Pengembangan Diri

Belajar Hal Baru Untuk Mendapatkan Peluang Lebih Banyak

October 11, 2008
(Last Updated On: January 30, 2017)

Ada dua sikap yang sangat ekstrim yang perlu kita hindari agar kita bisa mengembangkan diri dengan tepat. Yang pertama adalah sangat menggantungkan diri kepada bakat. Ciri orang seperti ini ialah saat harus keluar zona nyaman, dia akan mengatakan, “Saya tidak berbakat.” Sikap yang kedua ialah mencoba mempelajari semua hal dan berharap menjadi ahli pada segala hal. Lalu sikap seperti apa yang benar?

Konsep NLP mengatakan bahwa tidak ada yang namanya bakat. Jika kita melakukan persis seperti yang dilakukan oleh orang lain, maka kita akan menghasilkan hasil yang persis sama. Yang dimaksud persis sama bukan hanya apa yang harus dilakukan tetapi juga bagaimana melakukannya. Oleh karena itu dalam konsep NLP dikenal dengan apa yang disebut model dan sub model. Yang perlu diketahui bahwa pemodelan ini bukan hanya pada aktifitas fisik, tetapi juga pada aktivitas pikiran dan emosi.

Terlepas konsep ini benar atau tidak, berbagai kasus sudah dibuktikan oleh para ahli NLP. Banyak contoh-contoh menakjubkan yang ditunjukan oleh ahli NLP seperti Anthony Robbins yang memperkuat pernyataan bahwa bakat itu tidak ada. Anda bisa mengasai keterampilan apa pun jika Anda tahu caranya secara persis. Meski ada juga hal-hal yang menunjukan bahwa ada suatu keterampilan atau kecerdasan bawaan, namun konsep ini bisa menjadi motivasi kita untuk mempelajari hal baru. Saat Anda tidak bisa mempelajari hal baru, kemudian gagal, jangan menyerah dulu, mungkin cara belajarnya saja yang salah.

Robbins yang bukan seorang militer tetapi bisa mengajarkan para penembak jitu di militer, caranya dengan mempelajari model dari penembak yang sudah mahir. Seorang siswa yang “bodoh” di sekolah menjadi sangat jenius setelah menemukan cara belajar yang dibimbing oleh Robbins. Hal ini harus menjadi mindset bagi kita bahwa kita sangat mungkin (jika tidak dikatakan pasti) untuk menguasai hal baru. Mulai saat ini, kita tidak perlu lagi mengatakan, “Saya tidak berbakat.”.

Namun hal ini bukan berarti kita bisa mempelajari dan menguasai semua hal. Bukan berarti kita tidak bisa menguasai hal baru karena kemampuan kita, tetapi kita tidak bisa menguasai semua hal karena sumber daya kita yang terbatas, terutama waktu. Waktu kita hanya 24 jam sehari, tidak ada yang punya lebih. Bisa mempelajari hal baru adalah motivasi bagi kita untuk menguasai satu hal baru, apa pun itu sesuai dengan minat dan keperluan kita.

Agar kita bisa menguasai secara penuh dan masuk ke jajalan 10% terbaik di dunia, kita perlu fokus menguasai satu hal. Anda perlu menjadi spesialis agar menang dalam persaingan. Kita tidak akan bisa menguasai segala hal (bukan karena kemampuan Anda) karena sumber daya kita terbatas. Jika sumber daya kita terbagi-bagi kepada berbagai hal, setiap bagian akan mendapatkan porsi kecil sehingga tidak akan optimal.

Namun fokus bukan alasan tidak mau beranjak dari status quo Anda saat ini. Fokus bukan alasan agar kita tetap berada di zona nyaman, tidak mau beranjak ke zona baru. Jika Anda ingin meningkatkan kualitas diri dan hasil yang dicapai, maka Anda perlu meningkatkan kemampuan Anda dan mempelajari satu hal baru lagi yang hanya akan menunjang keberhasilan Anda. Artinya Anda perlu keluar zona nyaman. Peluang baru memerlukan keahlian baru, keahlian baru akan menghasilkan peluang baru.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.club/
Follow Me

12 Comments

  • Reply inge November 2, 2008 at 5:03 pm

    pada dasarnya tidak ada yg sulit didunia ini…kalo orang lain bisa kenapa kita tidak….siapapun dia jika punya semangat dalam hidup semuanya dapat tercapai……namun yg terjadi kenapa kita beda…..ya emang kita beda kok ……. hanya semangat yg bs menyamakan diri kita dg yg lain……

  • Reply Vebri Ilham November 7, 2008 at 1:26 pm

    Motivasi ini baik!!! bahkan sangat baik!!!
    tetapi,saya mau bertanya Kenapa banyak orang-orang yang
    tidak mempunyai semangat!!!! tau mereka punya semangat itu,tetapi tidak bisa mengekpresikanya!!!

  • Reply Rahmat November 7, 2008 at 10:54 pm

    Artinya mereka belum memiliki motivasi yang cukup.

  • Reply maria dewi November 12, 2008 at 11:29 am

    semangat hidup yang tinggi dan fokus pada satu hal yang kita inginkan adalah kunci dari kesuksesan.

  • Reply dian November 20, 2008 at 5:38 pm

    fokus adalah hal penting. tp menurut saya sih yg terbaik adalah tahu sedikit tentang banyak hal. itu akan sangat bermanfaat sekali kalau kita ingin jadi pemimpin.

  • Reply Uya November 23, 2008 at 7:38 am

    Fokus pada suatu hal yg kita tuju, misalnya impian. Jika suatu saat motivasi Anda sedang goyah, ingatlah kembali tujuan hidup Anda. Buatlah tujuan hidup di atas kertas dan tempelkan kertas itu di kamar Anda. Dipagi hari ketika Anda terbangun dari tidur, segera baca kalimat motivasi Anda agar Anda semangat dalam menghadapi hari-hari Anda.

  • Reply Taslim December 23, 2008 at 8:57 am

    Hidup adalah perjuangan,kanjeng nabi Muhammad SAW selalu berjuang untuk menyebarkan agama tanpa mengeluh dan selalu berbipikir positif dalam berjuang,walaupun Beliau dicela,dicemooh,dihina bahkan diludahi beliu tetap tegar dan bersemangat.. ‘cayo smangt.’

  • Reply lita January 26, 2009 at 10:09 pm

    Wah, padahal persepsiku, bahwa kita jangan bertumpu pada satu hal. Coba untuk memahami berbagai hal.
    Tapi memang untuk menemukan sesuatu sebagai spesialisasi kita merupakan suatu yang membutuhkan pertimbangan yang cukup matang…
    Oke ,…thanks untuk motivasinya..

  • Reply Riyadi Solih January 27, 2009 at 4:24 am

    Benar, Orang yang ingin masa hari esoknya lebih baik dari hari ini, dia mesti melakukan perubahan. Perubahan bisa terlaksana jika kita mempelajari hal yang baru.
    Orang yang tidak mau belajar hal yang baru, berarti ilmunya tidak mau bertambah, statis, dan….sulit berkembang.

    • Reply adi irawan November 21, 2009 at 8:00 am

      pada, dasar nya manusia begitu lahir, ke muka bumi sudah di wajib kan, tuk belajar. jadi manusia tidak ada yang nama nya g’mampu,tapi karna kurang nya niat tuk jadi para pembelajar, sehingga manusia menjadi katogori bodoh…

  • Reply syahtios September 15, 2010 at 1:41 pm

    jangan pandang seseorang dari matanya tapi lihat lah bagaimana ia membuktikan sikap dan cara ia menilai dengan hatimu.

  • Reply Harjono May 24, 2011 at 3:55 pm

    Tidak akan ada perubahan tanpa pergerakan. Metode baru untuk hal baru.;)

  • Leave a Reply

    WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield

    X

    Download eBook Gratis


    Nama Depan :
    Alamat Email :