Pengembangan Diri : What, How, and Why

Dapatkan 2 eBook senilai Rp 99.000 yang membedakan orang sukses dan gagal.

Masukan email Anda, klik Daftar untuk mendapatkan update artikel dan ebook Gratis Rahasia Sukses dari Zona Sukses.

Email:
test

pengembangan diri

Ada tiga kata kunci sukses pengembangan diri

Ketiganya harus ada, jika tidak maka pengembangan diri Anda tidak akan berhasil. Sering kali sebuah buku pengembangan diri hanya membahas hanya salah satu atau dua dari ketiga kata kunci ini, sehingga buku tersebut tidak memberikan manfaat langsung kepada pembacanya. Dengan memahami ketiga kata kunci ini, insya Allah Anda akan mendapatkan manfaat lebih dari setiap buku atau ebook yang Anda baca.

Kata Kunci Pengembangan Diri Yang Pertama

Kata kunci pengembangan diri yang pertama adalah “what”. Atau apa yang harus dilakukan untuk mengembangkan diri? Jika Anda ingin menjadi seorang pembicara publik, apa saja yang diperlukan dan apa saja yang harus dilakukan. Anda ingin percaya diri? Apa saja yang diperlukan dan apa saja yang harus dilakukan? Jika Anda ingin berpikir positif, Anda pun harus bertanya apa saja yang diperlukan atau apa saja yang harus dilakukan. Kata kuncinya ialah “apa”. Kata “apa” akan memberikan kerangka kerja untuk mencapai sesuatu.

Kata Kunci Pengembangan Diri Yang Kedua

Namun tidak cukup dengan pertanyaan “what” saja. Banyak buku yang membahas “what” saja sehingga setelah membaca buku tersebut, kita masih bingung. Semua orang tahu bahwa sukses harus bertindak, tetapi bagaimana caranya? Semua orang tahu bahwa jika ingin sukses berbisnis harus banyak bersilaturahim, tetapi bagaimana cara bersilaturahim? Oleh karena itu, kata kunci pengembangan diri yang kedua ialah “how” atau lebih lengkapnya ialah “how to do”.

Jangan salahkan jika sebuah buku atau seminar yang hanya membahas “what to do”, karena memang itu tujuaannya. Yang diperlukan ialah usaha kita untuk mengetahui bagaimana melakukannya atau “how to do”-nya. Seorang entrepreneur haruslah kreatif, namun bagaimana agar kreatif? Anda harus mencari cara bagaimana supaya kita kreatif? Anda harus memiliki ilmu tentang kreativitas dan kemudian melatihnya. Jawaban ini baru dalam tahap “what to do”. Lalu, bagaimana caranya?

Kata Kunci Pengembangan Diri Yang Ketiga

Yang ketiga ialah “why”. Menurut Robert T Kiyosaki ini adalah kata kunci terpenting dibanding kedua kata kunci lainnya. “Why” adalah alasan yang mendorong Anda melakukan sesuatu. Jika Anda ingin memiliki keterampilan menulis, mengapa Anda harus memiliki keterampilan menulis? Semakin kuat jawaban Anda terhadap pertanyaan “why”, maka dorongan untuk melakukan akan semakin besar. Percuma Anda sudah mengetahui jawaban dari “what” dan “how”, tetapi tidak memiliki jawaban dari “why” atau jawabannya lemah. Jawaban dari “why” adalah motivasi Anda memiliki keterampilan tersebut.

Jadi dalam pengembangan diri Anda harus mengetahui what to do, how to do, dan why. Tanpa ketiga kata kunci ini, pengembangan diri Anda tidak akan berhasil.

Artikel Pengembangan Diri

Silahkan baca artikel pengembangan diri lainnya dibawah ini:

Masuki Zona Sukses

Solusi bagi Anda yang ingin berubah, namun masih terasa sulit.

Anda tidak akan pernah sukses, jika masih berada di Zona Nyaman. Dapatkan ebook Memasuki Zona Sukses dan Tinggalkan Zona Nyaman, Plus update artikel Motivasi Islami. Masukan email Anda, Klik Daftar.

Email:

There are 9 Comments.

  1. syar
    6:07 am November 25, 2008

    kita memang diciptakan berbeda-beda dan tidak mungkin kita mengikuti orang lain sesempurnanya namun Al Hujarat 11 telah menerangkan maka kita harus mengembangkan diri kita sendiri menjadi lebih baik

  2. dian
    7:00 pm November 26, 2008

    suatu keharusan bagi orang yang sudah dewasa mental dan pikirannya untuk mampu mengembangkan dirinya sendiri agar menjadi manusia yang betul2 berkualitas. kita juga perlu untuk mencontoh orang lain yang sudah sukses. dan tentu saja rajin2 membaca literatur2 bermanfaat macam artikel ini. thanx.
    http://motivasisuksesku.blogspot.com/

  3. wibi
    5:30 pm November 27, 2008

    magic words : “sukses itu mudah, asal anda tahu caranya, sukses hal yang sederhana tapi tidak bisa anda capai tanpa usaha, impian saja belum cukup, anda masih membutuhkan : TARGET – RENCANA KERJA – USAHA, apa yang anda capai adalah perpaduan berfikir, berkata dan lakukan/tindakan” Positif Thinking, Mampu melalui prosesnya, Kuncinya keputusan anda hari ini, Naluri manusia akan berbuat apapun untuk orang-orang yang dicintai, jadikan ini sebuah kekuatan anda untuk sukses. SUKSES ITU … sederhana! sederhana! sederhana!
    mudah! mudah! mudah! succes menanti anda….. ^_^

    regards

    wibi/ joker

  4. menjadi kreatif katanya bukan karena bakat, tapi karena terlatih……

  5. uly
    8:13 am December 13, 2008

    pengambangan diri intinya adalah:
    1. menyadari bahwa kita makhluk ciptaan Allah yang sempurna dibanding makhluk lain dan kita telah dianugerahi bakat/ keterampilan atau kemampuan untuk melakukan apapun dengan usaha yang keras dan berserah pada Nya
    2. bahwa setiap potensi itu bisa dikembangkan dengan melihat dimana minat kita sesungguhnya.
    3. yang paling utama Action…!!!

  6. hmmm…bener juga. kebanyakan dari kita taunya cuma apa yang ingin keta dapatkan dan bagaimana cara mendapatkannya..tapi dibalik itu semua pastinya harus ada alasan yang kuat untuk memotivasi diri sebagai sumber kekuatan kita…
    semoga saran diatas bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari oleh semua kalangan.
    artikel ini rencananya mau disebarkan untuk komunitas pelajar GENERASI EXCELLENT..
    TRIMS..

  7. Stop Dreaming Start Action
    9:38 pm June 20, 2009

    yang penting adalah usaha yang konsisten untuk mencapai hasil pengembangan diri yang maksimal. Min setiap hari kita mempunyai target untuk sedikit menjadi lebih baik.

  8. assalamu’laykum.

    good article, i have an idea, give an example to make reader easy. thank you very much

  9. kata kunci yang ketiga membuat saya tertarik, saya setuju dengan Kiyosaki kalau why menjadi lebih penting daripada yang lainnya. Motivasi kita adalah daya dibalik semua pencapian. Namun, sayangnya banyak diantara kita yang tak memiliki kata kunci why ini. namun syukurlah, sudah terdapat media sperti motivasi-islami ini yang menjadi wadah untuk saling mengingatkan kita menjadi lebih baik lagi.

Leave a Reply

*

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield