|

Cara Membangkitkan Semangat Hidup Dalam Islam

Bagaimana cara membangkitkan semangat hidup dalam Islam?

Sering kali dalam hidup kita mengalami hal-hal yang membuat semangat hidup kita menurun bahkan hilang. Jika dibiarkan, akan membuat kita terpuruk dan hidup akan semakin sulit. Juga melewatkan berbagai peluang yang ada.

Bagi Anda yang bekerja, ini bisa mempengaruhi kerja Anda. Karena kehilangan semangat kinerja Anda menurun. Karena kinerja menurun maka prestasi dan pencapaian menurun. Jangankan bisa meraih promosi jabatan, bisa bertahan pun sudah untung.

Begitu juga dalam bisnis. Dengan semangat yang turun, bisa menurunkan keuntungan bisnis Anda. Bahkan tidak menutup kemungkinan bisnis Anda bisa turun atau bangkrut.

Untuk itu kita perlu memiliki kemampuan untuk membangkitkan semangat hidup atau mengembalikan semangat hidup yang hilang.

Cara Membangkitkan Semangat Hidup

Mengapa Tidak Punya Semangat Hidup?

Benarkah Karena Tida Punya Keinginan?

Salah satu menyebab mengapa kita tidak memiliki semangat hidup adalah karena pikiran kita yang negatif sehingga membuat kita pesimis dan apatis. Jika sudah pesimis, pikiran kita selalau berkata, “apa pun yang kita lakukan percuma, tidak akan berhasil.” Akhirnya menyerah.

Banyak yang mengatakan kondisi seperti ini dengan “tidak punya keinginan.” Ya, sepertinya tidak punya keinginan. Namun jika dipikir-pikir, siapa sich yang tidak punya keinginan?

Keinginan punya. Hanya saja, mereka menguburnya karena pesimistis. Mereka berpikir, buat apa punya keinginan jika tidak akan pernah dicapai atau diraih. Inilah yang membuat banyak orang yang mengubur keinginannya dalam-dalam.

Peristiwa-peristiwa Yang Memicu

Penyebab lainnya adalah karena hadirnya berbagai peristiwa yang memicu emosi negatif seperti sedih, kecewa, marah, dan sebagainya. Kemudian emosi ini menguasai dirinya sehingga tidak bisa berpikir logis.

Sebagai contoh kegagalan. Banyak orang yang kecewa dan sedih karena kegagalan kemudian kehilangan semangat hidup. Atau juga karena kehilangan orang yang kita cintai. Banyak juga yang kehilangan semangat hidup karena rasa sedih yang mendalam.

Cara Membangkitkan Semangat Hidup Dalam Islam

Langkah Pertama: Mengingat Apa Yang Akan Kita Raih

Dalam tafsir Ibnu Katsir saat membahas QS. Al-Anfal Ayat 65,

Wahai Nabi (Muhammad)! Kobarkanlah semangat para mukmin untuk berperang. Jika ada dua puluh orang yang sabar di antara kamu, niscaya mereka dapat mengalahkan dua ratus orang musuh. Dan jika ada seratus orang (yang sabar) di antara kamu, niscaya mereka dapat mengalahkan seribu orang kafir, karena orang-orang kafir itu adalah kaum yang tidak mengerti.

Disana dijelaskan sebuah contoh apa yang dikatakan Rasulullah SAW saat pasukan musyrikin datang di Perang Badar:

Bangkitlah kalian menuju surga yang luasnya sama dengan langit dan bumi“. (Sumber)

Rasulullah SAW mengingatkan balasan surga bagi yang berjihad. Dan para sahabat pun menjadi lebih bersemangat dengan harapan bisa meraih balasan surga.

Saya mengambil pelajaran, dalam hal lain pun sama. Kita akan bersemangat saat kita mengingat apa yang kita raih.

Setiap saat kita diberikan dua pilihan

  1. Tetap pada kondisi saat ini (tidak semangat)
  2. Memilih kondisi baru (semangat)

Coba renungkan apa hasil yang akan kita raih pada masing-masing kedua pilihan tersebut? Apa akibatnya jika Anda terus tidak semangat? Apa yang akan Anda dapatkan jika hidup kembali bersemangat?

Renungkan!

“Tapi, susah mengubah kondisi ini. Maunya sich semangat, tetapi susah!”

Ok, itu langkah berikutnya. Yang terpenting saat ini adalah Anda memilih untuk kembali bersemangat. Untuk awal itu sudah cukup.

Coba ingat-ingat kembali atau renungkan. Untuk apa Anda berbisnis? Untuk apa Anda semangat bekerja? Mungkin diantara kita menjadi untuk menafkahi orang-orang yang kita cintai. Lalu bagaimana jika kita gagal?

Langkah Kedua: Yakinlah Anda Bisa

Bisa apa?

Keyakinan Pertama Anda bisa mengubah perasaan Anda.

Yang asalnya sedih, kecewa, marah, dan sebagainya menjadi perasaan yang tenang.

Perasaan itu sesuai dengan apa yang kita fokuskan. Jika fokus pikiran kita kepada hal yang negatif, maka perasaan kita pun akan itu negatif. Jika fokus kita pada yang positif, maka perasaan kita akan ikut positif.

Maka, cara mengubah perasaan adalah dengan mengubah fokus pikiran kita. Mungkin apa yang kita alami itu sangat pedih. Namun, dengan kekuatan shabar, in syaa Allah Anda bisa mengatasinya.

Dua pertanyaan ini bisa membantu kita untuk mengalihkan fokus pikiran kita:

  1. Apa hikmahnya BAGI SAYA dari peristiwa ini?
  2. APA YANG TERPENTING bisa saya lakukan saat ini agar kondisi membaik?

Keyakinan Kedua: Yakinlah Anda bisa meraih apa yang Anda inginkan

Sudah berulang kali, saya membahas ini. Kita harus memiliki keyakinan bahwa kita bisa meraih apa yang kita inginkan. Jika Allah berkehendak, maka semua bisa terjadi.

Jika tidak bisa, kita belajar. Jika tidak ada, kita bisa mencarinya. Jika belum cukup, kita bisa menambahnya. Jika jalan tertutup, kita bisa mencari jalan lain. Jika ada penghalang, kita bisa melaluinya. Jika terjal, kita bisa mendakinya.

Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir“. Quran Surat Yusuf Ayat 87

Langkah Ketiga: Bersama Orang-orang Semangat

Carilah lingkungan orang-orang yang bersemangat, maka Anda akan terbawa semangat. Kesalahan banyak orang justru berkumpul dengan sesama orang-orang yang tidak semangat. Sedikit banyak orang-orang sekitar kita akan berpengaruh.

Perumpamaan teman yang baik dan yang jahat adalah seperti orang yang membawa minyak wangi dan tukang pandai besi. Yang membawa minyak wangi, boleh jadi dia memberimu, atau kamu membeli daripadanya, atau paling tidak kamu mendapatkan harum semerbak daripadanya. Adapun tukang pandai besi, boleh jadi bajumu terbakar karenanya, atau kamu mendapatkan bau busuk daripadanya.” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Jika kita belum bisa melangkah ke luar untuk bertemu orang, kita bisa memanfaatkan tulisan dan buku orang-orang yang bersemangat. Buka youtube, gabunglah dengan channel-channel motivasi, pengembangan diri, dan wiraswasta.

Hati-hati dengan komentar. Fokus saja pada apa yang dikatakan para motivator, trainer, atau pengusaha yang memiliki semangat.

Langkah Ketiga: Jika Motivasi Turun, Tingkatkan Lagi

Kadang ada orang yang berkata, “motivasi tidak berguna karena tidak bertahan lama.” Menurut saya aneh. Mengapa?

Kenyangnya akibat makan juga tidak bertahan lama. Sehari kita bisa 2X-3X makan. Itu sebagai bukti bahwa akibat dari makan kita tidak tahan lama. Begitu juga dengan mandi. Dalam 1 hari saja badan segar kita kembali bau.

Apakah makan dan mandi tidak berguna?

Jika lapar, tinggal makan lagi. Jika badan bau dan kotor, mandi lagi. Jika motivasi turun atau habis, isi lagi. Jadi sama dengan makan dan mandi, lakukan pengisian motivasi secara kontinyu.

Sering kali disaat kita mengalami kesulitan, kebingungan, atau menghadapi yang berat kita kehilangan semangat. Justru, kita harus mengisinya. Ini saya saya bahas di Instant Motivation Weapon, berbagai teknik membangkitkan motivasi di berbagai situasi.

Dalam Islam kita diajarkan melakukan berbagai kebiasaan baik. Dimulai dengan yang wajib kita lakukan, kemudian yang sunah. Maka, jika kita ingin membangkitkan semangat hidup, maka biasakanlah melakukan hal-hal yang membangkitkan semangat hidup.

Demikianlah pembahasan cara membangkitkan semangat hidup, semoga Anda bisa kembali dan menjaga semangat hidup.


Kunjungi Juga:

Mau Umroh? Meski Anda Tidak Punya Uang dan Belum Siap?

3 Comments

  1. Terimakasih pak Rahmat
    saya sudah 5 tahun telah mengikuti artikel bapak yang semuanya sangat bermanfaat saya baca dipagi hari, sungguh luar biasa pak, disaat motivasi turun saya sempatkan membaca artikel motivasi islami dan memang sangat membantu motivasi saya jadi bangkit lagi.

    Saya tunggu nasehat motivasi yang lainnya pak, saya sangat bersyukur bisa menemukan artikel yang sangat luar biasa ini, semoga pak rahmat & keluarga selalu sehat, selalu dalam lindungan Allah swt. Aaamiin

  2. Terimakasih walau hanya berbentuk tulisan tapi sangat bermakna sekali yang tadinya pikirran saya stress bingung akhirnya ketemu dengan artikel ini dan saya baca alhamdulilah pikiran negatif saya perlahan hilang dan ada sedikit dorongan untuk lebih maju lagi , sehat selalu untuk bpk dan keluarga

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WordPress Anti Spam by WP-SpamShield