Pentingnya Seorang Mentor Sukses

Dapatkan 2 eBook senilai Rp 99.000 yang membedakan orang sukses dan gagal.

Masukan email Anda, klik Daftar untuk mendapatkan update artikel dan ebook Gratis Rahasia Sukses dari Zona Sukses.

Email:
test

mentor suksesSejauh mana peran seorang mentor sukses? Seperti Anda lihat pada gambar disamping, ibu adalah mentor bagi anaknya. Sebab ibunya lebih dulu tahu tentang dunia dibandingkan anaknya. Saat kita lahir, banyak hal yang tidak kita ketahui, beruntunglah kita sebab ada seorang ibu atau orang tua lainnya di samping kita. Sehingga ada yang membantu dan mengarahkan kita.

Begitu juga dalam dunia karir maupun bisnis, kecuali Anda sudah segala tahu, maka Anda memerlukan seorang mentor untuk membantu, mempermudah, dan mengarahkan jalan bisnis dan karir Anda. Intinya kehadiran seorang mentor sukses sangat penting jika Anda mau sukses.

Bagaimana mendapatkan seorang mentor sukses?

Cara Mendapatkan Mentor Sukses

Berikut adalah tip-tip mendapatkan mentor sukses.

  1. Rajinlah silaturahim, terutama dengan orang-orang yang bisa Anda jadikan sebagai mentor. Tidak perlu seseorang ayng sudah kaya dan terkenal, cukup seseorang yang memiliki ilmu atau pengalaman dibidang yang kita perlukan. Jika Anda butuh seorang mentor carilah, bukan berharap mentor yang mencari Anda.
  2. Bersikaplah terbuka. Sebuah wadah tidak akan bisa diisi jika wadah tersebut tertutup. Begitu juga dengan pikiran kita, jika tertutup, maka kita tidak akan mendapatkan apa-apa dari siapa pun. Ciri-ciri pikiran tertutup:
    • Suka membantah. Dia menerima nasihat, tetapi saat dinasihati malah membantah.
    • Kalah dengan alasan. Saat ada halangan dia berhenti dengan alasan ada halangan tersebut.
    • Tidak menerima sesuatu yang baru. Dia hanya mau melakukan sesuatu yang sudah biasa dia lakukan saja.
    • Tidak mau menerima tantangan. Maunya dikasih tugas yang bisa-bisa saja.
  3. Hormati mentor. Kadang aneh, ada orang yang bertanya dengan cara maksa, marah-marah, atau tidak sopan. Mentor tersebut akan membantu keberhasilan Anda, maka wajar jika Anda menghormatinya.
  4. Mengertilah dengan kesibukan mentor. Jika mentor Anda orang sukses, pasti dia sibuk. Jangan mau punya mentor yang malas, nanti Anda akan terbawa malas.  Mentor yang baik, pasti mentor yang sibuk dan Anda harus mengerti. Tidak usah marah-marah saat pertanyaan Anda tidak dijawab. Sabarlah, coba pada kesempatan lain. Bukannya marah atau ngambek. Jika perlu, bantu kesibukan mentor.
  5. Jangan manja, seperti anak kecil. Kecuali Anda masih kecil, bersikaplah dewasa. Jangan manja, segala sesuatu ingin disuapin oleh mentor. Mentor itu hanya mengarahkan apa yang harus Anda lakukan. Bagaimana cara melakukannya itu adalah tugas Anda. Bahkan ada yang konyol, seorang yang manja malah minta mentor melakukan sesuatu untuk dia. Jika memang Anda ingin seseorang bekerja untuk Anda, itu bukan mentor. Carilah konsultan atau orang yang menawarkan jasa untuk melakukan sesuatu yang tidak Anda bisa. Yup, Anda harus membayarnya.

Haruskah Punya Mentor Sukses?

Pertanyaan saya, kenapa harus mempertanyakan ini? Mungkin ada yang berkata bahwa banyak orang yang sukses tidak memiliki mentor sukses. Tentu saja bisa saja. Namun satu kunci kesuksesan seseorang itu ialah dia melakukan sesuatu dengan cara yang benar. Untuk menemukan cara yang benar itu bisa Anda cari sendiri atau Anda belajar kepada orang yang sudah menemukannya. Itu semua pilihan Anda.

Memang, sebagian orang begitu enggan memiliki mentor sukses. Merasa berat memiliki mentor sebab dia tidak mau diatur atau diarahkan. Tidak apa-apa, jika seseorang tidak mau diarahkan, artinya dia harusnya sudah tahu arah atau akan mencarinya sendiri. Sekali lagi, itu terserah Anda.

Kenapa Orang Sukses Mau Menjadi Mentor Sukses?

Bukankah tadi dikatakan bahwa seorang mentor sukses itu biasanya sibuk? Lalu kenapa dia mau menjadi seorang mentor? Jika Anda mempertanyakan masalah ini, jelas Anda butuh seorang mentor sukses. Sebab ini salah satu rahasia sukses dan Anda belum mengetahuinya. Salah satu rahasia sukses itu adalah berbagi. Seseorang yang sukses tentu akan mau berbagi untuk keberhasilan dia sendiri. Mereka tidak akan menolak menjadi mentor sukses.

Kesimpulan

Bertindaklah. Mulailah bangun jaringan untuk mendapatkan seorang mentor sukses. Ingat tip-tip yang sudah dijelaskan diatas. Jika Anda bertanya apakah saya punya mentor, maka jawabannya ialah saya punya banyak mentor sukses.

Masuki Zona Sukses

Solusi bagi Anda yang ingin berubah, namun masih terasa sulit.

Anda tidak akan pernah sukses, jika masih berada di Zona Nyaman. Dapatkan ebook Memasuki Zona Sukses dan Tinggalkan Zona Nyaman, Plus update artikel Motivasi Islami. Masukan email Anda, Klik Daftar.

Email:

There are 5 Comments.

  1. Sekedar Tambahan sedikit, Dalam Dunia Maya (Internet) hal di atas juga berlaku seperti :
    1. Rajinlah silaturahim : Cari dan temukan Web/Situs Pengembangan Pribadi sesuai minat (apakah mau Personal atau Bisnis) contohnya http://www.motivasi-islami.com ini yang Sangat Bagus dalam Pengembangan Diri dan http://www.zonasukses.com untuk Bisnis
    2. Bersikaplah terbuka : Menerima masukan dari Artikel yang Bagus/Baik dan mengaplikasikannya.
    3. Hormati mentor : Kalau Copy paste Artikel suatu situs izinlah dengan penulisnya, minimal izin di kolom komentar
    4. Mengertilah dengan kesibukan mentor : hal ini bisa kita ikuti/pelajari Artikel2 yang berbayarnya dan beri masukan ke Penulis mengenai Artikel Berbayarnya
    5. Jangan manja, seperti anak kecil : Dewasalah dalam menghadapi/mempraktekan suatu Artikel karena dibutuhkan kesabaran dalam menjalankannya Intinya “LATIHLAH Setiap SAAT”

    Seorang Mentor SANGAT membantu, mempermudah, dan mengarahkan untuk tujuan Sukses.
    Salah satu rahasia sukses itu adalah berbagi (Berbagi Ilmu, Pengalaman atau Donasi atau sederhannanya Senyum dengan Komentar Positif Pasti Mentornya Senyum ;)
    Rajin2 ya Berkunjung juga ke Blog Saya (www.lautsamudra.blogspot.com) karena disana saya menulis Macam2 Pengalaman Pribadi dalam bentuk tulisan
    Semoga Kita Semua bisa menjadi Seorang Mentor minimal untuk Diri Sendiri selanjutnya Keluarga (Istri,Anak,Saudara) Masyarakat dan Dunia

    Semoga Share ini Berguna

    Lautsamudra

  2. @Laut..makasih tas tambahan ilmu na…
    @Admin..tak lupa jg ana ucpn SYUKRON kpd Pak Rahmat atas motivasi yang bpk brikan pda ana..
    moga kita diberikan ilmu yang brmnfaat..

  3. terimakasi Pak Rahmat, Pak Rahmat adalah salah satu mentor saya.

  4. pelajar
    8:50 pm December 30, 2010

    semakin kita berelasi dalam bisnis,kita akan tau mana yang bisa disebut MENTOR dan mana yang disebut MONSTER!!!hehe…jadi mari taati& laksanakan pasal demi pasal dari pak.rahmat,
    JANGAN berkata sulit saat kita sedang berjalan SEBAB sulit itu akan BERUJUNG FINISH!!!dan berganti BERHASIL!!!!!!!!!!!!!!!!!!(maaf tanda serunya banyak)

  5. insya allah sangat bermanfaat.

Leave a Reply

*

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield