Kenapa Sulit Fokus dalam Meraih Mimpi? Ini Langkah Pertamanya

Kenapa sulit fokus?

Katanya, kalau mau sukses itu harus fokus, tetapi mengapa banyak orang yang kesulitan fokus?

Fokus yang dimaksud disini beda dengan konsentrasi, itu bahasan lain. Fokus yang dimaksud adalah tetap pada satu hal sampai berhasil.

Banyak orang gagal dalam bisnis apa pun, karena dia tidak fokus.

Fokus sangat penting, karena dengan fokus kekuatan terpusat sehingga apa yang Anda lakukan akan lebih berhasil dengan kecepatan lebih tinggi dan kualitas yang lebih baik.

kenapa sulit fokus

Penyebab Kenapa Sulit Fokus

Ada beberapa penyebab kenapa sulit fokus. Jika Anda sudah bisa mengatasi ini, maka Anda akan bisa fokus.

Penyebab Pertama: Tidak Berani Mengambil Keputusan

Anda tidak akan pernah fokus jika tidak berani mengambil keputusan fokus pada 1 hal dan menolak hal-hal lainnya. Anda harus berani mengambil keputusan, Anda mau fokus apa. Anda tidak akan pernah fokus jika belum jelas, masih ragu, masih angin-anginan, dan masih terombang-ambing terhadap pilihan fokus.

Kadang, ada yang sudah menyatakan fokus pada satu hal. Namun, selalu saja ada godaan untuk memikirkan yang lain. Akhirnya tidak pernah fokus.

Tetapi, itu bagus, bagaimana mau saya lewatkan?

Ya, disana memang tantangannya. Kadang kita berpikir, semua hal bagus dan semua hal penting. Sehingga dia tidak pernah fokus pada satu hal. Semua dia coba lakukan secara bersama, akhirnya tidak pernah memberikan hasil yang maksimal.

focus

Semua penting, semua bagus, jadi semuanya saja. Ini yang menjadikan Anda tidak akan pernah fokus.

Adalah benar, banyak hal yang penting dan bagus. Tapi Anda harus memilih, karena Anda tidak akan bisa meraih semuanya. Pilihlah, beranilah mengambil keputusan dan mengatakan tidak pada yang lainnya.

Kalau pun pada akhirnya Anda tidak memilih satu, tapi banyak, maka simpan secara berutuan. Kerjakan, satu per satu. Disini, Anda harus memiliki kemampuan untuk memilih prioritas, apa dulu yang akan Anda lakukan.

Sekarang, ambil keputusan, Anda mau fokus apa (dulu)?

Jika belum, Anda tidak akan pernah bisa fokus.

Penyebab Kedua: Tidak Mengalokasikan Waktu Yang Cukup

Idealnya yang namanya fokus itu adalah tidak ada yang dikerjakan selain apa yang menjadi fokus. Ini namanya fokus. Jika Anda masih mengerjakan banyak hal, itu bukan fokus namanya. Berserakan dan tersebar, bukanlah fokus.

Namun, secara realitas kita memang tidak bisa melakukan satu hal saja. Akan selalu saja ada ha-hal lain yang harus dilakukan. Ya, saya katakan HARUS dan tidak bisa tidak. Akhirnya tetap saja ada hal lain yang kita lakukan.

Bagaimana agar kita bisa fokus? Maka alokasikan waktu Anda yang cukup untuk melakukan fokus. Berapa lama?

Dari beberapa ahli fokus yang pernah saya baca, minimal Anda meluangkan waktu 50% dari waktu kerja Anda untuk melakukan fokus. 50% waktu lain diperuntukan untuk melakukan berbagai hal yang urgent (harus).

Jika bisa lebih dari 50% itu lebih bagus.

Jika tidak bisa minimal 50%, artinya terlalu banyak hal yang Anda lakukan. Kembali ke quote dari Steve Jobs, Anda harus berani mengatakan tidak sehingga waktu Anda cukup. Memang berat dan tidak mudah mengatakan tidak, apalagi sudah lama kita lakukan.

Untuk itu saya mengatakan dari tadi: harus berani. Berani mengatakan tidak pada berbagai hal yang terlihat bagus dan penting. Semua mungkin penting, tetapi pilihlah yang paling penting.

Sudahkah Anda bersedia mengalokasikan minimal 50% dari waktu kerja Anda? Jika Anda berkerja (bukan hanya karyawan, termasuk pebisnis) selama 8 jam per hari, maka harus ada minimal 4 jam untuk mengerjakan fokus Anda.

Jika belum, coba daftar semua aktivitas dan proyek yang Anda lakukan. Cobalah berani untuk mencoret dan/atau menunda beberapa hal, agar Anda bisa fokus.

Jadi Inilah Langkah Pertama dan Kedua Agar Bisa Fokus

Sudah siap menjadi orang yang fokus dan meraih pencapaian yang lebih baik? Jika ya, maka silahkan lakukan 2 hal ini sebagai langkah awal agar bisa fokus:

  1. Ambil keputusan besar, Anda mau fokus apa. Mungkin perlu merenung, berpikir, dan berdo’a (isitkharah) untuk menentukan satu hal terpenting dalam hidup Anda saat ini.
  2. Alokasikan minimal 50% dari waktu kerja Anda untuk mengerjakan fokus Anda.

Jika 2 langkah ini sudah Anda lakukan, maka lanjutkan dengan langkah-langkah yang diperlukan sampai fokus Anda selesai. Selesaikan sampai tuntas sebelum beralih ke hal lain. Jangan lagi bertanya kegapa sulit fokus, jika belum melakukan 2 hal ini.

Misalnya fokus menjalankan bisnis. Fokus dulu pada satu bisnis sampai berhasil, sampai menghasilkan, dan sampai sistem terbangun sehingga bisa didelegasikan. Kemudian baru boleh memikirkan hal lain.

Sebenarnya Anda bisa fokus pada banyak hal, dengan catatan sumber daya Anda memadai untuk masing-masing fokus. Anda bisa saja menjalankan 100 bisnis sekaligus jika Anda punya 100 direktur yang masing-masing fokus pada perusahaanya.

Tapi satu hal yang tidak boleh dilupakan. Anda tidak akan bisa membangun 100 bisnis jika 1 bisnis pun belum Anda bangun dan sukses terlebih dahulu. Kol. Sander, penemu KFC, memulai bisnis dengan 1 resep ayam goreng dan 1 rumah makan.

Ada pertanyaan atau menambahkan tentang mengapa sulit fokus? Silahkan di komentar. Ini bisa menjadi diskusi yang menarik.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php
Follow Me
zona sukses

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

3 Comments

    1. Ada, yaitu tidak “mengganggu” saat kita sedang fokus. Misalnya kita punya block waktu dalam sehari untuk fokus dan meminta keluarga agar tidak mengganggu saat ini. Tentu saya meminta dengan baik-baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield