|

Rahasia Berubah Secara Instan – Cara Berubah Dengan Cepat

Berubah ke arah yang lebih baik adalah dambaan setiap orang. Banyak yang ingin tahu cara cepat berubah. Mungkin sudah bosan dengan kondisi saat ini. Adakah cara berubah dengan cepat?

Adakah Cara Berubah Dengan Cepat?

Pertanyaannya, bisakah berubah dengan cepat? Bahkan secara instan?

Itu pertanyaan yang ada di banyak pikiran orang. Bahkan masih ada yang yakin kalau manusia itu tidak bisa berubah. Sudah fix, dari lahir sampai mati.

Jawabannya bisa berubah. Tidak akan ajaran akhlaq jika manusia tidak berubah. Ahlaq bisa diubah yang asalnya akhlaq yang buruk menjadi akhlaq yang mulia. Jika akhlaq bisa diubah maka karakter, perilaku, tindakan, dan lainnya bisa berubah.

Kembali ke per tanyaan diatas, bisakah berubah dengan cepat?

Jawabannya bisa. Yang dimaksud berubah dengan cepat adalah bagaimana mengubah arah hidup Anda. Mengubah diri Anda ke jalur yang benar menuju yang lebih baik.

Analoginya adalah, seperti Anda sedang berjalan menuju tempat A. Maka Anda berjalan dengan araj atau jalur menuju A. Anda bisa mengubah arah seketika menuju tempat berbeda. Tentu, akan butuh waktu untuk sampai tempat yang dituju, tetapi arahnya sudah berubah, sudah benar.

Ini yang penting. Ubah duru arah. Jika arah sudah benar, maka cepat atau lambat, jika Anda terus melaju akan sampai juga ke tujuan atau cita-cita.

Bisa jadi, Anda sekarang berada dijalur gagal, Anda bisa mengubah arah, membelokan perjalanan Anda ke arah sukses. Jika arah Anda sudah benar, maka sukses tinggal menunggu waktu selama Anda tetap berjalan.

Cara Cepat Berubah

Lalu Bagaimana Cara Berubah Dengan Cepat? Cukup Mengubah Ini

Kunci Berubah Dengan Cepat

Langsung saja, saya akan jelaskan bagaimana cara berubah secara instan melalui cerita dibawah ini. Ini kisah nyata. Begini ceritanya:

Seorang anak menemukan sebuah anjing liar tidak bertuan  (yah….. ini cerita di Amerika, kita ambil hikmahnya). Saat sampai di rumah ayahnya tidak suka dengan anjing itu, sebab itu anjing liar. Namun si anak, sudah keburu suka dengan anjing tersebut dan tidak mau melepaskan kembali atau mengirimnya ke penampungan hewan liar.

Anjing tersebut tidak diperlakukan dengan baik oleh ayah anak itu karena memang tidak menyukainya.  Setelah beberapa waktu, si anak cerita kepada ayahnya.

“Yah, tadi ada orang yang tertarik dengan si Spot (nama anjing tersebut). Dia menawar dengan harga mahal.” kata si anak.

Kontan saja, ayahnya terkejut. “Oh ya? Memangnya apa keistimewaan si Spot?”

“Katanya, ini jenis anjing langka. Dia mau membayar dengan harga tinggi.” jelas si anak. “Tapi saya tidak mau jual. Apa menurut ayah, saya jual saja si Spot.”

“Jangan donk, kita akan kesulitan nyari penggantinya.” kata si ayah sambil menatap si Spot.

Sejak itu, si ayah langsung berubah. Dia menyayangi si Spot dan memperlakukannya dengan baik seperti kepada anjing mahal.

[Inspirasi cerita ini dari kisah nyata Joe Vitale (guru The Secret) dalam buku Hypnotic Writing, dengan penambahan dan modifikasi.]

Terlepas apakah si anak itu berbohong atau tidak, tetapi kita lihat si Ayat berubah seketika terhadap si Spot. Perubahan ini juga mengubah tingkah laku si Ayah.

Ini juga bisa terjadi pada diri kita. Jika kita merubah persepsi terhadap diri kita dan terhadap lingkungan, otomatis akan mengubah perilaku kita. Perilaku seseorang bisa berubah sekteika saat persepsinya berubah.

Nah… jika Anda mau berubah secara instan, kuncinya ialah mengubah persepsi.

Masa Lalu, Sekarang, dan Masa Depan

Tiga persepsi yang perlu diubah adalah persepsi terhadap masa lalu, masa kini, dan masa depan. Mengubah persepsi terhadap 3 kondisi ini akan mengubah hidup Anda.

Apa persepsi anda terhadap masa lalu Anda? Setiap orang mungkin akan berbeda. Ada yang kelam, menyediahkan, penuh kebahagiaan, penuh penyesalan, dan sebagainya. Takdir Allah berbeda-beda. Semua telah terjadi dan tidak bisa kita ubah.

Yang terpenting adalah mengubah persepsi. Cara dengan mengubah mindset sederhana ini: “semua terjadi kepada saya” menjadi “semua terjadi UNTUK saya”. Sudah melihat bedanya?

Artinya apa yang terjadi itu mengandung hikmah dan makna. Ada banyak pelajaran dan pendidikan bagi hidup kita. Kita tinggal memetik pelajaran itu. Apa pun masa lalu Anda, yang terpenting adalah bagaimana kita melihat yang terbaik bagi kita.

Bukankah kita yakin, Allah lebih mengetahui yang terbaik bagi kita? Bukankah kita yakin, bisa jadi yang kita benci itu adalah yang lebih baik bagi kita. Maka, dapatkan kebaikan itu dengan merenungi makna dan hikmah kemudian syukuri.

Yang kedua tentang persepsi diri masa kini. Kita saat ini. Yang perlu kita lihat adalah kita orang yang berbeda dengan diri Anda yang lalu. Kita menjadi lebih bijak karena kita sudah mendapatkan hikmah dan makna.

Kita orang yang lebih berilmu, lebih berwawasan, dan lebih terampil karena kita belajar baik melalui belajar dengan sengaja maupun dari pengalaman hidup.

Jika kita sudah mengambil hikmah dan makna dari masa lalu, kemudian kita juga menyadari bahwa diri kita saat ini itu berbeda dengan diri kita masa lalu, maka masa depan pun, in syaa Allah, akan berbeda. Bisa berbeda.

Seperti masa kini yang dibentuk oleh masa lalu. Maka masa depan bisa dibentuk dengan apa yang kita pikirkan, rasakan, dan lakukan sekarang. Dan agar semua mengarah ke arah yang benar, maka kita perlu menetapkan arah.

Arah itu adalah mau seperti apa diri Anda di masa depan. Istilahnya ini ada visi hidup Anda. Anda perlu punya visi, agar pikiran, perasaan, dan tindakan kita mengarah ke visi tersebut.

Berubah Menjadi Orang Sukses

Agar kita bisa berubah menjadi pribadi yang sukses dengan cepat, maka kita perlu mengubah 4 hal ini:

Mengubah Kepribadian Kita

Mengubah dari keribadian gagal menjadi kepribadian sukses. Ada banyak kepribadian yang akan mempengaruhi kesuksesan kita. Kita bahas dulu salah satunya.

Salah satu kepribadian yang dibutuhkan untuk sukses adalah percaya diri. Percaya diri mengambil peluang bisa, percaya diri berbicara, percaya diri memimpin, dan sebagainya. Dengan percaya diri Anda membuka lebih banyak peluang sukses.

Anda bisa dengan cepat berubah menjadi pribadi yang percaya diri. Hanya dalam hitungan hari. Jika sudah percaya diri, Anda sudah berada di jalur sukses. Tinggal bagaimana memanfaatkan kepercayaan diri Anda.

Bagaimana cara menjadi lebih percaya diri?

Jika Anda ingin lebih percaya diri, maka Anda tinggal mengubah persepsi terhadap diri Anda sendiri. Sudah percaya diri? Anda masih tetap menambah kepercayaan diri Anda, dengan melakukan perubahan persepsi lebih baik lagi terhadap diri sendiri.

Lebih jauh tentang bagaimana cara mengubah persepsi pada diri Anda agar lebih percaya diri, saya bahas pada video-video The Confidence Secret. Tonton video ini dan persepsi Anda terhadap diri Anda akan berubah menjadi lebih baik.

Mengubah Mindset

Apa itu mindset? Mindset itu keyakinan yang bisa berupa prinsip, aturan, keharusan, dan sebagainya. Sukses kita akan ditentukan oleh mindset. Maka mengubah mindset, kita sudah mengubah arah hidup kita.

Contoh mengubah mindset:

Asalnya: “Manusia tidak bisa berubah”.

Menjadi: “Manusia bisa berubah.”

Contoh lain:

Asalnya: “Perubahan itu butuh waktu, tidak bisa cepat.”

Menjadi: “Perubahan itu bisa cepat.”

Orang yang punya mindset, keukeuh bahwa manusia tidak bisa berubah, maka dia tidak akan berusaha berubah. Hidupnya akan seperti itu-itu saja. Berbeda dengan orang yang punya mindset bahwa manusia bisa berubah. Dia akan berusaha berubah dan sangat mungkin hidupnya berubah.

Untuk mengubah mindset, Anda perlu memperkaya mindset-mindset baru. Agar Anda terpicu mempertanyakan mindset lama. Salah satu cara mengubah mindset adalah dengan membaca buku, belajar,  dan pengalaman.

Saya sendiri sudah menulis ebook Beautiful Mind Power, pertama saat membaca saja sudah banyak masukan mindset positif. Kedua, saya juga menjelaskan bagaimana caranya menanamkan mindset-mindset sukses dalam pikiran kita lebih kuat.

Mengubah Kebiasaan

Ini mindset baru untuk Anda, bahwa sukses itu jarang sekali hasil dari tindakan, tetapi hasil dari kebiasaan tindakan. Artinya jika ingin berubah menjadi orang sukses, maka ubahlah kebiasaan-kebiasaan Anda.

Apa saja sich kebiasaan orang sukses? Sudah saya coba pelajari, ternyata banyak dan akan berbeda-beda untuk setiap orang sesuai bidangnya masing-masing.

Ada satu kebiasaan yang akan membawa Anda sukses dalam bidang apa pun dan ini perintah agama, yaitu menuntut ilmu. Ini harus menjadi kebiasaan.

Jangan katakan “percuma jika tidak bertindak”, sebab ukuran dari ilmu dan kecerdasan seseorang salah satunya terlihat dari tindakan. Orang yang benar belajarnya, luas ilmunya, dia akan mengaplikasikan ilmunya.

Dan kebiasaan kedua adalah tentu saja melakukan tindakan-tindakan yang mengarah ke arah sukses. Dan ini akan diketahui jika kita mengetahui ilmunya.

Silahkan pelajari tindakan-tindakan apa saja, yang perlu dibiasakan. Silahkan belajar sesuai dengan bidang Anda yang digeluti.

Dan inti kebiasaan sukses adalah menjaga agar ruhiah, pikiran, perasaan, dan tindakan semuanya positif. Jika ada yang negatif, segera ubah menjadi positif kembali.

Mengubah Sistem

Saya sering menemukan orang mengeluh dengan waktu. Ini salah satu contoh saja. Namun jarang sekali yang mengubah sistem hidupnya, sehingga ada waktu.

Banyak hal yang akan membaik jika kita memperbaiki sistem. Ya, sistem bekerja atau menjalani aktivitas. Dengan sistem kita bisa bekerja lebih produktif, lebih cepat, dan lebih berkualitas kemudian menjaganya.

Jika Anda kurang produktif dalam bekerja, coba pikirkan bagaimana caranya agar lebih produktif. Kemudian cobalah. Jika berhasil, maka lakukan cara itu untuk selanjutnya. Cara inilah yang disebut sistem.

Ingin sukses menurunkan berat badan? Bagaimana sistem makan dan olah raga Anda? Buat sebuah sistem dan cobalah.

Kesimpulan

Anda bisa berubah dan berubah dengan cepat. Kuncinya ada di persepsi. Ubahlah persepsi Anda terhadap diri di masa lalu, masa kini, dan masa depan. Maka Anda sudah mulai mengubah arah hidup Anda.

Termasuk jika mau berubah menjadi orang sukses. Itu pun bisa. Minimal ubah arah dulu menuju sukses dengan berubah menjadi pribadi sukses, mengubah mindset, mengubah kebiasaan, dan mengubah sistem Anda.

Inilah cara berubah dengan cepat. Saat arah sudah diubah ke arah yang benar, maka sukses tinggal menunggu waktu.


Kunjungi Juga:

Mau Umroh? Meski Anda Tidak Punya Uang dan Belum Siap?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WordPress Anti Spam by WP-SpamShield