Pola Pikir, Sikap

Sulit Itu Biasa, Yang Penting Lakukan Ini Agar Sukses

April 2, 2018

Ngomong-ngomong tentang sulit …

Ada sebuah komentar menarik pada salah satu blog lain saya, yang berbunyi:

cuman sayang adsense bagaikan mencari 10gram emas di 10 TON tumpukan pasir logam berwarna kuning. suliiiiittt

Ini adalah komentar terhadap posting saya tentang bisnis Adsense dan manfaatnya untuk bangsa kita.

sulit

Sudah Mengetahui Sulit, Terus Bagaimana?

“Sulit” adalah kata yang seringkali keluar saat kita akan melakukan sesuatu, termasuk bisnis. Kadang saya ingin bertanya, memang apa yang mudah. Adakah bisnis yang mudah dengan modal kecil dan akan menghasilkan banyak uang dengan mudah?

Jika ada, pasti saya sudah menjalankan bisnis tersebut. Setahu saya, dalam meraih sukses termasuk dalam bisnis pasti harus ada yang kita korbankan, kalau tidak uang, maka waktu atau tenaga yang harus kita korbankan.

Adalah sebuah fenomena hampir semua orang untuk mendapatkan cara yang mudah dalam menghasilkan uang sehingga dia akan disibukan oleh pekerjaan “mencari cara mudah”. Dia akan menghabiskan waktu untuk mencari sebuah “formula ajaib” yang akan membuat kita cepat kaya.

Padahal tanpa sadar dia membuang waktu yang seharusnya bisa dia manfaatkan untuk membangun usaha yang menurut dia sulit.

Semua Orang Mengalami Kesulitan

Dalam perjalan hidup, sulit selalu menyertai kita. Tidak pernah ada orang sukses yang hidupnya melenggang tanpa kesulitan. Justru hanya orang yang tidak bertindak tidak akan mendapatkan kesulitan (meskipun dia akan mendapatkan kesulitan pada hal yang lain).

Orang sukses bukanlah orang yang hidup tanpa kesulitan, tetapi orang yang bisa mengatasi kesulitan tersebut. Kalau pun kesulitan sampai membuat dia jatuh, orang sukses akan bangkit kembali.

Saya juga mengenal seseorang yang selalu menyerah jika ada kesulitan. Misalnya saat akan menjual sesuatu, dia mengatakan bahwa sudah ada saingan. Saya tawarkan yang belum ada saingan, dia mengatakan susah menjualnya.

Saya tawarkan produk lain, dia mengatakan bahwa modalnya perlu besar, sulit cari modal. Akhirnya sampai sekarang dia masil belum punya bisnis. Kenapa? Karena dia masih mencari bisnis yang mudah.

Sahabat, kesulitan selalu menyertai kita. Jika kita berusaha menghindari dari kesulitan, ibarat kita lari dari bayangan. Kemana pun kita pergi, sebagaimana bayangan, maka kesulitan akan selalu menyertai kita. Bayangan tidak akan mengikuti Anda, hanya jika Anda pergi ke tempat yang gelap selamanya.

Maukah Anda berada di tempat gelap selamanya?

Jika Anda berkata mudah. Itu benar.

Jika Anda berkata sulit. Itu Benar juga.

Bukankah Manusia Diberi Kemampuan Untuk Belajar?

Jika semua orang, termasuk mereka yang sukses, mengalami kesulitan, lalau mengapa mereka menjadi bisa? Ya karena mereka belajar. Kabar baiknya, Anda pun diberi kemampuan belajar. Perbedaanya adalah, Anda mau belajar atau tidak.

Banyak cara belajar. Yang paling mudah adalah mencontoh atau diajari oleh orang yang sudah melakukannya dengan sukses. Jika Anda mau belajar bisnis, belajarlah dari orang yang sudah sukses dalam bisnis. Baik belajar langsung atau melalui bukunya. Itu tidak masalah.

Yang masalah adalah, sudah mengetahui sulit tetapi tidak mau belajar. Maka akan sulit terus. Kesulitan akan Anda lalui setelah Anda belajar. Termasuk saat Anda mencoba, itu bagian dari belajar jika Anda mengambil pelajarannya.

Contoh permainan rubik pada gambar. Bagi yang belum bisa, sulit bukan main. Namun saat kita sudah memiliki pengetahuan (ilmu) dan berlatih mencoba mengatasinya, banyak orang yang bisa menaklukan permainan rubik dalam hitungan detik (dibawah 5 detik).

Kita belum bisa atau mengalami kesulitan karena kita belum mengetahui ilmunya dan belum terlatih melakukannya. Itu saja.

Seringkali Kesulitan Itu Hanya Di Awal

Saat saya pertama kali mengenal software wordpress, yang digunakan Motivasi Islami ini, saya mendapatkan banyak kesulitan. Padahal, wordpress itu sangat mudah. Tapi, kalau diawal menggunakannya, tetap saja saya mengalami kesulitan.

Sudah berapa kali saya melakukan kesalahan dan merusak website saya. Tapi seiring waktu, makin terasa mudah dan semakin akrab dengan wordpress. Sehingga wordpress menjadi sahabat setia saya hingga kini. Sekitar 90% website saya menggunakan wordpress.

Contoh mudah adalah saat kita belajar mengendarai mobil. Awal-awalnya akan mengalami kesulitan. Mulai dari cara belok, cara ngerem (ketukar sama ngegas), memindahkan gigi sering salah atau lupa nginjak kopling, dan sebagainya. Tapi, lama kelamaan, tidak sulit lagi bukan?

Begitu juga dalam berbisnis, bekerja, atau menjalankan profesi lainnya. Semua sulit, tetapi semua bisa Anda atasi jika Anda mau belajar. Ini kuncinya.

Kesimpulan

Jangan pernah kesulitan, kesusahan, halangan, hambatan atau tidak bisa menghalangi Anda untuk meraih sukses. Karena semua orang pada dasarnya pernah mengalami kesulitan, bahkan bisa saja terus mengalaminya. Mereka yang sukses adalah mereka yang mau belajar dan berusaha mengatasi kesulitan.

Anda punya potensi, hati, akal, dan jasad. Maka gunakan potensi Anda untuk mengatasi kesulitan. Karena tidak ada beban di dunia ini yang tidak bisa kita hadapi. Allah memberikan beban dibawah kesanggupan kita, artinya jika kita mau mengoptimalkan potensi yang Allah berikan, kesulitan apa pun akan bisa Anda hadapi.

Tidak ada gunanya terus mengeluh sulit kemudian mencari yang mudah. Kan lebih baik, putuskan sekarang juga apa yang mau Anda raih, kemudian bertindaklah. Saat menghadapi kesulitan, maka cari cara mengatasinya, belajar dan mencoba. In syaa Allah Anda akan bisa.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.club/
Follow Me

You Might Also Like

8 Comments

  • Reply Ace Karwan September 25, 2007 at 5:52 am

    Kesulitan memang identik dengan permasalahan, maka adakah orang2 yang menyenangi kesulitan dan menyenangi suatu masalah ?

    Kebanyakan manusia tentunya mencoba menghindari masalah yang datang, padahal seharusnya kita bisa menjadi manusia yang tidak bermasalah ketika masalah itu datang, kita juga tidak mempersulit diri tapi tidak juga menjadi manusia yang sulit untuk melihat kesulitan hingga muncul suatu kemudahan.

    Kalau kita alergi terhadap kesulitan dan selalu melarikan diri dari kesulitan itu sendiri, maka kita hanya berada dalam bayang2 kebahagiaan. Ingat !!, No free of charge for happines, dan terkadang kebahagian itu adalah sesuatu yang uniq, yang bentuk, moment dan rasanya tidak sama untuk semua orang.

    Kalau coba kita berkaca pada contex “jangan katakan beriman sebelum Aku uji keimananmu”, maka saya pikir context itu adalah suatu scenario Allah agar tercipta suatu proses implementasi keimanan dalam actualisasi kehidupan manusia, sedangkan contentnya bisa berupa positif thinking, kesabaran, perjuangan, do’a, pemikiran, keikhlasan hingga pengorbanan.

    Maka jika ada orang2 yang tak bermasalah ketika masalah itu datang, mereka tidak mempersulit diri ketika kesulitan itu muncul,
    merekalah orang2 yang focus kepada Allah dalam kehidupannya.

    Maka bisa jadi yang namanya permasalah, kesulitan dan keimanan adalah komponen2 yang harus di-convergen-kan untuk menghasilkan suatu kehidupan yang hight added value, tidak saja untuk diri sendiri tapi juga untuk orang lain dan lingkungannya, bahkan untuk suatu peradaban sekalipun, seperti apa yang ditakdirkan kepada Nabi Muhammad untuk lahir dijaman jahilliah dan merubahnya !!!

    Mudah2an sebagai muslim community, kita bisa terus menyadari dan memahami schenario Allah tersebut untuk tetap meningkatkan kualitas diri yang berorientasi pada iman dan taqwa, lalu bersyukur…..

    Hanya Allah yang maha benar.
    wassalam.

    nb.
    hm…ma’af ya…
    saya ngabuburit disini…
    sharing saja, untuk menambah keimanan saya, dan terima kasih untuk pak Rahmat yang telah terus memberikan spirit hidup kita.
    Insya Allah berkah. amin….

  • Reply herman September 26, 2007 at 5:16 am

    Di dunia tidak ada yang sulit, karena Allah SWT sudah menundukkan alam semesta ini untuk manusia.. yang ada adalah manusia-manusia pemalas … kenapa bisa malas, karena masalah pikiran .. jd yang diperlukan hanyalah tinggal merubah pola pikir aja

  • Reply Yoesoef September 26, 2007 at 4:57 pm

    Assalaamu’alaikum Wr. Wb.

    Tidak ada salahnya kita mengharapkan sesuatu yang menurut kita mudah, termasuk mengharapkan bisnis yang mudah.

    Tidak pula ada salahnya kita memohon kepada Allah untuk dikaruniai segala sesuatu yang mudah dalam hidup kita.

    Rasulullah SAW sendiri seringkali memohon untuk hal-hal yang mudah dalam hidup beliau.

    Akan tetapi skenario yang Allah berikan kepada kita tidak selamanya terlihat semudah seperti yang kita bayangkan dan kita harapkan dalam do’a-do’a kita bukan? Terkadang justru kita mendapati washilah yang sulit dan berbelit !!

    Percayalah, Shahabat !!
    Ketika Allah memberikan sesuatu tidak semudah permohonan kita, pada saat itu pula sesungguhnya Allah pasti senantiasa mendampingi kita menundukkan semua kesulitan pemberian-Nya kepada kita.

    Bukankah Allah tidak akan pernah sekalipun menurunkan kesulitan yang berada diluar kesanggupan kita untuk mengatasinya?

    Pabila semua terasa begitu sulit, yakinlah … Allah akan memberikan tuntunan, kekuatan dan pertolongan-Nya kepada kita, yang untuk itu kita harus memohon kepada-Nya kembali.

    Sesungguhnya Allah SWT beserta pertolongan-Nya berada sangat dekat dengan kita, bahkan lebih dekat dari urat nadi kita sekalipun.

    Yakinlah !! Allah Maha Menyaksikan segala upaya kita dan Dia tidak akan membiarkan hamba-Nya yang beriman berada selamanya dalam kesulitan selama masih berusaha.

    Robbighfirlii warhamni wajburni …..
    Semoga Allah mengampuni seluruh dosa dan kelemahan kita, dan mengasihi kita dan mencukupkan kekurangan-kekurangan kita ….

    Wallahu A’lam ….

    Wassalaamu’alaiku Wr. Wb.

  • Reply Rahmat September 27, 2007 at 2:40 am

    Untuk sahabat Yoesoef, saya setuju bahwa kita boleh-boleh saja mencari kemudahan. Tetapi jangan menghabiskan waktu hanya untuk “mencari cara” mudah, tanpa melakukan tindakan terfokus pada sesuatu yang menghasilkan.

  • Reply dewi permata September 26, 2007 at 10:31 pm

    Everything Is Difficult but nothing is impossible to Do!!!
    Sulit adalah keniscayaan, tinggal bagaimana kita menghadapinya dan menjadikannya sesuatu yg mudah

  • Reply Yudi Hermawan October 24, 2007 at 9:28 am

    Assalaamu`alaikum Wr wb.
    Dengan menyebut nama Allah yang maha pemurah dan penyayang, sungguh sangat menarik komentar dari saudara-saudara kita dalammenyikapi sesuatu yang sulit. Saya jadi teringan dengan Kalam Illahi dalam surat A-insyiroh ayat 5 “Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan”. Jadi sesungguhnya semua kesulitan yang akan kita hadapi itu hanyalah sebuah tangga yang akan mengantarkan kita pada lantai teratas dari keberhasilan kita dan akan semakin mendidik kita menjadi orang yang tangguh. Sehingga dengan ketangguhan ini kita memiliki kemampuan dan cara yang lebih inovatif dalam memecahkan hal-hal yang sulit tadi. Intinya kembali bagaimana kita mensikapi dengan berfikir positif.
    Waalahua`lam

  • Reply Ambar November 28, 2007 at 8:24 am

    Setiap orang pasti mengalami kesulitan!
    Tak ada era yang memberi batas atas definisi sulit.
    Sebuah kenyataan tentang apa sebenarnya makna hidup.

    Untuk maju dan berkembang !

  • Reply BAGUZ December 3, 2007 at 11:00 am

    Ada seorang yang sudah putus asa karena hidupnya selalu dipenuhi dengan kesulitan, bertanya pada seorang dukun terkenal di wilayahnya, “ada gak didunia ini tempat yang tidak ada permasalahan dan kesuliatan”, lalu sang Dukun menjawab; Ada…. dmn?
    Silahkan anda jalan saja lurus lalu dipertigaan itu anda belok kanan terus lurus lagi, 50 meter dari situ kanan jalan ada pohon besar nah dibelakng situ tempatnya. Lalu orang inipun melangkahkan kakinya kesana dan ternyata temapat yang ditemuainya adalah “KUBURAN”. Jadi ternyata didunia ini tidak ada yang mudah, tapi selama kita mau berusaha kemudahan akan datang… Wallahualam….

  • Leave a Reply

    WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield