Pengembangan Karir Lebih Cepat

Pengembangan Karir Atau Mengeluh?

pengembangan karir lebih cepat

Menarik, dalam pengembangan karir, sering kali saya menemukan orang yang mengeluh karena karirnya yang mentok, tidak puas dengan pekerjaan, tidak puas dengan perusahaan, dan tidak puas dengan gaji yang diterima. Tahukah Anda, mengeluh itu hanya memperparah? Anda bisa terus mengeluh, menyalahkan siapa pun dan apa pun kondisi yang ada. Namun satu orang yang tidak Anda salahkan, yaitu Anda sendiri.

Mengeluhkan kondisi dan orang lain, akan menjadikan Anda sendiri merasa benar. Anda berharap semua orang berubah mendukung Anda. Anda berharap kondisi menjadi kondusif untuk karir Anda. Sementara, Anda sendiri tidak berubah. Ini karena Anda hanya fokus pada mengeluh dan menyalahkan.

Jika Anda mau berubah, yuk kita mulau memfokuskan pada diri Anda. Kita mulai melakukan pengembangan karir Anda. Ini akan lebih bermanfaat bagi Anda dari pada hanya mengeluh.

“Bagaimana jika sudah melakukan pengembangan karir, tetapi kondisi tetap tidak mendukung? Tetapi, orang-orang tetap tidak mendukung?”

Jangan khawatir. Karena bumi Allah itu luas. Jika Anda memang mengembangkan karir dengan baik, Anda bisa mendapatkan banyak peluang. Bukan hanya di perusahaan dimana Anda bekerja saat ini, namun di perusahaan-perusahaan lain yang jumlahnya sangat banyak.

Perusahaan-perusahan menginginkan karyawan terbaik. Cam kan itu! Anda tidak perlu khawatir untuk mencari peluang di perusahaan lain jika Anda seorang juara. Tidak akan sulit. Jika Anda masih takut, artinya ada belum cukup percaya diri dan kualitas diri Anda masih perlu ditingkatkan.

Demi mendapatkan karyawan terbaik, perusahaan menggunakan jasa Head Hunter. Artinya orang yang berkualitas itu diburu, bukan memburu pekerjaan. Tanyakan pada diri Anda, apakah Anda termasuk orang yang memburu perusahaan atau perusahaan yang memburu Anda? Jika Anda masih berpikir sulit mencari pekerjaan, artinya termasuk orang yang masih memburu, bukan diburu.

“Perusahaan saya tidak adil!”

Banyak juga yang mengeluh, bahwa perusahaannya tidak adil. Katanya orang berprestasi diabaikan, sementara orang yang OMDO (omong doang) malah dapat posisi yang bagus.

Begini: ada dua kemungkinan jika Anda berhadapan dengan kondisi seperti itu.

  • Itu hanya anggapan Anda saja, Anda hanya mampu menyalahkan orang lain, Anda hanya mampu melakukan pembenaran atas kesalahan atau kekalahan Anda. Mudah-mudahan bukan ini, jika benar ini maka saatnya untuk berubah.
  • Kemungkinan kedua adalah Anda bekerja di perusahaan atau atasan yang bodoh, dimana mereka hanya terpengaruh oleh omongan saja. Jika ini terjadi, buat apa Anda menghabiskan waktu hidup Anda untuk bekerja di perusahaan seperti itu?

Berubahlah Menjadi Pribadi yang Diburu Perusahaan

Terlepas apa pun yang terjadi. Apakah hanya alasan Anda atau perusahaan yang bodoh, jawaban yang tepat adalah mengubah diri menjadi pribadi yang diburu perusahaan karena kualitas dan kemampuan Anda. Ini akan menjadi solusi terbaik. Jika Anda bekerja di perusahaan bodoh, Anda tidak akan takut untuk mencari karir di perusahaan lain, sebab akan banyak perusahaan yang membutuhkan Anda. Jika Anda masih takut untuk berhenti dari perusahaan yang Anda anggap bodoh, artinya apa? Silahkan jawab sendiri.

Bagaimana cara berubah menjadi karyawan yang diburu perusahaan? Jawaban sudah Anda ketahui, yaitu kualitas dan kemampuan Anda plus punya kemampuan dalam memasarkan diri. Itu!

Pertanyaanya, sudahkan Anda punya program untuk pengembangan karir Anda? Jika perusahaan Anda perusahaan yang bagus atau tempat ideal Anda, maka Anda bisa terus mengembangkan karir di tempat saat ini. Jika Anda tidak puas dengan perusahaan Anda saat ini, maka rencanakan pengembangan karir secara umum, jangan berpikir sempit, sebab tempat bekerja bukan hanya di satu perusahaan.

Rahasia Menjadi Karyawan Yang Diburu

Ya, rahasianya sederhana, yaitu menjadi karyawan yang TERBAIK. Anda harus menjadi seorang JUARA. Alasannya juga sederhana, sebab persaingan akan terus ada, orang-orang hebat akan terus bermunculan. Jika Anda bukan orang terbaik, maka perusahaan tidak akan memburu Anda, tetapi orang lain yang lebih baik dari Anda.

Silahkan baca Meningkatkan Daya Saing Pribadi Atau Anda Tersisihkan. Anda harus punya daya saing pribadi, atau Anda akan akan tersisihkan, sebab semua orang akan mencari yang terbaik. Mental Juara Itu Perlu!

Inilah langkah-langkah agar Anda menjadi pribadi terbaik.

  1. Pertama: mulailah punya keinginan menjadi yang terbaik. Menjadi terbaik bukan berarti sombong, bukan berarti merendahkan orang lain. Pemahaman yang salah ini menjadikan banyak orang yang enggan menjadi yang terbaik karena takut riya atau sombong. Konsep beda, riya atau sombong, berbeda dengan menjadi orang yang terbaik dalam bidang Anda. Sombong/riya adalah masalah akhlaq, menjadi terbaik adalah masalah kemampuan Anda. Tahukah Anda ada orang sombong meski dia tidak punya kemampuan? Artinya sombong tidak ada hubungannya dengan kemampuan.
  2. Kedua: Pemilihan bidang yang akan Anda geluti. Nah ini, banyak yang salah pengertian, seorang juara harus baik dalam segala bidang. Tidak, cukup bisang spesifik saja. Apa yang paling menguntungkan untuk Anda. Dengan memilih bidang yang tepat, kita bisa fokus dan bisa menjadi juara.
  3. Ketiga: Fokuslah untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Berusaha, mencoba, berlatih, dan belajar harus menjadi pekerjaan utama Anda.

Pembahasan lebih detail tentang bagaimana Anda menjadi juara, baik untuk karir maupun bisnis bisa Anda dapatkan di Video The Champion Way. Jika Anda serius pada pengembangan karir, saran saya investasi di produk informasi ini.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php
Follow Me
zona sukses

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

2 Comments

  1. Saya sangat setuju dengan artikel Pak Rahmat. Mengeluh memang hanya akan memperburuk keadaan.
    Makasih sharingnya, pak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield