Penghambat Sukses: Seperti Anak Kecil

Dapatkan 2 eBook senilai Rp 99.000 yang membedakan orang sukses dan gagal.

Masukan email Anda, klik Daftar untuk mendapatkan update artikel dan ebook Gratis Rahasia Sukses dari Zona Sukses.

Email:

penghambat suksesAda satu penghambat sukses yang seperti sifat anak kecil. Memang banyak hal yang bisa kita pelajari dan contoh dari sifat anak kecil untuk keberhasilan kita. Misalnya sifat keinginan belajar dan mencoba. Ini adalah sifat yang bagus dan perlu kita pertahankan. Tetapi ada satu sifat anak kecil yang tidak boleh dimiliki oleh orang dewasa seperti kita. Bahkan, jika anak kecil memiliki sifat ini pun sering membuat jengkel orang tuanya.

Sifat anak kecil ini banyak menjangkiti orang dewasa. Mungkin mereka tidak menyadarinya. Mereka menganggap sifat ini wajar, tetapi yang jelas ini akan menghambat seseorang untuk meraih sukses. Periksalah diri Anda, apakah masih memiliki sifat ini?

Penghambat Sukses Itu adalah Manja

Ah yang bener? Yup. Banyak orang yang manja. Ciri-cirinya ialah mereka yang sering mengatakan sulit. Mereka ingin segalanya mudah atau dimudahkan. Jika mengalami kesulitan mereka menuntut, merengek, atau mengeluh.

Saat menerima nasihat, satu kata yang sering keluar dari mulutnya ialah kata “sulit” atau “susah”. Mereka suka mengatakan hal-hal seperti ini:

“Teorinya sih gampang, tapi aplikasinya susah.”

“Nasihat yang bagus, tapi sulit.”

“Mau sich, tapi sepertinya susah.”

dan sebagainya.

Atau dia mengatakan,

“Saya sebenarnya bisa sukses, seandainya …”

Saat kata “seandainya” keluar dari mulutnya, berarti dia berharap orang lain, lingkungan, peristiwa, atau kondisi selalu mendukung mereka. Mereka tidak mau jika semua itu mempersulit mereka.

Periksalah Apakah Perngahambat Sukses Itu Ada Pada diri Anda?

Jika Anda mau berhasil, Anda perlu melakukan muhasabah. Cobalah periksa kata-kata yang sering keluar dari mulut Anda. Seberapa banyak Anda mengatakan sulit, susah, atau seandainya. Meski itu datang dari hati saja. Jika itu ada, artinya Anda termasuk orang yang manja. Periksa komentar-komentar yang Anda tulis, baik di blog pengembangan diri maupun status di facebook. Kesadaran akan hal ini akan membawa perubahan pada diri Anda.

Mungkin Anda akan berkata bahwa kondisi sulit itu memang benar adanya. Anda mungkin mengatakan bahwa ada alasannya. Anda mungkin berkata itu tidak bohong. Dan berbagai pembenaran lainnya.  Pembenaran-pembenaran ini tidak akan pernah membantu Anda untuk sukses. Alasan Anda mungkin benar, tetapi itu tidak akan mengubah apa pun. Banyak orang yang memiliki alasan tidak bisa bekerja. Alasan itu benar, tetapi apakah alasannya menjadikan dia mendapat gaji? Bagaimana pun alasan dia benar dan valid, jika tidak bekerja, dia tetap tidak mendapatkan gaji.

Memang Sulit, So What Gitu Lho?

Jika Anda mengatakan sesuatu itu sulit. Mungkin benar. Lalu?

Semua orang menghadapi kesulitan. Semua orang menghadapi tantangan. Kesulitan dan tantangan adalah bagian dari hidup. Yang membedakan orang sukses dan tidak adalah bagaimana mereka menyikapi kesulitan tersebut. Orang yang sukses akan belajar dan mencoba mengatasi kesulitan tersebut. Sementara orang yang gagal akan manja, berharap kesulitan tersebut tidak ada. Sayangnya itu tidak mungkin.

Berusahalah, belajarlah, dan cobalah. Kesulitan itu bagian dari hidup.

Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. (QS. Alam Nasyrah:5-6)

Seharusnya, orang yang memahami ayat ini tidak akan memiliki penghambat sukses ini.

Masuki Zona Sukses

Solusi bagi Anda yang ingin berubah, namun masih terasa sulit.

Anda tidak akan pernah sukses, jika masih berada di Zona Nyaman. Dapatkan ebook Memasuki Zona Sukses dan Tinggalkan Zona Nyaman, Plus update artikel Motivasi Islami. Masukan email Anda, Klik Daftar.

Email:

There are 10 Comments.

  1. Yang penting terus berusaha..:)

  2. Diah
    11:19 am December 26, 2010

    mau tanya? Apakah anda bisa memberi saya saran ke mana saya dapat memanfaatkan apa yang saya mampu lakukan untuk mendapatkan pekerjaan?
    Saya baru bisa menuntut ilmu hingga jenjang menengah, memakai jilbab, bisa mengaji. Apakah ada saran untuk saya?

  3. enny yulestera
    5:30 pm December 26, 2010

    wah mas terima kasih banyak telah membukakan driku
    q termasuk yg manja ternyata krn banyak alasan2 yg ku buat
    makasih byk y. q hrs n akan memperbaiki diri
    ^_^

  4. Mantap pak… Rasa manja tidak membuat kita maju. Tapi rasa percaya diri, berani, tidak mudah putus asa… yang harus kita pertahankan.

    Tksh

  5. intinya jangan mengeluh, brusaha dan berdoa agar kita bisa kluar dari kesulitan. :-l

  6. windu
    10:25 pm December 27, 2010

    wah manja tuh penting…… allah menciptakan sifat manja……. pada wanita….. pada suaminya…… jadi asyik…… o ya…. teman22 yang tertarik sekolah bidan dan perawat bisa hub saya….. ya….

  7. wow….terasa benar ‘menusuk’ saya artikel ini…mantap!!
    khususnya ‘orang sukses atau tidak tergantung bagaimana mensikapi kesulitan /masalah’ ,ayo action!!

  8. pelajar
    12:01 am December 30, 2010

    sip & benar!!!!!!!orang lain hanya melihat keberhasilan kita 1% tapi tidak melihat kegagalan kita yang 99%..jangan hiraukan suara penghambat karena kelak ia akan minta tolong pada kita hahaha….kayaknya lho,tp biasanya begitu,

  9. artikel bpk semua na berbobot..
    sekedar saran, tolong buatin artikel motivaasi buat pelajar spt ana ne..
    virus malas sering menghinggapi diri ana, dan ana tak tahu gimana cara menghilangkannya..tolong bantuan na..
    terimakasih sebelumnya..

  10. trimakasih atas informasinya serta tip tip nya dapat bermanfaat

Leave a Reply

*

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield