Tak Cukup Mengetahui Sebab

mengetahui sebabMengapa Tidak Cukup Mengetahui Sebab?

Mengetahui sebab-sebab yang membuat orang menjadi sukses tidak akan menjadikan Anda sukses. Sebab-sebab sukses bukan untuk diketahui, tetapi untuk diaplikasikan dalam kehidupan. Tindakanlah yang menjadikan sebab-sebab tersebut menjadi akibat.

Sebelum Anda bertindak, Anda memerlukan sebuah rencana tindakan yang merupakan jembatan Anda menuju kesuksesan. Rencanalah yang menghubungkan antara sebab dengan akibat yang ingin Anda capai. Rencana merupakan jalan yang harus Anda lalui untuk menuju keberhasilan.

Bagaimana membuat rencana?

  • Mau kemana?
    Langkah pertama dalam membuat rencana ialah kita harus tahu dengan jelas mau ke mana. Seperti membangun jembatan, kita harus tahu mau menghubungkan dari mana ke mana. Rencana menghubungkan keadaan kita saat ini ke tujuan yang kita cita-citakan. Jadi sebelum membuat rencana Anda harus sudah mengeset tujuan yang jelas.
  • Perencanaan Strategis
    Strategi adalah program menyeluruh, untuk menuju keberhasilan visi dan tujuan jangka panjang. Dengan kata lain strategi adalah kerangka dalam bertindak guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  • Perencanaan Taktis
    Yaitu kegiatan-kegiatan untuk mencapai perencanaan strategis. Ada juga yang mengatakan bahwa strategi merupakan kumpulan dari taktik-taktik. Taktik berkaitan langsung dengan kegiatan sehari-hari termasuk kegiatan yang dilakukan sepontan. Taktik dibuat berdasarkan strategi yang telah direncanakan sebelumnya.
  • Peruntunan Aktivitas
    Urutkan berbagai aktivitas yang akan dilakukan. Anda bisa mengurutkan berdasarkan prioritas. Peruntunan sangat penting bagi penggunaan waktu, energi, dan sumber daya sebaik mungkin.
  • Managemen Waktu
    Setelah ada urutan aktifitas, Anda perlu mengelola waktu agar bisa menggunakan waktu seefektif mungkin. Pada saat awal mungkin sulit terutama dalam memperkirakan durasi setiap kegiatan. Tetapi sejalan dengan waktu, makin lama Anda akan makin pandai mengatur dan mengelola waktu. Jika pada saat ini Anda merasa tidak bisa, coba saja, lambat laun Anda akan bisa.

Setelah memiliki rencana, selanjutnya ialah bertindak. Meskipun rencana bukanlah hal yang sudah mati, tetapi Anda perlu disiplin mengikuti rencana. Jika ada hal baru, masukan kepada rencana. Rencana yang baik tidak perlu rumit dan canggih. Anda hanya memerlukan rencana yang sederhana dan tetap sederhana, yang penting Anda konsisten menjalankannya.