Berpikir Positif, Pola Pikir

Kekuatan Syukur – Dahsyatnya Bersyukur

March 3, 2020
(Last Updated On: March 3, 2020)

Yakinkah Anda dengan kekuatan syukur?

Bahwa bersyukur itu sangat bermanfaat bagi kebaikan hidup kita.

Bersyukur sepertinya mudah.

Namun sayangnya banyak orang yang melupakan ini.

Sepertinya begitu sulit untuk melakukannya.

Bagaimana dengan Anda? Mengapa begitu sulit?

Bagaimana caranya menjadi pribadi yang bersyukur?

Kekuatan Syukur Dijelaskan Allah di Al Quran

kekuatan syukur

Berbicara tentang kekuatan syukur, sepertinya kita tidak bisa lepas dari ayat ini

Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah ( nikmat ) kepadamu dan jika kamu mengingkari ( nikmat-Ku), maka sesungguhnya azabku sangat pedih. “ ( QS. Ibrahim : 7 )

Bagaimana caranya Allah akan menambah nikmat? Sesungguhnya itu adalah rahasia Allah, meski pun sebagai manusia kita kita bisa memikirkannya.

Manfaat Bersyukur

Saya tidak membatasi bahwa manfaat bersyukur itu hanya 2. Hanya saja yang dibahas pada artikel kali ini fokus kepada 2 manfaat ini. Insya Allah atau bisa Anda baca pada artikel lain tentang menfaat syukur yang luar biasa.

Berikut adalah dua manfaat syukur. Mudah-mudahan bisa memotivasi Anda menjadi hamba yang pandai bersyukur.

  1. Pahala dari Allah. Jelas, bersyukur adalah perintah Allah, kita akan mendapatkan pahala jika kita bersyukur dengan ikhlas.
  2. Menciptakan Feeling Good. Dengan bersyukur akan membuat kita lebih bahagia. Perasaan kita menjadi lebih enak dan nyaman dengan bersyukur. Bagaimana tidak, pikiran kita akan fokus pada berbagai kebaikan yang kita terima.

Apa Hubungan Pahala dari Allah Dengan Sukses?

Jelas sekali. Semakin banyak pahala dari Allah, maka Allah akan lebih sayang kepada kita. Jika Allah lebih sayang, maka pertolongan Allah semakin dekat. Do’a-do’a kita dikabulkan. Tindakan dan pikiran kita dibimbing, diarahkan ke jalan yang benar.

Bukankah ini luar biasa?

Lalu apa manfaat Feeling Good?

Jika Anda yang percaya dengan Hukum Daya Tarik (law of attraction), feeling good akan meningkatkan kekuatan Anda menarik apa yang Anda inginkan. Kekuatan hukum ini akan sebanding dengan keyakinan dan perasaan positif.

Sementara semakin banyak kita bersyukur, akan semakin banyak perasaan positif pada diri kita. Jika dari sekian teknik LOA tidak bisa Anda ikuti, fokus saja pada bersyukur. Akan menghasilkan!

Motivasi akan muncul dari kondisi emosi yang positif (dibahas lebih lanjut pada ebook saya motivasi Diri). Sementara bersyukur akan menciptakan emosi yang positif karena kita fokus apda hal-hal yang positif.

Semakin banyak Anda bersyukur akan semakin besar motivasi yang Anda miliki. Syukur memfokus pikiran kita kepada hal-hal positif, kufur justru mengarahkan pikiran kepada hal yang negatif.

Bersyukur akan membentuk pola pikir sukses. Pola pikir sukses adalah keyakinan dalam mendapatkan. Saat kita bersyukur, maka pikiran kita secara tidak sadar diberikan suatu “pola” mendapatkan, sehingga akan terbentuk pola sukses.

Semakin banyak bersyukur, pola pikir sukses Anda akan semakin kuat.

Dengan melihat ketiga manfaat dari feeling good, kita bisa menyimpulkan bahwa feeling good adalah mungkin menjadi salah satu cara Allah memberikan nikmat tambahan kepada kita.

Jika orang baru ribut dengan manfaat syukur pada akhir-akhir ini, Al Quran sudah 14 abad yang lalu. Sungguh suatu nikmat Allah yang diberikan kepada kita, sayang jika kita mengabaikannya.

Intinya adalah dengan bersyukur, nikmat kita akan di tambah oleh Allah. Itu janji-Nya, tidak mungkin salah dan tidak mungkin Allah mengingkari janji-Nya.

Cukuplah penjelasan Al Quran bagi orang yang beriman. Dia akan langsung yakin dengan apa yang dikatakan al Quran karena itu adalah perkataan Allah yang disampaikan melalui Rasulu-Nya.

Bersyukur adalah salah satu cara merubah pikiran negatif menjadi positif. Jika Anda mau memiliki pikiran positif terus, maka caranya dengan bersyukurlah terus.

Sebenarnya masih banyak Ayat Al Quran dan juga hadist yang menjelaskan tentangnya dahsyatnya bersyukur.

Diantaranya:

Mengapa Allah akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman? Dan Allah adalah Maha Mensyukuri lagi Maha Mengetahui. (QS An Nisaa:147)

Dan kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur. (QS. Ali Imran:145)

Orang yang makan dan bersyukur itu seperti orang yang berpuasa dan bershabar. (HR Ibnu Majah dan Ibnu Hibban)

Zikir yang paling utama adalah la ilaha illallah dan doa yang paling utama adalah alhamdulillah. (HR Ibnu Majah dan Ibnu Hibban)

Mendapatkan Kekuatan Bersyukur

Setelah Anda yakin dengan kekuatan bersyukur, maka langkah selanjutnya adalah meningkatkan rasa syukur kita.

Saya sering mendapatkan, “bagaimana mau bersyukur, hidup saya susah terus.” Padahal sebenarnya dia susah karena tidak mau bersyukur. Tidak mau bersyukur pada dasarnya adalah dia tidak berterima kasih dengan nikmat yang dia dapatkan.

Yang dia pikirkan hanya susahnya, padahal nikmat yang sudah dia dapatkan tidak terhitung jumlahnya.

Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. An Nahl: 18).

Ini masalah fokus, jika Anda mau mengubah fokus terhadap nikmat, Anda akan bersyukur. Jika fokus Anda terhadap kesusahan, Anda akan melupakan bersyukur.

Tiap orang punya kesusahan dan TIAP orang juga mendapatkan nikmat. Anda atau siapa pun bukan tidak mendapatkan nikmat, tetapi Anda hanya mengabaikan nikmat itu.

Syukur, suatu kata yang sangat berbobot dan memberikan makna yang tidak terhingga. Allah telah menjamin dalam Al Quran, barang siapa yang bersyukur maka Allah akan menambah nikmat kepada orang tersebut.

Pada artikel ini, akan dibahas 2 manfaat penting bersyukur yang akan mengubah hidup Anda. Anda akan lebih sukses jika pandai bersyukur.

Sudahkan Anda bersyukur? Sudahkah Anda merasakan tambahan nikmat atas syukur Anda? Apakah Anda ingin mendapatkan nikmat yang lebih besar lagi? Lupakan mengeluh, mulailah perbanyak syukur.

Cara Meningkatkan Syukur

Tidak diragukan lagi, untuk meraih sukses kita perlu meningkatkan rasa syukur kita terhadap nikmat yang Allah berikan kepada kita. Bagaimana tidak, kita sudah belajar bagaimana manfaat syukur yang luar biasa dalam kehidupan kita. Namun, yang menjadi pertanyaan, kenapa masih banyak orang yang tidak atau kurang bersyukur?

Atau ada juga orang yang merasa sudah bersyukur, tetapi dia merasa tidak ada tambahan nikmat sesuai dengan janji Allah. Padahal janji Allah tidak mungkin salah. Artinya cara bersyukur kita yang salah, kita merasa bersyukur padahal kita belum bersyukur.

Lebih Sadar Terhadap Nikmat Yang Allah Berikan

Saya yakin, Anda yang mau membaca artikel ini adalah orang-orang yang pandai bersyukur. Namun bukan berarti kita tidak perlu meningkatkan syukur kita. Jika masih ada hal yang Anda inginkan, maka tingkatkan rasa syukur Anda.

Setinggi apa pun Anda menjadi hamba yang bersyukur, Anda masih tetap perlu meningkatkan syukur Anda. Jika Anda baru bersyukur saat menambatkan nikmat berupa materi, ini adalah baru tahap awal menjadi hamba yang pandai bersyukur.

Untuk meningkatkan rasa bersyukur, kita harus lebih jeli dan peka terhadap berbagai nikmat yang diberikan Allah kepada kita. Kurangnya kepekaan terhadap nikmat Allah akan mengurangi syukur kita, sebab kita merasa tidak ada yang perlu disyukuri lagi.

Meningkatkan kepekaan bisa dilakukan dengan melakukan perenungan terhadap apa yang terjadi pada hidup kita sehari-hari. Luangkan waktu Anda setiap hari untuk merenungkan nikmat setiap harinya.

Sadari bahwa: Setiap saat, kita mendapatkan nikmat baru. Satu detik waktu berlalu berarti kita mendapatkan nikmat hidup selama satu detik. Nafas kita, penglihatan kita, penciuman kita, detak jantung kita dan sebagainya yang tidak mungkin disebutkan disini.

Selalu ada hikmah dari setiap kejadian, baik kejadian pada diri sendiri maupun orang lain. Sementara setiap saat selalu ada kejadian, berarti selalu ada hikmah yang bisa kita ambil. Sementara hikmah adalah suatu nikmat. Syukurilah.

Caranya ialah dengan rajin tafakur. Pikirkan apa hikmah dari setiap kejadian? Anda akan menemukan banyak hikmah dan lebih banyak bersyukur.

3 Cara bersyukur ini bisa Anda lakukan setiap hari, bahkan setiap saat. Sampai kapan? Jangan bertanya sampai kapan, sebab bersyukur adalah sebuah ibadah, tidak diukur oleh keberhasilan materi Anda. Justru, jika Anda lupa bersyukur, apa yang telah Anda miliki bisa jadi malah menjadi laknat, bukan lagi nikmat.

Cara bersyukur dalam Islam tidaklah mengharus kita melakukan ritual yang aneh-aneh. Menerima dan berterima kasih atas nikmat kepada Allah dalam hati, lisan, dan tindakan adalah cara bersyukur.

Dan tindakan yang dibutuhkan untuk bersyukur adalah memanfaatkan semua nikmat Allah untuk ibadah. Rasanya tidak berterima kasih, jika nikmat Allah justru kita gunakan untuk bermaksiat.

Jadi fahami, bagaimana syukur bisa mengubah diri Anda menjadi pribadi yang lebih sukses, kemudian tingkatkan syukur Anda.

Jika saya rangkumkan poin-poinnya:

  1. Merenung agar lebih sadar terhadap nikmat
  2. Berprasangka baik, karena prasangka buruk akan menutup nikmat
  3. Tanamkan dalam hati bahwa kita banyak mendapatkan nikmat

Jangan sampai dech, nanti Allah bertanya dengan murka kepada kita

Maka,nikmat Tuhanmu yang mana lagikah yg akan kamu dustakan?(QS.Ar-Rahman:13)

Jangan sampai kita menjadi salah satu mendustakan nikmat Allah.

Cobalah lakukan 3 langkah ini:

  1. Luangkan waktu untuk merenungkan nikmat-nikmat yang sudah Allah berikan kepada kita. Nikmat itu sangat banyak, bahkan tidak akan terhitung. Lalu mengapa banyak orang yang merasa tidak mendapatkan nikmat? Karena mereka kurang memberikan perhatian terhadap nikmat-nikmat yang sudah Allah berikan. Allah mengulang-ngulang ayat “Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” dalam surah ar Rahmaan, dimana salah satu hikmahnya adalah agar kita lebih memperhatikan nikmat-nikmat. Saat kita memberikan perhatian terhadap nikmat, kita akan melihat, kita akan ngeh, bahwa nikmat Allah yang kita terima sangat banyak.
  2. Berprasangka baiklah kepada Allah. Banyak nikmat yang tidak terlihat bagi kita. Kita sering menganggap bahwa nikmat itu harus dalam bentuk materi, padahal lebih luas dari itu. Seringkali kita menganggap bahwa nikmat itu adalah sebuah pemberian, padahal bisa saja Allah sudah menghindarkan kita dari suatu musibah yang asalnya akan menimpa kita. Mungkin tidak ada yang bertambah pada diri kita, tetapi terhindar dari musibah bukankan sebuah nikmat yang besar? Renungkanlah…
  3. Setelah kita mengetahui bahwa nikmat Allah begitu banyaknya, maka langkah selanjutnya ialah memasukan pengetahuan ini ke dalam hati. Agar melekat dengan diri kita sehingga rasa syukur kita akan bertambah. Caranya ialah terus menerus mengingat nikmat dalam berbagai kesempatan. Semakin sering kita mengingat nikmat, akan semakin tertancap dalam hati, maka rasa syukur pun akan meningkat.

Jadi cara meningkatkan rasa syukur diawali dengan pengetahuan akan nikmat yang telah kita terima. Namun tidak cukup hanya pengetahuan saja, karena banyak orang yang tahu tetapi kurang bersyukur. Pengetahuan akan nikmat ini harus tertanam dalam hati kita.

Kita sudah mengetahui bagaimana cara meningkatkan rasa syukur. Muda-mudahan dengan meningkat rasa syukur, nikmat kita akan bertambah.

Mudah-mudahan dengan kemauan kita meningkatkan rasa syukur akan menjadikan kita mendapatkan manfaat dari dahsyatnya bersyukur.

Seorang pengusaha sukses di Bandung membagikan salah satu kebiasaan merenungi nikmat-nikmat Allah sampai air mata menetes, saking terharu dan berterima kasih kepada Allah akan kelimpahan nikmat yang diberikan kepada kita. Sudahkah kita sampai menangis berterima kasih kepada Allah?

Selalu Bersyukur Dalam Keadaan Apapun

Kesalahan banyak orang adalah mereka seringkali menunggu nikmat untuk bersyukur. Saat mendapatkan rezeki nomplok, saat mendapatkan kesenangan, baru dia mengatakan hamdalah sebagai bentuk bersyukur.

Tidak ada salahnya. Itu bagus. Yang salah adalah saat seorang mendapatkan nikmat, dia tidak pernah mengingat Siapa yang memberi nikmat.

Namun akan lebih baik jika Anda selalu bersyukur dalam keadaan apapun. Termasuk dalam susah? Ya.

Bukankah Anda yakin bahwa Allah selalu memberikan yang terbaik bagi kita? Dibalik musibah, dibalik kesedihan, dan dibalik cobaan, Anda kebaikan untuk kita dan kita patut bersyukur untuk itu semua.

Coba simak hadist ini:

Pada hari kiamat nanti, orang-orang yang bergelar Al-Hammadun diseru untuk berdiri. Segerombolan orang pun berdiri dengan membawa sebuah bendera, lalu mereka masuk syurga, ”

Beliau ditanya, “Siapa al Hammadun itu?”

Beliau bersabda, “Yitu orang-orang yang senantiasa bersyukur kepada Allah setiap saat.” (HR ath Thabarani, Abu Bu’aim, dan al-Baihaqi)

Redaksi lain menyebutkan, “Yaitu orang-orang yang bersyukur kepada Allah, baik di waktu suka maupun duka.”

Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak bersyukur, bahkan dalam keadaan sulit dan susah pun, bahkan dalam keadaan duka sekali pun. Balasannya tidak lain selain syurga seperti dijelaskan pada hadist di atas plus hadiah nikmat di dunia.

Tiga Kesalahan Dalam Meningkatkan Rasa Syukur

Jika kita bersyukur, nikmat kita akan ditambah oleh Allah. Mungkin, kita sudah hafal ayat Al Quran yang menjelaskan hal ini:

Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu (QS Ibrahim:7)

Lalu, mengapa ada orang yang merasa sudah bersyukur tetapi merasa tidak mendapatkan nikmat tambahan? Karena janji Allah tidak mungkin salah, artinya ada yang salah dengan diri kita. Ada tiga kemungkinan:

  • Pertama: cara kita bersyukur yang salah.
  • Kedua: kita kurang peka terhadap nikmat yang sebenarnya sudah Allah berikan kepada kita.
  • Ketiga: Allah memberikan nikmat lain yang terbaik bagi kita, tapi kita tidak menyadarinya.

Agar kita tidak terjebak pada ketiga kesalahan ini, silahkan praktekan langkah-langkah yang dianjurkan diatas.

Rancang Kehidupan Anda Menjadi Hidup Penuh Rasa Syukur

Jadikan Bersyukur Menjadi Sebuah Kebiasaan

Jadikan bersyukur sebuah kebiasaan. Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita untuk bersyukur saat kita bangun tidur. Kita diajarkan untuk bersyukur di awal hari. Agar hari-hari kita penuh dengan syukur.

Praktekan apa dijelaskan setiap hari. Jadikan sebuah kebiasaan yang tidak pernah terlewat. Jangan hanya menunggu mendapatkan rezeki yang baru, tapi biasakan untuk terus bersyukur terhadap nikmat yang sudah ada, yang tidak terhitung besar dan jumlahnya.

Buat pengingat di rumah Anda atau melalui HP Anda untuk mengadakan sesi syukur setiap hari dan rasakan dahsyatnya.

Raihlah Kemenangan dan Syukuri

Menyukuri apa yang sudah kita dapatkan adalah sebuah keharusan dan akan memberikan dampak positif bagi diri kita seperti dijelaskan diatas. Salah satu bentuk ungkapan syukur kita adalah mengoptimalkan potensi diri yang Allah berikan kepada kita. Kita punya potensi berupa hati, fisik, dan pikiran.

Maka manfaatkanlah untuk meraih kemanangan. Terutama kemenangan atas diri sendiri dengan meraih berbagai prestasi yang bermanfaat bagi diri, keluarga, dan umat. Dan kemenangan-kemenangan ini pun akan menambah rasa syukur dan akan mempersering kita bersyukur.

Putuskanlah untuk merancang kehidupan yang penuh dengan kemenangan untuk Anda rayakan. Semakin banyak perayaan yang Anda lakukan, maka hidup Anda akan semakin indah. Hidup indah adalah hidup yang dipenuhi dengan kemenangan-kemenangan yang patut Anda rayakan.

Semantara perayaan akan membuat hidup Anda lebih bahagia. Inilah kehidupan yang indah, bukan hanya damai dan tentram tetapi juga dipenuhi dengan perayaan-perayaan atas kemenangan dan keberhasilan Anda sendiri.

Menghadiri perayaan orang lain akan membuat kita bahagia, apalagi jika Anda menghadiri perayaan diri Anda sendiri, kebahagiaan yang Anda rasakan akan lebih baik. Raihlah kemenangan, raihlah keberhasilan dan rayakanlah.

Inilah sifat para pemenang sejati, yang menjalani hidup dengan penuh perayaan, penuh dengan kegembiraan baik bagi diri Anda, keluarga Anda, dan kebahagiaan untuk orang lain.

Bersukur dan memberi adalah suatu perayaan yang paling agung dan suci. Bersyukur akan membawa kebahagiaan bagi Anda. Memberi juga sama, akan memberikan kebahagiaan dan kepuasan batin yang luar biasa sambil mengharap balasan di akhirat kelak, sebab rizki Anda sesungguhnya ada pada pemberiaan Anda. Semakin banyak Anda memberi, semakin bahagia Anda, dan semakin dekat kepada kesuksesan hakiki Anda.

Fokus Pada Nikmat Bukan Kekurangan

Salah satu penyebab kenapa banyak orang yang justru mengisi hari-harinya dengan mengeluh, bukan bersyukur, karena fokus pada kekurangan. Jika kita terus fokus pada kekurangan, emosi kita negatif, akhirnya hanya mengeluh. Kita menjadi lupa, tidak bisa melihat atau merasakan yang sebenarnya sudah banyak nikmat.

Hati-hati dengan rantai emosi negatif. Jika Anda mengalami satu emosi negatif, bahkan berkaitan hal kecil, itu bisa berantai ke berbagai emosi negatif lainnya. Kecewa kepada anak, pasangan kita bawa-bawa. Kecewa kepada satu orang rekan kerja, satu kantor kita bawa-bawa. Jika kita tidak pandai mengendalikan emosi, ini bisa terjadi.

Saat mengalami kekecewaan, teringat akan kekurangan, segera alihkan fokus kita kepada apa yang sudah kita dapatkan dan sudah kita miliki, kemudian syukurilah. Untuk itu, praktek bersyukur seperti yang dijelaskan diatas harus kita lakukan dengan sengaja.

Menonton berita di pagi hari atau membaca melalui HP kita juga bisa merusak syukur kita. Berita itu cendrung lebih suka memberitakan hal negatif. Jadi waspadalah di pagi hari. Fokus pada syukur, fokus pada persiapan hari ini, hindari pemicu-pemicu negatif.

Kemudian jalani hari penuh dengan syukur. Lupakan segera kekecewaan. Alihkan dan jaga perhatian kepada keberlimpahan dan kenikmatan yang sudah kita dapatkan.

Penutup

Sungguh artikel ini tidaklah akan cukup menggabarkan bagaimana dahsyatnya kekuatan syukur. Satu hal yang kita harapkan adalah kita menjadi hamba-hamba yang senantiasa bersyukur dan mendapatkan gelar Al Hammadun di akhirat nanti.

Follow Me

2 Comments

  • Reply vivian February 24, 2009 at 4:07 am

    thanks alot 4 yuor e book
    give more advantage

  • Reply Motivasi Kerja September 14, 2009 at 5:32 pm

    Makasih atas ebook gratisnya. Sedikit sebanyak memberikan ilmu untuk diri sendiri.

  • Leave a Reply

    WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield