Menggali Kekuatan Pengulangan Dalam Belajar Agar Lebih Baik

Kekuatan pengulangan adalah teknik pembelajaran yang melibatkan pengulangan informasi atau keterampilan tertentu secara berkala. Ide sederhananya adalah bahwa semakin sering kita mengulang sesuatu, semakin baik kita akan mengingatnya. Ini bukan sekadar membaca sesuatu sekali dan melupakannya. Kekuatan pengulangan mengharuskan kita untuk kembali ke materi tersebut secara berkala, membangun fondasi pengetahuan yang kuat.

Relevansi Kekuatan Pengulangan dalam Pengembangan Diri

Anda mungkin bertanya, “Mengapa saya perlu peduli tentang kekuatan pengulangan dalam belajar?” Nah, itulah yang akan kita bahas selanjutnya. Kekuatan pengulangan bukan hanya alat pembelajaran biasa. Ini adalah kunci kesuksesan dan pengembangan diri yang berkelanjutan. Dalam dunia yang terus berubah, kemampuan untuk memperbarui dan mempertahankan pengetahuan adalah aset tak ternilai.

Tujuan Artikel Ini

Artikel ini bertujuan untuk membantu Anda memahami dengan lebih dalam bagaimana kekuatan pengulangan dalam belajar dapat memberikan keunggulan dalam pembelajaran dan pengembangan diri Anda. Kami akan menjelajahi konsep dasar ilmiah di baliknya, memahami bagaimana otak Anda merespons pengulangan, dan memberikan panduan praktis untuk mengintegrasikan kekuatan pengulangan ke dalam kehidupan sehari-hari Anda. Jadi, mari kita mulai petualangan ini bersama-sama!

Menggali Kekuatan Pengulangan Dalam Belajar Agar Lebih Baik

Daftar Isi

Memahami Ilmu Pembelajaran

Mari kita gali lebih dalam tentang ilmu pembelajaran dan bagaimana kekuatan pengulangan dalam belajar berperan di dalamnya.

Ilmu Kognitif dan Pembelajaran

Saat kita berbicara tentang pembelajaran, kita tak bisa menghindari ilmu kognitif. Ini adalah cabang ilmu yang memahami bagaimana pikiran manusia bekerja ketika kita belajar dan mengingat sesuatu. Jadi, ketika Anda mempelajari hal baru, seperti bahasa atau keterampilan, otak Anda bekerja keras. Ini seperti otak Anda adalah mesin yang merakit puzzle pengetahuan.

Bagaimana Otak Memproses Pengulangan

Sekarang, mari kita bicara tentang bagaimana otak Anda memproses pengulangan. Otak kita suka pola dan pengulangan. Ketika kita mengulang sesuatu secara berkala, otak kita membentuk kenangan yang lebih kuat. Ini seperti melatih otot; semakin sering Anda melakukannya, semakin kuat Anda jadi. Dengan pengulangan yang tepat, Anda dapat mempertahankan pengetahuan dalam ingatan jangka panjang.

Mengapa Pengulangan Penting dalam Perkembangan Pribadi

Jadi, mengapa kita harus peduli tentang pengulangan dalam perkembangan pribadi? Karena ini adalah kunci untuk membangun fondasi yang kuat. Ketika Anda terus-menerus memperbarui pengetahuan Anda melalui pengulangan, Anda menjadi pribadi yang lebih kompeten dan siap menghadapi tantangan apa pun. Ini seperti memiliki persediaan alat yang lengkap di kotak perkembangan diri Anda, siap digunakan setiap saat.

Jadi, mari kita lanjutkan dan temukan bagaimana kita bisa menggali kekuatan pengulangan dalam belajar dan tumbuh lebih baik lagi.

Psikologi Pengulangan

Mari kita eksplorasi lebih lanjut tentang psikologi pengulangan, bagaimana hal ini memengaruhi perkembangan mental kita, serta cara mengatasi hambatan yang mungkin muncul dalam proses belajar.

Bagaimana Pengulangan Mempengaruhi Perkembangan Mental

Pengulangan bukan hanya tentang mengingat informasi, tetapi juga memiliki dampak besar pada perkembangan mental kita. Ketika kita mengulang, otak kita terlibat dalam proses yang melibatkan pengingatan, pengaturan, dan pembaruan informasi. Inilah yang membuat pengulangan menjadi alat yang kuat untuk membangun pemahaman yang mendalam. Ini seperti kita sedang membangun fondasi yang kokoh untuk pengetahuan kita, sehingga kita bisa membangun lebih banyak lagi di atasnya.

Mengatasi Hambatan dan Kepala Belakang

Namun, dalam perjalanan menuju penguasaan pengulangan, kita mungkin menghadapi hambatan dan kepala belakang. Terkadang kita merasa bosan atau lelah untuk terus mengulang sesuatu. Itu normal. Tetapi di sinilah kita perlu mengatasi tantangan ini. Ingatlah bahwa setiap kali Anda merasa bosan atau putus asa, itu adalah langkah kecil menuju penguasaan. Pikirkan itu sebagai mendaki gunung; mungkin ada beberapa rintangan, tetapi pemandangan indah di puncaknya sangat berharga.

Mempelajari Kurva Lupa Ebbinghaus

Menggali Kekuatan Pengulangan Dalam Belajar Agar Lebih Baik

Sumber.

Anda mungkin bertanya-tanya tentang Kurva Lupa Ebbinghaus. Ini adalah konsep psikologi yang menggambarkan bagaimana kita cenderung lupa informasi dalam waktu tertentu jika kita tidak mengulangnya. Ini adalah alasan mengapa pengulangan yang teratur sangat penting. Dengan mengikuti pola pengulangan yang baik, kita dapat mengalahkan kurva lupa ini dan memastikan pengetahuan kita tetap segar dalam ingatan kita.

Jadi, dengan pemahaman tentang bagaimana psikologi pengulangan berperan dalam pembelajaran, mari kita terus memahami cara mengintegrasikan kekuatan pengulangan ke dalam kehidupan kita untuk belajar dan tumbuh lebih baik lagi.

Prinsip-Prinsip Pengulangan yang Efektif

Sekarang, mari kita bahas prinsip-prinsip penting yang dapat membantu Anda memaksimalkan kekuatan pengulangan dalam belajar dan pengembangan diri Anda.

Pengulangan Aktif vs. Pasif dalam Pengembangan Diri

Salah satu prinsip utama dalam pengulangan adalah memahami perbedaan antara pengulangan aktif dan pasif. Pengulangan aktif melibatkan partisipasi aktif dalam proses belajar, seperti menjawab pertanyaan, merangkum informasi, atau mengajarkan kepada orang lain. Ini lebih efektif daripada sekadar membaca atau mendengarkan secara pasif. Dengan terlibat secara aktif, Anda membangun pemahaman yang lebih dalam dan memastikan pengetahuan Anda kuat.

Manfaat Pembelajaran Terinterleksasi

Prinsip selanjutnya adalah pembelajaran terinterleksasi. Ini berarti menggabungkan berbagai topik atau materi dalam proses pengulangan. Misalnya, jika Anda belajar bahasa asing, tidak hanya mengulang kosakata, tetapi juga mencoba menggabungkan kata-kata tersebut dalam kalimat atau percakapan. Ini membantu Anda menghubungkan informasi dengan cara yang lebih alami dan efektif.

Metode Pengujian untuk Penguasaan Materi

Metode terakhir yang perlu dipertimbangkan adalah pengujian. Pengujian bukan hanya alat untuk mengukur sejauh mana Anda telah memahami materi, tetapi juga metode yang efektif untuk memperkuat ingatan Anda. Cobalah menguji diri Anda sendiri secara berkala, buat pertanyaan atau tes singkat, dan lihat sejauh mana Anda dapat menjawabnya. Ini akan membantu Anda melacak kemajuan Anda dan memperkuat keterampilan Anda dalam pengingatan.

Dengan memahami dan menerapkan prinsip-prinsip ini, Anda akan dapat mengoptimalkan kekuatan pengulangan dalam belajar dan pengembangan diri Anda. Ingatlah bahwa pengulangan bukan hanya sekadar mengulang, tetapi juga bagaimana Anda melakukannya dengan efektif. Teruslah terlibat dan terbuka untuk berbagai teknik, dan Anda akan merasakan kekuatan pengulangan membawa Anda menuju kesuksesan yang lebih besar.

Teknik-Teknik untuk Pengulangan yang Efektif

Sekarang, mari kita bahas beberapa teknik khusus yang dapat Anda terapkan dalam pengulangan untuk membuat pembelajaran Anda lebih efektif dan menyenangkan.

Penerapan Kartu Kunci dan Mnemonik dalam Meningkatkan Kemampuan Diri

Pertama-tama, mari bicara tentang kartu kunci dan mnemonik. Kartu kunci adalah alat sederhana yang dapat Anda buat untuk mengulang fakta atau informasi penting. Anda menulis pertanyaan atau pernyataan di satu sisi kartu dan jawabannya di sisi lain. Mnemonik adalah teknik yang membantu Anda mengingat informasi dengan mengaitkannya dengan gambaran atau kata-kata yang lebih mudah diingat. Ini seperti membuat jembatan antara informasi yang sulit diingat dan sesuatu yang lebih akrab.

Anki: Alat Kuat untuk Pengulangan Pribadi

Selanjutnya, ada Anki. Anki adalah alat perangkat lunak yang dirancang khusus untuk pengulangan. Dengan Anki, Anda dapat membuat kartu pengulangan digital yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Program ini menggunakan teknik spaced repetition untuk menentukan kapan Anda perlu mengulang setiap kartu. Ini memastikan Anda fokus pada informasi yang paling sulit untuk Anda ingat, membuat pengulangan lebih efisien.

Pemetaan Pikiran untuk Pengulangan Konsep dalam Diri

Terakhir, kita punya pemetaan pikiran. Pemetaan pikiran adalah teknik visual yang membantu Anda mengorganisasi dan menghubungkan konsep dalam pikiran Anda. Ini sangat berguna ketika Anda mencoba mengulang konsep atau ide yang kompleks. Anda dapat membuat peta konsep dengan menggambar diagram atau diagram yang menggambarkan hubungan antar gagasan. Ini membantu Anda memahami dan mengingat konsep dengan lebih baik.

Jadi, dengan menerapkan teknik-teknik ini, Anda dapat membuat pengulangan menjadi lebih efektif dan menyenangkan. Ingatlah bahwa pengulangan bukan hanya rutinitas membosankan; ini adalah alat yang kuat untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan Anda. Mari teruskan perjalanan kita untuk menggali kekuatan pengulangan dalam belajar agar menjadi lebih baik lagi.

Kekuatan Pengulangan dalam Pengembangan Diri Sehari-hari

Pengulangan adalah kunci kesuksesan yang dapat kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, membantu kita mengembangkan diri secara signifikan. Mari kita lihat bagaimana pengulangan dapat meningkatkan keterampilan bahasa, memperkuat kemampuan matematika, dan mendukung pengembangan bakat pribadi.

Peningkatan Keterampilan Bahasa melalui Pengulangan

Jika Anda berusaha meningkatkan kemampuan bahasa, pengulangan adalah teman terbaik Anda. Misalnya, saat mempelajari bahasa asing, mengulang kata-kata dan frasa secara teratur akan memperkuat kosakata Anda. Anda dapat membuat kartu kata, menjawab pertanyaan dalam bahasa target, atau mendengarkan percakapan yang sama berulang kali. Ini mirip dengan melatih otot; semakin sering Anda melakukannya, semakin kuat kemampuan bahasa Anda.

Membangun Keterampilan Matematika untuk Sukses Karir

Tidak hanya dalam bahasa, pengulangan juga berlaku dalam matematika. Jika Anda ingin berhasil di karir yang melibatkan matematika, mengulang konsep-konsep kunci adalah langkah penting. Anda dapat menguji diri sendiri dengan soal-soal latihan, menjelaskan konsep kepada orang lain, atau menggunakan aplikasi matematika interaktif. Dengan pengulangan yang konsisten, Anda akan memperoleh pemahaman yang mendalam dan keterampilan yang kokoh.

Pengulangan dalam Pengembangan Bakat

Pengulangan juga berperan dalam pengembangan bakat pribadi. Misalnya, jika Anda seorang musisi yang ingin menguasai alat musik, pengulangan lagu dan latihan adalah kunci keberhasilan. Semakin sering Anda berlatih, semakin baik Anda akan menjadi. Ini seperti melukis; pelukis yang rajin akan melihat peningkatan yang signifikan dalam karya mereka dari waktu ke waktu.

Jadi, selama Anda memanfaatkan kekuatan pengulangan dengan bijak, Anda dapat terus mengembangkan diri dan mencapai kesuksesan yang Anda impikan dalam berbagai aspek kehidupan Anda. Ingatlah bahwa pengulangan bukanlah tugas yang membosankan, tetapi investasi berharga untuk perkembangan diri Anda.

Tantangan dalam Pengulangan untuk Pengembangan Diri

Saat kita menjalani perjalanan pengulangan untuk pengembangan diri, kita juga akan menghadapi sejumlah tantangan yang perlu diatasi. Mari kita bahas beberapa di antaranya.

Mengatasi Kepala Belakang dalam Perkembangan Diri

Salah satu tantangan utama adalah mengatasi “kepala belakang.” Terkadang, kita merasa bosan atau kehilangan semangat untuk terus mengulang hal yang sama. Itu normal, dan semua orang mengalaminya. Tetapi di sinilah tekad dan konsistensi berperan. Ingatlah tujuan Anda dan bagaimana pengulangan akan membantu Anda mencapainya. Ini seperti mendaki gunung; terkadang kita melewati rintangan, tetapi saat kita mencapai puncak, semuanya sepadan.

Menyeimbangkan Pengulangan dengan Kreativitas

Tantangan lain adalah menemukan keseimbangan antara pengulangan dan kreativitas. Pengulangan cenderung terfokus pada fakta dan informasi yang ada. Namun, kreativitas membutuhkan kebebasan untuk berimajinasi dan berkreasi. Jadi, bagaimana kita dapat memadukan keduanya? Cobalah untuk menghubungkan pengulangan dengan aspek kreatif dalam kehidupan Anda. Misalnya, Anda dapat menggunakan teknik pengulangan untuk memahami dasar-dasar seni dan kemudian mengaplikasikannya dalam karya seni yang orisinal.

Pentingnya Motivasi dalam Pengembangan Diri

Yang tak kalah pentingnya adalah menjaga motivasi Anda tetap menyala. Tidak ada yang lebih sulit daripada terus mengulang jika Anda kehilangan semangat. Tantang diri Anda, tetapkan tujuan yang jelas, dan ingatkan diri Anda mengapa Anda memulai perjalanan ini. Motivasi adalah pendorong utama kesuksesan Anda dalam pengulangan.

Jadi, meskipun kita akan menghadapi tantangan dalam perjalanan ini, tidak ada yang tak dapat diatasi. Dengan tekad, kreativitas, dan motivasi, kita dapat mengatasi hambatan-hambatan ini dan terus tumbuh dan berkembang melalui pengulangan untuk pengembangan diri.

Mengadaptasi Pengulangan untuk Pengembangan Diri yang Lebih Baik

Mengadaptasi pengulangan sesuai kebutuhan pribadi adalah kunci untuk mengoptimalkan kekuatan pengulangan dalam belajar untuk mencapai perkembangan diri yang lebih baik. Mari bahas bagaimana kita dapat melakukan ini dengan efektif.

Menyesuaikan Strategi Pengulangan Sesuai Kebutuhan Pribadi

Setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda. Sebagian mungkin lebih suka membaca, sementara yang lain memahami dengan mendengar atau praktik langsung. Penting untuk menyesuaikan strategi pengulangan Anda dengan gaya belajar pribadi. Cobalah berbagai metode pengulangan, seperti membaca, mendengarkan podcast, atau membuat catatan, dan temukan apa yang paling efektif untuk Anda. Ini seperti mencari kunci yang pas untuk membuka pintu pengetahuan Anda sendiri.

Evaluasi Diri dan Pembelajaran yang Adaptif

Selain itu, evaluasi diri secara teratur adalah hal yang penting. Setelah Anda mengulang suatu materi, pertimbangkan apa yang telah Anda pelajari dan apa yang perlu diperbaiki. Jika Anda merasa ada area yang belum Anda kuasai sepenuhnya, berikan fokus ekstra pada itu. Ini seperti mengemudi; kita perlu melihat kembali pada cermin untuk memastikan kita tetap di jalur yang benar.

Menyesuaikan Pengulangan dengan Gaya Pengembangan Diri

Terakhir, penting untuk menyesuaikan pengulangan dengan tujuan pengembangan diri Anda. Jika Anda ingin menjadi penulis yang lebih baik, Anda mungkin perlu mengulang buku-buku tentang teknik penulisan. Jika Anda bercita-cita menjadi ahli dalam bidang tertentu, Anda mungkin perlu mengulang materi ilmiah atau kursus yang relevan. Ini seperti memasukkan bahan bakar yang sesuai dengan tujuan perjalanan Anda.

Dengan menyesuaikan pengulangan dengan kebutuhan pribadi, Anda dapat memaksimalkan kekuatan pengulangan dalam belajar dalam pengembangan diri Anda. Pengulangan bukanlah pendekatan satu ukuran cocok untuk semua, tetapi alat yang dapat disesuaikan untuk membantu Anda mencapai potensi tertinggi Anda.

Kekuatan Pengulangan dalam Kesuksesan dan Pengembangan Diri Profesional

Kekuatan pengulangan dalam belajar bukan hanya tentang belajar di sekolah; itu juga memiliki peran besar dalam belajar untuk meraih kesuksesan dan pengembangan diri profesional. Mari kita lihat bagaimana pengulangan membantu meningkatkan keterampilan, mendukung perkembangan karir, dan membawa kita menuju penguasaan dalam pengembangan diri.

Peningkatan Keterampilan melalui Pengulangan untuk Pekerjaan

Dalam dunia kerja yang kompetitif, memiliki keterampilan yang kuat adalah kunci untuk mencapai kesuksesan. Kekuatan pengulangan dalam belajar membantu kita mempertahankan pengetahuan yang relevan dan meningkatkan keterampilan kita. Misalnya, jika Anda seorang pemrogram komputer, mengulang pemahaman tentang bahasa pemrograman tertentu atau kerangka kerja akan membuat Anda lebih kompeten dalam pekerjaan Anda. Ini seperti melatih olahraga; semakin sering Anda melakukannya, semakin baik Anda menjadi.

Perkembangan Karir melalui Pembelajaran Berkelanjutan

Kekuatan pengulangan dalam belajar juga berperan dalam perkembangan karir. Untuk tetap relevan dalam industri yang terus berubah, kita perlu terus belajar. Pengulangan adalah alat yang efektif untuk pembelajaran berkelanjutan. Ini memungkinkan kita untuk terus memperbarui pengetahuan dan keterampilan kita, membantu kita naik pangkat dalam karir kita.

Pengulangan Menuju Penguasaan dalam Pengembangan Diri

Terakhir, kekuatan pengulangan dalam belajar membawa kita menuju penguasaan dalam pengembangan diri. Saat kita terus mengulang dan memperdalam pemahaman kita, kita mendekati tingkat keahlian yang lebih tinggi dalam bidang tertentu. Ini seperti mengukir patung; setiap pengulangan adalah langkah menuju hasil akhir yang sempurna.

Jadi, jangan remehkan kekuatan pengulangan dalam pengembangan diri profesional Anda. Dengan keterampilan yang ditingkatkan, perkembangan karir yang berkelanjutan, dan menuju penguasaan dalam pengembangan diri, Anda dapat mencapai tingkat kesuksesan yang lebih tinggi dalam dunia pekerjaan dan profesional.

Mengukur Keberhasilan dalam Pengembangan Diri melalui Pengulangan

Bagian terakhir dari perjalanan kita adalah bagaimana kita dapat mengukur keberhasilan pengulangan dalam pengembangan diri. Mari kita eksplorasi metrik yang dapat membantu Anda melacak kemajuan Anda, menilai pemeliharaan jangka panjang, dan menginspirasi diri Anda melalui kisah sukses.

Metrik untuk Melacak Kemajuan Pengembangan Diri

Pertama-tama, penting untuk memiliki metrik yang jelas untuk melacak kemajuan Anda. Ini bisa berupa target pencapaian yang Anda tetapkan untuk diri sendiri, seperti menguasai kursus tertentu atau mengingat sejumlah informasi penting. Misalnya, jika Anda belajar bahasa asing, Anda dapat mengukur kemajuan Anda dengan mengamati berapa banyak kosakata yang Anda kuasai setiap minggu. Metrik ini membantu Anda tetap fokus pada tujuan Anda.

Menilai Pemeliharaan Jangka Panjang dalam Pengulangan

Selanjutnya, pertimbangkan pemeliharaan jangka panjang dalam pengulangan. Ini adalah tentang bagaimana Anda mempertahankan pengetahuan dan keterampilan yang Anda peroleh dari pengulangan dalam jangka waktu yang lebih lama. Jika Anda dapat mengingat dan menerapkan informasi itu bahkan setelah berbulan-bulan atau bertahun-tahun, itu adalah tanda keberhasilan sejati dalam pengulangan.

Kisah Sukses dalam Pengembangan Diri

Terakhir, kisah sukses adalah sumber inspirasi. Pelajari tentang orang-orang yang mencapai kesuksesan melalui pengulangan dalam pengembangan diri mereka. Mereka adalah bukti nyata bahwa dengan tekad dan disiplin, Anda dapat mencapai apa pun yang Anda inginkan. Kisah mereka adalah cermin yang memantulkan potensi Anda.

Jadi, dengan metrik yang tepat, pemeliharaan jangka panjang, dan inspirasi dari kisah sukses, Anda dapat mengukur dan merayakan keberhasilan Anda dalam pengulangan untuk pengembangan diri. Ingatlah bahwa pengulangan adalah alat yang kuat untuk mencapai potensi tertinggi Anda, dan perjalanan ini adalah investasi berharga dalam diri Anda sendiri.

Kesimpulan kekuatan pengulangan dalam belajar

Dalam perjalanan kita untuk menggali kekuatan pengulangan dalam belajar agar lebih baik, kita telah menjelajahi berbagai aspek penting pengulangan dalam pengembangan diri. Mari kita merangkum poin utama yang telah kita pelajari.

Pertama-tama, pengulangan adalah kunci untuk perkembangan diri yang sukses. Dengan mengulang materi dan keterampilan, kita memperkuat pengetahuan kita dan membangun keahlian yang berharga. Ini adalah fondasi dari pembelajaran berkelanjutan.

Selanjutnya, kita menyadari betapa pentingnya kekuatan pengulangan dalam kesuksesan pribadi. Pengulangan membantu kita meningkatkan keterampilan bahasa, matematika, dan banyak aspek lainnya. Ini juga mendukung perkembangan karir, membantu kita meraih impian profesional kita.

Terakhir, kita telah belajar bahwa pengulangan adalah kunci untuk perbaikan diri yang berkelanjutan. Dengan memadukan disiplin, kreativitas, dan motivasi, kita dapat terus tumbuh dan berkembang dalam berbagai aspek kehidupan kita. Ini adalah perjalanan yang tak pernah berakhir.

Jadi, apakah Anda seorang pelajar, pekerja, atau seseorang yang berusaha untuk mencapai tujuan pribadi, jangan pernah meremehkan kekuatan pengulangan dalam belajar. Dalam pengulangan, kita menemukan alat yang kuat untuk mencapai potensi tertinggi kita. Teruslah belajar, teruslah mengulang, dan teruslah berkembang, karena kesuksesan dan pengembangan diri ada di ujung perjalanan ini.


Kunjungi Juga:

Mau Umroh? Meski Anda Tidak Punya Uang dan Belum Siap?

4 Comments

  1. Assalamu’alaikum
    SAua pernah mendengar ceramah. Segala sesuatu yang diulang2 akan besar di dalam hati. Begitu juga dengan nilai sebuah motivasi dan cita2, semakin sering diulang maka akan semakin kuat gemanya di dalam hati. Kalo untuk menghafal dan memahami memang lebih bagus untuk diulang2.

    Saya link Pak ya, buat belajar

    Terimakasih Pak, artikelnya oke…
    Wassalamu’alaikum

  2. Yup pengulangan akan menghasilkan pemahaman yang berbeda dari pada hanya 1 kali. Membaca dan bertindak akan lebih sempurna bila dilakukan lebih dari 1 kali. Contoh ketika kita belajar berjalan dan ketika kita masih dibangku sekolah.dibutuhkan pengulangan berkali2 sampai kita bisa berjalan dan berlari, sampai kita lulus bangku sekolah juga diperlukan ulangan2 dan ujian.

  3. Assalaamu’alaikum Wr.Wb
    Untuk memahami sesuatu hal kadang memang dibutuhkan yang namanya pengulangan, apalagi kalau materi yang kita pelajari tersebut termasuk yang memerlukan pemahaman lebih detail/dalam.

    Wassalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti Spam by WP-SpamShield