2 Manfaat Dari Syukur Mengubah Hidup Anda Menjadi Lebih Sukses

Dapatkan 2 eBook senilai Rp 99.000 yang membedakan orang sukses dan gagal.

Masukan email Anda, klik Daftar untuk mendapatkan update artikel dan ebook Gratis Rahasia Sukses dari Zona Sukses.

Email:

Bersyukur Selalu, Hidup Anda Akan Lebih Baik

syukur mengubah hidup

Syukur, suatu kata yang sangat berbobot dan memberikan makna yang tidak terhingga. Allah telah menjamin dalam Al Quran, barang siapa yang bersyukur maka Allah akan menambah nikmat kepada orang tersebut. Pada artikel ini, akan dibahas 2 manfaat penting bersyukur yang akan mengubah hidup Anda. Anda akan lebih sukses jika pandai bersyukur.

Sudahkan Anda bersyukur? Sudahkah Anda merasakan tambahan nikmat atas syukur Anda? Apakah Anda ingin mendapatkan nikmat yang lebih besar lagi? Lupakan mengeluh, mulailah perbanyak syukur.

Inilah 2 Manfaat Bersyukur

Saya tidak membatasi bahwa manfaat bersyukur itu hanya 2. Hanya saja yang dibahas pada artikel kali ini fokus kepada 2 manfaat ini. Insya Allah atau bisa Anda baca pada artikel lain tentang menfaat syukur yang luar biasa.

Berikut adalah dua manfaat syukur. Mudah-mudahan bisa memotivasi Anda menjadi hamba yang pandai bersyukur.

  1. Pahala dari Allah. Jelas, bersyukur adalah perintah Allah, kita akan mendapatkan pahala jika kita bersyukur dengan ikhlas.
  2. Menciptakan Feeling Good. Dengan bersyukur akan membuat kita lebih bahagia. Perasaan kita menjadi lebih enak dan nyaman dengan bersyukur. Bagaimana tidak, pikiran kita akan fokus pada berbagai kebaikan yang kita terima.

Apa Hubungan Pahala dari Allah Dengan Sukses?

Jelas sekali. Semakin banyak pahala dari Allah, maka Allah akan lebih sayang kepada kita. Jika Allah lebih sayang, maka pertolongan Allah semakin dekat. Do’a-do’a kita dikabulkan. Tindakan dan pikiran kita dibimbing, diarahkan ke jalan yang benar.

Bukankah ini luar biasa?

Lalu apa manfaat Feeling Good?

  • Jika Anda yang percaya dengan Hukum Daya Tarik (law of attraction), feeling good akan meningkatkan kekuatan Anda menarik apa yang Anda inginkan. Kekuatan hukum ini akan sebanding dengan keyakinan dan perasaan positif. Sementara semakin banyak kita bersyukur, akan semakin banyak perasaan positif pada diri kita. Jika dari sekian teknik LOA tidak bisa Anda ikuti, fokus saja pada bersyukur. Akan menghasilkan!
  • Motivasi akan muncul dari kondisi emosi yang positif (dibahas lebih lanjut pada ebook saya motivasi Diri). Sementara bersyukur akan menciptakan emosi yang positif karena kita fokus apda hal-hal yang positif. Semakin banyak Anda bersyukur akan semakin besar motivasi yang Anda miliki. Syukur memfokus pikiran kita kepada hal-hal positif, kufur justru mengarahkan pikiran kepada hal yang negatif.
  • Bersyukur akan membentuk pola pikir sukses. Pola pikir sukses adalah keyakinan dalam mendapatkan. Saat kita bersyukur, maka pikiran kita secara tidak sadar diberikan suatu “pola” mendapatkan, sehingga akan terbentuk pola sukses. Semakin banyak bersyukur, pola pikir sukses Anda akan semakin kuat.

Dengan melihat ketiga manfaat dari feeling good, kita bisa menyimpulkan bahwa feeling good adalah mungkin menjadi salah satu cara Allah memberikan nikmat tambahan kepada kita. Jika orang baru ribut dengan manfaat syukur pada kahir-akhir ini, Al Quran sudah 14 abad yang lalu. Sungguh suatu nikmat Allah yang diberikan kepada kita, sayang jika kita mengabaikannya.

Cara Meningkatkan Syukur
Saya yakin, Anda yang mau membaca artikel ini adalah orang-orang yang pandai bersyukur. Namun bukan berarti kita tidak perlu meningkatkan syukur kita. Jika masih ada hal yang Anda inginkan, maka tingkatkan rasa syukur Anda.

Setinggi apa pun Anda menjadi hamba yang bersyukur, Anda masih tetap perlu meningkatkan syukur Anda. Jika Anda baru bersyukur saat menambatkan nikmat berupa materi, ini adalah baru tahap awal menjadi hamba yang pandai bersyukur.

  • Untuk meningkatkan rasa bersyukur, kita harus lebih jeli dan peka terhadap berbagai nikmat yang diberikan Allah kepada kita. Kurangnya kepekaan terhadap nikmat Allah akan mengurangi syukur kita, sebab kita merasa tidak ada yang perlu disyukuri lagi. Meningkatkan kepekaan bisa dilakukan dengan melakukan perenungan terhadap apa yang terjadi pada hidup kita sehari-hari. Luangkan waktu Anda setiap hari untuk merenungkan nikmat setiap harinya.
  • Sadari bahwa: Setiap saat, kita mendapatkan nikmat baru. Satu detik waktu berlalu berarti kita mendapatkan nikmat hidup selama satu detik. Nafas kita, penglihatan kita, penciuman kita, detak jantung kita dan sebagainya yang tidak mungkin disebutkan disini.
  • Selalu ada hikmah dari setiap kejadian, baik kejadian pada diri sendiri maupun orang lain. Sementara setiap saat selalu ada kejadian, berarti selalu ada hikmah yang bisa kita ambil. Sementara hikmah adalah suatu nikmat. Syukurilah. Caranya ialah dengan rajin tafakur. Pikirkan apa hikmah dari setiap kejadian? Anda akan menemukan banyak hikmah dan lebih banyak bersyukur.

3 Cara bersyukur ini bisa Anda lakukan setiap hari, bahkan setiap saat. Sampai kapan? Jangan bertanya sampai kapan, sebab bersyukur adalah sebuah ibadah, tidak diukur oleh keberhasilan materi Anda. Justru, jika Anda lupa bersyukur, apa yang telah Anda miliki bisa jadi malah menjadi laknat, bukan lagi nikmat.

Jadi fahami, bagaimana syukur bisa mengubah diri Anda menjadi pribadi yang lebih sukses, kemudian tingkatkan syukur Anda.

Masuki Zona Sukses

Solusi bagi Anda yang ingin berubah, namun masih terasa sulit.

Anda tidak akan pernah sukses, jika masih berada di Zona Nyaman. Dapatkan ebook Memasuki Zona Sukses dan Tinggalkan Zona Nyaman, Plus update artikel Motivasi Islami. Masukan email Anda, Klik Daftar.

Email:

There are 46 Comments.

  1. Benar sekali Pak Rahmat..

    Jika diibaratkan kunci, syukur termasuk salah satu kunci pembuka rizki dan kenikmatan dalam arti luas (tidak hanya uang). Karena manusia adalah tempatnya lalai, seringkali rasa syukur ini dilupakan, dan tergantikan oleh rasa yang lain, seperti rasa ‘ujub (bangga) bahwa bahwa apa yang didapat selama ini adalah hasil usaha dan kemampuan sendiri. Rasa ‘ujub ini yang perlahan-lahan mengikis rasa syukur yang sebelumnya bersemayam kokoh dalam hati kita.

    Rasa syukur memang menghasilkan nuansa Feeling Good. Sensasi yang bisa dirasakan, misalnya, dada kita seperti dialiri oleh rasa sejuk yang nyaman dan tenang. Kalo ini bisa dirasakan secara kontinyu, maka kondisi ini akan sangat mendukung kesuksesan, dimana peluang-peluang dan keputusan-keputusan yang diambil bisa lebih terukur, matang, dan objektif, dan insya Allah tercapai tujuannya.

    Terima kasih Pak, Salaam…

  2. ace
    2:47 am May 9, 2008

    Mungkin saya sedikit memperdalam hakekat syukur itu, dimana rasa syukur tidak hanya mensyukuri apa yang telah kita dapatkan tapi juga mensyukuri apa yang telah Allah sediakan di jagad raya ini dan dimulai dari apa yang ada didalam diri, seperti yang tercantum dalam ayat Al Mu’minun 78 dan Al A’raaf 10 dibawah ini :

    7:78 ” Dan Dialah yang telah menciptakan bagi kamu sekalian, pendengaran, penglihatan dan hati.
    Amat sedikitlah kamu bersyukur “.

    23:10 ” Sesungguhnya Kami telah menempatkan kamu sekalian di muka bumi dan Kami adakan
    bagimu di muka bumi (sumber) penghidupan. Amat sedikitlah kamu bersyukur.”

    Apakah ayat-ayat ini merupakan indikasi bahwa rasa syukur itu sebetulnya merupakan fungsi integritas dari pendengaran, penghlihatan dan hati kita atas suatu moment yang dianugrahkan Allah. Lalu bagaimana nilai syukur itu dapat terwujud dalam suatu proses integritas tersebut ?, sepertinya ada clue dari surat pendek yang mungkin jadi surat favorite kita semua sbb :

    Al Kautsar
    1. Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak.
    tentunya hal ini harus kita syukuri kan ….?

    2. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah.
    jelas sekali wujud syukur yang diperintahkan Allah, yaitu shalat yang bertujuan mencegah
    kita dari perbuatan keji dan mungkar. Dan sebaliknya berbuat kebajikan dan hal-hal yang di
    ridhoi Allah, yang merupakan refleksi dari fungsi integritas pendengaran, penglihatan dan hati.
    Wujud lain bersyukur adalah berkorban. Kalau mau diartikan secara comprehensive mungkin
    berarti mau mengorbankan waktu, pikiran, tenaga, harta hingga jiwa atas suatu kebenaran
    dijalan Allah. Itupun tak akan terwujud tanpa kesadaran (fungsi pendengaran) atas fakta yang
    ada (fungsi penglihatan ) dan didasari oleh nilai-nilai kebenaran yang bersemayam dalam hati
    atau didalam Ruh kita.

    3. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus.
    simple say, hakekat bersyukur memang sangat tinggi hingga banyak manusia-manusia yang
    tidak suka akan proses ini, well karena memang muatan syukur itu kejujuran dan kebenaran.

    anyway,
    hanya Allah yang maha mengetahui dan maha benar. mohon maaf kalau peng-explorasian bersyukur jadi lebih berat dan tidak se simple seperti biasanya.
    tapi saya yakin, bersyukur dengan diawali mengingat Allahpun akan mendapat ridhoNYA, seperti halnya kita menyingkirkan duri dari jalan atau tersenyumpun merupakan ibadah.

    terima kasih untuk sharing dan pencerahan dari pak Rahmat dan rekan-rekan lain.
    wassalam.

  3. Alhamdulillah, saya bersyukur mendapatkan komentar-komentar yang sangat bagus dan berkualitas. Inilah yang saya tunggu-tunggu. terima kasih pak Ace dan pak Akmal atas komentar yang sangat bagus dan melengkapi apa yang saya tulis. Sering-sering ya…

  4. salah satu negatif syukur adalah malas

  5. 10:39 pm May 17, 2008

    Sama sekali tidak. Syukur tidak ada kaitannya dengan malas. Jika kita memahami makna syukur justru akan membuat kita lebih termotivasi. Syukur adalah perintah Allah, adalah suatu ibadah yang pasti tidak ada hal negatif dari ibadah yang diperintahkan oleh Allah. Saudara wahyu, Anda harus istighfar.

  6. 8:04 am May 18, 2008

    Rasa syukur adalah refleksi dari ucapan terima kasih kita kepada Allah SWT. By the way orang Indonesia kabarnya jarang sekali memberikan ucapan terima kasih terhadap apa yang diperolehnya, entah itu dari sahabat, keluarga, orang tua, bahkan kepada Robbnya sekalipun. So, sering-seringlah mengucapkan “Alhamdulillah” karena ini adalah cermin rasa syukur kita yang paling mudah dari hati yang paling dalam. Pak Rahmat Jazakallah atas tulisannya. Sukses selalu.

  7. adhe
    5:06 am May 19, 2008

    ass…..
    orang gorontalo biasanya mengucapkan kata terima kasih atas kebaikan orang lain itu dengan mengucapkan “Alhamdulillah insyaallah segala kebaikanmu mendapat balasan yang setimpal”. dan alhamdulillah saya sebagai orang gorontalo sering tanpa sadar mengucapkan syukur yang telah dibudidayakan oleh orang orang sekitar.
    menurut saya ucap syukur itu tidak akan mengurangi jatah untuk mendapatkan sesuatu apapun dan ucapan syukur akan mendekatkan kita kepada Allhat SWT. Dengan bersyukur kita akan lebih merasakan makna sesuatu yang kita terima, misalnya ketika kita bangun dengan mengucapkan alhamdulillah kita akan merasa hidupini lebih berarti ketimbang kita tidur terus atau langsung memikirkan masalah yang sedang kita hadapi. Dan inilah maknanya…………………………..
    wassalam…………..

  8. firman
    3:00 pm May 19, 2008

    benar pak rahmat… kalau kita seorang bapak yang punya anak, dikasih uang Rp. 1.000,- ia berterima kasih dengan senyuman, rasanya kita akan kasi dia lebih lagi, kalau dikasih lagi jadi Rp. 2.000,- kemudian ia memijit kaki kita, rasanya kita ingin kasih lebih lagi, kalau dikasih lagi jadi Rp. 5.000,- kemudian ia akan berbuat lagi lebih baik, maka hukum sebenarnya adalah seberapa hebat kita bersyukur maka sehebat itu pulalah limpahan rezki kepada kita. Coba kalau kita kasih anak kita Rp. 5.000,- kemudian dia marah-marah, mungkin besok dia tak akan kita kasih lagi.

  9. abu hudzaifah
    1:17 pm May 20, 2008

    assalamualikum,
    Alhamdulillah masih ada yang saling nasihat-menasihati dalam kebenaran.Pada akhir zaman seperti saat ini, sangat sedikit sekali orang-orang, bahkan kaum muslimin, yang katanya saudara, saling nasihat-menasihati dalam kebenaran. Mudah-mudahan semakin banyak lagi orang-orang yang mau bersyukur kepada Allah SWT, sehingga negeri ini akan selamat dari berbagai macam gangguan dan ancaman dari kaum-kaum yang memang benci islam berkibar di negeri ini.
    Cuma saya mau menambahkan sedikit, syukur, makna dan manfaatnya akan lebih dahsyat lagi bila di sertai dengan sabar/kesabaran. Kalau di ibaratkan dengan coin, maka syukur dan sabar adalah dua sisi mata uang yang masing-masing saling memberikan nilai dan saling memberikan manfaat bagi siapa saja yang menggunakannya.Syukur dan sabar saling mengokohkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah, dengan iman dan takwa yang kokoh maka Allah akan segera ‘mengembalikannya’ kepada kita berupa kemudahan lisan kita untuk selalu mengucapkan alhamdulillah untuk setiap nikmat dan rahmat yang diberikan….

  10. 2:45 pm May 20, 2008

    Saya selalu mengatakan “bersyukurlah, maka kau akan kaya”

    Sungguh sangat sedikit orang yang pandai bersyukur.

    Minta izin pak, boleh kutip isi tulisan di blog ini?

  11. 10:39 pm May 20, 2008

    Sahabat Ama, silahkan saja untuk mengutip artikel yang ada di Motivasi Islami. Satu saja permintaan saya, tolong sebutkan sumbernya dengan link yang bisa diklik. Semoga bermanfaat.

  12. Anshar
    1:30 am May 23, 2008

    Salah satu bentuk dari rasa syukur kepada Allah Subhana Wata’ala adalah dengan berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga amanah yang Rasulullah wasiatkan kepada kita sebagai umatnya, yakni tetap menjaga kemurnian ajaran Islam supaya selalu tetap sesuai dengan Al-qur’an dan As-Sunnah dengan pemahaman orang-orang pilihan Allah yg terbaik yakni para shahabat Rasulullah Radiallahu Anhum.

  13. Miftachul Choir
    2:46 am May 25, 2008

    Allah berfirman, barang siapa yang bersyukur niscaya Allah akan menambah nikmat pada kita dan barang siapa yang kufur, maka ingatlah siksa Allah sangat pedih. Oleh karena itu kita harus rajin bersyukur dan syukur yang paling sederhana adalah dengan mengucapkan “Alhamdulillah”

  14. Miftachul Choir
    2:56 am May 25, 2008

    Syukur itu mudah untuk diucapkan tetapi sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu marilah kita senantiasa istiqamah dan bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Allah pada kita semua.

  15. Wah ternyata syukur itu sangat dahsyat, munkin itulah sebabnya Nabi memberi tuntunan kepada kita agar selalu berdoa’ diberi hati yang bersyukur

  16. raihan
    12:20 pm August 5, 2009

    Assalamu’alaikum mas,,
    Subhanallah,, syukron sudah mau berbagi..
    Semoga ALLAH SWT mengampuni dosa yang telah kita lakukan, memberikan rizki, menjadikan kita sebagai hamba2-Nya yg pandai bersyukur, serta memudahkan langkah kita untuk menegakkan agama ALLAH di muka bumi..

    Oya satu lagi,, buat saudara/i ku umat islam, sekarang sudah tersedia software Juz30 untuk mendengarkan bacaan beserta dengan tafsiran (bhs. Indonesia, English, dll) dan ayat2 Al Qur’an lengkap.. Silakan download gratis di ;
    http://www.imaanstar.com/juz30.php

    Semoga dgn adanya software ini kita bisa dengan mudah membaca ayat2 serta tafsiran-Nya, dimana saja kita berada dengan tetap menjaga kesucian diri kita. Aamiin..

    Informasi didapat dari situs;
    http://mtamim.wordpress.com/2007/10/23/software-quran-dan-hadits/

  17. bersyukur adalah suatu kenikmatan ketika manusia mencapai fitrahnya, karana dengan bersyukur hidup ini indah

  18. hikmat
    5:38 pm November 13, 2009

    Assalamualaikum..
    izin nge-link akhi.. saya senang membaca artikel2 nya, mudah2an bisa bermanfaat buat saya dan teman2..
    Jazakallah..

  19. rita
    9:40 am January 22, 2010

    Ass.wr.wb, Semoga kt menjd orang2 yg sll bersyukur, amiiin.

  20. rita
    9:40 am January 22, 2010

    Ass.wr.wb, Semoga kt menjd orang2 yg sll bersyukur, amiiin.

  21. bangkarera
    4:43 pm February 5, 2010

    terimakasih tulisannya ana copy yaach buat keperluan tulisan nich … syukron jazilan wa ana antadzirukum fi yaumi ba’d minal kitabah al-ukhrooo al jamilah wa tsiqooh

  22. bangkarera
    4:43 pm February 5, 2010

    terimakasih tulisannya ana copy yaach buat keperluan tulisan nich … syukron jazilan wa ana antadzirukum fi yaumi ba’d minal kitabah al-ukhrooo al jamilah wa tsiqooh

  23. saya sendiri sudah merasakan manfaat rasa syukur. sungguh luar biasa, karena aku yakin jika kita mensyukuri nikmat yang ada maka akan dilipat gandakan. tetap semangat ya……..!

  24. saya sendiri sudah merasakan manfaat rasa syukur. sungguh luar biasa, karena aku yakin jika kita mensyukuri nikmat yang ada maka akan dilipat gandakan. tetap semangat ya……..!

  25. melati ela
    2:31 pm February 14, 2010

    dengan membaca artikel ini, kita semakin tahu siapa diri kita, untuk apa kita ada dan kemana kita berjalan

  26. melati ela
    2:31 pm February 14, 2010

    dengan membaca artikel ini, kita semakin tahu siapa diri kita, untuk apa kita ada dan kemana kita berjalan

  27. Lilis
    8:05 am April 10, 2010

    Kebanyakan dari kita selalu berpikir apa yang kita dapatkan selalu kurang dari orang lain, padahal kalau kita mau merenung, melihat dan membandingkan kita dengan orang-orang yang disekitar kita (tentunya dengan orang2 yg dibawah kita tingkat penghidupannya) tentunya kita akan malu sendiri. Betapa nikmat yg telah kita terima lebih dari mereka

  28. Noviar Herlambang
    6:48 pm May 9, 2010

    terimakasih, sekarang saya sudah mendapatkan pencerahan, hati saya mulai cerah dan saya bersyukur telah membaca artikel ini…

  29. Noviar Herlambang
    3:15 pm May 18, 2010

    saya sedang belajar menjadi orang bersyukur, ternyata berat juga….tapi tetap maju terus pantang mundur…

  30. imamgoblog
    3:51 pm June 23, 2010

    diantara manfaat rasa syukur atas nikmat yang telah Allah berikan adalah yakni syukur itu akan menjadi energi positif sehingga hati dan otak sampai seluruh tubuh ini terasa sehat dan bertambahlah nikmatnya. La-In Syakartum la-azidannakum….->

  31. imamgoblog
    3:58 pm June 23, 2010

    Semua orang bisa bersyukur tetapi sedikit sekali orang yang biasa bersyukur.
    Kita terbiasa bersyukur kalau dalam hal mendapatkan kesenangan dan kemudahan, tetapi kita tidak terbiasa bersyukur ketika mendapatkan musibah, untuk itu mari kita berlatih dan membiasakan bersyukur dalam kondisi dan situasi apapun.

  32. salam..Syukur itu menjadikan .kita bersa tenag dan rasa mencukupi.

  33. rahcman
    6:41 pm July 23, 2010

    kapan dimanapun siapapun dlm kondisi apapun,,kita harus tetap berszukur kpd allah SWT.

  34. miftahulya
    8:56 am August 24, 2010

    memmang mudah untuk diucapkan namun sulit diaplikasikan semoga kita mejadii hamba Allah yagng selalu ingat kepada Allah sebagai jembatan rasa syukur. Amin

  35. Imma Akom via Facebook
    10:22 am September 12, 2010

    Semoga sy bs menjd pribadi yg lbh pandai bersyukur…

  36. Bersyukur itu harus kita aplikasikan dalam 3 unsur : Hati, Lisan & Tindakan. Memasukkan kedalam Hati, lalu mengucapkan ‘Alhamdulillah’ selanjutnya kita lakukan dengan Tindakan untuk berbagi kepada sesama.

  37. Apabila kekayaan dan kebahagiaan anda telah berlipat-lipat dan berjalan seimbang, maka anda telah berhasil mengembangkan kemampuan diri secara Quantum. Dengan cara itulah anda dapat menularkan dan membagi kekayaan serta kebahagian tersebut kepada orang lain, sehingga anda pun akan menjadi orang yang bermanfaat dan pandai Bersyukur.

  38. Gus
    10:08 am October 3, 2010

    Ya, Alloh ajarkanlah kami untuk pandai bersyukur dlm segala hal

  39. fuadiah
    2:04 pm November 15, 2010

    ya Allah bantulah hambaMu ini untuk selalu bersyukur kepadaMu

  40. Nunu
    9:13 pm December 21, 2010

    Alhamdulillah wa syukurlillah… Hati adalah pusat kehidupan manusia…dengan bersyukur hati kita akan merasa tenang dan Insya Alloh hidup kita pun akan dilimpahi rahmat dan ampunan dari Alloh SWT. .amiiin

  41. orang tuaku menamakan diriku ABDUS SYUKUR yg artinya hamba yg bersyukur namun sy sulit sekali mengejawantahkanya kedlam kehidupannyasehari-hari sy buka Quran surah 46 ayat 15 ternyata bersyukur itu suatu hidayah untuk selalu dicari atau diminta akhirnya sy menemui hidayah itu shg sy setiap habis sholat maghrib dan sholat shubuh insya Allah sy sllu melakukan sujud SYUKUR dan alhamdulillah sy menjalani kehidupanjadi tenang damai sabar danberkah sy diuji anak masuk RS dan sy pun sakit ALLAHUAKBAR ttp tnng.

  42. Abdullah
    2:35 pm April 10, 2011

    Thx so… For your advise,hope the god’ll be always bless you
    i love this site..
    Cool

  43. ABD SALAM
    7:05 pm October 30, 2012

    BUKAN KARENA BAHAGIA MENJADIKAN KITA BERSYUKUR… TAPI KARENA BERSYUKUR KITA MENJADI BAHAGIA

  44. aminn- semoga semua mengerti betul-betul arti syukur yg sebanarnya,,,,,,,maaf-maaf bila ada kata-kata yang salah

Leave a Reply

*

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield