Saya Sudah Berusaha!

Dapatkan 2 eBook senilai Rp 99.000 yang membedakan orang sukses dan gagal.

Masukan email Anda, klik Daftar untuk mendapatkan update artikel dan ebook Gratis Rahasia Sukses dari Zona Sukses.

Email:
test

Saya Sudah Berusaha, Tapi Mana Hasilnya?

berusaha“Saya sudah berusaha!” adalah keluhan yang sering saya terima baik via email maupun komentar. Mereka berkata sudah berusaha, tetapi hasilnya tidak ada atau tidak sesuai harapan.

Mereka merasa sudah berusaha dan bertanya, “apa lagi yang harus dilakukan? “. Mereka merasa seolah tidak ada lagi yang bisa dilakukan, mereka merasa sudah cukup alasan untuk mengeluh, mereka merasa sudah melakukan yang seharusnya.

Jawabannya: Anda harus memperbaiki usaha Anda. Saya yakin Anda sudah berusaha, tetapi jika tidak mencapai hasil yang diinginkan, artinya usaha Anda salah atau kurang sempurna (tidak sesuai yang seharusnya). Maka tidak ada jalan lain kecuali Anda memperbaiki atau mengubah cara Anda berusaha.

Saya Sudah Berusaha, Tetapi Ada Rintangan

Siapa yang tidak? Semua orang akan menghadapi rintangan, termasuk mereka yang sudah sukses saat ini. Bedanya, orang yang sukses mampu mengatasi rintangan itu. Jika Anda menghadapi rintangan tersebut, artinya Anda harus berusaha mengatasi rintangan tersebut. Jangan berpikir segalanya akan mulus, sebab tidak ada yang seperti itu.

Artinya jika Anda berhenti karena ada rintangan, Anda tidak berhak mengatakan “Saya Sudah Berusaha.” Yang jelas Anda belum berusaha untuk mengatasi rintangan. Anda harus menambahkan usaha extra agar rintangan tersebut bisa Anda atasi. Seperti Anda harus menginjak gas dan mengatur persneling saat menghadapi tanjakan.  Selalu ada usaha extra untuk mengatasi rintangan.

Anda tidak bisa berharap hidup tanpa rintangan. Yang diperlukan adalah bagaimana Anda menghadapi rintangan tersebut, apakah Anda mau berusaha mengatasinya atau dijadikan alasan untuk berhenti atau menyerah. Anda bisa mencari alasan, namun akan lebih baik mencari cara atau solusi mengatasi rintangan Anda.

Bingung? Tidak tahu cara mengatasi rintangan? Artinya Anda harus belajar baik dengan cara belajar kepada pengalaman atau praktek orang lain, baik via buku, seminar, pelatihan, ebook, dan video atau mencoba sendiri dan mengambil hikmah. Sekali lagi, bukan alasan untuk berhenti dan mengatakan “saya sudah berusaha”.

Saya Sudah Berusaha Dengan Cara Yang Benar, tapi…

Jika usaha Anda sudah benar, harusnya Anda mendapatkan apa yang Anda usahakan. Jika tidak, artinya usaha Anda tidak atau kurang benar. Oleh karena itu Anda perlu memperbaiki atau bahkan mengganti cara Anda berusaha dengan cara yang lebih tepat dan cara yang lebih baik.

Buang keyakinan bahwa hanya ada satu cara dan satu-satunya cara yang benar, yaitu cara yang sedang Anda lakukan saat ini. Ada cara lain yang lebih baik, hanya saja Anda belum mengetahui caranya. Untuk itu Anda harus belajar terus untuk memperbaiki cari Anda bekerja secara terus menerus. Teruslah mencari cara yang lebih baik dibandingkan apa yang sedang Anda lakukan saat ini. cara itu ada, Anda hanya belum mengetahuinya saja.

Perubahan Oleh Allah

Inilah ayat yang mengatakan bahwa jika Anda ingin berubah, maka Anda harus mengusahakan perubahan itu:

Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. (QS Ar Ra’d:11)

Jika Anda ingin mencapai kondisi tertentu, maka Anda harus berusaha untuk mengubahnya. Tidak bisa tidak, sebab Allah memang memerintahkan seperti itu. Jika omzet bisnis Anda ingin naik, maka ubahlah cara Anda dalam mengoperasikan bisnis. Jika Anda ingin mendapatkan karir yang lebih baik, maka ubahlah cara Anda bekerja. Jika keluarga Anda ingin lebih baik, maka ubahlah cara Anda berkeluarga dengan cara yang lebih baik.

Apakah Allah mengubah Anda atau tidak itu tergantung kehendak Allah dan usaha Anda untuk mengubah diri sendiri. Jika Anda tidak berubah juga, mungkin usaha Anda untuk mengubah diri sendiri belum benar.

Sudah Takdirnya Gagal?

“Saya sudah berusaha, tapi takdir mengatakan lain.”

Mungkin, memang Allah berkehendak Anda tidak berhasil sehingga mungkin Anda sudah berusaha tetapi Allah membelokan hasilnya sehingga tidak sesuai dengan keinginan Anda, ini sebagai ujian. Tapi ada kemungkinan kedua, yaitu Allah tidak mengubah Anda karena memang usaha Anda dalam mengubah diri Anda tidak serius atau dengan cara yang salah, ini sesuai dengan ayat tadi diatas.

Kita tidak bisa mengetahui apakah jika kita gagal termasuk yang kemungkinan pertama atau kedua. Yang sudah terjadi, kita terima sebagai takdir. Jelas, ini memang takdir. Namun untuk yang akan datang kita tetap harus berusaha seoptimal mungkin untuk mendapatkan yang terbaik, termasuk kita mencoba lagi dan memperbaiki usaha kita yang belum berhasil untuk hasil yang lebih baik di masa mendatang.

Saat Anda terpaku mengatakan bahwa Anda sudah berusaha dengan baik dan benar, kemudian mengatakan takdir, maka Anda tidak akan pernah memperbaiki diri. Yang sudah terjadi memang takdir, tetapi Anda juga ditakdirkan mendapatkan kesempatan untuk berusaha lebih baik lagi.

Sebuah Logika Sederhana

Jika Anda masih bertanya-tanya, kenapa Anda tidak mendapatkan hasil sesuai harapan, meski pun sudah berusaha, bisa dijawab dengan sebuah logika sederhana yang dijelaskan pada slide dibawah ini, klik tombol Play untuk membacanya.

Tetaplah berusaha!

Masuki Zona Sukses

Solusi bagi Anda yang ingin berubah, namun masih terasa sulit.

Anda tidak akan pernah sukses, jika masih berada di Zona Nyaman. Dapatkan ebook Memasuki Zona Sukses dan Tinggalkan Zona Nyaman, Plus update artikel Motivasi Islami. Masukan email Anda, Klik Daftar.

Email:

There is One Comment.

  1. Subhanallah..luar biasa terima kasih infonya

Leave a Reply

*

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield