Kunci Menuju Perubahan Besar Dalam Diri Anda

Apa yang menghalangi kita untuk menuju perubahan besar?

Betul, “tidak adanya tindakan untuk berubah.”

Jika Anda ingin berubah, maka Anda harus mengambil tindakan yang bisa mengubah diri Anda.

Pertanyaannya, apa saja tindakan yang harus diambil agar berubah?

Tindakan-tindakan Menuju Perubahan

Menuju Perubahan

Tindakan yang Pertama Menuju Perubahan ialah Belajar.

Belajar adalah satu-satunya cara untuk meningkatkan kualitas diri Anda. Belajarlah yang membuat Anda berubah, dari tidak bisa menjadi bisa ibaratnya belajar mengendarai mobil.

Belajar apa? Belajar apa yang dibutuhkan untuk berubah. Anda harus belajar apa-saja yang diperlukan menuju perubahan ke arah yang lebih baik.

Contoh sederhana, jika karir Anda ingin berubah, naik pangkat misalnya, maka Anda harus belajar bagaimana caranya agar naik pangkat. Anda tidak hanya bisa menunggu nasih saja terpilih naik jabatan.

Anda harus mengusahakannya. Sama hal jika omset bisnis Anda ingin berubah menjadi lebih besar, maka Anda harus belajar bagaimana cara menaikan omset.

Jika pekerjaan Anda ingin lebih berkualitas, maka Anda belajar meningkatkan kemampuan diri. Pelajari skill baru, ide-ide baru, ilmu baru, tips, trik, atau rahasia baru yang bisa Anda pelajari.

Jika Anda mau berubah, maka diri Anda juga harus berubah menjadi lebih baik. Memiliki pola pikir lebih baik, memiliki ilmu lebih banyak, dan memiliki skill lebih tinggi. Semuanya perlu belajar.

Jadi, jika Anda mau menuju perubahan diri ke arah yang lebih baik, maka belajarlah. Belajar adalah kangkah menuju perubahan hidup yang tidak bisa kita lewatkan.

Lakukan Apa Pun Yang Diperlukan Untuk Berubah

Tindakan kedua adalah tindakan utama, yaitu tindakan untuk meraih apa yang ingin Anda lakukan atau miliki.Apa saja dibutuhkan agar perubahan terjadi. Setelah Anda belajar, Anda akan mengetahui apa saja diperlukan untuk berubah. Maka lakukan.

Sayangnya, kadang aneh, sudah mengetahui apas aja yang perlu dilakukan, tetapi tidak juga mengambil tindakan dengan berbagai alasan. Padahal, jika Anda masih kalah dengan alasan, Anda tidak akan pernah berubah kecuali perubahan usia.

“Saya sudah tahu…. jika memang ingin berubah harus bertindak.”

Lalu kenapa belum bertindak juga? Banyak hal yang membuat kita tidak mau bertindak, salah satunya ialah tidak percaya diri. Merasa diri tidak akan mampu, tidak akan bisa, tidak akan cukup baik, akan gagal, dan akan mengecewakan.

Kadang muncul imajinasi akan kegagalan kita dimasa depan sehingga membuat kita tidak jadi bertindak. Akhirnya muncul berbagai pembenaran dan alasan. “Saya sudah puas dengan kondisi saat ini.” “Saya tidak mau yang muluk-muluk.” dan berbagai alasan serta pembenaran lainnya.

Jika sikap ini terus kita pelihara, kita tidak akan pernah mengalami perubahan besar dalam hidup Anda. Untuk mengalami perubahan besar Anda perlu bertindak dan hanya orang yang percaya diri yang bisa bertindak.

Anda tidak bisa mengatakan bahwa Anda sudah percaya diri. Percaya diri bisa dibuktikan, dan buktinya ialah apa yang Anda capai dan miliki saat ini. Itu adalah ukuran kepercayaan diri Anda.

Jadi, jika Anda ingin menuju perubahan besar. Ingin mendapatkan lebih banyak. Ingin mencapai tujuan-tujuan besar Anda, maka tingkatkan kepercayaan diri Anda. Kepercayaan diri Anda meningkat, maka tindakan Anda akan meningkat pula dari segi kualitas dan kuantitas.

Jika tindakan meningkat, maka wajarlah jika hasilnya meningkat pula. Jangan mimpi memiliki penghasilan yang meningkat tanpa meningkatkan tindakan Anda. Dan jangan mimpi akan meningkat tindakan Anda jika masih dibatasi oleh rendah diri Anda. Percaya Dirilah! Klik disini.

Evaluasi Perubahan Anda

Tentunya Anda ingin mengalami perubahan menuju kemajuan. Sudahkah kemajuan Anda alami? Anda harus mengevaluasinya, apakah perubahan itu membawa kemajuan atau tidak.

Lakukan evaluasi secara rutin. Mingguan atau bulanan. Lihat apakah sudah perkembangan? Jika tidak, apa alasannya kemudian apa yang perlu diperbaiki dan lakukan perbaikan.

Anda harus peka terhadap apa yang Anda lakukan, jangan sampai Anda menghabiskan waktu seumur hidup ingin berubah, tetapi tidak juga berubah. Evaluasi penting untuk melihat kemajuan.

Memang untuk beberapa hal, membutuhkan waktu untuk berubah. Untuk hal ini Anda perlu bershabar dan mengetahui kapan sebenarnya perubahan mulai terlihat. Bershabar dan mengetahui kapan perubahan terjadi sangat penting untuk evaluasi.

Jika ternyata hasil evaluasi kita tidak sesuai yang kita harapkan, artinya ada sesuatu yang perlu diperbaiki. Carilah akar permasalahannya, kemudian carilah solusinya. Jangan biarkan masalah, tetapi cari solusinya.

Perubahan menuju kesuksesan akan menemui berbagai halangan dan rintangan. Jangan berhenti, cari solusinya kemudian atasi. Halangan dan rintangan adalah hal wajar dalam menuju hidup yang lebih baik.

Perubahan Lebih Produktif

Produktif adalah salah satu isu penting dalam hidup kita. Jika kita ingin sukses, karir lebih baik, dan bisnis lebih maju, maka produktivitas adalah menjadi faktor penting.

Bagaimana agar kita berubah lebih produktif? Bekerja lebih keras? Bekerja lebih lama?

Tentu saja. Tapi bukan itu yang paling penting. Anda harus mengubah cara bekerja Anda dengan 2 hal ini:

  1. Ubahlah apa saja yang Anda lakukan
  2. Ubahlah cara Anda melakukan sesuatu

Dua faktor inilah yang akan memberikan dampak besar bagi perubahan menuju lebih produktif. Lebih lengkapnya bisa Anda baca di ebook saya Revolusi Waktu. Untuk lebih produktif, semangat saja tidak cukup.

Kesuksesan dan Prestasi Lebih Baik dan Lebih Banyak

Sudahkah saya mengalami perubahan? Apa cirinya?

Perhatikan pencapaian Anda, sukses Anda, dan prestasi Anda. Jika masih sama saja seperti dulu, artinya belum ada perubahan besar yang terjadi.

Bagaimana jika merasa sudah berusaha mengubah diri tetapi pencapaian dan prestasi malah menurun?

Jawabannya karena dalam hidup tantangan itu selalu meningkat. Tantangan juga berubah. Anggaplah seperti dalam pertandingan olah raga. Orang yang rajin berlatih belum tentu juara jika pesaingnya jauh lebih rajin berlatih.

Bisnis Anda tidak maju-maju, karena pesaing Anda lebih baik. Untuk itu usaha Anda harus lebih keras lagi, harus lebih baik dari pesaing.

Jangankan memenangkan persaingan, untuk bertahan saja menghadapi perubahan zaman, perubahan pasar, perubahan teknologi, perubahan ekonomi, banyak yang ambruk. Artinya jika ingin mengalami perubahan, Anda harus lebih giat lagi berusaha mengubah diri.

Dunia ini dinamin. Untuk sekedar bertahan saja Anda perlu perjuangan, apalagi menuju perubahan besar dalam hidup Anda. Ini realita hidup.

Namun satu keyakinan yang harus Anda pegang saat ini adalah Anda in syaa Allah bisa mengalami perubahan ini. Anda bisa lebih baik, apalagi bertahan. Yakinlah dengan kekuatan potensi Anda, yakinlah Anda bisa belajar, yakinlah Allah akan menolong kita.

Penutup

Untuk menuju perubahan besar, harus ada tindakan nyata yang Anda lakukan. Belajarlah agar diri lebih berkualitas dan memahami apa saja yang perlu dilakukan untuk berubah. Tingkatkan ilmu Anda, tingkatkan kepercayaan diri Anda, tingkatkan produktivitas Anda dan lihatlah Anda menuju perubahan besar dengan prestasi dan kesuksesan yang lebih banyak.

34 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield