Mekanisme Meraih Sukses dengan Kekuatan Pikiran (The Power of Mind)

Banyak hikmah di sekitar kita. Salah satunya dari sistem kendaraan, misalnya sebuah modil. Kenapa mobil? Mungkin saya lulusan mesin, sehingga saya tertarik di cara kerja mobil. Saya lihat ada prinsip kerja mesin mobil yang bisa kita ambil hikmahnya dan diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari untuk meraih sukses dengan kekuatan pikiran.

Saat ini saya melihat bagian gigi transmisi sebuah mobil.

meraih sukses dengan kekuatan pikiran

Meraih Sukses dengan Kekuatan Pikiran

Saat Anda mulai menjalankan mobil, gigi berapa yang Anda gunakan? Tentu saja gigi satu. Meskipun Anda sedang terburu-buru, adalah tidak mungkin Anda langsung masuk gigi 4 agar mobil berjalan dengan kencang.

Mengapa dipilih gigi 1? Karena inilah gigi yang paling memiliki torsi paling besar untuk memulai perjalanan. Coba saja gigi 4, nggak akan kuat.

Apa hikmahnya? Dalam kehidupan sehari-hari, kadang untuk memulai sesuatu yang baik, sulitnya minta ampun. Mengapa begitu sulit? Sebab kebanyakan orang selalu langsung masuk gigi 4 dan tancap gas. Sekeras apapun gas Anda injak, jika transmisi tidak kuat, mobil tidak akan bergerak.

Mulailah dengan gigi satu, pelan tetapi bertenaga. Salah satunya ialah dengan mempelajari ilmunya terlebih dahulu saat akan melakukan sesuatu yang berat. Banyak orang yang tidak mau belajar dulu, sebab tidak terlihat hasilnya. Itulah gigi 1, sepertinya tidak punya kecepatan, tetapi memiliki kekuatan yang besar. Knowledge is power!

Setelah mampu berjalan, jangan betah di gigi satu. Sebab sangat lambat. Karena lambatnya, kita mungkin cepat menyerah karena hasilnya belum juga terlihat. Adalah bosa mengendarai mobil dengan kecepatan yang rendah.

Anda harus pindah gigi agar Anda bisa lebih cepat dalam meraih tujuan. Sekeras apa pun Anda menginjak pedal gas tetapi tetap pada gigi 1, maka mobil tidak akan bisa berlari dengan kecepatan maksimum. Jika ingin cepat, pindahkan ke gigi 2, 3, 4, bahkan 5.

Jika Anda mau lebih sukses, Anda harus memindahkan “gigi” diri Anda. Anda tidak bisa tetap berada di gigi satu terus, jika mau sukses, naikan gigi Anda ke tingkat yang lebih tinggi.

Memindahkan gigi itu ialah dengan meningkatkan paradigma, mindset, atau pola pikir. Jika Anda mau lebih cepat meraih sukses, Anda harus meningkatkan pola pikir Anda. Jika tidak, akan ada selalu ada yang membatasi Anda untuk beranjak dari kecepatan Anda saat ini.

Inilah cara meraih sukses dengan kekuatan pikiran. Anda harus meningkatkan pikiran Anda. Karena sukses Anda tergantung dari pikiran Anda.

Jika Anda ingin memiliki penghasilan Rp 100.000.000 sebulan, maka Anda harus memiliki mindset yang sama dengan orang yang sudah memiliki penghasilan sebesar itu. Jika tidak, sekeras apa pun Anda bekerja, hasil yang Anda inginkan tidak akan tercapai. Bukankah tidak asing mendengar kalimat:

“Saya sudah berusaha.”

Mungkin dia sudah berusaha, tetapi sudahkan dia meningkatkan pola pikir? Bagaimana dengan Anda? Jika belum, Anda bisa mendapatkan rahasianya disini.

Bagaimana cara meningkatkan pola pikir?

Cara Meraih Sukses dengan Kekuatan Pikiran

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa pikiran manusia itu terdiri dari beberapa (atau banyak?) bagian. Saya tidak akan membahas tentang pembagian otak atau pikiran. Namun berkaitan dengan paradigma, setidaknya ada dua bagian yang perlu kita perhatikan.

Yang pertama pikiran sadar. Yang kedua pikiran bawah sadar. Mana yang lebih penting? Keduanya penting. Mana yang lebih penting apakah otak kiri atau otak kanan? Jika Anda menjawab keduanya penting, artinya Anda pinter.

Baik pikiran sadar maupun pikiran bawah sadar, keduanya memiliki kekuatan. Pikiran sadar memiliki kekuatan mengarahkan sementara pikiran bawah sadar memiliki kekuatan menggerakan. Jadi gerakan, tindakan, termasuk berpikir (cepat) sebenarnya pekerjaan pikiran bawah sadar. Bukan pikiran sadar.

Namun pikiran bawah sadar, bisa diarahkan oleh pikiran sadar Anda. Kebanyakan akvtivitas kita (jika bukan seluruhnya), adalah dikendalikan oleh pikiran bawah sadar. Sementara banyak dari kita menggap bahwa pikiran sadar kita yang mengendalikan tindakan.

Jika pikiran sadar mengendalikan perilaku kita, harus semua orang sudah berbuat buat baik dan sukses. Semua orang langsing dan sehat. Nyatanya tidak.

Pikiran sadar mengatakan bahwa terlalu banyak makan itu akan menambah berat badan. Kita semua sudah mengetahuinya. Namun nyatanya tetap saja banyak orang yang terus makan, padahal mereka mengetahui akibatnya. Selalu ada kecendrungan yang mendorong mereka terus makan. Ini datang dari pikiran bawah sadar.

Banyak yang sudah mengetahui harus olah raga, tetapi tetap saja malas. Banyak yang sudah mengetahui, jika mau sukses harus kerja keras, tetapi tidak. Banyak yang mengetahui harus mengubah tindakan, tetapi tetap saja melakukan hal yang sama. Ini karena mengetahui saja dan memahami (kerja pikiran sadar) tidak cukup mengendalikan tindakan kita secara terus-menerus.

Mungkin ada orang yang berpikir sesuatu yang baik, kemudian dia melakukannya. Ini bisa saja kerja pikiran sadar. Namun sejauh mana dia bertahan dan terus melakukannya? Ini pikiran bawah sadar. Bahkan tidak sedikit ada orang yang mengetahui harus melakukan apa, tetapi begitu sulit mengambil tindakan. Apakah Anda salah satunya?

Jadi, jika dipikir-pikir orang itu berperilaku seperti robot. Hanya menerima perintah dari “pemograman” yang ada di pikiran bawah sadar. Banyak orang yang tidak memanfaatkan pikiran sadarnya. Mungkin kenyataanya ini sulit diterima, rasanya semua orang itu berpikir.

Ya memang, kita suka menggunakan pikiran sadar untuk berpikir, menganalisa, atau memecahkan masalah. Itu jelas terjadi. Tetapi, tetap saja perilaku ditentukan oleh pikiran bawah sadar Anda.

Di pikiran bawah sadar itu ada seperti sebuah “pemograman” yang mengatur perilaku kita. Pertanyaanya, siapa yang merancang pemograman tersebut? Pemograman itu dibentuk dari berbagai informasi yang masuk, kemudian mengendap, dan mengkristal menjadi sebuah pola pikir, mindset atau paradigma.

Informasi yang masuk (melalui panca indra) yang paling dominan yang akan menentukan “bentuk” dari paradigma yang Anda miliki. Sehingga sukses Anda pun sangat dipengaruhi oleh paradigma tersebut. Apakah yang Anda miliki itu paradigma sukses atau gagal.

Dari sini bisa kita simpulkan, jika mau sukses Anda harus memiliki perilaku sukses. Jika mau memiliki perilaku sukses, maka Anda harus memiliki paradigma sukses.

Bagaimana cara memiliki paradigma sukses?

Jika kita belum pernah memprogram paradigma kita, maka akan terpogram secara otomatis karena Anda akan terus menerima informasi. Pertanyaannya adalah, apakah paradigma yang terbentuk secara otomatis itu adalah paradigma sukses atau gagal?

Maka satu-satunya cara untuk memastikan paradigma sukses yang terbentuk adalah Anda harus sengaja memprogram pikiran bawah sadar Anda sedemikian hingga terbentuk paradigma sukses. Cara memprogram pikiran bawah sadar tentu saja menggunakan pikiran Anda yang lain, yaitu pikiran sadar.

Saat saya meneliti apa fungsi hati (qalbu), menurut saya pikiran sadar dan pikiran bawah sadar itu sudah tercakup dalam qalbu. Qalbu itu untuk memahami (pikiran sadar) dan qalbu juga menjadi sumber tindakan (pikiran bawah sadar).

Ketahuilah, sesungguhnya dalam jasad terdapat segumpal daging, apabila dia baik maka jasad tersebut akan menjadi baik, dan sebaliknya apabila dia buruk maka jasad tersebut akan menjadi buruk, Ketahuilah segumpal daging tersebut adalah “Qolbu” yaitu hati“.  (Hadis Riwayat Bukhori).

Jika qalbu (termasuk di dalamnya pikiran sadar dan bawah sadar) baik, maka yang lainnya baik.

Untuk itu, fokuskan pikiran sadar Anda untuk hal-hal baik, positif, dan memberdayakan. Jadikan itu dominan, maka akan terbentuk paradigma yang baik, positif, dan memberdayakan. Saat paradigma Anda sudah paradigma sukses, maka perilaku Anda pun akan menjadi perilaku sukses. Maka wajar, tinggal menunggu waktu, sukses akan diraih kecuali paradigma Anda direbut kembali oleh hal-hal negatif.

Inilah yang mendasari saya menulis ebook Beautiful Mind Power yang berisi berbagai informasi yang positif, jika Anda membacanya terus bisa mendominasi pikiran bawah sadar Anda dan akan terbentuk paradigma positif. Plus saya tambahkan berbagai teknik untuk membentuk paradigma sukses Anda.

Mudah-mudahan sejauh ini Anda sudah memahami bagaimana Mekanisme Meraih Sukses dengan Kekuatan Pikiran (The Power of Mind). Untuk lebih jauhnya, silahkan pelajari ebook yang saya sebutkan diatas.

11 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield