Tidak Ada Kepastian

zona sukses

Sering saya melihat, ada orang yang mencari kepastian dalam hidupnya. Dalam mencari nafkah, banyak yang mengatakan “yang pasti-pasti saja”, misalnya dengan menjadi karyawan, karena mereka menganggap akan mendapatkan penghasilan “pasti” setiap bulannya. Padahal, kita semua sadar, bahwa kepastian itu tidak ada, hanya Allah yang mengetahui apa yang akan terjadi esok hari.

Jika kita menyadari bahwa kepastian itu tidak ada, satu hal yang perlu kita lakukan ialah mengantisipasi ketidakpastian tersebut. Jika para penasehat investasi mengatakan, “jangan menyimpan telur dalam satu keranjang”, maka hal ini juga berlaku dalam bidang lainnya. Ketidakpastian bukannya untuk kita hindari, karena tidak bisa kita hindari, tetapi untuk kita antispasi.

Tentu saja, cara mengatisipasi ketidakpastian akan berbeda tergantung kasus dan kondisnya. Ketidakpastian dalam investasi dengan cara diversifikasi. Ketidakpastian dalam karir, kita harus selalu membina diri dan hubungan agar mudah mendapatkan pekerjaan jika pekerjaan ini lepas. Bisa juga dengan memulai menjalankan bisnis sampingan sebagai antisipasi ketidakpastian dunia kerja.

Satu kasus ketidakpastian bisa memiliki alternatif yang banyak jika kita mau memikirkannya. Jika saat ini kita belum mengetahuinya, mungkin saja kita belum berpikir keras atau mencari tahu dari orang lain, baik melalui buku, pelatihan, seminar, atau bertanya langsung kepada ahlinya. Kita ini kreatif, kita bisa menemukan berbagai alternatif untuk mengantisipasi ketidakpastian yang ada pada diri kita.

Satu hal lagi yang perlu kita perhatikan ialah masalah waktu, yang namanya ketidakpastian, bisa datang kapan saja. Mungkin saat ini Anda merasa aman bekerja di suatu perusahaan, tetapi bisa saja setelah makan siang nanti, boss memanggil untuk memecat Anda. Bisa saja bukan? kalau pun tidak, bisa saja ada musibah yang menyebabkan perusahaan Anda tidak bisa beroperasi lagi. Bisa saja, tiba-tiba muncul pesaing baru yang langsung mengalahkan perusahaan Anda secara tiba-tiba. Semua ini bisa terjadi kapan saja, bisa hari ini, besok, lusa, pekan depan, bulan depan, tahuna depan,…. entah kapan.

BACA Juga  Sibuk dan sibuk

Sekarang, tinggal kita bertanya pada diri sendiri, apakah kita siap jika kita tiba-tiba kehilangan tumpuan hidup selama ini? Betul, kita memang tidak berharap, tetapi semua bisa terjadi. Ingat pepatah, sedia payung sebelum hujan, adalah sangat bijak jika kita terapkan mulai hari ini. Mumpung masih ada waktu, persiapkan diri Anda sekarang juga, untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa saja terjadi, sambil tetap meminta pertolongan kepada Allah.

6 Comments

  1. dalam sebuah hadis tercatat:
    ingatlah lima waktu sebelum datang lima waktu, sihat sebelum sakit, muda sebelum tua, lapang sebelum sempit, kaya sebelum miskin dan hidup sebelum mati.

    Ada 3 waktu yang pasti dilalui oleh manusia : masa lalunya , dari alam ruh ke alam rahim sehingga menjadi seorang manusia yang dilahirkan di dunia. Masa kini : dari seorang bayi kemudian menjadi manusia dewasa yang diberi peluang sebesar besar menjalankan aktivitas untuk hidup sukses di muka bumi . Dan masa yang pasti akan datang yaitu masa tua , mati dan hari akhirat.

    Semuga menjadi renungan

  2. sebuah kepastian memang tidak ada…namun demikian yang namanya kepastian dalam sebuah hal/perkara bisa kita buat pasti.Tetapi itu tergantung oleh seseorang yang melakukanya itu.Kita sebagai hamba Tuhan boleh berencana dan bertindak sesuai dengan apa keinginan kita kelak.
    Dengan semua itu pasti kepastian bisa didapatkan….INGAT!!!! saat kita benar2 mau meminta pasti Alloh akan memberi.(janji Alloh)

  3. yang sudah pasti mah di dunia ini ,sholat!!!…waktunya sudah ditentukan……..,berbuat baik pasti dapat pahala ….pastikan kalo kita menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya pasti masuk sorga …..ameeen..!!!!

  4. Sepertinya kepastian itu adalah proses akhir dari ketidakpastian. Soal ajal, yah itu sudah pasti walau tidak seorangpun hamba yang mengerti kapan pastinya sang waktu itu tiba. So…asyiknya?
    Bekali diri dengan amal dan ilmu dalam menghadapi ketidakpastian untuk beralih pasti..Btw, leh kutip ya tulisannya?! Buat memotivasi diri?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield