Motivasi Adalah Faktor Sukses Yang Penting

Motivasi Adalah…

Motivasi AdalahOK, sekarang kita bahas lagi tentang definisi motivasi karena banyak yang mencari dengan kata kunci “motivasi adalah”. Artinya masih ada yang bertanya tentang definisi motivasi. Ini sangat bagus, sebab pemahaman definisi yang benar akan menjadi mindset kita dalam hidup kita selanjutnya.

Untuk lebih mamahi definisi motivasi, dibawah ini saya kutipkan definisi dari Wikipedia tentang apa itu motivasi.

Berdasarkan teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow, teori X dan Y Douglas McGregor maupun teori motivasi kontemporer, arti motivasi adalah alasan yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seorang individu. Seseorang dikatakan memiliki motivasi tinggi dapat diartikan orang tersebut memiliki alasan yang sangat kuat untuk mencapai apa yang diinginkannya dengan mengerjakan pekerjaannya yang sekarang. Berbeda dengan motivasi dalam pengertian yang berkembang di masyarakat yang seringkali disamakan dengan semangat, seperti contoh dalam percakapan “saya ingin anak saya memiliki motivasi yang tinggi”. Statemen ini bisa diartikan orang tua tersebut menginginkan anaknya memiliki semangat belajar yang tinggi. Maka, perlu dipahami bahwa ada perbedaan penggunaan istilah motivasi di masyarakat. Ada yang mengartikan motivasi sebagai sebuah alasan, dan ada juga yang mengartikan motivasi sama dengan semangat. Sumber: Motivasi.

Jika Anda ingin mendalami tentang teori motivasi yang lebih jauh, silahkan ikuti link rujukan diatas. Pada artikel ini saya, saya tidak akan banyak membahas teori motivasi. Definisi diatas sudah cukup mewakili pembahasan definsi motivasi.

Pada intinya: motivasi adalah alasan Anda bertindak. Dalam pemahaman sebagian besar masyarakat, motivasi adalah semangat. Dan saya menggunakan kedua definisi motivasi dalam blog ini, bisa berarti alasan atau pun semangat tergantung kontexnya.

Motivasi Adalah Faktor Sukses

Motivasi Adalah Penggerak

Terlepas, definisi mana yang Anda gunakan, motivasi adalah faktor sukses, bahkan faktor sukses yang penting jika tidak dikatakan yang terpenting. Bagaimana pun, kita hanya akan meraih sukses jika ada tindakan, dan tindakan akan ada jika ada alasannya atau dengan kata lain tidak ada tindakan tanpa motivasi. Jadi tanpa motivasi tidak ada tindakan dan tanpa tindakan tidak ada sukses.

Banyak orang sudah mengetahui, kalau mau sukses harus bergerak dan harus berusaha. Tapi, sebagian dari mereka tidak bertindak juga. Kenapa? Ya, karena motivasi mereka yang tidak cukup untuk menggerakan mereka. Seorang pembicara mengatakan bahwa ujung-ujungnya pelatihan dan seminar adalah bertindak, termasuk pelatihan dan seminar motivasi bertujuan untuk mendorong Anda bertindak.

Motivasi Adalah Semangat

Dalam pengertian semangat, motivasi juga sangat penting, sebab sukses hanya bisa didapat oleh orang yang memiliki semangat yang cukup untuk meraihnya. Jika Anda tidak memiliki semangat, Anda akan mudah menyerah, akan lambat, dan cepat berhenti. Anda harus terus menjaga level semangat Anda. Seperti dalam mobil, untuk menjaga kecepatan, maka Anda harus terus menginjak gas atau mobil Anda menjadi lebih pelan bahkan berhenti.

Boss akan lebih memilih karyawan yang lebih semangat dibandingkan dengan yang loyo. Jangan harap akan dipilih boss jika Anda loyo, tidak semangat, dalam bekerja. Jika Anda jarang dipilih oleh boss Anda, maka promosi pun akan menjadi milik orang lain. Motivasi adalah semangat dan semangat akan membawa Anda pada keberhasilan dalam karir.

Begitu juga dalam bisnis. Jika Anda tidak semangat, maka akan banyak pekerjaan yang terbangkalai. Anda akan lambat mengejar peluang, sehingga peluang dicaplok orang lain. Begitu juga dalam mendapatkan client atau penjualan, kalau tidak semangat, maka bagian Anda akan lebih sedikit dibandingkan jika Anda semangat. Motivasi adalah semangat yang akan menjadikan Anda sukses dalam bisnis.

Apakah Hanya Motivasi Yang Diperlukan Untuk Sukses?

Pertanyaan ini datang dari orang yang belum memahami bagaimana mekanisme meraih sukses. Seperti mobil, motivasi adalah seperti bensin. Artinya bensin saja tidak akan mampu menggerakan mobil, jika mobil tidak ada mesinnya. Tetapi, mobil tidak akan bergerak jika tidak ada energi yang mendorongnya. Jadi, motivasi adalah salah satu faktor sukses, yang harus Anda, tetapi bukan satu-satunya.

Satu-satunya Sumber Motivasi Adalah Dalam Diri Anda

Motivator Membantu Anda Membangkitkan Motivasi Dalam Diri Anda

Ada yang mengatakan bahwa motivasi terbaik ada dalam diri Anda. Sepertinya bijak, tetapi salah, sebab sumber motivasi itu hanya satu, yaitu dalam diri Anda. Kalau begitu semua orang akan memiliki motivasi. Pertanyaanya, kenapa tidak semua orang memiliki motivasi yang menyebabkan dia bertindak dan sukses?

Ya, karena mereka tidak mampu atau belum mampu membangkitkan motivasi dalam dirinya. Untuk itulah peran motivator dari luar, untuk membantu mereka membangkitkan motivasi yang sebenarnya ada dalam diri mereka. Begitu juga dengan diri Anda, jika Anda kurang memiliki motivasi, artinya Anda belum membangkitkan motivasi Anda, mungkin Anda perlu pemicu dari luar.

Bisakah Motivasi Luntur?

Jangankan motivasi, iman pun bisa turun (futur). Apalagi motivasi, tentu saja bisa turun. Motivasi adalah keadaan pikiran dan perasaan Anda. Jika motivasi turun, artinya Anda perlu mengkondisikan kembali pikiran dan perasaan Anda. Saya sudah membahas penjang lebar bagaimana cara mengkondisikan pikiran dan perasaan agar Anda tetap memiliki motivasi tinggi di video saya Instant Motivation Weapon.

Tidak ada siapa pun yang bisa menjadikan Anda semangat atau termotivasi terus. Kondisi berubah terus, baik kondisi diri Anda maupun kondisi yang ada diluar Anda. Kondisi ini akan mempengaruhi motivasi Anda. Jadi, jika motivasi Anda turun, itu adalah sebuah realita, tidak perlu menyalahkan siapa pun. Yang penting Anda tetap membangkitkannya lagi.

Jadi, motivasi adalah penggerak dan yang menjaga Anda agar tetap bergerak meraih sukses.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php
Follow Me

Latest posts by Rahmat Mr. Power (see all)

zona sukses

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield