambil keputusan. Bagaimana pun, kita akan lebih memilih hal-hal yang berani kita lakukan saja. Padahal bisa saja ada keputusan yang lebih baik, tetapi kita tidak berani mengambil keputusan tersebut karena rendah diri.

#6: Lebih Berani

Lebih berani bertindak juga lebih berani mengambil keputusan. Jangan lupakan, orang yang lebih percaya diri juga lebih berani tampil dan bicara. Juga berani mengambil resiko dalam menjalankan bisnis.

Keberanian sangat didasari oleh kepercayaan diri. Dia yakin potensi dia akan cukup untuk menghadapi resiko yang terjadi. Baik itu dalam bertindak, mengambil keputusan, tampil, bicara, maupun memulai bisnis.

#7: Lebih Berpengaruh

Saat kita percaya kepada diri kita sendiri, maka ini akan memicu orang lain percaya kepada diri sendiri. Jika kita tidak percaya kepada diri sendiri, jangan harap orang akan percaya kepada kita.

Maka kita akan memiliki pengaruh lebih besar terhadap orang lain. Pengaruh ini sangat penting baik bagi karir maupun bagi bisnis Anda. Saat kita punya pengaruh, kita akan menjadi pemimpin (leader) yang bagus karena kita akan lebih mengarahkan (lead) orang lain (yang dipimpin).

Inti Manfaat Kepercayaan Diri

Intinya manfaat percaya diri bukan hanya kita bisa tambil lebih baik, tetapi jauh lebih dari itu. Dengan kepercayaan diri yang tinggi, Anda akan memiliki peluang meraih sukses yang lebih tinggi. Baik itu sukses bisnis, karir, profesional, dan lainnya.

Coba perhatikan ketujuh manfaat percaya diri diatas, semuanya bermanfaat untuk meraih sukses. Karena sukses membutuhkan hubungan yang sehat agar mendapatkan koneksi untuk mendukung kesuksesan kita.

Untuk sukses kita harus terbuka melakukan hal-hal baru, sebab Anda tidak akan mendapatkan hal baru atau lebih baik jika hanya melakukan hal yang sudah bisa atau biasa saja. Bahkan, ada yang mengatakan, untuk sukses kita harus mau melakukan apa yang sebelumnya kita tidak mau (karena tidak PD).

Sukses juga membutuhkan ketangguhan. Kita akan mencoba, kemudian melakukan kesalahan dan kegagalan. Jika tidak tangguh kita akan langsung menyerah.

Banyak yang mengatakan sukses itu harus ada peluang. Sebenarnya peluang bisa kita dapatkan jika kita lebih percaya diri. Semakin banyak peluang yang kita coba, maka akan semakin beruntung kita.

Keputusan akan sangat penting untuk kesuksesan, karena sukses didapatkan saat kita mengambil keputusan-keputusan yang tepat. Kita akan menuju ke tujuan saat kita hanya mengambil keputusan yang mengarahkan kita ke tujuan.

Sukses juga membutuhkan keberanian. Akan ada resiko saat kita ingin meraih hasil yang besar. Tanpa keberanian kita tidak akan bertindak. Dan, tanpa bertindak tidak ada kesuksesan.

Dan untuk sukses kita membutuhkan pengaruh. Sukses sangat berkaitan dengan kemampuan kita menjadi pemimpin dan menjadi pemimpin haru memiliki pengaruh.

Seorang Beriman Harusnya Percaya Diri

Makna percaya diri berbeda dengan sombong atau takabur. Percaya diri bukanlah kebalikan rendah hati. Percaya diri itu berkaitan dengan keyakinan akan kemampuan atau kesanggupan kita. Dan kita yakin bahwa kemampuan ini sudah Allah berikan kepada kita.

Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.” (QS. Ali Imran: 139)

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya….” (QS. Al Baqarah : 286)

Apa pun beban yang Anda hadapi di dunia, Anda pasti sanggup melaluinya. Karena tidak ada beban yang Allah ciptakan di dunia ini melebihi kemampuan manusia. Atau manusia memang diciptakan dengan potensi kemampuan yang mencukupi untuk setiap beban yang ada.

Lalu mengapa banyak orang yang rendah diri, merasa tidak mampu atau tidak sanggup? Karena dia belum melihat kemampuannya. Bahkan setelah membaca ayat diatas, tetap saja masih kurang percaya diri.

Mungkin dia berkata, kalau dia percaya diri. Namun perlu dilihat dari tindakannya. Seorang percaya diri akan berani, akan tangguh, akan memilih keputusan yang tepat, dan ciri-ciri orang percaya diri lainnya yang disebutkan diatas.

Penyebabnya karena kesadarannya baru ada di pikiran sadar. Belum masuk ke pikiran bawah sadar. Karena yang mengendalikan perilaku, kebiasaan, dan sikap adalah apa yang ada dalam pikiran bawah sadar.

Untuk itu perlu program untuk memasukan kepercayaan diri ke dalam pikiran bawah sadar yang caranya saya jelaskan di video ini.

Demikianlah pembahasan manfaat percaya diri dalam hidup, semoga bermanfaat.


Kunjungi Juga:

eBook dan Video GRATIS Zona Sukses

Mau Umroh? Meski Anda Tidak Punya Uang dan Belum Siap?

GRATIS eBook ABC System: Cara Jualan Online Yang LARIS

Video Course: Punya Banyak Pemasukan Dengan SATU Fokus Aktivitas

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WordPress Anti Spam by WP-SpamShield