Produktivitas 4 Kali Lipat

produktivitas

Produktivitas 4 Kali Lipat?

“Yang bener ah?”. Jangan protes dulu. Anda boleh percaya boleh juga tidak, tetapi silahkan baca artikel ini. Artikel ini mungkin akan membuka mata Anda, bahwa Anda sebenarnya bisa melipat gandakan produktivitas Anda sampai 4 kali lipat.

Artinya, selama ini kebanyakan orang hanya memiliki produktivitas 25% dari produktivitas maksimum yang bisa diraih. Artinya kita menyia-nyiakan produktivitas hidup kita sampai 75% dalam hidup kita selama ini. Tidak terima? Terserah Anda. Jika Anda ingin meningkatkan produktivitas Anda, silahkan baca artikel ini.

Mungkin Anda pernah mendengar Prinsip Pareto? Prinsip Pareto (aka Aturan Pareto/Hukum Pareto) mengatakan:

Roughly 80% of the effects come from 20% of the causes. Sumber: Wikipedia

80% efek datang dari 20% penyebab. Dari mana angka ini? Menurut penemunya, angka ini datang dari data statistik. Memang tidak selalu 80-20, bisa juga 90-10, 70-30, dan sebagainya. Namun angka yang paling banyak ditemukan adalah 80-20.

Prinsip pareto banyak diaplikasikan dalam berbagai bidang, termasuk masalah manajemen kualitas dan produktivitas di perusahaan. Dan, prinsip ini sudah terbukti efektif, makanya terus digunakan sampai sekarang.

Ini juga berlaku untuk pekerjaan kita. Artinya 80% hasil yang kita peroleh, datang dari 20% kerja kita. Untuk lebih jelasnya coba lihat gambar dibawah:

produktivitas

Misalnya pekerjaan Anda dibagi menjadi 5 group, A, B, C, D, dan E masing-masing 20%. Menurut prinsip pareto, hanya 20% pekerjaan yang memberikan hasil 80%, misalnya pekerjaan group A. Sementara total dari pekerjaan B, C, D, dan E hanya menghasilkan 20% hasil.

Sekarang: bagaimana jika waktu yang kita miliki untuk pekerjaan B, C, D, dan E kita gunakan untuk mengerjakan pekerjaan A? Hasilnya: produktivitas Anda akan naik 400%. Coba lihat gambar dibawah ini:

produktivitas

Jelas terlihat… produktivitas bisa naik sampai 400% jika Anda mau menyingkirkan 80% pekerjaan Anda yang memberikan hasil rendah diganti dengan pekerjaan yang memberikan hasil tinggi.

“Ini kan cuma teori…”

Saya sudah katakan diatas, bahwa angka 80-20 itu diambil dari data statistik yang berlaku terus menerus. Artinya diambil dari data empiris (kenyataan), bukan teori. Mungkin… Anda tidak bisa benar-benar mencapai 400%, bagaimana jika setengah saja, 200%? Bukankah sudah bagus?

Atau… Anda juga bisa memilih untuk mengurangi waktu kerja dan digunakan untuk hal lain. Misalnya untuk ibadah, keluarga, dan dakwah. Produktivitas Anda tetap tidak turun dan aspek kehidupan Anda yang lain pun tidak terabaikan. Coba lihat gambar dibawah:

produktivitas

Masih mengatakan tidak punya waktu? Jangan buru-buru mengatakan tidak punya waktu sebelum Anda menerapkan prinsip pareto dalam hidup Anda. Karena bisa saja sebenarnya Anda bisa menyisihkan 60% waktu untuk hal lain, tanpa menurunkan produktivitas Anda.

Lalu bagaimana aplikasinya? Bagaimana cara menerapkan prinsip pareto dalam kehidupan sehari-hari, karir, dan bisnis? Silahkan baca Modul 6 Revolusi Waktu dan aplikasikan untuk meningkatkan produktivitas Anda.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.club/
Follow Me

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield