Motivasi Kerja Karyawan dan Mental Juara

Dapatkan 2 eBook senilai Rp 99.000 yang membedakan orang sukses dan gagal.

Masukan email Anda, klik Daftar untuk mendapatkan update artikel dan ebook Gratis Rahasia Sukses dari Zona Sukses.

Email:

motivasi kerja karyawanMengapa Motivasi Kerja Karyawan Begitu Penting?

Motivasi kerja karyawan begitu penting baik bagi karyawan sendiri maupun bagi perusahaan yang memiliki karyawan. Motivasi kerja karyawan juga bukan hanya tanggung jawab sebelah pihak saja, namun keduanya memiliki tanggung jawab untuk meningkatkannya. Seorang karyawan, tidak boleh hanya mengharap perusahaan memberikan motivasi. Sebaliknya, pemilik perusahaan tidak boleh hanya menyuruh karyawan untuk memiliki motivasi kerja. Keduanya harus proaktif membangkitkan motivasi kerja karyawan sebab akan memberikan pengaruh positif bagi keduanya.

Manfaat Motivasi Kerja Karyawan Bagi Karyawan

Motivasi Kerja Karyawan Bagi Kinerja

Yang pertama, tentu saja, jika motivasi kerja karyawan tinggi, maka kinerjanya akan menjadi tinggi. Anda akan menyelesaikan tugas dengan cepat dan dengan baik. Tidak ada lagi pekerjaan yang menumpuk yang membuat Anda stress dan pulang telat. Jika Anda sudah menyelesaikan pekerjaan dengan baik, Anda bisa lebih enjoy dan tenang dalam bekerja. Hubungan Anda dengan atasan menjadi lebih baik dan juga dengan rekan kerja karena Anda memiliki waktu untuk membantu.

Prestasi Pun Akan Terangkat

Konsekuensi dari kinerja yang baik, maka prestasi kerja Anda pun akan membaik. Seorang perusahaan yang baik, tentu akan melihat kinerja karyawan sebagai tolak ukur dalam menentukan prestasi karyawannya. Jadi, jika Anda meningkatkan motivasi diri Anda, manfaatnya akan Anda rasakan sendiri, cepat atau lambat.

Kadang muncul sebuah pertanyaan, bagaimana jika perusahaan tidak menghargai motivasi kerja karyawan yang mereka miliki? Ada dua kemungkinan. Pertama perusahaan itu tidak mengetahui kalau Anda memiliki kinerja yang tinggi. Oleh karena itu Anda harus berusaha memberitahunya dengan cara memasarkan diri sendiri.  Yang kedua, jika memang sebuah perusahaan tidak memperthatikan kinerja karyawannya, maka Anda hanya membuang waktu bekerja di perusahaan ini.

“Tapi, mencari kerja di tempat lain susah.”

Jika Anda seorang yang memiliki motivasi tinggi, seharusnya tidak usah khawatir sulit mendapatkan pekerjaan baru. Banyak perusahaan yang membutuhkan karyawan dengan motivasi tinggi. Silahkan baca artikel saya yang lain, yaitu: Haruskah Mempertahankan Motivasi Kerja?

Pentingnya Motivasi Kerja Karyawan Bagi Perusahaan

Apa yang terjadi jika motivasi kerja karyawan tinggi? Jelas, kinerja akan baik dan kontribusi terhadap perusahaan akan lebih besar lagi. Untuk itulah, perusahaan harus memberikan perhatian yang besar terhadap kondisi motivasi kerja karyawan yang mereka miliki.

Imbalan dan tuntutan saja tidak cukup. Jadi, jangan hanya karena kita sudah memberikan gaji kemudian kita menuntut mereka bekerja dengan kinerja tinggi. Ini tidak cukup karena bisa menimbulkan kejenuhan dan kebosanan yang akhirnya bisa menurunkan kinerja.

Strategi Meningkatkan Motivasi Kerja

Panduan Bagi Perusahaan

Lalu, bagaimana cara meningkatkan motivasi kerja karyawan yang baik? Gaji adalah sudah kewajiban perusahaan untuk membayarnya. Memberikan gaji saja belum cukup untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan sampai kepada kinerja tertinggi tanpa didukung oleh oleh faktor motivasi lainnya.

Banyak yang mengatakan, bahwa motivasi terbaik adalah datang dari diri sendiri. Perusahaan bisa memberikan fasilitas sehingga karyawan memiliki motivasi diri yang tinggi. Jika perlu, undanglah motivator untuk membuka motivasi yang ada di dalam diri karyawan Anda.

Memang, sudah kewajiban karyawan memiliki motivasi, tetapi perusahaan pun memiliki kewajiban agar motivasi kerja karyawan tidak termatikan oleh kebijakan perusahaan, sengaja atau tanpa sengaja.

Salah satu cara membangkitkan motivasi kerja karyawan adalah dengan menumbuhkan mental juara. Ini sudah dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk menggenjot mental juara karyawannya.

  1. Ciptakan “kejuaraan” di dalam perusahaan Anda. Artinya biarkan karyawan Anda berlomba memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan dan ada hadiah bagi pemenang, misalnya kenaikan gaji, bonus, atau apa pun yang diharapkan karyawan.
  2. Buat kriteria dan penilaian yang adil serta pastikan setiap orang punya kesempatan untuk menang. Ini akan memicu mereka belomba dan mental juara akan tumbuh. Ketidak adilan dan kriteria yang tidak jelas akan menurunkan tingkat partisipasi karyawan untuk berlomba.

Panduan Untuk Karyawan

Seperti disebutkan diatas, bahwa motivasi kerja karyawan bukan hanya tugas dari perusahaan, tetapi juga kewajiban setiap karyawan. Termasuk Anda. Jadi, Anda harus tetap membangun mental juara jika Anda ingin memiliki motivasi kerja yang tinggi dan mendapatkan segala manfaatnya.

Terlepas, apakah di perusahaan Anda kondusif atau tidak untuk menjadi juara, mental juara tetap harus dibangun. Jika mental juara sudah Anda miliki, Anda akan selalu siap menjadi juara disaat kejuaraan itu ada atau kondisi sudah kondusif. Baik itu di perusahaan saat ini atau di perusahaan baru.

Kesimpulan

Jadilah proaktif baik Anda seorang karyawan atau perusahaan untuk meningkatkan motivasi karyawan dengan membangun mental juara. Tidak ada ruginya, tidak perlu saling menunggu atau saling menuntut yang malah akan menurunkan motivasi dan menurunkan kinerja.

Jika Anda ingin membangun mental juara dan menjadi juara dalam karir, silahkan miliki dan aplikasikan ebook dan video The Champion Way.

Karena motivasi kerja karyawan itu penting bagi kedua belah pihak, maka tingkatkan sekarang juga.

Masuki Zona Sukses

Solusi bagi Anda yang ingin berubah, namun masih terasa sulit.

Anda tidak akan pernah sukses, jika masih berada di Zona Nyaman. Dapatkan ebook Memasuki Zona Sukses dan Tinggalkan Zona Nyaman, Plus update artikel Motivasi Islami. Masukan email Anda, Klik Daftar.

Email:

Leave a Reply

*

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield