Teknik Berpikir Kreatif – Berpikir Di Luar Kotak

zona sukses

berpikir kreatif

Cara Berpikir Kreatif

Berpikir di luar kotak adalah salah satu cara kita untuk berpikir kreatif. Sering kali, saat kita mentok mendapatkan ide kreatif karena kita belum berpikir di luar kotak. Banyak yang mengatakan, untuk mendapatkan ide cemerlang atau gagasan terobosan, kita harus berpikir di luar kotak. Apa itu berpikir di luar kotak? Dan bagaimana hubungannya dengan berpikir kreatif?

Berpikir Kreatif: Menghilangkan Batasan Yang Membelenggu

Jika kita ingin memahami apa itu yang disebut dengan “berpikir di luar kotak“, langkah pertama ialah kita harus mengerti, apa yang dimaksud dengan “kotak”. Kotak adalah suatu batasan tiga dimensi. Kiri, kanan, atas, bawah, depan, dan belang dibatasi oleh suatu batas yang tidak bisa kita tembus. Berpikir di dalam kotak berarti kita kita berpikir dalam batasan-batasan tertentu. Kabar baiknya, batasan tersebut adalah Anda yang membuatnya (meski pun tidak secara sadar). Karena Anda yang membuat batasan tersebut, maka Anda pun bisa menghilangkan batasan tersebut. Sekali Anda mampu menghilangkan batasan tersebut, maka Anda sudah disebut berpikir di luar kotak, atau Anda sudah berpikir kreatif.

Batasan tersebut ialah asumsi yang Anda buat sendiri. Anda harus menghilangkan asumsi-asumsi terlebih dahulu jika Anda ingin lebih lepas dalam bepikir kreatif. Batasan tersebut juga bisa disebut dengan penilaian. Seringkali kita membatasi pikiran kita dengan ide atau gagasan yang baik atau buruk. Anda harus menghilangkan terlebih dahulu penilaian terhadap ide atau gagasan yang Anda buat. Jika Anda menyumbat aliran berpikir Anda dengan penilaian, maka bukan hanya gagasan jelek yang akan terhambat, tetapi juga gagasan baik akan ikut terhambat. Jadi salah satu teknik berpikir kreatif adalah menghilangkan penilaian terlebih dahulu.

Disarankan Untuk Anda:   Membuka Mental Block: Saya Tidak Berbakat

Berpikir Kreatif Bukan Berarti Tanpa Batas Sama Sekali

Bukan berarti semua ide itu baik. Bisa saja ide tersebut tidak baik, terutama menurut penilaian agama. Namun penilaian ini bisa Anda lakukan setelah proses berpikir kreatif dan sebelum implementasi. Bukan saat Anda berpikir kreatif. Ini juga sebagai bantahan kepada yang mengatakan bahwa agama menghambat kreativitas, tidak sama sekali, agama mencegah kita dalam mengimplemenasikan ide yang dilarang oleh agama. Agama, sama sekali tidak membatasi Anda dalam berpikir kreatif.

Biarkan kreativitas terjadi secara otomatis, tidak usah Anda atur dalam mengeluarkan ide. Jika pola pikir Anda sudah positif, secara otomatis anda akan mengeluarkan ide-ide positif juga. Jadi kita tidak perlu khawatir akan keluar ide-ide yang tidak baik. Bisa jadi, saat kita mengeluarkan ide yang kurang baik, kita hanya perlu memolesnya lagi agar menjadi ide yang baik. Namun proses pemolesan ini juga dilakukan setelah proses kreativitas.

Jadi hilangkan batasan-batasan yang membelenggu Anda. Kalau pun ada batasan yang ingin Anda pegang, hanyalah batasan agama. Dengan demikian Anda akan mampu berpikir di luar kotak. Anda akan menjadi orang yang berpikir kreatif atau Anda akan menjadi orang kreatif. Memang perlu kreativitas dalam hidup ini? Silahkan baca pada artikel yang membahas pentingnya kreativitas disini.

Sebagai latihan, silahkan jawab pertanyaan berikut pada form komentar,

Benda apa yang bisa disimpan di ruang tamu, di kamar tidur, di ruang makan, di dapur, di runag kerja, di kamar mandi, di dalam lemari, di dalam kulkas, dan di kolong ranjang?

Silahkan jawab. Saya akan memberikan jawaban saya setelah ada 20 jawaban dari pembaca. Saya tunggu. Ini latihan berpikir kreatif.

Disarankan Untuk Anda:   Mewaspadai Pikiran Anda Jangan Sampai Merusak Sukses Anda

Bingung? Silahkan baca koleksi artikel tentang kreativitas dan berpikir kreatif dibawah ini. Bisa juga Anda membaca ebook saya Anda Pun Bisa Jenius yang membahas bagaimana cara berpikir kreatif.

[adrotate banner=”122″]

Artikel Berpikir Kreatif Lainnya

Disarankan Untuk Anda:   Filosofi Hidup: Menulis Diatas Pasir
Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php
Follow Me
Dapatkan Update Artikel dan Kata-kata Motivasi Via Telegram Klik Disini. Pastikan aplikasi telegram sudah terinstall di HP/Komputer Anda

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

44 Comments

  1. Ya bisa sikat gigi,piring,buku,sepeda,..dsb alias semua bisa masuk asal kita mau dan mengerti manfaat plus risikonya…sepertinya semua bisa masuk dan perlu kemasan sesuai kondisinya

  2. Benda yang biasa disimpan diruang tamu adalah vas bunga, dikamar tidur, selimut. Diruang makan disimpan serbet, perlengkapan masak biasa disimpan di dapur. Biasanya diruang kerja disimpan alat tulis, sabun mandi disimpan dikamar mandi. Dilemari, baju disimpan disana. Sayuran mentah disimpannya dikulkas dan biasanya obat nyamuk.

  3. Wah.. artikel ini sangat mengena sekali Pak, jd memang kita harus mencoba mulai melangkah ke zona berani ya Pak kalau ingin maju?

    Karena kalau kita dalam zona nyaman saja ya statis saja hidup ini.. betul gak pak? hehehehe

  4. Nama benda tersebut bisa apa saja tetapi benda yang dapat disimpan di tempat yang disebutkan di atas, menurut pendapat saya adalah benda yang sesuai pada tempat yang tepat ditempatnya. Ini jawaban saya. Terima kasih, Rasiyam Hidayat.

  5. terima kasih atas motivasinya, benda yang bisa di simpan apa yang terlintas dipikiran saat membaca pertanyaan diatas. ๐Ÿ™‚

  6. Benar Pak, sekali kita menjadi “Tokek dalam kotak” (analogi dari katak dalam tempurung :-)), maka kita tak akan pernah mampu menemukan gagasan2 baru alias tidak pernah mampu jadi kreatif. Kreatifitas pada umumnya mencakup keberanian melewati batas2 wilayah, begitu kan Pak? BTW, ada banyak inspirasi di sekitar kita untuk menggugah kreatifitas, termasuk di sini (numpang “jalan” ke “rumah pikiran” saya, ya Pak? :-)) Terima kasih.

  7. hmm.. kalau menurut saya, benda itu lebih berbentuk kepribadian dan pemikiran kita. Jadi, pribadi dan pemikiran kita ada di setiap tempat, terefleksikan baik di ruang tamu, di kamar tidur, di ruang makan, di dapur, di runag kerja, di kamar mandi, di dalam lemari, di dalam kulkas, maupun di kolong ranjang.

  8. menurut saya benda yang dapat dimasukkan ke dalam di ruang tamu, di kamar tidur, di ruang makan, di dapur, di runag kerja, di kamar mandi, di dalam lemari, di dalam kulkas, dan di kolong ranjang adalah BENDA YANG DIBUAT BERDASARKAN TEMPATNYA…

  9. menurut saya benda yang dapat dimasukkan ke dalam di ruang tamu, di kamar tidur, di ruang makan, di dapur, di runag kerja, di kamar mandi, di dalam lemari, di dalam kulkas, dan di kolong ranjang adalah BENDA YANG DIBUAT BERDASARKAN TEMPATNYA…

  10. ya benda apa saja bisa, tergantung kita mau di mana.. ๐Ÿ™‚
    sendok yang biasanya di dapur atau di ruang makan, kalau kita mau bisa kok ditaruh di kamar mandi ๐Ÿ˜€
    sikat gigi yang biasa di kamar mandi, bisa kok di taruh di meja makan kalau kita mau, hehe ๐Ÿ˜€

  11. Mantap pak..

    Kalau benda yang bisa disimpan di ruang tamu, di kamar tidur, di ruang makan, di dapur, di runag kerja, di kamar mandi, di dalam lemari, di dalam kulkas, dan di kolong ranjang,,

    Menurut saya handphone..

    Tanya kenapa handhpone??

    Ya, terserah saya mau nyimpannya di ruang tamu kek, di kamar tidur kek, di ruang makan kek..
    Wong handphonenya, handphone saya..
    Hehe..

    1. SEPATU JAWABNYA PAK. sukak2 saya la pak, taruh sepatu itu di kulkas kek,di ruang tamu kek,diruang makan,didapur,di kamar mandi, dikolong ranjang.
      kan sepatu saya pak.!heheeheeehee just kidding ne pak. mana tau ada benernya pak.

  12. Semua barang bs dan blh ditempatkan diruangan manapun, asalkan kita mau. ๎ˆฦฎฦ•วŽฦžฦ™๎†๎ˆ๎†ฦดว’ว˜๎ˆ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield