To be Better and Better – Menjadi Lebih Baik dari Sebelumnya

Menjadi lebih baik dari sebelumnya adalah sebuah keharusan. Jika Anda tidak berubah, sungguh akan tergilas zaman.

Kenapa?

Perubahan tak dapat dihindarkan. Selama manusia berfikir, mereka akan menemukan sesuatu yang baru. Satu penemuan baru akan mempengaruhi kondisi hidup yang lainnya. Sebagai contoh ialah penemuan-penemuan baru dalam bidang teknologi informasi, membawa dampak ke berbagai bidang.

Menjadi lebih baik dari sebelumnya

Perkembangan teknologi informasi ini menyebabkan perubahanmelaju pada suatu kecepatan yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya.

Mari kita lihat berbagai komentar para ahli tentang bagaimana kita menyikapi perubahan.

Pekerjaan Anda adalah lebih menjadi seorang ahli perubahan daripada seorang korban perubahan.
Brian Tracy

Pasar hanya membayar penghargaan-penghargaan unggul untuk prestasi yang unggul, produk-produk unggul atau jasa unggul.

Mengidentifikasikan dan mengembangkan bidang keunggulan Anda adalah tugas pertama
manajemen.
Brian Tracy

Menjadi Lebih Baik dari Sebelumnya Agar Tidak Tergilas Zaman

Anda lihat, Brian Tracy (penulis dan ahli riset kesuksesan) begitu menekankan pada perubahan dan keunggulan sebagai modal keberhasilan kita. Kita harus menjadi ahli perubahan bukan korban perubahan, maksudnya kita harus bisa hidup dengan perubahan-perubahan yang ada di sekeliling kita.

Jika tidak, kita akan tergilas oleh jaman, kita tidak akan bisa menyesuaikan diri dengan jaman.

Menjadi Lebih Baik dari Sebelumnya Untuk Berlomba Dalam Kebaikan

Hal yang kedua ialan keunggulan. Salah satu perubahan yang menonjol dalam kehidupan kita ialah bertambahnya manusia secara terus menerus. Tentu saja setiap saat akan muncul manusia-manusia baru yang perlu hidup. Persaingan tidak dapat terelakan.

Hanya orang-orang yang memiliki keunggulan atau memiliki produk dan jasa yang unggul yang dapat bersaing.

Dalam mengahadapi perubahan tersebut dan untuk menjadi manusia unggul ada satu jalan yang tidak boleh tidak harus kita lakukan, yaitu selalu memperbaiki diri terus-menerus. Kita harus lebih baik dari orang lain, pengetahuan dan keterampilan kita harus lebih baik agar bisa mengikuti perubahan yang terjadi.

Maka berlomba-lombalah kamu (dalam berbuat) kebaikan. (Q.S Al-Baqarah : 148)

Menjadi Lebih Baik dari Sebelumnya Agar Meraih Nasib Yang Lebih Baik

“Demikian itu adalah karena sesungguhnya Allah sekali-kali tidak akan merubah sesuatu nikmat yang telah dianugerahkan-Nya kepada sesuatu kaum, hingga kaum itu merubah apa yang ada pada diri mereka sendiri dan sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS Al-Anfal [8]: 53)

Dan di dalam surat Ar-Ra’d Allah berfirman,

“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.” (QS Ar-Ra’d [13]: 11)

Cara Agar Menjadi Lebih Baik dari Sebelumnya

Kuncinya agar bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya adalah melakukan sebuah peningkatan-pentingkatan dalam diri Anda setiap hari. Peningkatan yang dimaksud adalah baik peningkatan kualitas maupun kuantitas disesuaikan dengan bidang yang Anda lakukan.

Peningkatan Ilmu

Menuntut ilmu adalah wajib atas setiap muslim.” (HR.Bukhari).

Segala sesuatu akan lebih baik dilakukan jika kita mengetahui ilmunya. Baik dalam hal ibadah, pekerjaan, maupun dalam bisnis. Anda akan melakukan semua amalan menjadi lebih baik sejalan dengan ilmu yang Anda miliki.

Menuntut ilmu adalah sebuah kewajiban, entah kenapa ada saja yang katanya motivator atau trainer yang menyarankan langsung action. Ilmu itu penting, jika tidak penting, Rasulullah SAW tidak akan memerintahkan kepada kita.

Beramal atau bertindak memang harus, tetapi amal dan tindakan yang dilandasi ilmu. Jika asal bertindak, bisa jadi amal atau tindakan kita kurang baik atau salah.

Jadi, agar menjadi lebih baik terus menerus, maka tingkatkan ilmu Anda.

“Tapi, kebanyakan ilmu malah membuat bingung.”

Bukan, karena ilmu tidak pernah kebanyakan. Yang salah adalah cara kita menggunakan atau memanfaatkan ilmu yang kita pelajari. Ilmu itu ada macam-macamnya.

Misalnya Anda memahami ilmu bisnis. Lakukan saja, fokus pada apa yang Anda lakukan. Apa yang Anda pelajari tidak serta merta harus mengubah apa yang sedang Anda lakukan.

Ilmu-ilmu baru akan terus mengkristal menjadi mindset dalam pikiran Anda. Semakin berkualitas mindset Anda akan berdampak pada kualitas tindakan. Karena sebenarnya bukan ilmu praktis yang menentukan kualitas tindakan dalam kangka panjang, tetapi mindset.

Mindset akan terbentuk dari ilmu dan pengalaman. Ilmu sebenarnya pengalaman juga, pengalaman orang lain. Semakin kita berilmu, semakin tajam, kuat, luas mindset kita.

Akan berbeda apa yang dilakukan orang berilmu dengan yang tidak. Jadi teruslah menuntut ilmu setiap hari. Juga teruslah bertindak. Tidak setiap ilmu harus langsung praktek, tetapi setiap ilmu akan meningkatkan kualitas praktek Anda dalam jangka panjang.

Tingkatkan Keterampilan Anda

Kualitas amal Anda pun akan ditentukan oleh sejauh mana skill atau keterampilan. Cara meningkatkan keterampilan adalah dengan berlatih. Bacaan Al Quran yang lebih bagus, maka seringlah berlatih. Khutbah ingin lebih baik, maka seringlah berlatih.

Bisnis ingin lebih baik, maka seringlah berlatih. Tentu saja melatih hal-hal yang berkaitan dengan bisnis, seperti negaosiasi, menjual, merancang produk, dan sebagainya.

Berlatih bisa dilakukan sendiri dengan mencoba dan mengulang-ngulang. Bisa juga dengan mengikuti kursus atau coaching.

Yang jelas, tidak ada yang bisa menggantikan cara mendapatkan keterampilan selain kita mau berlatih. Tidak bisa hanya dengan membaca buku, tetapi harus praktek juga.

Tingkatkan Kuantitas Pekerjaan Anda

Ilmu dan keterampilan akan meningkatkan kualitas tindakan Anda. Nah, untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, tingkatkan juga kuantitas tindakan. Tentu tidak semuanya bisa, namun saat Anda kesempatan meningkatkan kuantitas, maka lakukanlah.

Selain kerja cerdas, kita pun harus kerja keras. Orang yang berbuat kejahatan dan kemaksiatan saja pada pekerja keras, kenapa kita yang berbuat kebaikan kalah oleh mereka. Padahal jelas balasan untuk kita.

Sejauh mana meningkatkan kuantitas? Sejauh yang kita bisa, semampu kita, bukan semau kita. Tujuannya tiada lain agar kita mendapatkan yang lebih baik dan lebih besar.

Jujur saja, banyak orang yang tidak meraih maksimal karena malas, karena cepat puas, karena enggan lebih capek, karen ingin cepat istirahat. Jadilah pribadi yang kuat dan tingguh.

Tingkatkan Ruhiah Anda

Tentu saja, yang nemanya peningkatan tidak hanya urusan fisik saja, juga urusan hati dan jiwa kita. Salah satu cara meningkatkan ruhiah pada dasarnya dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah. Seperti yang dijelaskan di buku Mensucikan Jiwa karya Imam Ghazali, tingkatkan terus ibadah kita.

Setiap ibadah yang kita lakukan, pastinya akan meningkatkan kualitas ruhiah kita. Zakat kita, puasa kita, dzikir, dan tentu shalat wajib dan sunah akan menambah kualitas ikhtiar kita.

Tingkatkan juga keshabaran, tawakal, dan syukur serta amalan-amalan hati lainnya agar ruhiah kita semakin bersih.

Tentu saja saya bukan kapasitas membahas tentang ruhiah. Silahkan temui ulama-ulama atau guru-guru kita untuk mendapatkan bimbingan berkaitan dengan ruhiah.

 

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php
Follow Me
zona sukses

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

8 Comments

  1. Saya hanya menambahkan saja :
    “Jangan pernah takut menghadapi masa depan, tetapi takutlah pada masa sekarang yang disia-siakan”.
    (gaizka)

  2. alhamdulilah
    semoga ALLAH SWT selalu membimbing kita ke jalan yg benar, mengingatkan kita dan selalu melimpahkan rahmadnya kepada kita, amin

  3. alhamdulilah
    semoga ALLAH SWT selalu membimbing kita ke jalan yg benar, mengingatkan kita dan selalu melimpahkan rahmadnya kepada kita, amin

  4. Alhamdulilah,trimakasih ats motivasinya pak rahmat,semoga apa yang telah saya baca bisa merubah kehidupan yang lebih baik lagi..harus bisa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield