Potensi Manusia

Dapatkan 2 eBook senilai Rp 99.000 yang membedakan orang sukses dan gagal.

Masukan email Anda, klik Daftar untuk mendapatkan update artikel dan ebook Gratis Rahasia Sukses dari Zona Sukses.

Email:

Akal Adalah Potensi Manusia Yang Dahsyat

potensi manusiaAkal adalah salah satu potensi manusia yang perlu kita syukuri. Salah satu cara bersyukur ialah mempergunakan akal kita sesuai dengan keinginan yang membuatnya, yaitu Allah SWT. Dengan akal, manusia memiliki kemampuan untuk memperoleh ilmu dan pengetahuan. Suatu kemampuan yang tidak dimiliki oleh makhluk lain.

Salah satu perintah Allah SWT kepada manusia ialah agar setiap tindakan dan tingkah lakunya berdasarkan ilmu.

“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.” (QS.17:36)

Setiap tindakan atau perbuatan yang tidak berdasarkan ilmu akan membuat kita menjadi orang yang merugi di sisi Allah. Di akhirat kita akan masuk neraka.

“Dan mereka berkata: “Sekiranya kami mendengarkan atau memikirkan (peringatan itu) niscaya tidaklah kami termasuk penghuni-penghuni neraka yang menyala-nyala”. (QS.67:10)

Begitu juga di dunia, selain kita tersesat, hidup tanpa ilmu bagaikan berjalan di tempat yang sangat gelap, kita tidak tahu apa yang harus dilakukan, atau kalaupun ada hanya mengikuti orang lain saja yang belum tentu benar atau salahnya.

Seberapa Dahsyatkah Potensi Manusia Itu?

Banyak orang yang mengatakan bahwa potensi manusia itu tidak terbatas. Sebenarnya, potensi manusia itu tetap terbatas, karena manusia hanyalah makhluq yang memiliki keterbatasan. Jika ada yang mengatakan potensi manusia itu tidak terbatas, itu menunjukan betapa besarnya potensi manusia, dan tidak ada yang mengetahui sampai dimana batasnya. Potensi manusia itu terbatas, hanya saja kita tidak mengetahui sampai mana batas potensi manusia itu.

Kita lihat, banyak manusia yang sudah melakukan hal-hal hebat dengan pikirannya. Semua pencapaian manusia sampai saat ini adalah hasil dari pemikiran manusia. Semakin lama, teknologi semakin canggih. Coba lihat teknologi dibidang permesinan, IT, komunikasi, dan sebagainya. Kita sering tercengang dengan munculnya teknologi baru, karena yang baru terus ada.

Kita juga bisa melihat, bagaimana orang mengumpulkan kekayaan yang sangat fantastis. Jika kita menghitung kekayaan orang-orang terkaya di dunia saat ini, sangat mencengangkan. Penghasilan sehari mereka, mungkin sama dengan penghasilan tahunan bagi kebanyakan kita. Artinya kemampuan pikiran untuk menghasilkan kekayaan sangat besar.

Semua itu hasil dari mengoptimalkan pikiran kita, yang merupakan potensi penting yang dimiliki manusia. Jika pencapaian kita masih minim, artinya kita belum mengoptimalkan potensi yang kita miliki. Orang lain yang memiliki pencapaian luar biasa, karena mereka sudah mengoptimalkan potensi yang mereka miliki.

Sudahkah Anda Mengoptimal Potensi Manusia Yang Dahsyat Ini?

Tidak sedikit manusia yang tidak mau mengoptimalkan akalnya. Contohnya ialah orang-orang yang sudah tidak mau lagi menggunakan akalnya dalam mencari ilmu. Mereka merasa ilmunya sudah cukup untuk hidupnya. Mereka ungkapkan berbagai alasan agar tidak lagi belajar atau menuntut ilmu.

Jangankan untuk membuka buku, sekedar mendengarkan orang lain pun ada saja yang tidak mau. Padahal jika kita rajin mendengarkan orang lain, kita akan mendapatkan ilmu gratis yang tidak perlu susah payah mencarinya.

Mereka mengunci mati akalnya sehingga tidak berkembang. Mereka menolak nasihat, seolah mereka sudah segala tahu, sudah menguasai segalanya, sudah tidak perlu lagi nasihat. Mereka tidak mau membaca buku dan belajar.

Jika ada hambatan di depannya, mereka langsung menyalahkan orang lain, menyalahkan lingkungan, menyalahkan kondisi, menyalahkan lingkungan, bahkan menyalahkan Allah Subhaanahu wa ta’ala. Hanya satu yang tidak mau mereka salahkan, yaitu diri mereka sendiri. Padahal, besar kemungkinan mereka sendiri yang salah karena tidak mau lagi mengoptimalkan potensi dirinya.

Cara Mengoptimalkan Potensi Diri

Maka akan muncul pertanyaan, bagaimana cara mengoptimalkan potensi diri?

Jawabannya adalah dengan mencoba dan belajar. Jangan hanya melakukan hal-hal yang sudah biasa Anda lakukan, tetapi mulailah melakukan hal yang baru. Mungkin hal yang selama ini takuti dan hindari. Lakukan, selama memberikan manfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Mungkin Anda akan menjalani profesi baru. Mungkin Anda akan menjalankan bisnis baru.

Hal yang baru akan “memaksa” diri Anda untuk menggali dan meregangkan potensi yang Anda miliki. Anda memang harus keluar zona nyaman. Anda harus melakukan sesuatu yang mungkin tidak Anda sukai. Mungkin menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan sakit, namun itulah cara bertumbuh, cara mengoptimalkan potensi Anda.

Potensi mansuia itu sangat dahsyat, sayang jika kita biarkan begitu saja. Masih besar peluang bagi Anda untuk mengoptimalkan potensi yang Anda miliki. Bisa untuk diri sendiri, untuk negara, dan yang terpenting untuk agama melalui dakwah dan jihad.

Marilah kita terus-meneruskan mengoptimalkan potensi akal kita agar tidak rugi baik dunia dan akhirat. Ingatkanlah saudara-saudara kita yang masih belum sadar akan hal ini. Nasib negara Indonesia akan sangat tergantung dari kualitas bangsanya sendiri. Allah sudah memberikan potensi manusia yang sangat dahsyat, mari kita mengoptimalkannya.

Masuki Zona Sukses

Solusi bagi Anda yang ingin berubah, namun masih terasa sulit.

Anda tidak akan pernah sukses, jika masih berada di Zona Nyaman. Dapatkan ebook Memasuki Zona Sukses dan Tinggalkan Zona Nyaman, Plus update artikel Motivasi Islami. Masukan email Anda, Klik Daftar.

Email:

There is One Comment.

  1. Isi artikel antum benar. Allah swt juga berfirman bahwa Dia tidak menciptakan manusia dengan sia-sia. Ayat itu jelas menunjukkan adanya tujuan-tujuan mulia yang harus direalisasikan oleh manusia dalam kehadiran mereka di muka bumi. Untuk itu, manusia harus mengoptimalkan akal dan kemampuan dirinya, untuk menjadi bermanfaat bagi dirinya, orang lain, dan alam semesta.

Leave a Reply

*

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield