Tips Manajemen Waktu Paling Jitu – Menghemat 364 Jam Per Tahun

Anda tidak perlu membuat to do list, tidak perlu membuat jadwal, dan tidak perlu membuat sesuatu yang rumit. Kuncinya adalah kemauan.

Jika Anda mau melakukan tips manajemen waktu ini, Anda bisa menghemat 1 jam per hari, 7 jam per pekan, atau bisa juga dihitung dengan satu hari kerja per pekan. Artinya 364 jam dalam setahun. Mau?

Jika Anda punya waktu extra 364 jam per tahun, apa yang bisa Anda dapatkan? Berapa buku yang bisa Anda baca?

“OK… saya mau… bagaimana caranya?”

Tips Manajemen Waktu Paling Jitu

Ini tip manajemen waktu yang paling mudah.

Caranya ialah: kurangi waktu nonton TV Anda 1 jam per hari.

“Apa?”

Tidak bisa? Jika Anda nonton TV hanya 30 menit per hari, Anda tidak bisa melakukan tip ini. Hanya saja, menurut survey di Amerika, rata-rata orang menonton TV selama 4 jam per hari (bagaimana dengan di Indonesia?). Tahukah Anda bahwa 36% siaran TV berisi iklan? Dari 4 jam nonton TV, Anda menonton iklan selama 88 menit, hampir 1,5 jam. Wow!

“Tapi saya butuh hiburan….”

“Menonton TV adalah waktu saya untuk bersama keluarga…”

Tentu saja… saya juga masih menonton TV bersama dengan istri dan anak saya. Yah… untuk kebersamaan dan hiburan. Poin saya disini, jangan berlebihan menonton TV. Sayangi waktu Anda.

Perlu diingat: bahwa saya tidak mengatakan Anda harus berhenti nonton TV, tetapi kurangi waktunya. Artinya Anda masih tetap bisa menonton TV. Hanya saja tidak selama yang Anda lakukan sebelumnya.

Media Sosial, Online Streaming, Nonton Youtube

Selain menonton televisi, pada masa kini, penggunaan waktu luang yang signifikan juga dapat berasal dari perangkat ponsel pintar Anda. Kegiatan bermedia sosial, menonton streaming online, dan menonton konten di YouTube seringkali tanpa disadari mengambil sejumlah besar waktu dari rutinitas harian kita.

Bagaimana caranya? Berikut beberapa tips dan kiat yang bisa Anda terapkan:

  1. Sadari berapa banyak waktu yang Anda habiskan di media sosial: Cobalah untuk melacak berapa banyak waktu yang Anda habiskan setiap hari di media sosial. Anda mungkin akan terkejut mengetahui berapa banyak waktu yang sebenarnya Anda habiskan untuk scrolling.
  2. Gunakan tombol bisu (atau unfollow): Jika ada akun yang membuat Anda merasa tidak nyaman atau menghabiskan banyak waktu, jangan ragu untuk mematikan notifikasi dari akun tersebut.
  3. Jangan periksa ponsel Anda sebelum pukul 10 pagi: Cobalah untuk menghabiskan waktu di pagi hari untuk diri Anda sendiri sebelum terjun ke dunia online.
  4. Matikan notifikasi: Notifikasi konstan dari media sosial dapat mengalihkan perhatian dan menghabiskan waktu Anda. Matikan notifikasi untuk mengurangi gangguan.
  5. Tidak ada ponsel di meja: Saat Anda sedang makan atau bekerja, letakkan ponsel Anda di tempat lain untuk menghindari godaan untuk memeriksanya.
  6. Dapatkan teman yang dapat dipertanggungjawabkan: Beri tahu teman atau anggota keluarga tentang tujuan Anda untuk mengurangi waktu di media sosial dan minta mereka untuk membantu Anda tetap bertanggung jawab.
  7. Gunakan Screen Time (atau aplikasi penghitung waktu lainnya): Aplikasi ini dapat memberi tahu Anda berapa banyak waktu yang Anda habiskan di setiap aplikasi dan membantu Anda menetapkan batas waktu.
  8. Tinggalkan ponsel Anda di ruangan lain: Saat Anda sedang belajar atau bekerja, cobalah untuk meninggalkan ponsel Anda di ruangan lain untuk mengurangi godaan untuk memeriksanya.
  9. Ubah tampilan halaman utama Anda: Dengan memindahkan ikon media sosial ke folder di halaman lain, Anda harus mencari mereka, yang dapat mengurangi kecenderungan untuk memeriksa mereka.
  10. Atur jadwal media sosial: Alih-alih memeriksa media sosial setiap kali Anda merasa seperti itu, cobalah untuk menetapkan waktu tertentu setiap hari untuk memeriksanya.
  11. Gunakan sistem manajemen media sosial untuk posting: Ini dapat membantu Anda menjadwalkan postingan Anda sekaligus, sehingga Anda tidak perlu memeriksa media sosial sepanjang hari.
  12. Anggarkan setengah jam setiap hari untuk melihat-lihat media sosial: Alih-alih menghabiskan waktu sepanjang hari di media sosial, cobalah untuk menghabiskan waktu tertentu setiap hari untuk melihat-lihat.

Ingatlah bahwa keseimbangan adalah kunci. Media sosial bisa menjadi alat yang hebat, tetapi penting untuk tidak membiarkannya mengambil alih hidup Anda.

Manfaatkan Waktu Sebaik Mungkin

Alihkan jam-jam Anda yang selama ini digunakan untuk menonton untuk kegiatan yang lebih produktif, misalnya:

  • Membaca Al Quran.
  • Memperbanyak ibadah.
  • Membaca buku atau ebook.
  • Menonton video edukasi dan motivasi.
  • Belajar sesuatu.
  • Melakukan bisnis sampingan.
  • Bersilaturahim
  • Dan, masih banyak ide lain yang jauh lebih produktif dan bermanfaat dibandingkan dengan nonton TV.

Jangan katakan Anda tidak punya waktu untuk belajar atau berbisnis, jika Anda masih nonton TV berjam-jam. Ingat: waktu yang sudah lewat tidak akan pernah kembali. Kehilangan harta masih bisa dicari lagi, tetapi kehilangan waktu kita tidak bisa kembali. Inilah pentingnya manajemen waktu bagi kita.

Time is money itu benar lho. Kehilangan waktu sama dengan kehilangan uang. Sementara, sebagai umat Islam, waktu bukan hanya sekedar uang, tetapi waktu adalah pahala. Kehilangan waktu artinya kita kehilangan kesempatan untuk meraih pahala.

Mulai sekarang, kurangi nonton TV selama 1 jam, kecuali Anda menonton TV kurang dari 1 jam per hari.

Ingin menghemat waktu lebih dahsyat lagi? Silahkan dapatkan Revolusi Waktu – Bukan manajemen waktu biasa.


Kunjungi Juga:

Mau Umroh? Meski Anda Tidak Punya Uang dan Belum Siap?

16 Comments

  1. Saya cuka nonton TVone dan Mteo TV selain itu jika ada film bagus aja, klo masih harus dikurangi, berarti saya ga bisa nonton tv lagi mas

  2. g pernah nonton tv tuh, tp kalau koneksi internet bisa 24 jam. lebih banyak baca artikel di forum. gimana tuh?

  3. Sama juga. Sejak menikah dan punya anak saya dan istri sepakat untuk tidak membeli TV. Jadi sekarang saya sangat jarang menonton TV. Alhamdulillah waktu jadi tidak banyak terbuang sia-sia. Untuk hiburan kami masih memiliki banyak alternatif yang lain. Kebetulan kami berdua sangat suka membaca.
    Nice article … 🙂

  4. Sudah bebrapa tahun ini kami sepakat untuk tidak memiliki TV, termasuk anak-anak. Kalu pingin hiburan, nonton film dg cara menyewa CD di rental. Untuk anak-anak kami pinjaman film2 anak dan game. Dengan begitu waktu tidak banyak terbuang percuma

  5. setuju dg tdk adanya tv dirmh. Karena tv bs memalingkan diri kta dari beribadah. Lebih membaca dan mendengar radio sunnah drpd nonton tv.

  6. Oh ya, kadang saya terlena dengan acara televisi. Akibatnya adalah tanpa disengaja menunda-nunda waktu untuk melakukan aktivitas yang lain. Padahal sebagus apapun acara di televisi tersebut, saya hanyalah sebagai penonton.

    Saat ini kebiasaan menonton televisi sedikit banyak saya alihkan untuk kegiatan berinternet, dll. Menurut saya hal tersebut bisa melatih saya dalam beberapa hal mengenai softskill antara lain, membaca, menulis dll.

  7. betul sekali pak. kadang kadang kita tidak sadar, kalau kegagalan kita dalam berbisnis dikarenakan hal hal yang kecil, seperti terlalu banyak menonton tv

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti Spam by WP-SpamShield