Keyakinan Untuk Sukses Yang Kuat Kunci Keberhasilan Anda

Jika Anda mau sukses, maka keyakinan untuk sukses harus Anda miliki. Semakin kuat keyakinan Anda, akan semakin besar peluang Anda untuk meraih sukses. Bisa dikatakan, keyakinan yang kuat adalah kunci keberhasilan Anda.

Jika Anda benar-benar mengharapkan terjadinya sesuatu, maka harapan ini memiliki efek yang kuat terhadap sikap dan kepribadian Anda. Semakin besar keyakinan terhadap harapan Anda, semakin mungkin bahwa Anda akan melakukan dan mengatakan sesuatu yang konsisten dengan apa yang Anda harapkan akan terjadi.

Orang yang sukses berharap untuk menjadi sukses. Orang yang sukses senantiasa mengharapkan kesuksesan-kesuksesan dan yakin bahwa hal itu akan terjadi dalam hidupnya.

Namun, harapan atau keinginan jika tidak dibarengi dengan keyakinan, maka harapan itu tidak akan kuat mendorong Anda meraih sukses.

keyakinan untuk sukses

Bagaimana Keyakinan Untuk Sukses Bisa Mengubah Hidup Anda?

Dalam sebuah hadist, Rasulullah saw. bersabda, Allah swt. berfirman, “Aku tergantung kepada prasangka hamba-Ku kepada-Ku“. (H.R. Bukhari, Muslim dan Ahmad)

Berdasarkan hadist diatas, apapun yang Anda yakini dengan sepenuh hati akan menjadi kenyataan bagi Anda. Keyakinan Anda yang terdalam membentuk suatu layar prasangka yang membelokkan realitas eksternal Anda dan menyebabkan Anda melihat sesuatu tidak dengan cara yang sebenarnya tetapi dengan cara Anda.

Keyakinan Yang Membatasi

Hal terburuk dari semua keyakinan adalah keyakinan yang membatasi diri. Ini adalah keyakinan karena mengalami realita perkembangan dalam hidup, yang biasanya adalah perkembangan yang salah, yang menyebabkan Anda yakin bahwa Anda memiliki keterbatasan dalam beberapa hal.

Sebagai hasil dari keyakinan yang mebatasi diri Anda, Anda terus menerus menganggap remeh diri Anda, dengan mudah menyerah dalam mengejar tujuan, dan lebih buruk lagi, bercerita kepada orang lain disekitar Anda bahwa Anda memiliki kekurangan dalam kualitas dan kemampuan tertentu.

Salah satu langkah terpenting yang perlu Anda ambil adalah mengatasi keyakinan yang membatasi diri Anda. Anda memulai proses ini dengan membayangkan bahwa Anda tidak memiliki keterbatasan sama sekali. Ketika Anda mengembangkan otak Anda sampai ke titik yang benar-benar Anda yakini, bahwa Anda dapat melakukan apapun yang Anda masukkan ke dalam otak, Anda akan menemukan suatu cara untuk menjadikan keyakinan itu sebuah realitas. Hasilnya seluruh keyakinan Anda akan berubah.

Keyakinan merupakan hal yang sulit untuk diubah, namun keyakinan merupakan hal yang dapat dipelajari. Dan apapun yang telah dipelajari dapat dihapus. Anda dapat mengembangkan keyakinan akan keberanian, kepercayaan diri dan ketekunan yang tak dapat dihentikan yang diperlukan untuk mendapatkan kesuksesan besar dengan cara memprogram otak alam bawah sadar Anda dengan cara tertentu. Tingkatkan keyakinan Anda untuk sukses.

Cobalah Anda telusuri keyakinan apa saja yang membatasi Anda. Anda bisa mencoba dengan menjawab pertanyaan ini:

“Apa yang membuat Anda belum sukses atau belum meraih apa yang Anda inginkan selama ini?”

Silahkan tuliskan semua alasan Anda, karena alasan Anda menggambarkan apa keyakinan Anda.

Setelah Anda menuliskan semua alasan Anda belum sukses, coba renungkan dengan alasan Anda itu, apakah benar itu yang menyebabkan Anda gagal.

Cobalah berdiskusi dengan orang sukses atau ahli sukses mengenai alasan-alasan Anda. Namun hati-hati jangan meminta nasihat dari orang yang tidak lebih baik dari Anda, bisa-bisa mereka malah mendukung alasan-alasan Anda.

Menumbuhkan Keyakinan Untuk Sukses

Karena keyakinan begitu vital untuk kesuksesan Anda, maka Anda harus menumbuhkan keyakinan untuk sukses. Seharusnya, jika Anda sudah mengkaji alasan-alasan Anda diatas, keyakinan untuk sukses Anda mulai tumbuh karena satu per satu alasan Anda akan tumbang.

Mulailah dengan keyakinan atas pertolongan Allah. Kuncinya dengan membentuk prasangka terlebih dahulu. Berprasangkalah yang baik kepada Allah, karena Allah sesuai dengan prasangka kita sendiri. Pelajarilah atau tanya ustadz atau ulama tentang kemurahan Allah.

Yang kedua, bangun keyakinan dengan belajar kepada orang lain. Bukankah banyak kisah yang menceritakan orang biasa bahkan mereka yang memiliki keterbatasan bisa meraih sukses? Ini harusnya memberi keyakinan kepada kita, bahwa kita pun bisa sukses.

Bahkan, orang yang Anda anggap hebat pun, asalnya sama saja dengan Anda. Mereka manusia, masih butuh makan, masih butuh minum, masih butuh udara. Mereka punya tubuh, kita pun punya. Mereka punya otak, kita pun punya. Mereka punya hati, kita pun punya.

Tidak ada yang salah dengan diri Anda. Tubuh, pikiran, dan hati Anda adalah potensi yang diberikan Allah baik kepada mereka orang sukses dan juga Anda. Kita sama-sama memiliki peluang untuk sukses dengan potensi yang sudah Allah berikan kepada kita.

Yang membedakan adalah bagaimana kita memanfaatkannya. Kita tidak bisa memanfaatkan potensi kita karena masih ada keyakinan yang membatasi. Kita tidak benar-benar menggunakan hati, pikiran, dan tubuh sebagaimana mereka menggunakannya.

Belajar kepada orang lain bisa dengan bicara langsung, mengamati, membaca buku, menonton video, dan sebagainya. Banyak inspirasi yang bisa kita gali sehingga kita menjadi yakin dengan seyakin-yakinnya bahwa diri kita bisa sukses sebagaimana orang lain yang sukses. Inilah yang disebut dengan percaya diri.

Kepercayaan diri itu bisa dibangun. Kesadaran akan kesamaan potensi diri adalah fondasi kepercayaan diri. Kepercayaan diri bukan berarti merasa segala bisa. Bukan juga merasa lebih baik dibanding orang lain. Justru merasa sama, termasuk sama dengan orang-orang sukses kelas dunia sekali pun.

Di Video The Confidence Secret saya mencoba membuka keyakinan akan kesamaan ini. Dengan cara berpikir dan mengikuti sebuah program pembuktian diri, sehingga Anda sadar bahwa Anda bisa.

Kesimpulan

Hapus keyakinan-keyakinan yang membatasi Anda dengan menantang atau mempertanyakan alasan-alasan belum berhasil selama ini. Kemudian bangun prasangka positif kepada Allah. Kemudian kebangkan rasa kesamaan potensi antara Anda dengan orang-orang sukses. Ini akan menumbuhkan keyakinan untuk sukses dalam diri Anda.

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

3 Comments

  1. keyakinan merupakan awal mula terbentuknya keberhasilan. Tanpa keyakinan keberhasilan akan mustahil untuk diwujudkan. Umat islam diajarkan untuk selalu yakin dengan usaha mereka,walaupun kadang di tengah jalan masih menemui kendala,tapi dengan keyakinan yang kuat,keberhasilan niscaya akan ada di genggaman.
    Nabi kita Muhammad SAW saja dalam menegakkan ajaran islam butuh waktu 23 tahun. Kalau beliau tidak yakin islam bisa tegak di dunia ini,pasti beliau tidak akan kuat. Tapi karena adanya keyakinan bahwa islam pasti bisa ditegakkan,maka beliau dengan sekuat tenaga dengan dipenuhi berbagai cobaan yang maha berat dan hebat,dapat dilalui semua dengan sabar sehingga islam bisa sampai ke kita hingga saat ini.Untuk itu,tanamlah keyakinan yang kuat dulu,baru laksanakan apa yang telah kita niatkan, semoga Allah meridloi,amin!!

  2. Saya sepakat sekali. Karena apapun kekuatan manusia, tidak akan ada daya sama sekali bila dalam dirinya tidak ada keyakinan. Namun untuk keyakinan itu sendiri juga harus disaring/filter. karena salah keyakinan berdampak pada salahnya langkah dan arah. Bisa positif atau negatif, mempengaruhi baik atau buruknya kita menjalani proses menuju keyakinan tersebut. Alhamdulillah, untuk umat Islam dapat warisan yang sangat berharga dari rasulullah, yaitu : Al Qur’an dan Sunnah, insya Allah.. Rasulullah menjamin kita tak akan salah memilih landasan keyakinan apalagi sesat menjalani hidup ini.

    Wallahu a’alam bi shawwab

  3. Terimakasih pak atas tulisannya yang sangat membantu saya, saya sangat setuju sekali bahwa keyakinan merupakan modal awal bagi kita untuk mencapai kesuksesan kesuksesan yang kita inginkan, sebagaimana yang dijelaskan al quran dan sunnah bahwa keyakinaan kepada Allah lah yang membuat Allah memberi pertolongan kepada hambanya, akan tetapi kebanyakan manusia tidak sadar bahwa yang membuat dirinya di batasi adalah keyakinan yang membatasinya lah yang membuatnya tidak bisa mengerahkan potensinya secara maksimal untuk meraih kesuksesan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield