Mulai dari Hal yang Kecil Dan Raih Pencapaian Besar

Mungkin Anda tidak asing dengan ungkapan mulai dari hal yang kecil.

Sebuah ungkapan yang dipopuler oleh guru kita KH Abdullah Gymnastiar atau dikenal dengan nama AA Gym.

Saya melihat, ungkapan ini menjadi sebuah solusi bagian sebagian orang yang begitu sulit bertindak atau suka menunda-nunda.

Kenapa orang suka menunda-nunda atau enggan melakukan sesuatu?

Salah satu penyebabnya adalah kerumitan. Ada orang yang dengan kemampuannya dan semangat menyukai kerumitan. Tapi banyak juga yang tidak.

Nah, artikel ini bagi Anda yang selama ini merasa sulit untuk bertindak padahal ingin meraih sesuatu. Misalnya ingin sukses dengan sebuah bisnis, sudah dikatakan memulai, tetapi belum juga berjalan. Maka, yg perlu Anda lakukan adalah: mulai dari hal yang kecil.

Mulai dari Hal yang Kecil Untuk Meraih Pencapaian Besar

mulai dari hal yang kecil

Kata siapa jika kita tidak melakukan tindakan besar tidak akan mencapai tindakan besar? Anda bisa meraih hasil atau pencapaian besar dengan mulai dengan tindakan yang bisa dianggap kecil. Video ini sangat relevan dengan konsep mulai dari hal yang kecil untuk meraih pencapaian besar.

Tonton dulu yah videonya, supaya pembahasan nyambung.

Saya menyebutkan dengan efek domino atau raksi berantai, artinya 1 kesuksesan kecil bisa membawa kepada kesuksesan besar. Secara konsep, efek dominino bisa dilihat pada video diatas.

Dalam video ini, 1 keping domino kecil dengan tinggi hanya 5 mm bisa menjatuhkan domino setinggi 1 meter berbobot sekitar 50 kg. Artinya 1 keberhasilan kecil bisa berdampak pada keberhasilan yang besar.

Jadi, tugas Anda adalah menemukan apa 1 hal kecil itu, lakukan dengan sukses. Jika Anda memilih tindakan yang tepat, maka reaksi berantai akan terjadi. Keberhasilan keberhasilan besar akan lebih mudah Anda raih.

Aplikasi Mulai Dari Hal Kecil Apakah Semudah Itu?

Relatif, tergantung apa definisi “mudah” yang Anda pikirkan. Jika Anda berpikir seperti tongkat ajaib, saya katakan: “lupakan saja!”. Meski pun terdengar konyol, tapi nyatanya suka ada saja yang berharap seperti itu.

Tidak sedikit orang yang mengeluh, “ternyata susah”. Kenapa? Karena harapannya seperti mengayunkan tongkat ajaib. Sekali ayun, apa pun yang Anda inginkan langsung ada. Tidak seperti itu.

Tapi tetap, konsep berpikir seperti efek domino akan mempermudah Anda mencapai impian besar.

Step by Step Menerapkan Konsep Efek Domino

Banyak yang mengeluh seperti ini:

Kenapa tidak punya modal? Kenapa tidak bisa melakukan sesuatu? Jangan dulu mengatakan saya tidak berbakat.

Jawabannya karena Anda berpikir terlalu jauh.

Misalnya, Anda mau membangun bisnis. Setelah Anda hitung, ternyata modalnya Rp 500.000.000. Anda kaget dan Anda berkata, “Saya tidak punya modal”. Modal yang dibutuhkan terlalu besar.

Berbeda bagi orang yang sekarang sudah punya Rp 400.000.000. Mungkin dia tidak akan sekaget Anda dan sudah kebayang bagaimana mendapatkan kekurangannya.

Jadi, bukan masalah besarnya, tetapi Anda berada di level dimana. Bagi orang yang levelnya sudah milyaran, uang Rp 500 juta adalah hal mudah. Yang levelnya ratusan juta, mungkin perlu usaha, tapi bukan hal yang memberatkan. Bagi yang levelnya masih jutaan, yang mungkin terlalu berat untuk memiliki modal setengah milyar rupiah.

Jangan Lupakan Tujuan Besar Anda, Tapi Mulai Dengan Tujuan Kecil

Bukankah Anda pernah mendengar, bahwa banyak perusahaan besar yang dimulai dengan bisnis kecil bahkan skala rumahan? Itu sebuah bukti, bahwa hal besar bisa diraih dengan hal kecil. Lalu kenapa Anda tidak memulai dengan hal kecil dulu?

Pegang dan ingat mimpi Anda untuk membangun bisnis milyaran, namun mulai bertindak dengan bisnis kecil dulu sesuai kemampuan dan sampai sukses. Anda harus sukses di bisnis kecil dulu. Ingatnya, jalankan bisnis kecil sampai sukses, agar Anda bisa bertahap membangun bisnis yang lebih besar.

Jika Anda tidak sukses menjalankan bisnis kecil, kenapa bermimpi akan sukses di bisnis besar? Mulai dari hal kecil bisa berarti mulai sukses dari hal kecil Anda. Sukses menghasilkan uang, sukses mengelola uang, dan tidak lupa sukses untuk reinvest uang.

Menjadi Seorang yang Hebat, Mulailah Dari Yang Kecil

Begitu juga berkaitan dengan kemampuan. Sebagai contoh kecil, saya dengan mudah menulis artikel sampai ribuan kata dengan sekali duduk. Tapi itu sekarang, dulu bisa menulis 300 kata saja sudah untung. Bahkan saya melihat artikel-artikel saya dulu, banyak yang dibawah 300 kata.

Setelah saya menulis ratusan artikel dengan panjang dibawah 300 kata, saya lanjutkan dengan 500 kata, 700 kata, kemudian sampai ribuan kata. Bahkan untuk menulis ebook pun bisa. Kemampuan seperti ini bukan datang dengan sendirinya, tetapi dengan peningkatan dan dimulai dari yang kecil.

Kata orang practice makes perfect. Dengan berlatih akan menjadikan pekerjaan Anda semakin sempurna. Jika Anda ingin menguasai kemampuan tertentu, mulailah dari yang kecil-kecil dulu. Ingat, sukses dengan yang kecil.

Saya bocorkan rahasia saya: saya bukan berbakat, bukan pintar, atau bukan hebat dalam dunia menulis, mungkin saya lebih dulu dan lebih lama belajar. Itu saja, saya mulai dari hal yang kecil.

Kesimpulan

Apa tujuan besar Anda? Sulit dicapai?

Kini pikirkan hal kecil apa yang jika Anda sukses saat ini, akan mempermudah atau mengantarkan Anda meraih pencapaian atau tujuan besar Anda.

Mudah-mudahan, setelah membaca artikel ini, Anda bisa menerapkan konsep mulai dari hal kecil dulu (versi saya).

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php
Follow Me
zona sukses

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield