Sebelum Mengatakan Tidak Mungkin

tidak mungkinAnda hobi mengatakan tidak mungkin? Banyak orang yang mengatakannya terhadap sesuatu yang belum pernah dia lakukan, apalagi berlum pernah dilakukan oleh siapa pun. Mengatakan tidak mungkin memang menjadi primadona, sebab dengan mengatakan tidak mungkin seolah kita sudah memiliki alasan yang cukup kuat untuk tidak bertindak.

Saat saya masih kecil, saya melihat orang yang mengatakan mungkin dan yang mengatakan tidak. Saat ini, keberhasilan kedua orang itu sungguh berbeda. Yang mengatakan mungkin, jelas lebih berhasil. Tahukah Anda, mengatakan tidak mungin sebenarnya menutup peluang bagi kita untuk mencapainya?

Banyak yang mengatakan, kalau ayah saya tidak mungkin mampu menyekolahkan anak-anaknya ke jenjang pendidikan tinggi. Orang lain mengatakan seperti itu, karena melihat profesi ayah yang memang memiliki penghasilan yang kecil, bahkan untuk makan pun pas-pasan. Yang mengatakan tidak mungkin memang terbukti, dia tidak bisa menyekolahkan anak-anak sampai perguruan tinggi. Tetapi ayah saya, yang mengatakan mungkin, berhasil menyekolahkan anak-anaknya sampai pergurunan tinggi. Inilah yang disebut dengan berpikir positif, jika Anda mengatakan mungkin, insya Allah mungkin terjadi. Lihatlah penjelasan selengkapnya di Beautiful Mind Power: Kekuatan Berpikir Positif Islami.

Saat saya bertanya kepada peserta seminar saya, bisakah memakan sepeda? Banyak yang mengatakan tidak mungkin. Tetapi ada juga yang mengatakan mungkin, bahkan motor HD pun bisa dimakan katanya. Kuncinya ialah: kita tahu caranya. Jadi, sebelum mengatakan tidak mungkin, kenapa tidak bertanya dulu? Kenapa tidak mencari tahu dulu? Kenapa tidak belajar dulu? Jangan terlalu cepat mengatakan tidak mungkin, bisa jadi hanya tidak kepikiran saja.

Menghasilkan uang dalam waktu cepat? Jangan katakan tidak mungkin terlebih dahulu. Berkali-kali saya pernah melakukannya. Saya pernah menghasilkan uang yang besarnya 2 kali penghasilan rata-rata bulanan saya dalam 1 pekan. Silahkan lihat ceritanya di cerita sukses ini.

Inilah penyebab kedua: karena mereka kurang kreatif. Mereka hanya melihat apa yang mereka pikir bisa, tetapi mereka lupa: sebenarnya mereka bisa “mencari caranya” dengan menggunakan teknik berpikir kreatif. Tingkatkan kreativitas Anda, maka Anda akan melihat lebih banyak kemungkinan dibandingkan dengan sebelumnya.

Jadi, sebelum Anda mengatakan tidak mungkin, tingkatkan dulu mindset atau pola pikir Anda. Banyak orang yang mengatakan tidak mungkin karena masalah pola pikir saja. Semakin Anda memiliki pikiran positif, semakin banyak kemungkinan yang akan Anda miliki. Yang kedua, tingkatkan kemampuan Anda berpikir kreatif. Seringkali kita menganggap sesuatu tidak mungkin karena kita belum mengetahui caranya.