Pentingnya Ketekunan dalam Bisnis

Pernahkan Anda merasa kehilangan semangat dalam berbisnis? Diawali dengan suatu harapan besar kemudian yang ditemukan ternyata hanyalah daftar panjang pekerjaan yang harus dilakukan? Padahal saat awal memulai bisnis, pikiran begitu dipenuhi dengan harapan-harapan indah. Bagaimana tidak, kita tergiur oleh tawaran penghasilan puluhan juta per bulan dengan mudah.

Begitu banyak orang yang mimpi bekerja di rumah dengan cara bisnis online. Harapan begitu membumbung tinggi karena iming-iming yang menjanjikan dari para penjual panduan bisnis online. Sementara kita bisa tetap berada ditengah keluarga, bisa sesekali bercanda dengan anak yang lucu-lucu. Melakukan akivitas dakwah cukup fleksibel karena tidak terikat peraturan kerja. Namun pada kenyataanya, hasil tidak segera di dapat karena pengunjung website kita sedikit.

Janji-janji para “guru” bisnis online yang menggiurkan kadang membuat para pebisnis online terlena. Berharap hasil besar dengan waktu singkat. Namun, karena semua itu tidak didapat, mereka akhirnya memutuskan untuk berhenti dan menganggap bisnis internet tidak menguntungkan. Semua “guru” bisnis online hanyalah pembual semua. Mereka menyerah.

Bukan, bukan seperti itu. Selalu ada yang harus dibayar untuk berhasil dalam bisnis internet, bahkan bisnis apa pun. Ada orang yang baru menghasilkan setelah 3 tahun. Ada juga yang menghasilkan setelah hitungan bulanan. Saya sendiri bisa menghasilkan ratusan dolar dari Google Adsense setelah usaha berbulan-bulan. Orang-orang seperti ini membayar dengan waktu dan usaha terus menerus atau apa yang disebut dengan ketekunan.

Maggie Clark adalah contoh kasus, dia memulai bisnis internet karena tidak menyukai pekerjaan lamanya. Dia berhenti dari pekerjaannya dan memulai bisnis internet. Dia sempat frustasi sebab bisnisnya tidak menghasilkan apa-apa pada bulan-bulan pertama. Namun istrinya tetap menyemangati untuk tetap bertahan dan terus menjalankan bisnisnya. Penghasilan mulai datang, USD 500, kemudian sampai USD 1500 per bulan dan bisa mencukupi keperluan keluarganya. Semua itu karena dia tekun.

Memang, saya tahu, Anda bisa menghasilkan hasil yang cepat dari bisnis online. Namun tetap ada harga yang harus dibayar dan dengan resiko yang tinggi. Saat saya membaca ebook-ebook yang menjanjikan penghasilan puluhan juta per bulan, ebook itu menyarankan kita harus mau mengeluarkan modal untuk membeli berbagai perangkat bisnis dan memasang iklan. Bahkan seorang pebisnis internet ternama dunia asal Indonesia menertawakan ada orang berharap bisa langsung kaya tanpa modal dan kerja keras.

Jika Anda tidak punya uang, maka Anda masih memiliki ketekunan. Ketekunan adalah modal yang sangat penting apalagi jika Anda tidak memiliki modal berupa uang. Mulailah berbisnis dan jalani bisnis dengan tekun. Lupakan kaya mendadak tanpa harus ada yang dibayar. Hukum take and give berlaku. No pain no gain.