Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak





Sejauh mana pengaruh motivasi orang tua terhadap pendidikan anak?

pengaruh motivasi orang tua terhadap pendidikan anakDari pengalaman saya pribadi, sangat-sangat besar. Jadi, bagi Anda yang saat ini sudah menjadi orang tua, maka Anda sangat berperan dalam keberhasilan pendidikan anak Anda. Jangan sampai, setelah Anda kirimkan ke sekolah, kemudian tanggung Anda sudah selesai.

Terlepas latar belakang ekonomi Anda, yang terpenting adalah bagai sikap Anda terhadap pendidikan anak-anak Anda. Bukan masalah apakah Anda sudah memenuhi semua kebutuhan biaya atau tidak, namun yang terpenting adalah masalah bagaimana cara Anda mendorong supaya anak Anda berhasil dalam pendidikannya.

Seorang anak akan mudah untuk berprestasi dalam pendidikannya jika mendapatkan bantuan dan dorongan dari orang tua. Bantuan dan dorongan tidak sekedar membantu mengerjakan PR saja. Bukan hanya memenuhi kebutuhan materi saja. Namun yang lebih penting adalah bagaimana agar terciptakan kondisi yang kondusif sehingga Anda terdorong untuk berprestasi dan merasa nyaman.

Kemudahan itu bukan hanya masalah fasilitas saja. Namun kemudahan secara psikis juga sangat penting. Anak Anda tidak dibebani dengan beban psikis yang muncul di rumah tangga. Beban psikis bisa muncul dari beban yang berlebihan termasuk hubungan antar keluarga yang kurang harmonis.

Dorong secara langsung dengan lisan juga sangat penting. Berikan anak kita pemahaman akan pentingnya pendidikan, bahkan jauh lebih penting untuk masa depan. Namun bukan dengan pemaksaan. Kuncinya adalah pemahaman. Pelan-pelan namun dilakukan secara terus-menerus dengan komunikasi yang baik.

Saya memang belum banyak pengalaman, tapi itu yang dilakukan orang tua saya.

Bagaimana Cara Memotivasi Anak Supaya Rajin Belajar?

Pertanyaan yang sering saya terima adalah seperti ini, cara memotivasi anak. Itu sangat penting. Ayah saya (alm) sangat jago bagaimana memotivasi saya untuk terus sekolah dan berprestasi meski ditengah segala keterbatasan ekonomi. Tekniknya cukup sederhana, yaitu bercerita.

Disarankan Untuk Anda:   Cara Meningkatkan Motivasi Untuk Belajar Apa Pun

Ada berbagai kisah sukses dan kisah menyedihkan yang beliau sampaikan berkaitan dengan pendidikan. Bagaimana sebuah keluara bisa berhasil karena mereka berjuang dalam pendidikan. Sebaliknya, bagaimana sebuah keluarga berakhir dalam kesedihan karena mengabaikan pendidikan.

Telepas apa kata orang, saya akan selalu menyertakan gelar saya (ST) di nama saya, sebagai penghormatan kepada orang tua saya, yang telah bersusah payah untuk gelar itu.

Bukankah pendidikan jaman sekarang tidak menentukan sukses?

Ya, tentu saja. Bahkan itu sejak dulu. Pendidikan tidak menentukan sukses atau tidak. Tetapi, kesuksesan ditentukan bagaimana kita mengaplikasikan ilmu yang sudah kita dapatkan.

Jika dulu, memiliki pendidikan adalah sebuah keunggulan. Sekarang menjadi keharusan, bahkan menjadi syarat dasar. Pendidikan tidak menentukan sukses, tetapi tanpa pendidikan akan lebih sulit lagi.

Jadi pendidikan anak-anak kita, tetap penting untuk masa depan.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php
Follow Me
Dapatkan Update Artikel dan Kata-kata Motivasi Via Telegram Klik Disini. Pastikan aplikasi telegram sudah terinstall di HP/Komputer Anda
zona sukses

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield