Tiga Langkah Lagi – Hikmah Motivasi Agar Tidak Mudah Menyerah





Jangan-jangan, Anda Juga Sama. Tiga Langkah Lagi!

Kata menyesal sering terjadi disaat kita telah mengambil keputusan yang salah karena kita sudah putus asa. Bahkan akibat dari putus asa ini dapat menimbulkan kerugian materi. Seperti kisah seorang penambang emas berikut ini.

Ada seorang pria yang memiliki mata pencaharian sebagai penambang emas. Awalnya pria tersebut hanya mencari emas di tempat umum yang biasa orang mencari emas di sana, namun hasilnya kurang menggembirakan. Kemudian ditemukan sebidang tanah yang diperkirakan banyak mengandung emasnya. Setelah melalui berbagai pertimbangan akhirnya pria tersebut memutuskan menjual rumah dan harta bendanya. Hasil dari penjualan tersebut dibelikan tanah yang diperkirakan banyak mengandung emas tadi.

Dari hari ke hari, bulan ke bulan, tahun demi tahun tanah tersebut terus menerus digali untuk mendapatkan emas yang diinginkan. Namun emas yang diharapkan tak kunjung ditemukan. Sudah banyak tenaga, materi, pemikiran yang dikeluarkan demi ditemukannya emas tersebut.

Pria tersebut putus asa dan akhirnya menyerah. Tanah tersebut kemudian dijual kepada orang lain, berikut dengan peralatannya. Tak berapa lama setelah tanah tersebut laku terjual, akhirnya ditemukanlah emas yang selama ini dicari-cari. Emas yang ditemukan tersebut jaraknya hanya 3 langkah dari tempat terakhir pria itu menggali.

Mungkin Bisnis Anda Tiga Langkah Lagi

Hal yang sama bisa terjadi pada bisnis yang lainnya. Seringkali suatu bisnis harus melalui waktu lama dalam proses pembangunannya sampai mendatangkan keuntungan bagi kita. Terutama bisnis yang akan memberikan penghasilan yang cukup besar. Kita perlu waktu membangun sistem, membangun merk dagang kita, mengembalikan modal, dan sebagainya, sebelum kita bisa mengantongi keuntungan.

Masalahnya banyak yang tidak sabar dengan proses ini, mereka ingin segera mendapatkan keuntungan dari bisnis. Saat lama tidak menghasilkan, mereka pun berhenti. Padahal, bisa jadi besok, satu minggu lagi, atau satu bulan lagi, keuntungan mulai berdatangan. Sabar memang diperlukan dalam menjalankan sebuah bisnis. Jangan sampai kita kehilangan keuntungan yang sebenarnya tinggal tiga langkah lagi.

Disarankan Untuk Anda:   7 Langkah Cara Membangkitkan Semangat Kerja Yang Ampuh

Katakan Tidak Pada Menyerah!

Mulai sekarang, jika Anda mulai berpikir menyerah saat mengejar impian dan tujuan Anda, maka katakan pada diri Anda. “Sedikit lagi!” Mungkin tiga langkah lagi akan berhasil.

Lalu bagaimana jika setelah mencoba lagi, namun masih belum berhasil. Maka katakan lagi pada diri Anda:

“Sedikit lagi, mungkin tiga langkah lagi akan berhasil.”

Lagi … dan lagi …

Saat Anda memutuskan berhenti, bagaimana jika sebenarnya memerlukan satu kali percobaan lagi Anda akan berhasil. Sayang bukan, setelah sekian lama berusaha, kemudian Anda berhenti, sementara sebenarnya hasil sudah di depan mata.

Seringkali, keberhasilan dan kemenangan bukan pada mereka yang pandai mengalahkan lawan, namun terjadi pada mereka yang bertahan lebih lama. Keberhasilan itu sering datang kepada mereka yang tidak ada kata menyerah dalam kamus hidupnya.

Agar Anda Lebih Cepat Meraih Hasil

Kemampuan pantang menyerah adalah sebuah kemampuan luar biasa. Modal yang sangat berarti untuk berhasil. Banyak kasus, dengan kemampuan ini saja, ada orang yang bisa berhasil. Lalu, bagaimana agar cepat mendatangkan hasil?

Kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki selain pantang menyerah adalah kemampuan belajar. Jangan Seperti Keledai Atau Lebih Parah. Jangan melakukan kesalahan yang sama dua kali, bahkan lebih.

Orang yang suka melakukan kesalahan yang sama berkali-kali adalah orang yang tidak punya kemampuan dan kemauan dalam belajar. Dia tidak mengambil hikmah atau tidak mampu mengambil hikmah dari kegagalan atau kesalahan sebelumnya. Dia melakukan hal yang sama, hal yang tidak berhasil secara terus-menerus.

Thomas Alpha Edison, melakukan ribuan percobaan yang berbeda. Jika dia melakukan percobaan yang sama, mungkin dia tidak akan pernah menemukan bohlam lampu. Setelah kesalahan dan kegagalan sebenarnya ilmu baru, ilmu tentang cara yang salah sehingga tidak perlu mengulanginya lagi.

Disarankan Untuk Anda:   8 Hal Penyebab Kegagalan Teratas Yang Wajib Dihindari

Jika Anda pernah masuk lubang. Maka Anda harus mendapatkan ilmu baru, yaitu letak lubang itu sehingga saat Anda akan melewati jalan yang sama, Anda sudah mengetahui letak lubang dan tidak masuk ke lubang yang sama dua kali.

Jadi, selalu mengambil hikmah dari setiap langkah kita. Kemudian terapkan hikmah atau hasil belajar tersebut pada langkah berikutnya, sehingga Anda akan semakin cerdas dan bijak, dan insya Allah, keberhasilan akan lebih cepat diraih. Setiap kegagalan, artinya Anda Belajar Hal Baru semakin sering gagal, akan semakin bijak jika diiringi kemauan belajar.

Kemampuan belajar ditambah kemampuan pantang menyerah, akan menjadikan kita lebih cepat berhasil. Sementara tidak mau belajar dan menyerah adalah cara pasti untuk gagal.

Jadi, jangan berhenti. Jangan menyerah. Sebab itu cara pasti untuk gagal. Teruslah berusaha. Teruslah ayunkan langkah Anda, sebab bisa jadi sukses Anda tinggal tiga langkah lagi.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php
Follow Me
Dapatkan Update Artikel dan Kata-kata Motivasi Via Telegram Klik Disini. Pastikan aplikasi telegram sudah terinstall di HP/Komputer Anda
zona sukses

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

One Comment

  1. wah sayang sekali tuh si tukang emas, padahal tinggal 3 langkah. tapi dalam meraih kesuksesan itu memang dibutuhkan ketekunan, keseriusan dan kesabaran serta percata diri dan percaya pada yang maha memberi rizki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield