Perlukah Kreativitas? Ini 2 Manfaat Terbesar Kreativitas

Dapatkan 2 eBook senilai Rp 99.000 yang membedakan orang sukses dan gagal.

Masukan email Anda, klik Daftar untuk mendapatkan update artikel dan ebook Gratis Rahasia Sukses dari Zona Sukses.

Email:

Manfaat Kreativitas Untuk Semua Hal

kreativitasBanyak yang ngira, manfaat kreativitas hanya bidang seni saja. Coba saja, saat Anda mendengar kata kreativitas, apa yang ada dalam benak Anda? Anak-anak? Seniman? Sering kali orang selalu mengasosiasikan kreativitas dengan anak-anak dan seniman.

Padahal, segala aspek kehidupan kita memerlukan kreativitas. Anda pebisnis, sangat butuh kreativitas. Anda karyawan, sangat butuh kreativitas. Anda arsitek, seniman, pengrajin, dan apa pun profesi Anda, Anda akan memerlukan kreativitas.

Lalu, apa itu kreativitas?


Definisi Kreativitas

Apa sich kreativitas itu? Saya sering menemukan, banyak yang salah membedakan antara kreatif dan terampil. Seseorang yang pandai membuat sesuatu disebut kreatif. Padahal belum tentu, bisa jadi dia hanya terampil.

Definisi kreativitas dari Wikipedia Indonesia:

Kreativitas adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru, atau hubungan baru antara gagasan dan konsep yang sudah ada.

Dari sudut pandang keilmuan, hasil dari pemikiran kreatif (kadang disebut pemikiran divergen) biasanya dianggap memiliki keaslian dan kepantasan. Sebagai alternatif, konsepsi sehari-hari dari kreativitas adalah tindakan membuat sesuatu yang baru.

Kata kunci dari kreativitas adalah “baru”. Yang dimaksud dengan baru, bukanlah benar-benar baru (dari tidak ada menjadi ada). Bisa jadi merupakan modifikasi, gabungan, atau pengurangan dari konsep yang sudah ada.

Hal ini penting ditekankan, karena jika kita salah pengertian tentang definisi “baru”, maka kita tidak akan pernah menjadi kreatif karena kita beranggapan bahwa kita tidak mungkin bisa menghasilkan hal yang baru.

Manfaat Nomor 1: Diharapkan Semua Orang dan Pilar Usaha

Apa yang diharapkan oleh semua orang? Ya, manfaat. Setiap orang mau membeli produk dan jasa karena membutuhkan manfaatnya. Manfaat kreativitas adalah untuk menghasilkan manfaat baru, yang lebih baik dari yang sebelumnya.

Dan pilar usaha adalah memberi manfaat kepada sebanyak mungkin orang dengan uang sebagai imbalan.

Dia dua hal ini dirangkum (manfaat bagi semua orang DAN pilar usaha), itulah yang disebut inovasi.

Dimulai Dari Ide

Hasil dari kreativitas adalah ide, gagasan, atau konsep. Bukan benda. Benda atau perwujudan lainnya ialah kelanjutan dari kreativitas. Orang kreatif adalah orang yang mempu menghasilkan ide yang banyak.

Sekali lagi, baru dalam tataran ide. Bukan berarti tidak perlu diwujudkan, tetapi itu adalah dalam bahasan lain. Jika kita bicara masalah kreativitas, maka kita bicara tentang bagaimana menghasilkan ide.

Tentu saja, setelah ide atau gagasan ada, yang perlu kita lakukan ialah mengevaluasi ide atau gagasan yang sudah kita hasilkan sehingga kita bisa memilih ide atau gagasan mana yang paling baik atau paling memberikan nilai atau manfaat.

Dari Ide Menjadi Manfaat Nyata

Kemudian, barulah kita memproses perwujudan ide tersebut menjadi karya nyata. Jika karya nyata ini bisa diterima dan memberikan manfaat bagi masyarakat, maka inilah yang disebut dengan inovasi. Inovasi adalah sesuatu yang baru yang memberikan perubah positif bagi seseorang atau sesuatu.

The goal of innovation is positive change, to make someone or something better. Innovation leading to increased productivity is the fundamental source of increasing wealth in an economy. [Sumber: Wikipedia]

Sekarang bisa kita fahami dengan jelas:  yang diperlukan oleh kita dan masyarakat adalah inovasi, namun untuk meraih tahap inovasi, sebelumnya diperlukan sebuah kreativitas terlebih dahulu. Tidak akan ada kreativitas tanpa inovasi.

Jadi kesimpulannya, kita memerlukan kreativitas sebagai langkah awal menuju inovasi, baik bagi kehidupan sehari-hari, bisnis, pekerjaan, maupun dalam semua aspek hidup lain.

Manfaat Nomor 2: Menghilangkan Apa Yang Tidak Disukai Semua Orang

Apa itu? Apalagi kalau bukan masalah. Semua orang punya masalah dan ingin menghilangkannya. Dan salah satu tahapan penting untuk mengatasi masalah adalah menghasilkan ide-ide solusi.

Tahapan selengkapnya bisa Anda baca di ebook The Solution Secret. Anda akan belajar, bagaimana cara mengatasi masalah dari awal. Salah satu langkahnya adalah menghasilkan ide.

Untuk menghasilkan ide, Anda membutuhkan kreativitas. Semakin kreatif Anda, semakin banyak ide yang dihasilkan, akan semakin besar peluang Anda mendapatkan solusi dari masalah Anda.

Banyak orang yang bingung saat ditimpa masalah. Dia bertanya, “Mau apa lagi?” Artinya dia bingung mau melakukan apa untuk mengatasi solusinya. Kenapa? Karena dia tidak punya ide. Dia tidak kreatif.

Orang kreatif akan menemukan ide untuk dia lakukan. Ide itu tidak pasti berhasil, tetapi setidaknya ada peluang berhasil. Berbeda jika terus dalam kebingungan, tidak akan pernah bisa mengatasi masalahnya.

Jadi, silahkan tingkatkan kemampuan kreativitas Anda disini, agar Anda menjadi pribadi yang lebih kreatif, mampu menemukan solusi masalah Anda. Hidup lebih indah, damai, dan bahagia jika Anda mampu mengatasi masalah.

Masuki Zona Sukses

Solusi bagi Anda yang ingin berubah, namun masih terasa sulit.

Anda tidak akan pernah sukses, jika masih berada di Zona Nyaman. Dapatkan ebook Memasuki Zona Sukses dan Tinggalkan Zona Nyaman, Plus update artikel Motivasi Islami. Masukan email Anda, Klik Daftar.

Email:

There are 3 Comments.

  1. AssWrWb, pak ato mas artikelnya bagus banget tak kopi juga buat blogku ya…. Insya Allah alamat ini juga tak cantumkan koq… Syukron

  2. Silahkan Mas Hendri selama link ke situs ini ada.

Leave a Reply

*

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield