Inspirasi, Motivasi Diri, Wawasan Islam

Arti Hidup

June 16, 2010
(Last Updated On: February 22, 2012)

arti hidupDalam berbagai literatur, video, audio, atau pun dalam seminar, mungkin Anda pernah mendapatkan materi tentang arti hidup. Para motivator atau ahli pengembangan diri mengatakan bahwa memahaminya adalah langkah penting dalam menggapai sukses. Saya setuju, bahkan bukan hanya sukses dunia, tetapi sukses duni akhirat jika kita memahaminya dengan benar.

Ada satu hal penting yang harus kita perhatikan disini. Saat si motivator atau trainer memandu Anda menemukan arti hidup. Betulkah akan dipandu ke arti hidup yang sesungguhnya? Jangan main-main dengan ini, sebab hidup kita di dunia akan menentukan hidup kita di akhirat.

Adakah Nilai-nilai Universal?

Saya selalu bertanya dengan apa yang disebut dengan nilai-nilai universal. Katanya, nilai-nilai yang diterima oleh semua agama. Apa yang salah? Mungkin, seseorang bisa mengumpulkan nilai-nilai yang diterima oleh semua agama. Artinya dia mengeliminir nilai-nilai yang hanya diterima oleh suatu agama, termasuk agama Islam. Jadi, saat kita hanya mengambil nilai-nilai universal, maka kita tidak akan mendapatkan nilai-nilai Islam secara utuh atau secara integral.

Nilai-nilai yang kita anut, akan menentukan hidup kita. Saat nilai yang kita anut tidak utuh, maka hidup kita pun menjadi tidak utuh. Hal ini, jika kita hanya mengandalkan nilai-nilai yang diajarkan oleh para trainer atau motivator yang katanya memberikan nilai-nilai universal. Saya tidak melarang Anda belajar kepada mereka, tetapi jangan cukup sampai disana. Kita harus mau melihat cara hidup sesuai dengan panduan kita sebagai Muslim.

Arti Hidup Menurut Islam

Agar kita tidak memahami arti hidup secara dangkal, kita harus kembali memahaminya dari sumber atau rujukan yang benar, yaitu Al Quran dan Hadits shahih. Tentu saja, jika kita menggalinya lebih dalam menurut Al Quran dan Hadits akan menjadi pembahasan yang panjang. Yang akan saya tekan disini ialah, kita jangan menyerahkan pemahaman dari sumber yang tidak jelas tidak pasti. Pemahaman yang salah bisa mengubah kehidupan kita, bahkan kehidupan kita nanti di akhirat.

Pada intinya, arti hidup dalam Islam ialah ibadah. Keberadaan kita dunia ini tiada lain hanyalah untuk beribadah kepada Allah. Makna ibadah yang dimaksud tentu saja pengertian ibadah yang benar, bukan berarti hanya shalat, puasa, zakat, dan haji saja, tetapi ibadah dalam setiap aspek kehidupan kita.

“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.” (QS Adz Dzaariyaat:56)

Ibadah… inilah arti hidup sesungguhnya.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.club/
Follow Me

27 Comments

  • Reply Zul June 16, 2010 at 2:25 pm

    Benar sekali..hidup ini harus sejalan antara hubungan kepada Allah (ibadah) dan hubungan kepada sesama (amal shaleh) agar bisa tercapai tujuan hidup bahagia dunia akhirat.

  • Reply ainun June 17, 2010 at 6:50 pm

    bukan kah Kita hidup hanya untuk menunggu mati?……………………..
    (jujur aku tak tau apa arti hidup ini?…………)
    ma’af walau ku tahu Allah memberikan kebebasan sebebas-bebasnya kepada kita untuk memilih. Kita bukanlah wayang …Tapi Aku bingung aku tak tau siapa diriki dan apa tujuanku hidup??????????.

    • Reply Rahmat Mr. Power June 18, 2010 at 5:45 am

      Lho koq? kan sudah dijelaskan diatas? Atau tidak mau tau?

  • Reply nYach June 29, 2010 at 7:49 pm

    hidup adalah amanah, jika merasa terbebani atau putus asa itu merupakan bentuk protes kepada yang memberi amanah

  • Reply erwan June 29, 2010 at 9:59 pm

    Saya sangat sependapat sama pak Rahmat Hr.

  • Reply guslutfian July 11, 2010 at 8:34 am

    Manusia diciptakan oleh Alloh SWT didunia ini, Cuman untuk, Beribadah saja. Tetapi penjabaranya ibadah itu Sangat luas sekali. Semua Tingkah dan laku,Serta semua garak gerik kita, Harus kita niati dengan Ibadah.( Kita melakukan apa saja cuman menjalankan perintah Nya, Alloh SWT saja. Dan menjauihi laranganya ) Insya Alloh kita akan selamat Didunia ini ,Serta selamat di Akhirat nanti. Amin 3X Yarobal Alamin.

  • Reply mahabat arga jawad August 14, 2010 at 11:09 pm

    arti hidup….
    banyak definisi tentang arti hidup…
    tergantung pemahaman orngnya masing2 soal apa yg ingin di capai…
    arti hidup…
    bermanfa’at untuk sesama,memberikan terbaik untuk Tuhan..memulyakan orng tua..
    itu arti hidup yg ingin diriku capai…
    karna bahagia lah yg hakekat manusia cari..
    dunia dan akhirat..

  • Reply ahmad August 29, 2010 at 8:08 am

    Menyeimbangkan antara duni&Akhirat !!!! Itu yg Terpenting!
    karna banyak pla skarang yg amat sangat pintar akan ilmu dunia..tpi akhirat????
    sungguh seberanya kta tau dimana kehidupan kekal nanti!!

  • Reply yon efendi October 18, 2010 at 11:40 pm

    hidup adlah amanah, amanah adlah ibadah, ibadah itu indah..

  • Reply padmawisastra October 29, 2010 at 7:10 am

    hidup di bumi ini menurut saya yang merasakan hidup,dan saya masih didup. . .dan saya mahluk hidup. . .hidup bisa saya definisikan ketika saya merasa . . .selama saya hidup saya memiliki rasa, , ,tapi rasa yang saya miliki hanya sesaat. . . . .senang maupun sedih itu rasa . . . rasa yang dapat dirasakan raga maupun jiwa, , , raga sifatnya tidak permanen tapi raga hanya bisa merasa dan ta bisa di raba , , , , ,jadi intinya hidup adalah jiwa, , , hidup yang kita lalui untuk jiwa yang di pelantarai oleh raga.. . . . . . bersambung.

  • Reply yazida November 5, 2010 at 5:15 am

    trus yg d mksud manajemen hidup yang berhubungan dengan akidah, syariah,tasawuf, itu spt apa?

  • Reply armyn November 13, 2010 at 8:09 am

    hidup kadang sangat menyakitkan kalau di lihat dari sisi emosional tp akan terasa ringan jika kita pasrah dg ketentuan yg di gariskan Allah swt.

  • Reply izal November 29, 2010 at 12:39 pm

    Karena hidup hanya untuk disyukuri

  • Reply Asni December 12, 2010 at 5:03 pm

    saya tidak menyalahkan ALLAH niat sya benar-benar mncari apa ARTI HIDUP dan kenapa harus ada KEHIDUPAN (saya sangat percaya bahwa Allah itu ada dan maha penguasa isi alam sekitar) di mana pada akhirnya kita akan kembali kepada ALLAH dengan artian ada yang masuk surga/neraka (tapi bagimana dengan cerita kupu2 malam yang menolong se_ekor binatang masuk surga sedangkan orang yang sudah beriman belum tentu masuk surga knp…?

  • Reply land February 10, 2011 at 7:26 pm

    saya sblm nya tak mengerti arti hidup. tp stelah 4w1 memberikan sy ujian berupa penyakit, barulah sy tahu kalau hidup ini sangat berharga. ternyata hidup ini tak kan lama, apakah ada orang yang hidup kekal sebelum kita? jawaban nya pasti tak ada satu pun. krn siapapun yg sehat yg muda atau yang kaya, pasti akan mati. semoga 4w1 mengampuni dosa2 kita.

  • Reply blue February 26, 2011 at 12:57 am

    mf sebelumnya bila ada salah2 kata..
    Sya sndri sbgai muslim mrasa belum bg!tu tau sprti apa itu h!dup scra islam,yang jelas manusia hnya bisa brusha dan mensyukuri atas usahanya..jika arti h!dup adlah ibadah,trus sprti apa ibdah itu sndri yg hruz qta jala dlam khdupan qta scra islam.?trimakas!h yg sbsar-bsarnya

  • Reply Lautsamudra March 8, 2011 at 10:28 am

    Sebelumnya saya sempat mengalami Kondisi di mana Anak dan Istri sedang Sakit yang Akhirnya saya memposting di Blog saya sendiri dari Hasil Pemikiran Pribadi, berikut Postingannya :
    ArtiKehidupan (KopiPahit)
    Kopi itu Pahit tapi jika diolah jadi Kopi yg Nikmat.
    Bubur rasanya Nasi tapi diolah dgn bumbu akan menjadi Bubur Nikmat.
    Gula itu manis namun jika tidak diolah Manisnya akan membuat Sakit (Obesitas,Dibetes,dll Penyakit Gula)
    Seperti itulah Kehidupan ini.
    PAHIT namun jika kita pintar mengatasi permasalahan hidup ini akan terasa manis kehidupan ini (Doa & Ikhtiar pada Alloh akan memaniskan kehidupan ini dari Rasa Pahit)
    MANIS namun jika terlena manisnya kehidupan akan menjerumuskan kita kepada Keserakahan (lihat Pejabat di Dunia karena manisnya Hidup Jabatan mereka sampai Serakah Kekuasaan-itulah yg terjadi di Indonesia,MESIR dan Belahan Lainnya)
    Roda itu berputar dan Berotasi, jika diam saja tidak ada Pergerakan.
    Hidup ini juga berputar dan Berotasi jika hanya diam saja itu artinya Sudah Pasti MATI.
    orang mau Diam pun dia hanya akan kehabisan waktunya untuk berdiam diri.
    Berputar (ada kalanya kita Gembira-sedih, Sehat-Sakit, Kaya-Miskin, Atas-Bawah, Putih-Hitam)
    Berotasi (Pasti pada waktunya hal tersebut akan terulang kembali-kecuali orang yang bersyukur kepada Alloh)
    Begitulah orang cerdas dan bijak mampu mengubah kerugian, penderitaan, penyakit, kesedihan dan lainnya menjadi kebahagiaan dan keberuntungan. Sebaliknya orang yang tidak mau berfikir akan membuat penderitaan itu semakin besar.

    Kita tidak tahu apa yang akan terjadi Ke depan karena hari ini adalah hasil karya yang lalu dan Goresan hari ini keindahannya akan terlihat Besok.

    sumber :
    http://lautsamudra.blogspot.com/2011/02/artikehidupan-kopipahit.html

  • Reply sumarno March 23, 2011 at 11:26 am

    assalamu’alaikum Wr Wb….
    sblumnya sya mnta mf jk ada bnyak kekurangan dalam berbahasa bicara….???
    “” Emang bener yang sampean katakan smua,,,,apa itu arti hidup mungkin itu hnya untk disyukuri,mnkin sebuah pertanyaan,tempat belajar n penyesalan,tempat syukur,ataaupun yang lainnya….tpi tu menurut kepribadian sampean masing”,,,iya toh,??? hdup tu ada awal ada akhir,ada senang ada duka,dan ADA RAHASIA DIBALIK RAHASIA….!smua ne PASTI akan kembali pada GUSTI ALLAH dan kita manusia hanya bagian terkecil dari segala ciptaannya….?? maka, kita tu harus tahu diri,dari mana kita ada,dari mana kita diciptakan,dri mana kita hidup n dri mana dan untuk apa kita disini…?? smua tu kembali pada GUSTI ALLAH…DIA MAHA TAHU N MAHA KUASA tdk ada yang dapat mengerti apa yng akan dikehendaki,,,?? maka dari itu,kita harus makrifat..knpa gusti ALLAH merencanakan smua ne…?? dan yang q tahu hanyalah Gusti ALLAH selalu berikan yang terbaik kpada smua umatnya..?? dan mungkin smpean bilang Gusti ALLAH t ndk adil krna tlah memasukan pelacur ke syurga yang smpean kira t ndk pantas tpi orang yng beriman belum tntu msuk syurga….smpean salah besar..?? didepan sdah saya beri tahu bhwa ADA RAHASIA DIBALIK RAHASIA..n bener yang smpean bilang hidup tergantung dari sisi mana ia mnjalankan…??buruk /baik…
    GUSTI ALLAH ciptakan smua ne hanya agar kita belajar bagaimana kita dapat mengartikan hidup n apa makna hidup sesungguhnya…

    intinya kita harus bnyak makrifat kpadaNYA.lakukan apa yang DIA perintah n DIA larang.n belajar dari masa lalu kehidupan…
    GUSTI ALLAH SLLU BERIKAN YANG TERBAIK.
    kesimpulan: ” ALLAH tdk akan mengubah nasib suatu kaum terkecuali kaum tu mengubahnya sendiri”

  • Reply yono.eM April 3, 2011 at 12:04 am

    asalmkm`
    saya cu5n msh bingung aja`apakh org lw dah nikah tu aKN menemukn arti hidup yg sebnrya…………….
    padhl bnyk sx contoh org yg dh nikah malh hdp ya pd berantakn pa tu jga tergntg dr iman serta ketakwan qta pda allah ta`ala

  • Reply Bayukinasih April 19, 2011 at 1:31 am

    Baguz..buangetz..

  • Reply Ahmad rifa'i April 30, 2011 at 4:44 pm

    Asslmu’alikum,,?saudara2ku,inti’y kita terlena kn kmewahn dunia,,lupa kn kwajibn menuntut ilmu yg mn diwajibkn hingga ke liang lahat/akhir hayat.,al ilmu nurun,ilmu tu cahaya..dlm 1hri 24 jam 8jm buat istirahat 8jm buat kerja 8jm buat menuntut ilmu,tntunya ilmu dunia akhirat.kta bingung karna keawamah pengethuan..

  • Reply kuswara bagja bagja May 7, 2011 at 2:21 pm

    Ass.Wr.Wb. Nuwun sewu kulo ngopy artikel panjenengan. matur nuwun

  • Reply koirul May 10, 2011 at 12:11 pm

    saya telah mengalami hidup sia sia tidk berguana apalagi nanti di akhirat.di dunia susah mati masuk neraka.ya alloh…………………………………………

    • Reply desonay May 30, 2011 at 9:41 pm

      tidak usah berkecilhati tidak ada kata terlambat selama hayat masih dikandung badan. ALLAH maha pengampun selalu membuka lebar2 pintu taubat bagi hambanya.

  • Reply azizah August 20, 2012 at 9:55 pm

    good..l like it

  • Reply yogi April 20, 2015 at 9:21 pm

    Jagan pernah terlena degan dunia, kita diberi kehidupan didunia hanya untuk mengumpulkan bekal yang akan kita bawa, jd merugi bagi kita yang tidak bisa mengumpulkan bekal sebanyak2nya untuk kita bawa di akhir nanti….

  • Leave a Reply

    WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield

    X

    Download eBook Gratis


    Nama Depan :
    Alamat Email :