Sukses

Jika Sudah Sukses, Lalu Apa? Ini Rencana Yang Harus Dilakukan

July 28, 2017


(Last Updated On: July 29, 2017)

Pernahkah Anda berpikir jika sudah sukses, apa yang akan Anda lakukan? Apakah sudah sukses menjadi sombong, lupa diri, atau seleranya bukan kamu. He he.

Jika sudah sukses. Coba renungi kata-kata ini:

Memangnya Anda belum sukses? Sebenarnya Anda sudah sukses, sekecil apa pun sukses Anda. Jadi, artikel ini untuk Anda, karena Anda sudah sukses.

Sukses adalah meraih apa yang Anda inginkan. Anda sebenarnya bukan berarti belum sukses. Sudah, hanya saja sama seperti saya, ingin meraih sukses yang lebih tinggi dan lebih besar lagi. Setuju?

Sudah Sukses

Apa Yang Anda Lakukan Jika Sudah Sukses?

OK, saat ini Anda sudah sukses. Artinya apa yang Anda lakukan sekarang, pada dasarnya sama saat Anda meraih sukses lebih baik lagi nanti. Ini dilakukan sekarang, karena Anda sudah sukses, dan dilakukan lagi nanti, karena Anda sudah meraih sukses yang lebih baik.

Sebenarnya, kita itu hanya berpindah dari satu sukses menuju sukses berikutnya yang lebih tinggi.

Jika Sudah Sukses, Raihlah Sukses yang Lebih Tinggi Lagi

Tahukah Anda, orang-orang yang sekarang sudah kita anggap sudah sukses, artinya lebih sukses dibanding kita, mereka itu tetap berusaha meraih sukses yang lebih tinggi atau meraih sukses yang lain. Mungkin ada yang sudah puas mencapai taraf tertentu, itu adalah pilihan masing-masing.

Jika sudah sukses, raihlah sukses yang lebih tinggi lagi atau raihlah keberhasilan yang lainnya. Jangan pernah merasa lebih puas, bisa saja kita sudah merasa sukses padahal kita belum ada apa-apanya dibanding orang lain. Bisa saja kita sudah merasa sukses padahal masih banyak umat yang masih perlu kita bantu dan ternyata keberhasilan kita masih belum cukup untuk membantu mereka. Jadi kejarlah sukses Anda berikutnya.

Jika Anda memutuskan untuk “pensiun” meraih sukses, lalu Anda mau apa? Bisa jadi Anda sudah puas dengan keberhasilan finansial, tetapi dimensi sukses itu banyak, bukan hanya finansial. Bagaimana dengan fisik Anda, bagaimana dengan relasi Anda, bagaimana dengan ruhiah Anda?

Kecuali Anda manusia super yang sudah sukses segalanya.

Yang salah adalah saat Anda sudah sukses kemudian terus stagnan artinya tidak ada peningkatan lagi baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Contoh sederhana saja, misalnya 10 tahun yang lalu, punya penghasilan Rp 10.000.000 per bulan, sudah cukup nyaman. Jika sekarang masih di angka yang sama, kira-kira, apa yang Anda rasakan?

Apalagi, jika 10 tahun mendatang penghasilan Anda tidak bertambah. Anak-anak semakin besar, harga-harga naik, kesehatan menurun, maka akan semakin berat kecuali Anda meningkatkan penghasilan Anda.

Ini baru dari segi finansial, dari segi yang lain pun sama. Ada humor yang cukup menyindir banyak orang: “Untuk ilmu urusan duniawi S1, tapi untuk ilmu urusan akhirat masih TK.” Artinya dari segi ruhiah pun kita tidak bisa itu-itu saja ilmunya.

Juga meliputi aspek kehidupan lainnya, seperti emosi, hubungan, keluarga, kesehatan, dan sebagainya.

Sukses Saat Ini Landasan Sukses Selanjutnya

Sukses yang pernah kita raih, dapat menjadi landasan untuk sukses berikutnya. Anggaplah saat ini Anda sukses membangun bisnis yang selama ini Anda impi-impikan. Maka Anda sudah memiliki landasan untuk membangun bisnis yang lebih besar, Anda sudah punya aliran dana dan pengalaman membangun bisnis yang berhasil. Anda memiliki peluang lebih besar dibanding teman Anda yang belum memiliki keberhasilan.

Anda bisa membaca artikel saya yang lain, Sukses Seperti Menaiki Tangga, bahwa sukses itu seperti naik tangga. Jika sudah sukses, artinya Anda sudah berada di anak tangga yang pertama, kemudian raih sukses berikutnya, sampai Anda bisa sampai ke lantai 2. Di lantai dua pun, Anda masih bisa naik lagi ke lantai berikutnya sampai ke tingkat paling tinggi.

Mungkin Anda sudah sukses bisnis, wirausaha, atau karir. Maka jadikan itu sebagai pijakan untuk meraih sukses berikutnya. Sukses masa lalu adalah landasan sukses di masa depan.

Begitu juga, sukses Anda saat ini adalah pijakan untuk meraih sukses di masa depan. Anda sudah sukses, terlapas besar atau kecil, maka jadikan untuk meraih sukses yang lebih besar lagi di masa mendatang.

Jika Sudah Sukses, Anda Lebih Percaya Diri

Sukses yang sudah Anda raih saat ini, akan membuat Anda lebih percaya diri untuk meraih keberhasilan lainnya. Manfaatkanlah rasa percaya diri ini. Percaya diri adalah modal yang sangat berarti dalam meraih sukses-sukses lainnya. Sukses Anda saat ini seperti sebuah lantai, tetapi masih ada lantai-lantai lain di atas lantai dimana Anda berada.

Jika Anda sudah ada dilantai 2, maka akan lebih mudah mencapai lantai 3 dibanding orang lain yang masih di lantai 1. Jadi manfaatkanlah sukses Anda saat ini untuk meraih sukses yang lebih tinggi lagi.

Bukan sombong ya. Jadi tidak ada ungkapan: “Jika sudah sukses sombong”. Sombong dan percaya diri adalah dua hal yang berbeda. Sudah saya bahas di artikel yang lainnya. Percaya diri yang dimaksud adalah Anda lebih yakin dengan potensi diri Anda karena sudah membuktikannya.

Setiap raihan sukses Anda adalah bukti bahwa Anda sebenarnya mampu, dengan demikian Anda semakin percaya diri untuk melangkah ke depan.

Berbagilah

Mungkin sukses Anda saat ini baru milik Anda dengan keluarga. Mengapa tidak membagikan keberhasilan Anda dengan orang lain. Anda dapat memberikan ikan atau pancing kepada orang lain untuk mendapatkan ikan. Keduanya baik, tetapi jangan hanya salah satu.

Memberikan ikan kepada orang lain dikhawatirkan membuat mereka akan terus tergantung kepada kita, buatlah orang yang ada beri menjadi ikut mandiri dan sukses seperti Anda dengan memberikan pancing, sehingga dia mampu memancing ikan sendiri. Memberikan pancing, dikhawatirkan, dia perlu makan saat ini juga.

Jadi berikanlah keduanya, ikan untuk saat ini dan pancing agar dia bisa mendapatkan ikan sendiri.

Bahkan banyak yang mengatakan, justru dengan berbagilah kita akan semakin sukses. Banyak yang mengatakan ini karena mereka sudah membuktikannya. Allah sudah menjanjikan balasan berlipat ganda bagi mereka yang mau memberi.

Bersyukurlah

Dan yang terpenting ialah kita harus mensyukuri keberhasilan kita. Syukur akan membuat rezeki kita berkah yaitu suci dan akan bertambah terus. Meski kita yang seolah-olah kerja keras, tetapi pada hakikatnya keberhasilan kita atas ijin dan kehendak Allah SWT.

Jadi, jangan pernah, jangan pernah, jangan pernah, lupa untuk mensyukuri keberhasilan kita. Walau sekecil apa pun.

Justru syukur akan mengarahkan kita meraih sukses yang lebih besar. Bukankah Allah akan menambah nikmat orang yang bersyukur? Maka syukuri setiap kesuksesan Anda sekecil apa pun. Anda sekarang sudah sukses, maka syukuri supaya semakin nambah nikmat Anda dan semakin berkah.

Jika sudah sukses, syukuri dan teruslah sukses.

Kesimpulan

Jika sudah sukses jangan jadi sombong, lupa diri, berubah selera. Jika sudah sukses, teruslah meraih sukses lainnya. Jadikan sukses Anda sebelumnya sebagai modal lebih percaya diri dan pijakan meraih sukses selanjutnya. Jangan lupa untuk terus berbagi dan bersyukur.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.club/
Follow Me

Latest posts by Rahmat Mr. Power (see all)

3 Comments

  • Reply abbas June 23, 2007 at 3:37 am

    alhamdulillah bagus

  • Reply Herman July 6, 2007 at 7:45 am

    Tulisan pak Rahmat, bagus-bagus pak.. terimakasih banyak .. semoga bpk tambah selalu sukses terus.. !

    sukses = mind set (kata mbak Jennie S. Bev)

  • Reply muluk September 20, 2007 at 6:48 pm

    bercita-citalah menjadi orang sukses dan masuk sorga..sukses didunia identik dengan harta yang berlimpah, bagaimana caranya agar dengan harta yang banyak tidak menghambat kita masuk surga?tentunya harta yang didapt tersebut harus dari jalan yang benar dan bersih (keluarkan zakatnya agar tambah bersih bukan agar bersih saja) selanjutnya pergunakan harta tersebut untuk da’wah di jalan Allah seperti para sahabat Rasulullah SAW. Apakah anda yang sudah sukses sekarang ini seperti itu? kalo tidak segeralah bertobat.
    wassalam

  • Leave a Reply

    WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield

    eBook Gratis Untuk Anda :)

    Terima kasih, saya sudah daftar ...