Satu Hal Yang Bisa Menghalangi Sukses

zona sukses

Semua orang ingin sukses. Termasuk Anda bukan? Terbukti, Anda membaca artikel ini. OK, saya tidak akan berfilosofi tentang sukses. Saya definisikan sukses dengan tercapainya tujuan Anda.

Nah, ada satu hal yang bisa menghalangi Anda sukses. Hal ini menjadi “penyakit” yang banyak dimiliki oleh orang. Saya menemukan orang yang memiliki penyakit ini. Apakah termasuk Anda?

“Sudahlah… apa penyakit itu?” OK, ini dia:

Penyakit itu adalah… menunda-nunda.

“Besok saja.”
“Nanti saja.”
“Akan saya lakukan, kalau saya sudah…”
“Saya mau fokus ini dulu.”

Dan berbagai macam alasan penundaan yang lainnya.

Ada dua jenis menunda-nunda:

  1. Menunda-nunda memulai sebuah pekerjaan.
  2. Menunda-nunda menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Bagaimana dengan Anda?

Yah… tentu saja. Setiap orang akan memiliki alasan untuk menunda sebuah pekerjaan atau menyelesaikan pekerjaan. Ada satu alasan yang bisa diterima, yaitu ada pekerjaan lain yang jauh lebih penting dan mendesak. Meski alasan ini diperbolehkan, tetapi jika terus menggunakan alasan ini, ada yang tidak beres dalam pengelolaan pekerjaan Anda. Masa ada pekerjaan mendesak terus menerus?

Rasulullah saw pun menganjurkan kita untuk selalu menyelesaikan pekerjaan sampai akhir:

Jangan mengagumi amal perbuatan sampai ia menyelesaikan yang terakhir. (HR. Ath-Thabrani dan Al Bazzar)

Lalu bagaimana jika pekerjaan kita lama dan panjang? Sederhana, Anda bagi-bagi saja pekerjaan itu menjadi pekerjaan-pekerjaan kecil. Lakukan pekerjaan kecil itu setiap hari, setiap bagian lakukan sampai selesai, seperti yang diperintahkan hadits diatas.

Kemudian, Anda harus tekun melakukannya. Meski sedikit, lakukan setiap hari. Ini juga yang dianjurkan oleh Rasulullah saw:

Amalan-amalan yang paling disukai Allah ialah yang lestari (langgeng atau berkesinambungan) meskipun sedikit. (HR. Bukhari).

Ini adalah manajemen waktu ala Rasulullah saw. Sederhana, tetapi sudah terbukti ampuh. Lihatlah pencapaian besar yang beliau dapatkan dalam waktu 23 tahun.

Disarankan Untuk Anda:   Kisah Keluarga Tikus - Tentang Pandangan Sempit

OK, sekarang Anda sudah mengetahui penghalang besar sukses Anda. Dan Anda pun sudah tahu teknik manajemen jitu dari Rasulullah saw. Jika kita mengikuti teknik ini, insya Allah pencapaian kita akan meningkat. Jadi, jangan menunda-nunda pekerjaan Anda. Bagi-bagi pekerjaan, lakukan setiap bagian sampai selesai dan lakukan dengan tekun.

Teknik lebih detil dan lengkapnya, bisa Anda dapatkan di Revolusi Waktu.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php
Follow Me
Dapatkan Update Artikel dan Kata-kata Motivasi Via Telegram Klik Disini. Pastikan aplikasi telegram sudah terinstall di HP/Komputer Anda

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

2 Comments

  1. guubrakk//…. kena deh….
    saya yang kedua om, nunda menyelesaikan.

    udah fokus banget buat mulai. tapi untuk menyelesaikan dan mempertahankan justru lebih sulit ya/…

    terkadang penundaan menyelesaikan pekerjaan karena memandang penting/ tidak penting pekerjaan itu.

    tapi kalo g selesai, jadi nyesel sendiiri deh….kenapa gak selesaikan. huuuh…

  2. terimaksih banyak, artikelnya cukup bagus. kalau semua orang mengaplikasikan tips yang tertulis dalam artikel ini, pasti mereka akan maju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield