Panduan Lengkap Cara Membuat dan Mencapai Tujuan

zona sukses

Untuk Hidup Yang Lebih Baik

cara-meraih-tujuan

Siapa pun ingin meraih hidup yang lebih baik. Namun masih banyak yang masih bingung, bagaimana caranya agar hidup lebih baik? Apa yang harus dilakukan? Bagaimana cara memulainya?

Dimulai dengan Tujuan. Jika Anda ingin lebih baik, dimulai dengan tujuan. Apa definisi “lebih baik” Anda? Nah definisi itulah yang dirumuskan dalam sebuah tujuan hidup.

Pada dasarnya, semua orang sudah memiliki tujuan, namun belum dirumuskan dengan baik. Perumusan tujuan akan membantu Anda mempermudah mencapainya, dalam arti hidup lebih baik. Memang ada orang yang bisa berhasil tanpa merumuskan tujuan. Perumusan tujuan akan mempermudah Anda meraih hidup yang lebih baik.

Artikel ini adalah panduan yang merupakan kompilasi berbagai artikel sebelumnya. Saya sertakan link-link artikel yang menjelaskan setiap tahapannya lebih jelas. Artikel ini memandu Anda agar memahami gambaran besar dalam membuat dan meraih tujuan.

Cara memanfaatkan artikel ini adalah:

  1. Baca artikel ini sampai selesai tanpa mengunjungi link-link yang disertakan sampai selesai.
  2. Setelah memahami gambaran besarnya, silahkan baca artikel-artikel yang linknya disertakan pada artikel ini secara berurutan atau sesuai keperluan Anda.

Dimulai Dengan Visi Yang Jelas

Visi adalah cetak biru atau gambaran hidup Anda dimasa mendatang. Tanpa visi yang jelas, Anda tidak akan punya arah hidup yang jelas. Visi juga menjadikan hidup Anda akan lebih bermakna.

Memiliki visi yang kuat, tegas, dan jelas akan menjadikan hidup Anda lebih bermakna, lebih termotivasi, dan lebih terarah (efektif) sehingga terhindar dari kesia-siaan. Hidup ini hanya sekali, maka jadikan bermakna.

Baca Juga

BACA Juga  Memompa Pikiran

Memahami Pentingnya Membuat Tujuan

Anda tidak akan pernah mencapai tujuan Anda, jika tujuan Anda tidak ada. Anda akan sulit menacapai tujuan, jika tujuan Anda samar atau tidak jelas. Disinilah pentingnya sebuah tujuan, agar Anda bisa melangkah dengan jelas. Keberadaan tujuan akan menjadikan setiap langkah Anda bermakna, sebab akan mengarah kepada sesuatu yang berarti bagi hidup Anda.

Selangkapnya silahkan baca artikel ini:

Mengapa Harus Membuat Tujuan Pribadi?

Saatnya Membuat Tujuan

Sekarang, setelah memahami tentang visi dan pentingnya membuat tujuan, maka langkah selanjutnya adalah membuat tujuan. Jangan hanya menyebutkan “saya ingin kaya”. Pertanyaanya seberapa kaya Anda? “Saya ingin bermanfaat bagi sebanyak mungkin orang lain”. pertanyaanya adalaha apa manfaat yang akan Anda berikan? Apa saja manfaat yang akan diberikan? Sebarapa banyak target orang yang mau Anda beri? Kapan?

Kejelasan tujuan akan memudahkan Anda melangkah dan lebih terarah. Tujuan yang masih mengambangan akan menjadikan tindakan Anda mengambang juga. Tujuan yang jelas dan tegas akan menjadikan Anda lebih jelas dan tegas pula dalam melangkah.

Bagaimana agar tujuan Anda tegas dan jelas, banyak orang yang menyebutnya dengan metode SMART. Selangkapnya tentang metode SMART bisa dibaca disini:

Membuat Tujuan dengan Metode SMART

Diharapkan sampai saat ini Anda sudah membuat tujuan. Jika belum, silahkan buat dulu.

Capailah Tujuan Anda!

OK sejauh ini anda sudah memahami bagaimana cara membuat tujuan. Bukan sekedar tujuan, tetapi tujuan yang jelas dan tegas. Tujuan yang memberdayakan dan lebih mudah untuk mencapainya. Namun, banyak orang yang membuat tujuan, tetapi tidak mencapainya? Jika Anda ingin mencapai tujuan Anda, silahkan lakukan tahapan berikut ini:

Langkah #1: Bangun Keyakinan Anda

Anda tidak akan pernah bisa meraih tujuan Anda jika Anda tidak yakin tujuan Anda akan tercapai. Cara memperkuat keyakinan sudah saya tulis dalam artikel berikut:

BACA Juga  Mengapa Harus Membuat Tujuan Pribadi?

Memperkuat Keyakinan Anda Untuk Meraih Tujuan

Langkah #2: Mulailah Sekarang Juga

Salah satu hambatan mencapai tujuan adalah menunda-nunda. Anda harus mulai sekarang, sekali lagi SEKARANG. Maaf dengan huruf besar. Bukan bermaksud teriak atau marah, tetapi sebuah penekanan bahwa memulainya sekarang juga itu sangat penting. Jangan banyak alasan, mulailah sekarang untuk meraihnya. Jika Anda mengatakan besok, maka besok pun Anda akan mudah mengatakan besok.

Apa yang harus dilakukan saat memulai mencapai tujuan? Ini cara memulainya:

Cara Memulai Menggapai Tujuan

Langkah #3: Susunlah Strateginya

Sebelum membuat rencana, yang perlu Anda lakukan adalah menyusun strategi. Rencana dibuat berdasarkan strategi yang sudah Anda susun, kemudian nantinya dirinci menjadi sebuah rencana.

Mengapa harus repot menyusun strategi segala?  Langsung action saja? Ya, memang kita harus action? Tapi tindakan apa? Untuk meraih sukses itu Anda perlu bertindak dengan cara yang tepat. Nah, strategi akan menentukan tindakan yang tepat. Susunlah strateginya. Nich baca artikelnya:

5 Strategi Mewujudkan Tujuan Anda

Jika menurut Anda tidak usah repot dengan strategi, mau langsung action, maka saran saya tutup artikel ini dan silahkan langsung action. Bukan protes.

Jika Anda mau menyusun dulu strategi tindakan Anda, silahkan baca. 🙂

Langkah #4: Buatlah Rencana

Seperti disebutkan pada artikel diatas, bahwa cara memulai meraih tujuan adalah dengan membuat rencana. Buat rencana sekarang juga. Rencana itu adalah Jembatan Menuju Impian

Langkah #5: Jika Tujuan Anda Menantang

Saya sendiri suka tujuan menantang, bagaimana dengan Anda?

Jika tujuan Anda menantang, perlu perlakukan khusus. Perlakukan khusus itu pada diri anda, yaitu Anda harus berusaha menyesuaikan level diri Anda dengan level tujuan Anda. Kita tidak bisa meraih tujuan kita, jika kita tidak meningkatkan kemampuan kita. Saya sudah menulis panduannya untuk mencapai tujuan yang menantang. Silahkan baca di

BACA Juga  Rahasia Sukses Itu Adalah DUIT

Cara Mencapai Tujuan Yang Menantang

Langkah #6: Agar Tidak Gagal

Kunci agar Anda tidak gagal dalam meraih tujuan adalah keyakinan dan tidak berhenti. Bagaimana agar Anda tidak berhenti? Silahkan baca kedua artikel ini:

Agar Tidak Gagal Lagi Dalam Meraih Tujuan Hidup

Juga baca artikel ini:

Cara Mencapai Tujuan

Selamat membuat tujuan dan mencapainya, semoga hidup Anda menjadi lebih baik.

7 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield