Pengaruh Motivasi Belajar dalam Karir dan Bisnis

Dapatkan 2 eBook senilai Rp 99.000 yang membedakan orang sukses dan gagal.

Masukan email Anda, klik Daftar untuk mendapatkan update artikel dan ebook Gratis Rahasia Sukses dari Zona Sukses.

Email:

pengaruh motivasi belajarAdakah Pengaruh Motivasi Belajar dalam karir dan Bisnis?

Seberapa besar pengaruh motivasi belajar dalam karir dan bisnis? Bukankah yang terpenting adalah bertindak bukannya malah belajar? Ya, bertindak memang memiliki bobot yang besar dalam tingkat keberhasilan, jika tindakan itu mengarah ke arah yang tepat dengan cara yang tepat. Arah yang tepat dan cara yang tepat hanya bisa Anda lakukan jika Anda memiliki motivasi belajar yang besar.

Pengaruh Motivasi Belajar

Untuk melihat dengan jelas, dimana pengaruh motivasi belajar dalam karir dan bisnis, akan saya gambarkan dalam 4 kasus dibawah ini.

  1. Kasus pertama: tanpa ilmu dan tanpa tindakan. Jelas orang bodoh dan malas. Akan sukses? Jelas, jangan sampai seperti orang dengan kasus ini. Ini jelas salah.
  2. Kasus kedua: punya ilmu tetapi tidak bertindak. Ilmu Anda akan percuma jika tidak bertindak.
  3. Kasus ketiga: tanpa ilmu tapi mau bertindak.
  4. Kasus ketiga: berilmu dan bertindak. Ini yang sempurna. Ilmu sebelum amal. Ini yang bagus, insya Allah akan sukses.

Untuk kasus ketiga ini ada dua sub kasus. Yang pertama tanpa ilmu, meski pun dia mau bertindak, maka orang ini tidak akan berhasil, kecuali mendapatkan keberuntungan. Anda tidak akan pernah mencapai sebuah tempat jika arah dan cara Anda mencapai tempat tersebut salah. Namun akan berbeda jika Anda bertindak meski tanpa ilmu, kemudian belajar dan mengambil hikmah dari tindakan Anda, maka keberhasilan ada di tangan Anda. Jadi dalam kasus ketiga ini, meski dia tidak memiliki ilmu, tetapi masih memiliki motivasi belajar, dia memiliki peluang sukses yang besar.

Kasus keempat adalah kondisi sempurna, Anda bertindak berdasarkan ilmu, baik dari pengalaman diri sendiri maupun orang lain. Peluang suksesnya akan lebih besar. Dia akan bertindak ke arah yang tepat dan dengan cara yang tepat.

Yang tidak boleh adalah belajar saja tetapi tidak pernah mengaplikasikannya. Sebaliknya bertindak saja tanpa belajar juga tidak boleh, keduanya harus berjalan seiring, tidak mementingkan salah satu saja.

Pengaruh Motivasi Belajar Dalam Karir

Apa yang diharapkan seorang atasan atau perusahaan terhadap karyawannya? Ya, seorang karyawan yang mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Termasuk, tugas-tugas yang sulit dan baru. Saat seorang karyawan mampu menjalankan tugasnya dengan baik, maka wajar jika atas akan menyukai karyawan ini. Bayangkan jika seorang karyawan yang tidak memiliki motivasi belajar, dia akan membuat jengkel atasannya karena segala tidak bisa.

Lebih jauh, pengaruh motivasi belajar dalam karir, akan menjadikan karir Anda lebih sukses. Anda akan selalu mengerjakan sesuatu lebih baik dibandingkan dengan karyawan yang tidak memiliki motivasi belajar. Kalaulah, semua karyawan di tempat kerja Anda memiliki motivasi belajar semua, apa jadinya jika Anda tidak memiliki motivasi belajar? Dijamin, Anda akan paling tertinggal dibandingkan dengan karyawan lainnya.

Jadi, tidak ada pilihan lain, Anda harus memiliki motivasi belajar sebab pengaruh motivasi belajar sangat jelas, karir Anda akan maju atau setidaknya Anda mampu bertahan.

Ingat: persaingan Anda bukan hanya karyawan satu perusahaan dengan Anda. Sekarang, setiap tahun, perguruan tinggi terus meluluskan ribuan angkatan kerja. Orang-orang baru, dengan pengetahuan dan wawasan terkini siap mengancam posisi Anda. Belum lagi, para ahli yang datang dari luar negeri pun bisa menggoyang posisi Anda. Masihkah malas belajar?

Pengaruh Motivasi Belajar dalam Bisnis

Yang penting action? Benarkah? Mampukah Anda langsung mengambil motor dan berbalap dengan Casey Stoner? Tidak, Anda harus belajar dulu menggunakan motor tersebut.

Berbisnis tanpa ilmu, Anda bisa salah arah dan cara yang Anda lakukan tidak tepat. Untuk apa membuat cara sendiri? Padahal, sudah ada cara yang sudah terbukti sukses yang sudah dilakukan oleh orang lain. Anda tinggal menirunya. Artinya Anda bisa belajar kepada pengalaman orang lain.

Analoginya, jika Anda pergi dari Bandung ke Jakarta, Anda tidak perlu membuat jalan sendiri, Anda tinggal gunakan jalan yang ada. Itu akan lebih cepat dari pada harus membabat hutan dan meratakan gunung sendiri. Jangan konyol, Anda tetap harus belajar baik sebelumnya, juga sambil berjalan.

Belum lagi, perkembangan teknologi berkembang pesat. Saya sangat merasakan bagaimana perkembangan teknologi internet yang cepat berubah menuntuk saya belajar terus agar bisa menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Jika tidak, bagaimana saya bisa bertahan dan memenangkan persaingan.

Sudah banyak perusahaan yang gulung tikar karena perubahan teknologi. Perubahan ini tidak bisa kita hentikan. Yang perlu dilakukan ialah kita perlu terus belajar agar bisa mengikuti perubahan yang terjadi. Pengaruh motivasi belajar jelas akan berpengaruh jika kita melihat perubahan yang tidak pernah berhenti.

Sama halnya dengan pengaruh motivasi belajar dalam karir, pengaruh motivasi belajar dalam bisnis pun untuk bertahan dan memenangkan persaingan. Pak Purdie Chandra salah seorang yang mendorong kita bertindak dalam bisnis, tetapi bukan berarti tanpa ilmu atau tanpa belajar terlebih dahulu. Selama saya belajar di EU dulu, saya banyak mendapatkan ilmu dari beliau strategi bisnis yang jitu. Om Bob Sadino, sering membeli literatur ke luar negeri saat akan menjual produk tertentu. TDW juga mengeluarkan biaya yang banyak untuk belajar ke luar negeri.

Sebagai penutup, sebuah kutipan luar biasa dari Imam Syafi’i, seorang ulama besar yang tersohor:

“Barangsiapa menginginkan sukses dunia hendaklah diraihnya dengan ilmu dan barangsiapa menghendaki sukses akherat hendaklah diraihnya dengan ilmu, barangsiapa ingin sukses dunia akherat hendaklah diraih dengan ilmu” ~Iman Syafi’i

Percayalah, pengaruh motivasi belajar sangat besar dalam kehidupan Anda.

Masuki Zona Sukses

Solusi bagi Anda yang ingin berubah, namun masih terasa sulit.

Anda tidak akan pernah sukses, jika masih berada di Zona Nyaman. Dapatkan ebook Memasuki Zona Sukses dan Tinggalkan Zona Nyaman, Plus update artikel Motivasi Islami. Masukan email Anda, Klik Daftar.

Email:

There are 3 Comments.

  1. zehan
    8:17 am July 2, 2011

    saya ada pertanyaan tentang anak saya. waktu berlajar dikelas atau dirumah dia suka berhahal. pelajaran dia ok tiada masaalah. tapi untuk menghabiskan sesuatu tugasan itu lambat, dia kena selalu tegur dan duduk disebelah dia. saya sudah kesan masaalah ini sejak dia berusia 6 tahun lagi sekarang dia sudah berusia 9 tahun. guru sekolah memberikan komen yang sama juga. adakah keadaan ini akan berlarutan sehingga dia berkerja nanti? apabila di suruh baru di buat. apa perlu dilakukan oleh kami untuk menggatasi nya?

  2. terimaksih informasih motivasi belajarnya…moga bisa saya manfatkan.

    blogwalking sykuran kenaikan pagerank

  3. betul banget tu, istilah na ilmu harus kita update dan upgrade tanpa begitu kita bakalan ketinggalan zaman atau kalah dengan yang lain..

Leave a Reply

*

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield