Yang Sering Terlewat Untuk Meraih Sukses

Meraih SuksesApakah semua yang bertindak akan meraih sukses? Tidak, lihat saja banyak orang yang begitu giatnya bekerja, dari subuh sampai malam tetapi tetap saja tidak sukses. Untuk berhasil, Anda harus bertindak dengan tindakan yang benar, bukan sembarang bertindak. Seperti apakan tindakan yang benar itu? Bagaimana agar kita melakukan tindakan yang benar? Tindakan kita akan benar jika tindakan kita diiringi dengan “suatu hal” yang memastikan tindakan kita akan membahas hasil. Apakah “suatu hal” ini?

Jika Anda membaca berbagai artikel lainnya, alhamdulillah saya sudah mengungkap beberapa rahasia meraih sukses. Diantaranya ialah syukur. Dan juga ada satu rahasia penghalang sukses, yaitu adalah alasan. Namun masih ada satu lagi sebuah rahasia sukses yang sering dilewatkan oleh orang. Rahasia meraih sukses ini begitu manjur, banyak website dan buku luar negeri yang membahas pentingnya hal ini. Yang lebih dahsyat ialah Nabi Muhammad saw sudah memberitahu kita sejak 15 abad yang lalu.

Jika ditanya, siapa yang punya keinginan, maka semua orang punya keinginan. Menurut Dr Robert Anthony seorang guru pengembangan diri yang sangat terkenal di Amerika, jika seseorang dia mengaku tidak punya keinginan, dia adalah berbohong. Semua orang punya keinginan, tetapi apa yang bisa menghalangi kita meraih keinginan kita? Jawabannya adalah keyakinan. Keinginan dan keyakinan, jika dipadukan sudah menjadi sebuah resep sukses yang sangat mujarab seperti dijelaskan oleh Napoleon Hill dalam bukunya yang spektakuler, Think and Grow Rich.

Dengan memiliki keyakinanlah seseorang bertindak. Tanpa keyakinan, seseorang tidak akan bertindak. Namun ada satu hal yang sering dilupakan, yang sesungguhnya inilah yang membawa hasil. Apa itu? Mari kita tengok penggalan hadits Rasulullah saw yang sangat terkenal:

Sesungguhnya setiap amal tergantung niatnya.” (HR Bukhari Muslim)

Amal adalah tindakan. Jika tindakan Anda tidak diniatkan untuk mendapatkan keinginan Anda, maka Anda tidak akan mendapatkan keinginan Anda. Hasil dari sebuah tindakan ialah sesuai dengan apa yang kita niatkan. Seperti dalam kelanjutan hadits ini, jika hijrah untuk mencari wanita dan harta, maka kita akan mendapatkannya. Niat adalah rahasia lain meraih sukses.

Sekarang apa keinginan Anda? Saya yakin sebagai Muslim, Anda ingin kebaikan di akhirat. Namun tidak ada salahnya jika Anda juga menginginkan kebaikan di dunia. Oleh karena itu, setiap tindakan Anda, niatkanlah untuk mendapatkan kebaikan baik dunia dan akhirat seperti yang sering kita ucapkan do’a. Jangan sampai, karena ingin sukses di akhirat melupakan sukses dunia dan juga sebaliknya. Harus seimbang, sukses di dunia sebagai jalan meraih sukses di akhirat.

Dan di antara mereka ada orang yang bendoa: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka”. (QS. Al Baqarah: 201)

Yuk… kita niatkan untuk meraih sukses dunia dan akhirat.