Agar Tidak Putus Asa dan Tetap Memiliki Harapan

Bagaimana agar tidak putus asa?

Bukan hanya tidak mudah, cepat, atau gampang putus asa, tetapi bahkan tidak pernah putus asa lagi.

Putus asa adalah sesuatu yang dilarang, apalagi dari rahmat Allah.

Sebenarnya putus asa bukan masalah apa yang Anda lakukan.

Tetapi lebih kepada bagaimana sikap Anda dalam melakukan sesuatu.

Saat keberhasilan tidak juga diraih.

Saat kegagalan terus menimpa.

Saat rintangan berat ada di hdapan kita.

Saat perjalanan terasa gelap, tidak tau harus melangkah kemana.

Rasa putus asa begitu “menggoda.”

Motivasi Agar Tidak Putus Asa

agar tidak putus asa

Mari kita ibaratkan perjalanan panjang seperti lari marathon. Anda pernah marathon? Yang kita rasakan pada saat kita sedang berlari dalam jarak yang jauh ialah keinginan segera berhenti, minum, dan beristirahat.

Lalu mengapa tidak berhenti?

Jika Anda berlari atas inisiatif sendiri, kemungkinan Anda berhenti akan lebih besar ketimbang seorang atlit yang sedang berlomba. Mengapa? Karena imbalan yang akan didapat lebih menarik dan lebih jelas.

Kalau dia tidak sampai, bukan hanya tidak akan mendapatkan juara, tetapi juga malu. Jadi agar Anda tidak putus asa, maka Anda harus memiliki tujuan yang sangat menggairahkan Anda dan jelas.

Artinya Anda membutuhkan motivasi yang kuat agar tidak putus asa. Tujuan Anda, visi Anda, dan misi Anda yang hebat dan menginspirasi yang akan menjadikan Anda tidak putus apa meski halangan besar ada di hadapan Anda, meski rasa lelah sudah mendera.

Agar Tidak Putus Asa Membutuhkan Ini

Anda membutuhkan energi yang besar agar tidak putus asa karena kehabisan energi.

Mungkin saja, saat kita berlari, kita tidak ingin untuk berhenti. Tetapi akhirnya berhenti juga karena kita sangat kelelahan. Dengan kata lain energi kita sudah terkuras habis. Seorang atlit tidak akan mudah kelelahan karena dia memiliki energi yang cukup.

Energi yang tentu saja didapat dari latihan yang cukup dan makanan yang dikonsumsinya. Begitu juga jika kita tidak ingin cepat putus asa maka kita harus memiliki energi yang cukup. Baik energi dalam arti sebenarnya, maupun energi dalam arti motivasi.

Anda harus bisa terus memupuk dan menjaga energi jangan sampai hilang. Energi harus terjaga jangan sampai hilang saat dibutuhkan.

Seperti mobil, jika kehabisan energi Anda bisa berhenti sejenak, mengisi bahan bakar dan berjalan lagi. Berhenti sekedar untuk istirahat bukan berarti putus asa, justry untuk men-charge energi baru dalam tubuh Anda.

Kadang motivasi hilang saat ada berbagai kondisi dihadapan kita. Kita butuh cara bagaimana agar energi itu cepat kembali kita miliki dengan segera jangan sampai hilang dan membuat kita berhenti.

Ada banyak teknik yang bisa kita lakukan saat kehilangan motivasi seperti yang dijelaskan di video Instant Motivation Weapon.

Solusi Agar Tidak Putus Asa

Gagal lagi, gagal lagi, dan gagal lagi. Hal seperti ini pun akan memungkinkan kita putus asa. Anda telah mencoba, Anda telah bersabar, dan Anda telah berusaha, namun kegagalan dan kegagalan yang menemui Anda.

Keadaan seperti ini bisa diibaratkan seperti sesorang yang sedang mencari suatu tempat tetapi tidak mengetahui harus lewat mana.

Jika jalan yang Anda ketahui sedikit, maka Anda akan cepat berhenti karena tidak ada jalan lagi yang bisa ditempuh. Tetapi jika Anda mengetahui banyak jalan, maka Anda mencoba jalan yang lainnya sampai menemukan jalan yang benar.

Semakin banyak jalan yang Anda ketahui dan energi Anda masih cukup maka kemungkin untuk bergerak terus masih sangat memungkinkan.

Jalan yang dimaksud disini adalah ide. Saat Anda gagal dengan satu ide, maka Anda bisa mencoba ide yang lain. Ide tersebut bisa Anda dapatkan baik dari ide sendiri maupun ide dari orang lain.

Agar bisa menghasilkan ide sendiri maka diperlukan kreativitas. Sementara untuk mengetahui ide dari orang lain, maka yang diperlukan adalah menuntut ilmu.

Kreativitas dibutuhkan untuk terus menggali ide-ide solusi agar Anda tidak putus asa. Jangan sampai Anda bingung mau melakukan apalagi karena tidak mampu menghasilkan ide-ide atau dikenal dengan kreativitas.

Juga jangan pernah berhenti membaca. Seringkali masalah apapun yang kita miliki. Halangan apa pun yang ada di hadapan kita. Kegagalan yang kita alami. Sudah terjadi sebelumnya dan dialami oleh orang lain.

Ada banyak buku yang berawal dari masalah, halangan, dan kegagalan terjadi dan bagaimana orang-orang sukses mengatasinya. Masalah itu sudah pernah terjadi sudah ada cara mengatasinya yang sudah berhasil, yang kita perlukan adalah dengan membaca pengalaman mereka melalui buku.

Bisa jadi jika ada sebuah masalah yang menghentikan kita karena kita tidak mempersiapkan ilmunya terlebih dahulu. Bisa jadi solusinya mudah, karena kita malas belajarlah sepertinya rumit dan sulit.

Do’a Agar Tidak Putus Asa

Ya tentu saja, agar kita tidak putus asa caranya dengan memohon pertolongan dan petunjuk dari Allah. Sebenarnya banyak sekali do’a yang menjadikan kita tidak putus asa lagi.

Bahkan dengan dzikir “Allahu Akbar” pun seharusnya menjauhkan kita dari putus asa karena Allah Maha Besar sehingga masalah yang kita hadapi itu jadi kecil. Saat kita membaca surah Al Ikhlas pun seharusnya menjauhkan kita dari putus asa, karena kita diingatkan bahwa Allah tempat kita bergantung.

Ada banyak do’a sebenarnya, bahkan sebenarnya semua do’a akan menjauhkan kita dari putus asa. Diantaranya:

Rabbanaa atinaa miladunka rahmat wahayi’lana min amrinaa Rasyadaa

Artinya: Ya Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami ini.

(QS. Al-Kahfi: 10).

Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul. hazna idza syi’ta sahlaa

artinya: Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau. menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.

(Hadits ini dikeluarkan oleh Ibnu Hibban dalam Shahihnya 3/255. Dikeluarkan pula oleh Ibnu Abi ‘Umar, Ibnus Suni dalam ‘Amal Yaum wal Lailah, Lihat Jaami’ul Ahadits, 6/257, Asy Syamilah)

Catatan: untuk teks asli silahkan lihat Al Quran dan hadistnya.

Dan do’a saat kita sedang gelap, nggak tau apalagi yang harus kita lakukan, kita bisa mencontoh do’a Nabi Yunus as.

Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya) maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: ‘Bahwa tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang lalim.'” (QS. al-Anbiya’: 87)

Do’a yang dipanjatkan berdasarkan ayat itu adalah: “La illaha illa anta. Subhanaka inni kuntu minazhalimin” (silahkan lihat tulisan Al Qurannya).

Sehingga pada ayat berikutnya:

Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya dari kedukaan. Dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman.” (QS. al-Anbiya’: 88)

Penutup

Kadang disaat kesulitan dan masalah yang begitu menghimpit, kita begitu sulit menerima nasihat. Tidak ada tips agar tidak bisa putus asa yang bisa kita terima. Ya, karena kondisi kita yang tidak tenang, gelisah, dan takut.

Sebelum kita memikirkan langkah dan mengambil langkah, ada baiknya kita menenangkan diri dengan cara berdzikir dan berdo’a, kemudian barulah pikirkan solusinya.

Bisa jadi banyak nasihat yang bisa membantu kita jika kita mau membuka hati dan pikiran kita menerima nasih itu. Membuka diri dari nasihat adalah salah satu cara agar tidak putus asa.

43 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield