Saat Mimpi Sulit Terwujud

1046645_dream_wayTanya: Saya telah banyak membaca buku-buku motivasi, bahkan saya tak jarang diundang mengisi forum-forum semacam itu. Saya sendiri telah memiliki mimpi-mimpi yang besar. Sehingga oleh beberapa saudara (saya memiliki keluarga besar) saya disebut sebagai “pemimpi”. Terhadap mimpi-mimpi saya itu, saya memiliki keyakinan sangat besar & kuat. Namun mengapa masih juga terasa sulit, mimpi-mimpi itu terwujud? Apa yang salah dengan mimpi dan keyakinan saya? Mohon nasehat pak Rahmat, jazakumullah khairan katsiira. [Seseorang via email]

Sahabatku, terima kasih telah bertanya.

Jika dibaca dari email Anda, saya melihat sebenarnya keyakinan Anda akan mimpi Anda belum benar-benar yakin. Secara lisan Anda mengatakan bahwa Anda meyakininya, namun jauh di dalam lubuh hati, masih belum yakin bahwa mimpi Anda akan tercapai. Hal ini bisa dilihat dari apa yang Anda katakan:

Namun mengapa masih juga terasa sulit, mimpi-mimpi itu terwujud?

Pertanyaan tersebut, tidak akan pernah keluar dari seseorang yang yakin akan mimpinya. Pertanyaan tersebut jelas menggambarkan bahwa Anda belum yakin, setidaknya belum 100% yakin bahwa mimpi Anda akan terwujud. Ini adalah penyebab utamanya, bahwa Anda belum yakin 100%. Jadi solusinya adalah dengan meningkatkan keyakinan Anda.

Apa yang menjadi masalah? Apakah mimpi atau keyakinan Anda? Bisa jadi keduanya.

Ada tiga unsur yang bisa mempengaruhi kayakinan Anda:

  1. Mimpi itu sendiri. Apakah mimpi Anda bisa dicapai? Orang mengatakan mimpi yang “ketinggian” malah akan menghilangkan keyakinan Anda. Apakah mimpi Anda ketinggian? Tidak ada ukuran pasti apakah mimpi itu ketinggian atau tidak. Tinggi tidak sebuah mimpi itu relatif terhadap orangnya. Bisa saja, bagi seseorang terlalu tinggi, tetapi bagi orang lain tidak. Saat Anda menemukan mimpi “yang terlalu tinggi” bisa jadi yang bermasalah bukan pada mimpi, tetapi pada diri Anda yang “terlalu rendah” dibandingkan mimpi Anda. Ini adalah faktor kedua.
  2. Kepercayaan Diri. Mungkin saja, Anda sendiri yang menganggap diri Anda terlalu rendah dibandingkan mimpi Anda. Yah, istilahnya adalah tidak percaya diri. Solusinya ialah Anda harus meningkatkan rasa percaya diri Anda juga meningkatkan kualitas diri dengan cara belajar dan mencoba.
  3. Kemungkinan ketiga ialah saat Anda masih gelap melihat jalan menuju impian Anda. Anda percaya diri, Anda yakin impian Anda bisa dicapai, hanya saja Anda tidak tahu bagaimana cara mencapainya. Solusinya, dengan cara belajar dan mencoba. Jika perlu belajar kepada orang yang sudah berhasil baik langsung maupun via ebook, buku, seminar, dan sebagainya. Bisa juga Anda memiliki seorang mentor. Intinya, saat Anda tidak bisa ada dua hal yang bisa Anda lakukan: belajar dan minta bantuan.

Mudah-mudahan bisa menjawab pertanyaan Anda.

Mungkin Anda harus membaca ini: Cara Meraih Impian

Orang Biasa Bisa Punya Bisnis Luar Biasa

12 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield