Bagaimana Cara Berubah Yang Baik – Mulai Dari Diri Anda

Banyak yang salah tentang cara berubah yang baik. Kebanykan orang orang fokus ke dunia eksternal.

Atau bahkan banyak yang berpikir, kita tidak bisa berubah. Apa yang terjadi adalah sudah bawaan dan akan terus seperti ini.

“Tidak pernah ada kata terlambat untuk menjadi seperti apa dirimu sebelumnya.” – GEORGE ELIOT

Anda bisa berubah, dengan cara berubah yang baik. Cara berubah yang dibawah kendali Anda. Tidak bergantung pada orang, kondisi, dan situasi. Semua dalam kendali Anda.

Bagaimana Cara Berubah Yang Baik - Mulai Dari Diri Anda

Kita Semua Berada Dalam Persimpangan

Saya percaya kita semua mencapai titik-titik kunci tertentu dalam hidup. Kita semua berada di persimpangan jalan di mana hidup mencapai “ambang rasa sakit” tertentu yang tidak lagi ingin kita terima. Ambang batas ini sangat bervariasi dari orang ke orang.

Saya berpikir itu adalah panggilan untuk bertindak jika kita tidak bahagia dengan sesuatu dalam hidup kita. Ini adalah keinginan diri yang “nyata” untuk mendapatkan lebih banyak dari kehidupan.

Jika Anda mau berubah, maka Anda perlu mengambil keputusan yang tepat. Memilih jalan yang tepat atau lebih baik. Tidak perlu perubahan besar, bisa dimulai dengan perubahan kecil.

Mindset Untuk Berubah

Ini bisa menjadi tantangan besar bagi banyak orang, karena mereka memiliki keinginan untuk meningkatkan kehidupan mereka tetapi tidak memiliki strategi yang efektif. Kemudian lakukan hal “logis” untuk bekerja pada efeknya, bukan penyebabnya.

Padahal yang harus Anda ubah itu adalah penyebabnya. Yaitu diri Anda. Bukan pada faktor diluar diri Anda. Anda harus meyakini ini dan menjadi pegangan dalam hidup.

Saat Anda ingin berubah, cobalah gunakan mindset berikut ini:

  • Agar hidup saya menjadi lebih baik, saya harus menjadi lebih baik.
  • Agar hal-hal berubah, saya harus berubah.
  • Aku adalah aku. Ini adalah hidupku dan aku adalah pencipta takdirku (atas izin Allah).

Selama Anda tidak menerima mindset ini, Anda tidak akan berubah. Contohnya adalah orang yang mengalahkan keadaan. Atau orang yang selalu mengatakan, “saya akan sukses jika … (sebuah keadaan tertentu).

Fokuslah untuk mengubah diri sendiri. Dengan mengubah diri sendiri, Anda dapat mengubah segalanya dalam hidup Anda. Itu menempatkan saya di kursi pengemudi dalam hidup saya dan membuat hidup saya menjadi tanggung jawab saya.

Itu Menghilangkan Rasa Takut.

Karena saya tahu bahwa apa pun yang dilemparkan kehidupan kepada saya, saya selalu bisa naik ke tingkat berikutnya. Dan saya hanya mengambil langkah berikutnya dengan membuat perubahan batin dalam psikologi saya sendiri.

Anda dapat berhenti menyalahkan peristiwa, orang, dan situasi. Saya harus melihat ke dalam. Tidak peduli seberapa berpengaruh Anda, Anda tidak dapat mengendalikan keadaan dan peristiwa dalam hidup Anda.

Hanya ada tiga hal yang Anda kendalikan secara mutlak dan penuh. Dan hanya itu yang Anda butuhkan. Ini membentuk pengalaman hidup yang lengkap.

  • Pikiran saya,
  • tindakan saya, dan
  • kata-kata saya

Semuanya selalu di bawah kendali sadar saya. Ketiga hal ini menciptakan dunia saya setiap menit setiap hari.

Sangat Membebaskan.

Kapan pun Anda ingin mendapatkan lebih banyak, mengalami lebih banyak, atau mengubah sesuatu, Anda harus melihat ke dalam dan bekerja pada diri Anda sendiri.

Jim Rohn pernah berkata bahwa pekerjaan tersulit yang pernah ada adalah pekerjaan yang dia lakukan untuk dirinya sendiri. Lihat, Anda dapat bekerja keras untuk mempengaruhi dan mengubah banyak hal, tetapi itu hanya akan membuat Anda lelah dan menghambat upaya di masa depan.

Mengubah diri sendiri dan persepsi Anda tentang diri sendiri dan hidup Anda jauh lebih mudah. Tidak ada yang penting kecuali makna yang Anda berikan.

Perubahan Kecil Yang Berarti

Perubahan peristiwa eksternal memiliki sedikit efek pada hidup Anda dalam jangka panjang. Perubahan kecil dalam diri Anda, persepsi Anda, dan jiwa Anda mungkin tampak tidak signifikan pada awalnya. Tetapi perubahan itu ada di dalam diri Anda, jadi itu memengaruhi semua yang Anda pikirkan, lakukan, dan katakan.

Perubahan yang tampaknya tidak signifikan ini mengubah arah keseluruhan kehidupan dan tujuan akhir dari waktu ke waktu. Seperti seorang kapten mengubah arah kecil, ini mungkin tidak terlihat dalam jangka pendek, tetapi dalam jarak jauh perubahan kecil ini bisa sangat penting.

Kebanyakan orang mencoba membuat perubahan besar. Mereka selalu berusaha untuk mengubah segala sesuatu dalam hidup mereka. Tapi kemudian mereka tidak bisa mempertahankan perubahan.

Sebaliknya, membuat perubahan kecil pada diri sendiri, kepribadian Anda, dapat menghasilkan hasil yang luar biasa. Semua perubahan dimulai dan diakhiri dengan Anda. Jika Anda menghabiskan waktu dan usaha untuk memperbaiki hidup Anda, investasikan itu untuk mengubah diri Anda sendiri.

Investasikan waktu dan upaya untuk meningkatkan ‘Anda’. Dan lepaskan dorongan dangkal untuk mengendalikan peristiwa dan situasi.

Semua persepsi dan pengalaman hidup Anda berasal dari Anda dan diri Anda sendiri. Ubah diri Anda, tingkatkan karakter Anda dan saksikan dunia meningkat dan berubah di depan mata Anda.

Cara berubah yang baik adalah mengubah diri Anda. Meski tampaknya kecil, tetapi akan membawa perubahan yang besar di masa mendatang.

Perubahan ini cukup sebagai ikhtiar maksimal kita dalam menjadi manusia yang lebih baik. Selanjutnya kita bertawakal kepada Allah. Sebab, hanya Allah penentu segalanya.


Kunjungi Juga:

Mau Umroh? Meski Anda Tidak Punya Uang dan Belum Siap?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WordPress Anti Spam by WP-SpamShield