Membuka Mental Block – Tidak Sreg

zona sukses

Mengapa Harus Membuka Mental Block?

membuka mental block tidak sreg

Membuka mental block sangat diperlukan jika Anda masih sulit bertindak. Mungkin Anda sudah bertindak, tetapi Anda masih tetap tidak berubah, tidak ada pencapaian hebat, bisnis dan karir Anda mandeg tidak ada kemajuan.

Kebanyakan orang akan mencari “cara” untuk maju. Dia akan mencari rumus jitu yang akan menjadikan dia maju. Namun apa yang terjadi? Sudah buku, ebook, video, dan pelatihan diikuti, namun tetap tidak ada kemajuan. Itu karena ada mental block dalam diri Anda. Anda harus membukanya jika ingin maju.

Mental Block adalah kondisi mental yang menghalangi atau membatasi Anda untuk bergerak. Yang namanya kondisi, artinya bisa diubah. Anda bisa mengubah kondisi mental Anda menjadi kondusif untuk bergerak.

Ada banyak mental block, untuk kali ini saya akan membahas tentang membuka mental block, yaitu “tidak sreg”. Saya namakan itu, karena salah satu tanda orang masih terkunci mentalnya sering mengatakan “tidak sreg”. In syaa Allah nanti kita bahas mental block yang lainnya.

Tidak Sreg? Ya Sudahlah …

Saat Anda menyarankan sesuatu kepada seseorang, kemudian dia mengatakan “tidak sreg”, Anda mau apa lagi? Tidak sreg menjadi sebuah alat untuk menolak ide, gagasan, dan inspirasi apapun. Dan setelah mengatakan tidak sreg, tidak ada lagi argumen yang bisa diajukan. Artinya menolak, titik!

Coba kalau ditanya, kenapa tidak sreg. Sering kali jawabannya:

“Ya nggak tau, pokoknya tidak sreg aja.”

Artinya seseorang yang mengatakan tidak sreg seringkali menutup diri untuk saran tersebut. Bisa juga diartikan “saya tidak mau, titik!”.

Tidak Sreg Itu Wajar Jika …

Memang, tidak sreg itu bisa wajar, jika terjadi sesekali. Kewajaran tidak sreg karena kita memang memiki ketertarikan masing-masing. Ada yang kita suka, ada juga yang tidak suka.

BACA Juga  Keluarlah Dari Zona Nyaman - Mengapa dan Caranya

Namun justru karena inilah, banyak orang yang menjadikan alasan untuk menolak ide. Saat disarankan lebih kuat, mereka akan menjawab, “kalau tidak sreg mau bagaimana lagi?” Intinya mereka akan menutup diri.

Jika hanya beberapa aspek atau bidang Anda tidak suka, itu wajar. Namun jika terus menerus tidak sreg sehingga hidup Anda dikendalikan oleh perasaan tidak sreg, maka itu adalah sebuah mental block yang harus Anda buka.

Dibalik Mental Block “Tidak Sreg”

Cara membuka mental block ini, Anda harus memahami apa penyebabnya. Anda sendiri yang sebenarnya mengetahui penyebab sejati dari penolakan Anda. Setidaknya ada 4 kemungkinan dibalik kata “tidak sreg” yang bisa dijadikan bahan evaluasi dan Anda sendiri yang mengetahui jawabannya.

Tidak sreg karena hawa nafsu.

Tidak sreg yang disebabkan oleh hawa nafsu saat Anda menolak sebuah kebenaran, kebaikan, atau kewajiban namun tidak sesuai dengan keinginan Anda (hawa nafsu). Seharusnya Anda mengambil tindakan, namun karena bertolak belakang dengan hawa nafsu anda, Anda mengatakan “tidak sreg”. Padahal, jika dilihat dari segi agama, tindakan itu adalah kewajiban dan sangat penting untuk dakwah.

Ini yang paling bahaya. Anda memperturutkan hawa nafsu. Solusinya Anda harus mau berjihad melawan hawa nafsu.

Tidak sreg karena tidak mau keluar dari zona nyaman.

Kadang, ada tindakan atau pilihan yang mengharuskan kita keluar dari zona nyaman, padahal itu baik untuk kita. Misalnya, Anda berbisnis namun tidak ada kemajuan berarti.

Seseorang memberikan nasihat kepada Anda untuk melakukan perubahan, sayangnya harus keluar zona nyaman Anda. Anda dengan mudah berkata, “saya tidak sreg dengan cara itu” atau “saya tidak sreg dengan bisnis itu.”

Dia lebih memilih tetap berada di zona nyaman, padahal zona nyaman itu hanyalah sebuah ilusi seperti dijelaskan dalam ebook gratis saya. Silahkan baca ebook saya tersebut agar Anda mau keluar zona nyaman.

BACA Juga  Tiada Hari Tanpa Motivasi - Agar Impian Cepat Terwujud

Tidak sreg karena kurang pengetahuan tentangnya.

Kadang kita juga merasa tidak sreg karena kita belum mengetahuinya dengan benar. Dan dunia informasi saat ini, orang dengan mudah berkomentar. Hal baik pun sering mendapat komentar negatif. Komentar negatif tersebut itu bisa membuat kita tidak sreg.

Pertanyaannya apakah komentar negatif itu benar adanya? Belum tentu, tetapi Anda sudah terpengaruh dan menjadi tidak sreg. Jika ini terjadi, manfaatkan tekonologi informasi ini untuk mencari lebih jauh. Jika komentar orang dijadikan panduan, percayalah tidak akan menemukan satu hal pun tanpa komentar negatif.

Jangan membuang peluang atau mempertaruhkan masa depan Anda dengan informasi sepintas. Perluaslah wawasan Anda, galilah lebih dalam.

Tidak Sreg Karena Malas

Saat mengetahui sebuah tindakan itu berat, akan capek, dan harus kerja keras, maka orang malas akan langsung menolaknya, dan salah satu cara untuk menolak itu dengan mengatakan tidak sreg.

Jika malas menjadi penyebab, Anda harus mengatasi rasa malas tersebut.

Kesimpulan

Jangan sampai hidup Anda dikuasai oleh “tidak sreg”. Anda tidak akan pernah berkembang, sebab apa pun nasihatnya jawabannya “tidak sreg”. Mulai sekarang, saat dalam hati mengatakan tidak sreg, cobalah evaluasi apakah benar tidak sreg atau karena 4 penyebab diatas. Yang Anda perlukan adalah kejujuran dalam mengevaluasi diri, apakah Anda memperturutkan hawa nafsu, betah di zona nyaman, kurang pengetahuan, atau malas.

Apakah Anda siap membuka mental block Anda?

4 Comments

  1. sangat bagus isinya, mohon shar untuk arsip pribadi, semoga Allah selalu memberikan kesehatan dan tambahan ilmu untuk berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield