Cara Menemukan Ide Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan

Dari berbagai permincangan, saya sering bertemu dengan orang-orang yang ingin memulai bisnis. Ada sebuah pertanyaan, yang sering ditanyakan. Bisnis apa? Atau usaha apa? Bahkan apa usaha yang menjanjikan di masa depan?

Dia bertanya kepada saya, berharap saya memberitahukan bisnis apa, kemudian mereka jalankan, dan mereka akan sukses. Bisa saja saya memberikan saran, berdasarkan pengamatan trend yang terjadi, bukti-bukti sukses, dan sebagainya.

Pertanyaanya, apakah ide bisnis yang saya sarankan akan menjanjikan? Akan pasti berhasil? Sehebat apa orang itu, tidak ada jaminan idenya akan berhasil.

Jawaban yang sering saya berikan, “coba-coba saja, nanti akan ketemu bisnis apa yang menguntungkan.”

Cara Menemukan Ide Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan

Pentingnya Menemukan Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan

Dalam video saya Bisnis Anti Gagal, saya menyarankan Anda memikirkan ide bisnis brilian. Ide bisnis brilian adalah salah satu cara agar bisnis yang Anda jalankan berhasil. Artinya Anda tidak menjalankan bisnis sembarangan, baru buka langsung tutup, investasi ratusan juta melayang.

Memang ada saran-saran yang sering mengatakan “yang penting action”, “dicoba saja”, “berani mengambil resiko”, “jangan terlalu banyak mikir”, dan sebagainya.

Anda memiliki otak untuk digunakan. Allah sudah memberikan nikmat dan potensi otak untuk berpikir, mengapa tidak digunakan. Yang salah adalah Anda menggunakan potensi otak tanpa menggunakan potensi lainnya (misalnya jasad Anda untuk bertindak).

Semua potensi harus Anda gunakan, termasuk pikiran Anda. Sebelum Anda bertindak, pikirkan dulu bisnis brilian apa yang ingin Anda lakukan. Pada kenyataannya, banyak orang yang sudah bertahun-tahun mencoba berbisnis, tetapi tidak pernah meraih hasil yang bagus. Mereka suka bertanya, “bisnis apa lagi ya?”.

Kenapa bertanya seperti itu?Perhatikan kalimat berikut ini:

Karena apa yang sudah mereka LAKUKAN selama ini belum memberikan hasil. Mereka sudah BERTINDAK namun kenyataanya, tindakan SAJA tidak menjadikan akan berhasil.

Disinilah, pentingnya Anda menemukan ide bisnis brilian, ide Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan. Namun, saat Anda belum menemukannya, bukan berarti Anda harus diam, lakupan apa yang bisa Anda lakukan saat ini, sambil terus berusaha menemukan ide bisnis brilian Anda.

Lalu Bagaimana Cara Menemukan Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan?

Dalam video Bisnis Anti Gagal, saya menjelaskan cara dan strategi menemukan ide bisnis brilian. Namun bukan itu yang akan saya bahas disini. Artikel ini bisa dikatakan menambahkan apa yang dijelaskan di video itu. Ada satu hal yang sering dilupakan oleh orang yang mau berbisnis.

Dia ingin ide bisnis brilian, yang menjanjikan di masa depan. Hanya saja, suka lupa kepada Sang Pemilik masa depan, yaitu Allah. Bertanya kepada manusia boleh-boleh saja sebagai bentuk ikhtiar. Mencoba-coba berbagai bisnis, itu juga bagus. Menggunakan strategi di Video Bisnis Anti Gagal? Saya sarankan.

Tapi jangan lupa untuk berharap mendapatkan petunjuk dari Allah. Allah Maha Mengetahui, kenapa tidak bertanya kepada-Nya?

Tentu saja, kita bukan Nabi yang bisa berkomunikasi langsung dengan Allah, tapi Dia bisa memberikan ide kepada kita dengan berbagai cara. Bisa dengan ide yang terbetik dalam pikiran kita, bisa juga kita dipertemukan dengan orang tertentu. Bisa saja mata kita terarah ke buku atau majalah yang bisa mencetuskan ide. Dan masih banyak cara lainnya.

Mulailah Dengan Berdo’a

Banyak yang aneh, saat memulai tidak ingat Allah. Saat bisnisnya mengalami kesulitan atau gagal, baru ingat Allah. Bagus sebenarnya. Namun akan lebih bagus jika mulai ingat Allah, saat sudah berjalan ingat Allah, saat terjadi kesulitan ingat Allah, intinya terus ingat Allah.

Agar kita selalu mendapatkan petunjuk atau bimbingan-Nya mulai saat menemukan ide, saat melangkahkan kaki, saat berbicara dengan orang, saat menuliskan rencana dan sebagainya.

Jika Anda ingin selalu mendapatkan arahan-Nya, maka berdo’a harus menjadi rutinitas harian Anda. Jangan pernah berhenti berdo’a. Mulai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi. Berdo’a lah terus. Berdo’a harus menjadi bagian keseharian umat Islam, termasuk bagi Anda ingin memiliki Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan.

Mudah-mudahan kita diberikan petunjukan memiliki Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan, bukan hanya di masa depan dunia, tetapi masa depan akhirat. Bukan hanya mendapatkan harta, juga mendapatkan pahala.

Tambahkan ibadah-ibadah harian, shalat tahajud, shalat dhuha, bershadaqah, bertilawah, mohon ampun dan sebagainya agar do’a kita diperkenankan oleh-Nya.

Siapkan Hati, Pikiran, dan Fisik Untuk Menerima Ide Itu

Jangan sampai, saat Allah sudah memberikan ide kepada kita, tetapi kita melewatkannya. Jangan pernah bertanya, “bagaimana kita mengetahui bahwa ide itu datang dari Allah?”. Tidak ada metode nyata dan pasti untuk menjawab pertanyaan itu. Kita bukan nabi yang bisa berkomunikasi dengan Allah.

Kita hanya perlu mempertajam dan menjernikah hati dan pikiran kita. Pikiran yang kotor, negatif, gelisah, tidak tenang, dan khawatir bisa menutupi mata hati kita. Tidak ada cara lain, caranya dengan banyak berdzikir dan membaca Al Quran. Itu yang akan menjadikan kita lebih tenang dan cerdas.

Dan tentu, kita harus terus “membaca” sekitar kita, bisa jadi ide-ide itu sudah ada di depan mata.

Tidak ada kepastian sebuah ide itu akan berhasil. Namun setelah kita berdo’a dan menyiapkan hati dan pikiran kita, maka kita akan lebih mudah untuk menemukan ide yang akan berhasil. Dengan dengan berbagai teknik untuk “menggodog” ide sebagai ikhtiar kita.

Setelah berdo’a maksimal, setelah ikhtiar maksimal untuk menemukan ide brilian, maka langkah selanjutnya adalah mencoba sambil bertawakal kepada Allah. Inilah Action yang harus Anda ambil. Mungkin akan tetap membutuhkan kerja keras, dimana membutuhkan kekuatan fisik yang prima.

Persiapan fisik juga penting. Jangan sampai ide atau peluang datang, tapi Anda malah sakit atau fisik Anda terlalu lemah untuk menyambut peluang tersebut.

Jadikan Rutinitas Harian Anda

Jika Anda ingin menemukan ide bisnis brilian, Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan dari Allah, maka cobalah untuk melakukan semua hal diatas menjadi rutinitas harian Anda. Jangan pernah melewatkannya.

  • Teruslah berdo’a mendapatkan petunjuk dari Allah.
  • Siapkan hati dan pikiran dengan banyak berdzikir dan tilawah Al Quran serta merenung fenomena di sekitar kita.
  • Siapkan fisik dengan olah raga yang proporsional dan teratur.

Dan tentu semua hal diatas dilakukan sebagai tambahan ibadah-ibadah wajib Anda.

Tapi Saya Tidak Punya Waktu

Saya katakan: alokasikan! Kemudian atur waktu yang lainnya. Jika hal ini menurut Anda penting, Anda akan mencari cara untuk melakukannya. Karena penting!

Jika Anda tidak melakukan hal ini, karena Anda menganggap ada “hal lain” yang lebih penting dari ini. Jadi bukan masalah ada waktu atau tidak, sejauh mana menurut Anda hal-hal yang dibahas disini penting.

Semua orang punya waktu, sama-sama 24 jam. Anda akan menggunakan waktu Anda untuk melakukan hal paling penting menurut Anda. Betulkan?

Jika Anda ingin menemukan ide Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan, maka apa yang dibahas di artikel ini sangat penting. Cari cara, alokasikan waktu, dan lakukan.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php
Follow Me
zona sukses

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield