Mengurangi Rasa Malu

Dapatkan 2 eBook senilai Rp 99.000 yang membedakan orang sukses dan gagal.

Masukan email Anda, klik Daftar untuk mendapatkan update artikel dan ebook Gratis Rahasia Sukses dari Zona Sukses.

Email:

Apakah Anda malu? Apakah Anda memiliki kesulitan menghadapi orang atau situasi? Jangan khawatir, saya punya kabar baik untuk Anda. Anda tidak harus menderita terus karena rasa malu dan Anda tidak perlu merasa tidak aman dan ketakutan bahwa Anda sedang dihakimi dengan setiap langkah yang Anda ambil. Ubahlah sekarang, hilangkan rasa malu. Bayangkan apa yang akan dapatkan jika Anda sudah percaya diri?

Memenangkan perang dengan rasa malu memang perlu latihan dan usaha, tetapi apa yang Anda hasilkan pasti sepadan dengan usaha yang Anda lakukan dalam meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri. Terbangun dengan perasaan yang baik tentang diri sendiri, mampu menghadapi dunia dengan keyakinan dan keamanan. Dan, keyakinan tumbuh bahwa Anda akan meraih tujuan lebih cepat dan lebih mudah, sebab satu penghalang besar sudah disingkirkan.

Ada ratusan buku yang ditulis tentang bagaimana mengalahkan rasa malu dan memperoleh kepercayaan diri, saya akan berikan beberapa tip yang bisa Anda lakukan sekarang juga.

  1. Setiap pagi, segera setelah Anda bangun, bisa di depan cermin dan berkata dengan keras “Saya merasa hebat! Aku merasa hebat! Aku merasa hebat!” Ulangi afirmasi dengan antusiasme. Lakukan setidaknya sepuluh kali setiap hari sampai kata-kata itu tertanam ke dalam pikiran bawah sadar Anda. Dianggap orang gila? Sambil sembunyi dech…
  2. Merasa nyaman tentang diri Anda sendiri. Lihatlah hal yang terbaik pada diri Anda. Berdandanlah lebih baik. Memang tampilan fisik bukan yang utama dalam membangun kepercayaan diri, tapi ini memberi Anda tambahan kepercayaan diri dan rasa harga diri.
  3. Mengambil risiko minimal sekali sehari. Ini sangat menyegarkan dan berlatih menaklukkan rasa takut Anda.  Mengambil risiko akan membantu Anda tumbuh dalam kepercayaan dan harga diri. Mulailah dengan risiko kecil. Syukuri dan rayakan jika sudah berhasil. Jika gagal, berlatihlah mengatasi rasa malu dan kekecewaan yang diakibatkannya. Jika gagal, ambil hikmah dan coba lagi sampai berhasil.
  4. Penolakan adalah kenyataan hidup yang dialami setiap orang. Jangan diambil secara personal atau dimasukin ke hati. Lagi pula, banyak orang yang masih akan menerima Anda. Tenang saja.
  5. Terlibatlah dalam aktivitas yang membuat Anda merasa senang dan nyaman. Bisa dengan memulai hobi yang memberikan Anda perasaan relaksasi. Bisa apa saja, mulai dari berkebun, olah raga, membaca, atau hobi lainnya.
  6. Ambil beberapa kursus, misalnya kursus bahasa. Semakin banyak keterampilan yang Anda miliki, akan semakin percaya diri Anda.

Memang perlu berkorban waktu dan uang. Namun kehilangan Anda akibat tidak percaya diri jauh lebih besar dibanding dengan pengorbanan Anda.

Masuki Zona Sukses

Solusi bagi Anda yang ingin berubah, namun masih terasa sulit.

Anda tidak akan pernah sukses, jika masih berada di Zona Nyaman. Dapatkan ebook Memasuki Zona Sukses dan Tinggalkan Zona Nyaman, Plus update artikel Motivasi Islami. Masukan email Anda, Klik Daftar.

Email:

There are 2 Comments.

  1. saya sangat berterima kasih sekali tats bacaannya diatas, dan tentu saja itu bukan untuk dibaca saja tettaip dilakukan,,,dan itu memberi inspirasi bagi saya,,,terus berkarya y,,,,

  2. 10:37 am March 2, 2010

    Subhana4wl,luar biasa.. Benar2 menginspirasi!God luck forever…

Leave a Reply

*

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield